Content marketing mungkin merupakan taktik pemasaran digital yang paling abstrak untuk memahami kinerja dan nilainya. Dalam artikel ini kita akan membahas berbagai cara content marketing memberikan nilai dan secara khusus menguraikan bagaimana artikel berkontribusi pada hasil pertumbuhan traffic Search Engine Optimization (SEO) jangka panjang website Anda.

Apa Tujuan dari Content Marketing?

Konten, khususnya konten artikel blog, dapat memiliki banyak tujuan dan masing-masing memberikan jenis dan nilai yang berbeda untuk sebuah organisasi. Tidak semua konten dimaksudkan untuk meningkatkan pemasaran inbound top-of-funnel melalui SEO. Beberapa konten diposisikan sebagai bagian pendukung saluran menengah yang dapat digunakan oleh tenaga penjualan atau manajer akun dalam interaksi dengan pelanggan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang pertanyaan umum yang diajukan tentang topik yang terperinci dan bernuansa. Dalam dunia yang ideal, sebuah konten dapat melakukan kedua peran tersebut.

Untuk sisa artikel ini, kami akan fokus secara khusus pada efek artikel blog terhadap website traffic. content marketing bermanfaat bagi semua jenis website, terlepas dari apakah organisasi Anda menyediakan layanan atau produk. Website hanya sebagus traffic yang mengunjunginya. Persentase yang sangat kecil (yaitu 2-5% dari pengunjung e-commerce menurut Business Insider) dari website traffic siap untuk dikonversi, jadi satu-satunya cara untuk meningkatkan peluang itu adalah dengan meningkatkan jumlah traffic ke website melalui Search Engine Marketing (SEM), sosial media dan yang terpenting adalah SEO yang kuat dan strategi konten.

Kapan Content Marketing Harus Diterapkan?

SEO dan content marketing berjalan beriringan. Dengan menerapkan kedua strategi pemasaran digital tersebut, peluang untuk pertumbuhan trafik dari waktu ke waktu akan semakin meningkat. Halaman inti website hanya dapat memiliki begitu banyak upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkannya untuk kata kunci pencarian target. Dengan menerapkan strategi konten, artikel blog dan halaman website gratis dapat meningkatkan jumlah halaman website dan membuka pintu ke kata kunci yang berdekatan yang dapat menghasilkan trafik melalui pencarian.

Idealnya, strategi content marketing harus diimplementasikan segera setelah inisiatif pemasaran digital dimulai, namun hal tersebut mungkin harus bertepatan dengan peluncuran website jika website itu sendiri tidak dirancang dan dibangun dengan benar untuk memanfaatkan pertumbuhan traffic melalui konten baru.

Jika anggaran menjadi perhatian, biasanya, strategi content marketing akan dimulai setelah pekerjaan SEO dasar telah selesai di situs web secara keseluruhan, menciptakan kebutuhan untuk penambahan halaman melalui artikel dan perluasan konten untuk memberikan lebih banyak peluang pengoptimalan dan lalu lintas. “Titik puncak” dalam proses SEO ini biasanya terjadi sekitar bulan 6-12 setelah website berukuran kecil hingga menengah memiliki semua halaman yang dioptimalkan untuk kata kunci dalam konten, tag META, tag OpenGraph, grafik, tautan, dan kinerja kecepatan muat.

Apa siklus kinerja dari sebuah konten?

Seperti yang telah kita bicarakan sebelumnya, sebuah konten seperti artikel blog dapat memiliki banyak tujuan, tetapi dua tujuan yang paling utama adalah peringkat untuk kata kunci pencarian target atau memberikan edukasi tentang topik yang berulang untuk mendukung pelanggan yang mencari informasi atau tim penjualan dan akun yang mendorong percakapan yang bernilai. Terlepas dari tujuan yang dimaksudkan dari artikel tersebut, kedua jenis aset content marketing ini berkontribusi terhadap pertumbuhan lalu lintas situs web.

Targeted SEO Article

Artikel yang ditulis untuk tujuan khusus SEO akan menargetkan kata kunci yang mungkin tidak mudah dioptimalkan pada halaman layanan atau produk standar. Ini kemungkinan besar adalah kata kunci “long-tail” (atau frasa kunci) yang mengarah ke topik yang berdekatan yang terkait dengan kata kunci prioritas. Contohnya adalah “ban musim dingin terbaik” daripada “ban”. Meskipun kata kunci ekor panjang tidak akan memiliki volume pencarian setinggi itu, kemungkinan lebih mudah untuk mendapatkan peringkat dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas yang jika tidak akan terlewatkan.

Statistik dari Artikel SEO

Di bawah ini adalah contoh artikel SEO yang ditargetkan dari blog kami yang berjudul “Panduan Lengkap ChatGPT AI untuk SEO (Prompt, Addon, Case Study)” yang dimaksudkan untuk menentukan peringkat untuk istilah “Prompt ChatGPT SEO” dan “ChatGPT untuk SEO” karena kata kunci “ChatGPT” terlalu sulit untuk menentukan peringkat untuk perusahaan seukuran kami. Di bawah ini Anda akan melihat bahwa analisis kata kunci untuk kata kunci “ChatGPT SEO” menunjukkan bahwa ada kesulitan yang sangat rendah untuk menentukan peringkat untuk kata kunci yang memiliki perkiraan volume traffic bulanan yang sederhana. Artikel blog ini merupakan “kombinasi sempurna” antara SEO dan edukasi pelanggan, karena ini adalah topik yang sering kami diskusikan dengan klien pemasaran digital kami.

Artikel yang ditulis dengan baik, untuk kata kunci yang memiliki tingkat volume pencarian dan perkiraan kesulitan peringkat yang rendah akan memberikan hasil yang mendatar dalam perolehan trafik. Ini berarti bahwa ketika artikel diluncurkan, artikel tersebut perlahan-lahan akan mendapatkan peringkat dan membangun website traffic, mencapai puncaknya, dan berfluktuasi di sekitar angka lalu lintas puncak. Di bawah ini Anda akan melihat metrik lalu lintas untuk “Panduan Lengkap ChatGPT AI untuk SEO (Prompt, Addon, Case Study)” yang di publish pada Juni 2023 di situs web kami yang menunjukkan pola ini. Kata kunci “Prompt ChatGPT SEO” dan “ChatGPT untuk SEO” saat ini berada di peringkat #5 dalam peringkat nasional untuk kata kunci ini dan berhasil dalam 2 bulan pertama setelah penerbitan.

Artikel Edukasi Pelanggan / Dukungan Penjualan

Artikel yang ditulis untuk tujuan edukasi pelanggan biasanya akan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh audiens target Anda kepada organisasi Anda. Ini mungkin akan menjadi topik yang melengkapi layanan atau produk yang Anda tawarkan yang memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang nilai dan manfaatnya. Contohnya adalah “bagaimana yogurt dapat membantu pencernaan” daripada “yogurt”. Meskipun gaya kata kunci long-tail ini mungkin atau mungkin tidak dapat mencapai peringkat pencarian yang tinggi, ini dapat lebih jauh mendukung topik lain di situs web dan membantu audiens Anda melewati fase penelitian atau pengambilan keputusan.

Statistik dari artikel edukasi

Di bawah ini adalah contoh artikel edukasi pelanggan dari blog kami yang berjudul “Mengapa SEO dan content marketing Harus Dilakukan Bersama” yang ditujukan sebagai artikel pendukung untuk tim penjualan dan akun kami ketika  berbicara dengan klien tentang pemahaman manfaat content marketing saat menjalankan strategi SEO. Artikel ini juga disiapkan untuk mendapatkan peringkat potensial untuk istilah “content marketing dan seo”, tetapi dengan pemahaman bawha ini adalah peringkat yang tidak mungkin dicapai dengan satu artikel karena kesulitannya dalam persaingan kecil pencaharian yang ada. Di bawah ini Anda akan melihat bahwa analisis dan kata kunci untuk keyword “content marketing dan seo” menunjukkan bahwa ada kesulitan yang cukup tinggi untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci yang memiliki jumlah volume trafik bulanan yang banyak yang diperkirakan. Peringkat apa pun untuk artikel blog ini akan menjadi bonus jika tercapai.

Artikel yang ditulis dengan baik untuk edukasi pelanggan akan memberikan peluncuran yang cepat dan hasil jangka panjang yang berkelanjutan dalam menghasilkan trafik. Ini berarti bahwa ketika artikel diluncurkan, artikel tersebut akan membawa volume trafik awal yang tinggi ke website  karena dibagikan oleh organisasi melalui media sosial dan ketika pengunjung situs web melihatnya di area “postingan terbaru” pada fitur beranda seluler atau halaman arahan umpan blog awal. Setelah itu artikel akan mendapatkan kunjungan, namun dengan jumlah yang jauh lebih rendah tanpa peringkat pencarian organik. Di bawah ini Anda akan melihat metrik trafik untuk artikel blog “Mengapa SEO dan content marketing Harus Dilakukan Bersama-sama” yang diluncurkan pada November 2021 di situs web kami yang menunjukkan pola ini. Kata kunci “content marketing dan seo” saat ini tidak berada di peringkat 50 besar (5 halaman pertama) hasil pencarian, tetapi masih melihat lalu lintas melalui situs web dan pemanfaatan tim kami.

Manfaat Traffic Tambahan dari Content Marketing

Terakhir, dan hampir selalu diabaikan, adalah kemampuan untuk memanfaatkan salah satu dari jenis content marketing tambahan ini sebagai penguat sinyal untuk halaman situs web utama. Jadi, meskipun lalu lintas tidak secara langsung memasuki situs melalui artikel itu sendiri, dengan menautkan artikel terkait “ban musim dingin terbaik” dan memasukkannya sebagai sub-konten unggulan di halaman “ban”, hal ini meningkatkan probabilitas peringkat halaman “ban” utama melalui kekuatan konten. Baru-baru ini, pada akhir tahun 2021, hal ini menjadi semakin penting karena mesin pencari menyesuaikan algoritma mereka untuk lebih memahami relevansi hasil pencarian. Jadi, seseorang yang mencari patung “brass monkey” tidak akan berakhir di halaman lirik lagu “Brass Monkey” dari Beastie Boys, dan sebaliknya.

Efek Salju dari Content Marketing Pada Traffic Website

Strategi content marketing yang baik akan mengidentifikasi peluang untuk kedua jenis artikel berdasarkan penelitian kata kunci, perkiraan lalu lintas, dan poin-poin masalah pelanggan Anda yang diidentifikasi dalam persona audiens mereka.

Strategi content marketing yang baik akan mengidentifikasi peluang untuk kedua jenis artikel berdasarkan penelitian kata kunci, perkiraan lalu lintas, dan poin-poin masalah pelanggan Anda yang diidentifikasi dalam persona audiens mereka.

Terlepas dari jenis artikel mana yang sedang ditulis, keduanya akan berkontribusi pada efek gabungan dari konten terhadap website trafik dalam jangka panjang. Dan mari kita perjelas, content marketing adalah strategi JANGKA PANJANG yang dimaksudkan untuk menciptakan peluang, bukan menjual. Tidak ada pengunjung situs web yang ingin dijual dalam sebuah artikel situs web.

Aspek yang “sulit dilihat” dari content marketing adalah bagaimana frekuensi dan volume artikel berperan dalam keberhasilan mengarahkan trafik. Tanpa frekuensi, tidak ada peluang reguler untuk menciptakan website trafik baru. Strategi content marketing harus, setidaknya, menyertakan artikel bulanan. Dari sana, faktor terbesar berikutnya adalah volume. Jumlah trafik yang masuk akal dan peluang peringkat dapat dihasilkan dengan menerbitkan 12 artikel berkualitas tinggi, 500-1500 kata per tahun, tetapi ketika volume tersebut digandakan atau dilipatgandakan, peluangnya akan meroket.

Setiap artikel yang diterbitkan adalah blok bangunan yang menyumbang sejumlah kunjungan situs web bulanan. Dengan setiap blok (artikel), fondasi dari matrik trafik bulanan dasar tersebut akan bertambah besar. Di bawah ini adalah ilustrasi yang menggambarkan konsep ini saat setiap artikel diluncurkan, bagaimana hal itu mempengaruhi keseluruhan lalu lintas situs jangka panjang dengan cara yang kompleks.

Kami adalah tim yang sibuk, jadi untuk blog kami menerbitkan 2-4 artikel dalam sebulan berdasarkan waktu yang kami temukan untuk membahas salah satu dari sekitar 20 topik dalam dokumen perencanaan konten kami yang sedang berjalan. Ini adalah pertumbuhan trafik selama empat bulan terakhir di blog kami sendiri, dengan menerbitkan dua artikel dalam sebulan, dengan pembagian 50/50 antara artikel SEO dan edukasi pelanggan. Trafik blog kami meningkat dua kali lipat dalam empat bulan dari sekitar 200 kunjungan per bulan menjadi lebih dari 400 kunjungan.

Setiap Bagian dari Konten itu Penting

Apa pun jenis kontennya, kinerja jangka panjangnya berkontribusi pada pertumbuhan lalu lintas situs web secara keseluruhan. Bahkan konten edukasi pelanggan yang mendapatkan 50 kunjungan di bulan pertama, tetapi hanya mendapatkan 7 penayangan sebulan setelahnya, tetaplah penting. Ketika Anda mempublikasikan 10 artikel lainnya dan artikel-artikel tersebut juga mendapatkan 5-15 kunjungan dalam sebulan, tiba-tiba Anda telah menambahkan ratusan pengunjung ke dalam metrik bulanan situs Anda. Tambahkan beberapa artikel SEO berkinerja tinggi dan tetap berkomitmen pada content marketing dalam jangka panjang, maka Anda akan melihat ribuan pengunjung situs web setiap bulannya yang sebelumnya tidak akan pernah mengunjungi situs web Anda.

Jadi, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan perjalanan SEO website Anda sendiri dan persepsi Anda saat ini tentang apa yang dapat dilakukan oleh rencana content marketing yang menggunakan artikel blog untuk Anda. Jika sebuah blog (atau blog yang aktif) telah dilihat sebagai “bagus untuk dimiliki” atau mungkin “tidak cukup efektif”, pertimbangkan informasi ini dan bagaimana hal tersebut dapat menjadi bagian yang hilang yang dapat menciptakan lebih banyak peluang pertumbuhan untuk perusahaan Anda dengan meningkatkan lalu lintas bulanan dalam jangka panjang.

Seperti biasa, jika Anda membutuhkan bantuan, Anda tahu di mana menemukan kami.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.