Website Revamp SEO Recovery Case Study (163% Increase in Traffic)

oleh | 6 Mei 2024 | Advanced, Case Studies, Popular

OVERVIEW

Client dari project ini adalah sebuah Health & Wellness Hub Space. Mereka konsultasi dengan kami karena mereka setelah melakukan revamp redesign, website mereka hilang dari Google, keyword ranking sangkut di page enam dan rata-rata keyword menghilang. Mereka ingin website design baru mereka di bangun dengan SEO in mind.

Mereka kolaborasi dengan Omni Rank untuk meningkatkan ranking dan organic traffic mereka agar visibilitas mereka naik kembali di search engine.

Dalam waktu 6 bulan, kami melakukan technical audit, membuat high-quality content dan menambahkan E-E-A-T signals untuk bangun authority di industri mereka, dan membangun link memakai strategi contextual link building. Sebagai hasil dari partnership mereka, client ini berhasil meraih Page 1 search results, menghasilkan 264.000 impressions dan mendapat 24.700 clicks.

CAMPAIGN LENGTH

6 MONTH

MONTHLY REVENUE INCREASE

+476%

PAGE ONE RANKINGS IMPROVED

47+ KEYWORDS

ORGANIC TRAFFIC GROWTH

+163%

CLIENT BACKGROUND

Health and Wellness Social Hub

Client ini adalah sebuah Health & Wellness Hub Space yang menyediakan banyak service mulai dari gym, spa, yoga, hingga makanan sehat. Ketika mereka gabung dengan Omnirank, mereka memiliki design website yang baru namun belum teroptimasi dari sisi SEO sehingga tidak mendapat hasil yang diinginkan.

Mereka ingin unlock full potential dari website mereka dan memperkuat brand positioning mereka sebagai leader di industri.

2+

Years in Business

100+

Company Employees

English

Language

WHAT WE DO

TECHNICAL SEO AUDIT

TOPICAL AUTHORITY, CONTENT CREATION, E-E-A-T SIGNALS

ONPAGE SEO SERVICE

SOCIAL SIGNALS

CITATION LINKS, SUPERNOVA HORIZON X LINKS, OMNI GUEST POSTS

CAMPAIGN GOALS

Goal dari campaign kami untuk client ini adalah untuk boost visibility mereka untuk commercial keyword yang penting dan meningkatkan traffic ke homepage dan innerpages mereka. Tujuan paling utama tentu saja yaitu untuk meningkatkan leads dan konversi client ini.

Untuk melakukan ini, kita harus bersaing dengan kompetitor utama mereka yang terlebih dahulu sudah ranking di page one Google, dengan meningkatkan domain authority website client kami dan boost ranking power mereka.

Banyak keyword yang mereka target masih ranking di page enam keatas.

CHALLENGES

Sebelum mulai membuat strategi SEO yang efektif untuk client kami, kami identifikasi terlebih dahulu masalah utama di website mereka. Kami akan susun strategi sesuai dengan masalah utama mereka untuk mencapai goal diatas.

Client kami melakukan redesign website tanpa backup seluruh kontennya terlebih dahulu sehingga aset konten yang sebelumnya sudah ada menjadi hilang.

Terdapat tiga masalah utama sebagai berikut:

  • Lack of SILO Linking: Websitenya kurang SILO linking yang membuat Google kesulitan memahami relevansi dari topik website.
  • Poor of Topical Authority: Website ini kurang blog content yang high-quality dan informative terkait dengan niche health & wellness.
  • “Money” keywords optimization: Halaman utama dan halaman produk belum teroptimasi dengan commercial keywords yang penting sehingga mereka sulit ranking dan mendapat konversi dari digital.

THE STRATEGY

Omnirank’s goal adalah membuat SEO strategy yang komprehensif agar SERP ranking website client dapat meningkat dalam enam bulan.

Di dalam enam bulan ini, kami bangun fondasi dari struktur website yang SEO friendly, membuat konten high-quality yang relevan secara semantic, dan link building yang mendatangkan hasil.

Jika website Anda mengalami masalah yang sama, Anda juga bisa memakai taktik dibawah ini untuk boost ranking website Anda melewati competitor.

 

01. Fix 404 Not Found Pages

Langkah pertama setelah melakukan full technical audit pada website, kami memperbaiki beberapa isu penting yang umum ditemukan setelah dilakukan redesign website, yaitu terdapat 404 not found pages.

Kami memakai Archive.org untuk restore konten yang pernah ada sebelumnya sesuai daftar URL 404 not found karena pemilik website tidak ada backup.

Perlu diingat bahwa tidak semua halaman akan di simpan historynya oleh Archive.org , jadi jangan lupa tetap backup minimal 1 bulan sekali.

02. Restore Best Pages with Backlinks

Kami memakai Ahrefs Best by Links untuk cek daftar halaman yang terdapat backlink sebelum di revamp, kemudian kami restore kembali page yang terdapat backlink sehingga power yang sudah ada sebelumnya tidak hilang.

03. SILO Linking

Langkah selanjutnya adalah kami menyusun SILO linking dan melakukan internal linking untuk meningkatkan relevansi bagi search engine sehingga lebih mempercepat boost ranking.

04. Building Topical Authority for Blog Contents

Tantangan selanjutnya untuk meningkatkan visibilitas keyword client adalah membangun topical relevance dengan supporting blog content, termasuk tips dan panduan di industri mereka.

Ini akan meningkatkan trust client dan sekaligus target long tail kewyords yang lebih mudah di ranking terlebih dahulu.

Omnirank memakai tool berikut untuk menyusun topical authority:

  • Ahrefs Keyword Explorer Tool


  • Scrapebox Sitemap Extractor Tool

Scrapebox kita sebut sebagai "Swiss Army of SEO", dimana tool ini banyak fungsi dan salah satunya yaitu untuk mengekstrak seluruh artikel yang ada di web competitor berdasarkan URL sitemap yang kita masukkan.

Pertama, Kita cari sitemap web competitor dengan Tool Free Sitemap Finder terlebih dahulu.

Lalu kita masukkan ke Scrapebox Sitemap Extractor, dan kita sudah dapat semua URL artikel competitor.

  • Google Related Search

Cukup search keyword utama di Google, lalu scroll ke paling bawah dan Anda akan temukan bagian Google Related Search berisi keyword yang dapat Anda jadikan sebagai topik artikel.

  • Google Autocomplete suggestion

Kemudian kami kumpulkan list keywords dalam satu file Excel, hapus keyword yang duplicate, kemudian susun menjadi sebuah master list keywords.

05. Content Creation

Dari list keywords yang sudah di compile diatas, kami kelompokkan keywords sesuai dengan cluster, lalu mulai tulis content secara berkualitas.

06. "Money" Keywords Optimization

Kami bekerja dengan optimasi SEO onpage dari setiap single page websitenya agar homepage dan service pages teroptimasi keywords yang potential untuk mendatangkan calon customer.

07. Link Building Campaign

Kami send Social Signals terlebih dahulu sebelum mulai link building, lalu mulai link building memakai Foundation Links, dilanjutkan dengan Omni Guest Posts dan terakhir di boost memakai Supernova X Links ke exact match anchor text.

THE RESULTS

MONTHLY ORGANIC TRAFFIC INCREASE

Kurang dari 6 bulan, client kami mengalami growth 163% dalam organic traffic dan kenaikan 476% dalam revenue.

Significant Improvements in Keyword Rankings

Website client kami mengalami peningkatan ranking yang signifikan dari sebelumnya masih sangkut di page 6 keatas, saat ini sudah rank di page 1 Google.

Jumlah keywords yang rank di top 20 Google client kami berkembang sebesar 82%, dari 57 menjadi 104 keywords.

Bukan hanya keyword target yang meningkat, melainkan Organic keywords yang ranking di top 20 juga meningkat karena onpage dan offpage yang sudah teroptimasi.

Meskipun sebagian besar keyword yang ingin Anda ranking saat ini di dominasi oleh competitor yang lebih besar, tidak perlu khawatir, Anda tetap dapat meningkatkan ranking di website Anda selama research keyword yang tepat. Kombinasikan dengan link building campaign yang tepat dan perbaikan technical error, maka Anda tetap dapat meningkatkan traffic website Anda dan SEO secara keseluruhan.

 

Semoga bermanfaat!

About The Author

BLACK FRIDAY SPECIAL up to 50% OFF + Extra 20% OFF with code BF2024

X