Google Sandbox adalah sebuah istilah dimana Google menempatkan website baru di dalam sebuah filter terlebih dahulu yang menyebabkan website baru belum dapat ranking maksimal. Alasan Google membuat Google Sandbox adalah karena website baru umumnya lebih cenderung di spam agar dapat langsung ranking di Google. Oleh sebab itu, jika Anda perhatikan, website baru meskipun sudah di backlink juga keywordnya belum dapat ranking, jikapun sudah ranking, akan mudah hilang muncul di SERP.

Berapa lama sebuah website berada di sandbox?

Umumnya untuk domain baru yaitu sekitar enam bulan bahkan hingga satu tahun sampai fully keluar dari sandbox.

Apakah ada cara untuk mempercepat keluar dari sandbox?

Iyes ada. Untuk mempercepat keluar dari sandbox, yaitu membangun Social Fortress, Business Citation Listing, Social Signal dan Backlinks. Cara berikut sudah kami tested dan berhasil mempersingkat waktu sandbox menjadi 2-4 bulan.

Pass-Sandbox Process Flow

A. Social Fortress (Social Media Profile)

Buat 1 email baru dan register ke list Social Media berikut, kemudian tinggal insert link website Anda di Edit Bio Profile. Berikut list social media yang saya pakai:

Facebook, Twitter, Pinterest, Youtube, Tumblr, Gravatar, About.me

  • Facebook Buat Fanpage > Klik Edit Page Info > Buka Tab Contact > Isi URL moneysite

  • Twitter Edit Bio > Website

  • Pinterest Edit Profile > Website

  • Youtube Edit channel > Customization > Links > Publish

  • Tumblr Klik Profile > Edit Appearance > Masukkan kode berikut di bagian description. Yourwebsite.com

  • Gravatar
  • About.me

B. Business Citation Listing

Mungkin business citation listing masih jarang terdengar di Indonesia. Citation Listing bagus sebagai fondasi website dan juga menjadi ranking factor di Google Maps Listing.

Contohnya yaitu seperti: Foursquare, Yellowpages, Hotfrog, Cybo, dan sebagainya.

C. Social Signal

Send Social Signal ke URL homepage moneysite untuk create buzz sehingga website Anda seolah-olah terkesan “viral” karena sedang ramai dibicarakan di social media sehingga Google mengganggap website tersebut penting dan perlu segera diketahui oleh pencari di Google. Kami sendiri send 200 social signal package yang terdiri dari Twitter, Linkedin dan Pinterest ke homepage setiap 1-1,5 bulan sekali sudah cukup sampai keluar dari sandbox.

D. Backlinks

Selanjutnya build high quality link secara bertahap dan drip feed.

Case Study

Berikut contoh salah satu moneysite kami: Keyword: 1 kata Search volume: 201.000/month Di bulan Agustus, kami sudah optimasi dengan kata kunci tersebut namun karena masih dalam fase sandbox, sehingga keywordnya masih belum dapat rank di top 50 Google. Setelah masuk ke tahap semi-sandbox, keyword nya sudah mulai rank di top 50 Google. Dan setelah keluar dari sandbox, sudah rank di top page 1 Google.

Special Tips

Untuk ternak banyak website, sarannya di beli domainnya terlebih dahulu, lalu di install wordpress dan isi artikel agar terindex terlebih dahulu. Setelah cukup berumur, sudah bisa langsung pakai dan langsung di optimasi backlink agar mempersingkat waktu.

×