Di artikel kali ini, kita akan membahas 4 SEO Trend terbesar dan prediksi bagaimana SEO akan berubah.

  1. Arti “Helpful” dari Google Helpful Content Update
  2. Content Strategies to Win Over AI Content
  3. Persiapan Strategi untuk Google SGE dan Contoh Lengkap
  4. Memakai ChatGPT untuk Optimasi E-E-A-T artikel

Kami sudah rangkum hal-hal penting yang perlu Anda ketahui agar selangkah di depan dari competitor Anda.

Arti “Helpful” dari Google Helpful Content Update

Di tahun sebelumnya, Google staff tidak memberitahu secara lengkap terkait makna dari “helpful” update.

Di tahun ini, Helpful Content Update sudah menjadi jelas dimana jika ada konten yang tidak berkualitas, akan mempengaruhi konten berkualitas di website kita.

Google’s algorithms generate site-wide signals considered in ranking. It bases these signals on the helpfulness of your site.

Berikut adalah insights dari makna “Helpful”:

  1. SITE-WIDE
    Google evaluasi value dan helpfulness dari keseluruhan website, sehingga pastikan website Anda memiliki unique value dan audit konten-konten lawas juga.
  2. EXPERTISE
    “Expertise” menjadi faktor pembeda yang penting – insights dan informasi original dengan nama penulis menjadi nilai tambah di website kita.
  3. GENERATIVE AI
    Menulis content bukan hanya sekedar “rewrite” di SEO saat ini, melainkan perlu memiliki additional value dan menunjukkan expertise.

Content Strategies to Win Over AI Content

1. Hindari “What Is” Content

Hindari menulis content yang AI chatbot dapat dengan mudah menjawab. Buat “people content” dimana content yang user akan membutuhkan informasi lebih detail.

❌Contoh what is content: Apa itu Bali?

✅Contoh people content :

  • Rekomendasi kuliner di Bali
  • Tutorial daftar Shopee affiliate

2. Maksimalkan User Intent dengan Subheading

Setiap subheading dalam konten terdapat long tail keywords dan topik turunan yang related dengan konten utama kita untuk memperkuat value content kita.

3. Brand sebagai Source of Trust

Semakin banyak content AI yang dipublish yang tentu saja isinya merupakan gabungan dari content yang sudah ada, maka Google dan pembaca akan percaya kepada content yang nyaman dibaca dan valuable.

Google SGE Insights dan Contoh Lengkap

Saat ini, Google “Search Generative Experience (SGE)” masih dalam tahap experimen. Banyak yang khawatir dengan adanya chatbot SGE, maka orang tidak lagi melihat SEO results.

Berikut adalah insights yang kami sudah research dan susun.

1. Tidak langsung muncul panjang menutupi Organic result

Google SGE tidak langsung muncul panjang menutupi seluruh Organic result.

Berikut adalah contohnya misalnya mainan untuk anak 1 tahun.

Muncul SGE-nya seperti ini dan kita perlu klik Show More baru lengkap ditunjukkan semuanya.

2. Terdapat Link Sumber

Meskipun setelah di Show more dan muncul seluruhnya, namun terdapat link sumber dari website kita sehingga pembaca dapat membaca lebih lengkap dan masuk ke website kita juga.

3. 4% Query tidak ada SGE

4% dari query tidak ada SGE sehingga tidak seluruh query itu memunculkan SGE ya.

Contohnya yaitu keyword: supplier mesin digital printing

4. Query terkait Personal Experience Tidak Auto Generate SGE

Query terkait personal experience tidak auto generate SGE untuk saat ini.

Contohnya: liburan ke Bandung atau Jogja

itu belum langsung otomatis muncul SGE per saat ini sehingga kita perlu klik generate untuk muncul.

5. Tidak ada Iklan di SGE = Tidak ada uang bagi perusahaan Google

jika tidak ada iklan di SGE maka tidak ada uang bagi perusahan Google.

58% dari penghasilan Google paling besar yaitu dari Google Search Ads

Jadi kalau Google terlalu kencang dalam boost SGE nya tentunya akan mempengaruhi penghasilan iklan mereka.

Google sampaikan di salah satu event bahwa blogger memiliki peran yang sangat penting karena dengan para blogger publish artikel dengan informasi terbaru, maka Google dapat menghasilkan informasi yang terupdate untuk SGE chatbot mereka.

6. Orang akan lebih pilih untuk baca rekomendasi langsung dari blogger daripada Chatbot

Pembaca tentu lebih suka baca rekomendasi langsung dari blogger daripada dari chatbot.

7. Menguntungkan local business karena muncul lebih dari 3 Google Maps

SGE menguntungkan lokal bisnis karena muncul diatas Google Maps

Misalnya, kita ketik: Coliving Bali.

Jjika biasanya tanpa Google SGE, hanya muncul tiga hasil Google Maps, sekarang menjadi muncul empat selain Google Maps.

Oleh karena itu, ini menjadi peluang baru bagi kita untuk dapat ranking juga.

Memakai ChatGPT untuk Optimasi E-E-A-T artikel

  1. Kita akan minta ChatGPT untuk analisa dokumen Google Helpful Content Update Guide
  2. Lalu kita akan minta ChatGPT analisa seluruh checklist yang diberikan oleh Google dalam membuat konten yang berkualitas
  3. Kemudian, kita akan minta ChatGPT baca artikel kita dan bandingkan dengan artikel competitor
  4. Terakhir, kita minta ChatGPT kasih action to-do-list yang dapat kita perbaiki di website kita agar sesuai Helpful Content Update

Untuk penduan lengkap dan demo tutorial, silahkan baca artikel Cara Optimasi Artikel Sesuai Google Helpful Content Update.

Semoga bermanfaat!

Calvin Tedja

Article by Calvin Tedja

Calvin Tedja is the founder of Omni Rank, Conference SEO Speaker, and does result-based SEO.