Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah sebuah natural language processing tool yang dibuat berdasarkan teknologi AI sehingga kita bisa melakukan percakapan layaknya manusia dengan chatbot. Language model dapat menjawab pertanyaan dan membantu tugas Anda, misalnya SEO, menulis email marketing, caption di social media, dan coding.

Siapa Pembuat ChatGPT?

ChatGPT dibuat oleh OpenAI, sebuah perusahaan research dan AI. Perusahaan ini launching ChatGPT pada tanggal 30 November 2022.

Apakah Google akan ditinggalkan karena sudah ada ChatGPT?

Saya membaca banyak dari berbagai sumber tentang ChatGPT disertai research sendiri dengan team kami.

Meskipun ChatGPT bisa memberikan output yang luar biasa dengan pertanyaan dari kita, namun ada beberapa kelemahan dari ChatGPT dikutip dari website resminya:

  1. Data ChatGPT terbatas dengan pengetahuan dan peristiwa setelah 2021.
  2. Terkadang memberikan informasi yang keliru dan kurang tepat

Dan, bagaimanapun, manusia adalah makhluk sosial dimana kita akan lebih suka membaca saran dari artikel yang ditulis oleh orang asli dibandingkan saran dari robot.

Saya melihat belum ada tanda-tanda orang-orang hanya akan memakai ChatGPT daripada Google, terutama Google juga dilengkapi dengan berbagai fitur di search result, misalnya Maps, Images, Up-to-date information, dan yang terbaru yaitu Generate AI GSE (akan saya bahas di artikel selanjutnya)

Mastering the Art of ChatGPT for SEO

Di beberapa bulan terakhir, saya banyak research dan compile prompt ChatGPT yang dapat di implementasi untuk SEO website Anda. Berikut saya share seluruh prompt yang saya pakai di artikel ini.

Cara memulainya:

  1. Buka website ChatGPT: https://chat.openai.com/chat
  2. Register / Login
  3. Lalu masukkan Prompt dibawah yang sudah disediakan.

PS: Untuk menghasilkan output dalam bahasa Indonesia, cukup tambahkan kata “In Indonesian language” di depan.

Prompt Mencari ide niche blog Google Adsense

Give me 15 most profitable Google Adsense blog ideas that has high Cost-per-click in 2023.

Setelah menemukan niche yang tepat, maka akan dilanjut dengan mencari “Keyword cluster” nya terlebih dahulu (nantinya dari masing-masing keyword cluster, baru di research keyword targetnya)

Prompt Membuat Topical Map untuk Topical Authority

Give me 100 semantically relevant, but unique topics under the main category of: (masukkan keyword)

Dari masing-masing keyword cluster, kita akan cari list keywords yang akan kita jadikan keywords artikel.

Prompt List Keywords from Keyword Cluster

Give me related keywords that have informational search intent along with the data of search volume per month for these keyword cluster: (masukkan keyword cluster)

Sampai sini, kita akan mendapat total 500 keywords yang akan kita jadikan sebagai bahan konten artikel.

100 Keyword Cluster x 5 Keywords = total 500 Keywords

Kemudian, dari masing-masing keyword, kita akan buatkan title dan meta description yang menarik.

Prompt Membuat Title dan Meta Description yang High CTR

Give me a simple but very click-enticing title to use for a post about the below keyword. Then write an attractive meta description that has the chance for a high click-thru-rate for the topic with 120 to a maximum of 155 characters. The meta description shall be value based, so mention value of the article and have a simple call to action to cause the searcher to click. The keyword: (masukkan keyword)

Setelah mendapat judul dan meta description, kita akan lanjut buat article outline untuk dijadikan sebagai bahan artikel.

Prompt Membuat Article Outline

In Indonesian language, Give me the article outline and what I should write about for this keyword: Ide dekorasi ruang tamu minimalis

Prompt Generate Artikel pakai ChatGPT

Sampai tahap ini, sebenarnya bisa dilanjutkan untuk generate artikel yang dipakai untuk posting. Hanya saja, jika Anda pernah generate beberapa kali dan baca artikel hasil AI Tool (baik ChatGPT, Jasper, dan sebagainya), Anda akan mendapatkan bahwa hasil artikel yang di generate, baik dari pemakaian diksi maupun susunan kata-katanya akan terbaca dari AI sehingga diperlukan editing lebih lanjut sebelum dipakai.

Dari saya sendiri, untuk blog utama, masih memakai human content karena lebih nyaman dibaca bagi user sehingga bounce rate lebih rendah dan aman untuk long term.

Dibawah artikel akan ada case study blog yang memakai AI content tanpa edit, AI content dengan edit + backlink, dan human content.

Mari kita lanjut, kita akan generate artikel memakai ChatGPT per article outline, tidak langsung buat 1 artikel lengkap.

Berikut adalah prompt generate artikel di ChatGPT per article outline: (langkahnya tinggal di ulang dengan mengganti article outline)

In Indonesian language, Act as a professional journalist and content writer. Create an engaging and informative blog post. Add a personal touch by sharing your experience in writing the blog post. Write the paragraph about:

I. Pendahuluan

A. Pengenalan tentang dekorasi ruang tamu minimalis

B. Pentingnya desain minimalis dalam ruang tamu

Case Study Blog AI Content Tanpa Edit vs Blog Human Content

Kami mencoba melakukan single factor testing dimana blog dengan AI content tanpa edit vs blog dengan pure human content (saya memakai Omni Content).

Case Study Blog AI Content Dengan Edit + Backlink

Untuk yang ingin accelerate growth dengan AI content, bisa dipakai namun jangan lupa di proofread terkait kebenaran informasi dan fakta di artikelnya, dan juga di generate article nya per outline seperti langkah diatas.

Blog dibawah ini yaitu memakai content AI yang di edit + optimasi Social Signals + SEO Galaxy V5.

Prompt Mencari Anchor Text Variation untuk Link Building

Dalam melakukan link building, saya selalu rekomendasi untuk variasikan anchor text agar tetap natural dan safe untuk long term. Berikut adalah cara untuk mendapatkan variasi anchor text dalam link building:

Step 1 ketik ini: (agar ChatGPTnya dapat data terlebih dahulu)

How many anchor text strategies in SEO?

Step 2 lanjut ketik ini: (ChatGPT bisa membaca lanjutan dari output sebelumnya)

Give me variations of anchor text for this keyword: Ide dekorasi ruang tamu minimalis

Addon ChatGPT AIPRM untuk SEO

AIPRM for ChatGPT adalah Chrome extension yang membantu untuk keperluan SEO dan digital marketing lainnya selain dengan prompt manual. Saya sendiri lebih nyaman dengan prompt manual saat ini.

Caranya yaitu tinggal login ke ChatGPT melalui Google Chrome, install chrome extensionnya, lalu tinggal klik yang Anda inginkan.

Di contoh ini, kita akan pakai modul “Keyword Strategy”.

Dan hasilnya yaitu tabel seperti ini, lengkap dengan Keyword Cluster, Keyword, Search Intent, title, dan Meta Description.

Addon WebChatGPT untuk Internet Access dan Data Terbaru

Agar hasil ChatGPT bisa ambil data terkini tahun 2023, yaitu memakai Addon Chrome WebChatGPT. Karena data ChatGPT terbatas di tahun 2021.

Caranya:

1. Install Addon Chrome “WebChatGPT: ChatGPT with internet access”

2. Setting:
– Web access: ON
– Full Insights
– Results: 10
– Output: Bahasa Indonesia/English

3. Prompt keyword Indonesia: /site:google.co.id [keyword]
Prompt keyword Bule: /site:google.com [keyword]

4. Here we go!

Semoga bermanfaat dan jangan lupa komen dan share jika suka ya!

Calvin Tedja

Article by Calvin Tedja

Calvin Tedja is the founder of Omni Rank, Conference SEO Speaker, and does result-based SEO.