Sebelum menjadi seorang digital marketer atau SEO specialist, langkah awal yang krusial adalah memahami dan mempelajari istilah-istilah penting dalam SEO supaya lebih siap untuk menyusun strategi yang efektif. Memahami istilah-istilah ini juga akan membantu Anda berkomunikasi dengan lebih baik dalam tim, serta mengambil keputusan yang tepat dalam setiap tahap optimasi website, mari pelajari selangkapnya dalam artikel ini!

Istilah Penting dalam SEO

Jika sudah memahami istilah dasarnya maka akan lebih mudah untuk Anda dalam menjalani praktiknya sehari-hari. Penasaran apa saja istilah penting yang ada pada SEO? yuk simak penjelasan berikut!

1. SEO On Page

Istilah pertama yang perlu Anda ketahui yaitu SEO On-Page yang merupakan teknik optimasi search engine yang dilakukan pada laman web. Kegunaannya yaitu untuk meningkatkan ranking pada hasil pencarian organik. Adapun tujuannya yaitu untuk membuat sebuah website lebih relevan bagi search engine ataupun pengguna.

Penerapan yang dilakukan dapat berupa penggunaan keyword, tag header, internal link dan sebagainya.

2. SEO Off Page

Sementara SEO Off-Page merupakan teknik optimasi yang dilakukan search engine di luar website. Kegunaannya yang dimiliki sama dengan SEO On-Page.

Adapun cara menerapkan teknik ini dapat dilakukan dengan cara membuat backlink yang berkualitas, partisipasi pada komunitas online hingga promosi konten pada media sosial. Sementara tujuan penerapan teknik ini yaitu untuk meningkatkan brand awareness, otoritas ataupun popularitas sebuah situs web pada mesin pencari dan user.

3. Keyword

Keyword juga menjadi istilah dasar yang perlu diketahui pertama kali. Keyword atau kata kunci merupakan sebuah kata yang digunakan sebagai ide atau topik utama sebuah tulisan atau konten. Keyword juga digunakan untuk memberitahu search engine ketika bot spider melakukan crawling.

4. Short-Tail Keyword

Short-tail keyword yaitu kata kunci singkat yang biasanya tersusun atas satu atau dua kata. Kata kunci yang satu ini umumnya memiliki tingkat persaingan cukup tinggi sebab penggunaan keyword yang kurang spesifik.

5. Long-Tail Keyword

Long-tail keyword yaitu keyword turunan yang berasal dari short-tail keyword. Jadi umumnya, kata kunci yang satu ini sudah lebih spesifik dan lebih tertarget yang menyebabkan tingkat persaingan keyword yang dipakai di search engine lebih kecil.

6. Riset Keyword

Riset keyword yaitu langkah yang dilakukan untuk menentukan kata kunci yang banyak dipakai pengguna internet. Usaha ini juga dilakukan supaya bisa mengetahui informasi tentang tingkat persaingan yang dimiliki setiap keyword.

7. LSI

LSI (Latent Semantic Indexing) merupakan sebuah teknik analisis yang digunakan search engine untuk menentukan keterkaitan keyword yang diterapkan pada konten situs web dengan pencarian yang dilakukan user.

Jadi, teknik ini akan bekerja dengan cara menganalisis keterkaitan antara keyword yang dipakai serta membangun profil semantik yang dipakai pada konten tersebut. Misalnya ketika Anda akan menjelaskan Jokowi maka Anda dapat memakai LSI seperti ‘Presiden Indonesia’ atau ‘Kakek Jan Ethes’, dan sebagainya.

Do-follow link merupakan tautan maupun hyperlink yang memberikan skor SEO. Tautan ini juga mengizinkan search engine untuk mengikuti link tersebut dari laman satu ke laman lainnya.

No follow link merupakan tautan yang mengizinkan visitor untuk mengklik tautan, namun tidak memberikan sinyal SEO. Umumnya tautan no follow link juga digunakan untuk tautan iklan, tautan sosial media maupun komentar blog.

10. Anchor Text

Anchor text merupakan teks yang menjadi tempat untuk menyematkan link ataupun internal link yang berguna untuk mengarahkan user menuju ke laman tertentu. Anchor text umumnya memiliki warna serta gaya teks yang berbeda contohnya cetak tebal maupun italic yang memiliki tujuan sebagai navigasi dalam meningkatkan UX.

Pada praktiknya, anchor text diperlukan untuk membantu mesin pencari memahami ataupun menjelaskan halaman yang dituju dari tautan yang diberikan tersebut.

11. CTA

CTA kependekan dari Call to Action merupakan sebuah instruksi atau disebutkan ajakan yang diperuntukkan pada pengunjung website maupun pembaca konten dengan tujuan untuk melakukan tindakan tertentu. Contohnya ajakan untuk membeli produk, mendaftar anggota, mengisi formulir, ataupun menghubungi perusahaan.

12. Alt text

Alt Text

Istilah penting dalam SEO selanjutnya yaitu Alt Text yang merupakan teks deskriptif untuk menyampaikan makna serta konteks item visual pada pengaturan digital, misalnya pada aplikasi maupun halaman web. Fungsinya juga membantu Google dalam mengidentifikasi topik yang dibahas dengan menggunakan konten gambar.

Permalink atau permanen link merupakan tautan yang ada pada sebuah laman web. Tujuannya supaya setiap halaman dapat diakses serta mempunyai alamat URL masing-masing.

Internal link menjadi istilah penting dalam SEO selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Tautan yang satu ini terdapat di sebuah laman web yang mengarah pada halaman lain pada domain yang sama.

Backlink merupakan tautan dari laman lain yang mengarah pada laman web yang Anda miliki. Pembuatan backlink yang berkualitas merupakan salah satu teknik penting yang ada pada SEO Off-Page. Hal tersebut karena backlink menjadi sinyal untuk mesin pencari jika situs Anda sering dijadikan sebagai rujukan ataupun referensi.

Link juice merupakan salah satu jenis external link yang berkualitas. Saat website lain melakukan external link di website Anda maka link juice ini bisa membantu dalam meningkatkan peringkat website dan meningkatkan otoritas domain juga.

Low quality link yaitu jenis external link yang tidak berkualitas. Contoh dari tautan ini yaitu link yang berasal dari situs spam maupun situs yang mempunyai nilai asusila seperti situs porno.

18. Linking Root Domain

Linking root domain yaitu sebuah tautan yang mengacu pada banyaknya external link yang mengarah pada website Anda. Contohnya apabila sebuah web dihubungkan dengan website yang Anda miliki sepuluh kali, artinya tautan tersebut dianggap sebagai tautan dari satu root domain.

Outbond Link
https://www.semrush.com/blog/

Outbound link yaitu tautan yang diberikan dari laman web yang Anda miliki menuju ke laman web lain yang dianggap terpercaya serta mempunyai otoritas yang baik. Tautan yang satu ini juga perlu diperhatikan sebelum melakukan external link.

20. White Hat SEO

White Hat SEO menurut WordStream termasuk istilah penting dalam SEO yang perlu diketahui. White hat SEO merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan urutan web di mesin pencarian dengan cara mempertahankan integritas ataupun mematuhi peraturan mesin pencarian.

21. Black White SEO

Sementara Black White SEO yaitu upaya yang dilakukan dengan melakukan teknik SEO yang dilarang Google. Walaupun tujuannya juga untuk meningkatkan urutan web di SERP, namun dengan cara-cara yang curang.

22. Keyword Stuffing

Keyword stuffing yaitu memasukkan keyword secara berlebihan maupun tidak sesuai dengan kebutuhan pada sebuah artikel.

23. Doorway Page

Doorway page merupakan page website yang mempunyai kualitas rendah. Untuk meningkatkannya, biasanya dapat dilakukan optimalisasi kata kunci spesifik serta mengarahkan user ke halaman lainnya pada website yang berbeda.

Link Farming
https://en.wikipedia.org/wiki/Link_farm

Link farming yaitu upaya yang dilakukan untuk membangun external link dengan cara membuat beberapa situs web. Tujuannya untuk meningkatkan popularitas link dari situs lain.

25. Invisible Text

Istilah penting dalam SEO selanjutnya yaitu invisible text, yang merupakan teknik SEO dalam menyembunyikan teks yang berisi keyword pada sebuah konten. Tujuannya yaitu untuk memanipulasi posisi atau peringkat pada SERP.

26. Cloaking

Cloaking

Cloaking merupakan upaya menampilkan konten berbeda bagi mesin pencarian ataupun pengguna situs web. Teknik yang satu ini sebenarnya termasuk teknik SEO yang buruk yang dapat melanggar aturan yang telah ditetapkan Google.

27. Auto Generated Content

Auto generated content atau yang sering disingkat AGC merupakan konten yang dibuat otomatis dengan suatu program atau kode. Cara yang satu ini dinilai sebagai cara mudah dalam menghasilkan suatu konten karena menggunakan aplikasi.

28. Sneaky Redirects

Sneaky redirects yaitu mengalihkan situs web ke halaman lainnya secara otomatis dengan memakai script tertentu contohnya JavaScript maupun Meta Refresh. Tujuannya juga untuk memanipulasi jaringan iklan afiliasi menggunakan cookie stuffing.

29. SEO Lokal

SEO lokal merupakan salah satu strategi optimasi mesin pencari yang dilakukan untuk memperoleh peringkat di pencarian spesifik pada area geografis tertentu. Mesin pencari seperti Google akan secara otomatis mengutamakan beberapa kueri pencarian dalam menampilkan hasil lokal terlebih dahulu.

30. Meta Tag

Istilah penting dalam SEO yang satu ini juga perlu diperhatikan. Meta tag merupakan tag HTML yang dipakai pada pemberian informasi mengenai halaman web di mesin pencari ataupun browser. Isinya dapat berupa deskripsi halaman ataupun kata kunci itu sendiri dan lain sebagainya.

31. Meta Title (Tag Title)

Tag Title merupakan tag HTML yang dipakai dalam memberikan judul maupun nama sebuah laman web. Tag Title biasanya muncul pada bagian atas browser dan ditampilkan pada hasil pencarian di search engine sebagai judul suatu website.

32. Meta Description (Meta Deskripsi)

Meta deskripsi berisi penjelasan singkat sejumlah 150 hingga 160 kata dengan menerangkan isi sebuah konten yang terdapat keyword di dalamnya, yang mungkin dicari oleh user.

Meta deskripsi ini biasanya akan muncul saat melihat hasil pencarian dan biasanya terdapat pada bagian bawah judul sebuah halaman. Kebanyakan user akan memerlukan meta deskripsi supaya mengetahui apakah konten ditawarkan suatu website sesuai dengan yang dicari atau tidak.

33. Meta Keyword (Kata Kunci)

Meta keyword yaitu informasi kata kunci yang dipakai sebuah web untuk membantu mesin pencari tentang isi postingan maupun artikel yang ada di website Anda. Kegunaannya memberikan informasi lebih banyak dan biasanya berisi kata kunci yang sesuai dengan konten.

34. Schema Markup

Schema Markup

Schema markup yaitu salah satu jenis kode yang diletakkan pada halaman web. Tujuannya untuk memberikan informasi secara detail mengenai konten halaman di mesin pencari.

Featured Snippet

Featured snippets yaitu salah satu fitur pencarian yang ada di mesin pencari yang menampilkan jawaban langsung mengenai pertanyaan maupun pencarian yang dilakukan pengguna. Biasanya terletak di bagian atas halaman pada hasil pencarian.

36. Reach

Reach yaitu total angka yang menunjukkan jumlah pengguna yang melihat konten yang Anda miliki. Reach biasanya dipakai sebagai metrik yang tujuannya mengevaluasi keefektifan campaign yang dilakukan di beberapa platform.

37. Impressions

Impression merupakan total angka yang menampilkan jumlah konten yang dilihat orang lain. Biasanya impression dipakai untuk mengukur banyaknya tampilan iklan atau postingan pada suatu web.

38. CTR

CTR yaitu perbandingan jumlah klik dengan jumlah impression. Umumnya klik ini berasal dari hasil pencarian secara organik.

39. Bounce Rate

Bounce rate yaitu keadaan di mana pengunjung tidak melakukan tindakan apapun ketika membuka satu halaman web saja. Jadi pengunjung tidak menekan baik itu tombol menu, CTA maupun internal link yang ada pada laman web tersebut.

40. Organic Traffic

Organic traffic merupakan salah satu traffic yang bisa diperoleh tanpa mengeluarkan biaya dalam mendatangkan traffic itu sendiri. Jadi dapat diartikan sebagai keadaan ketika pengunjung secara alami datang melalui hasil pencarian search engine.

41. Index

Index merupakan database yang dipakai search engine dan biasanya berisi informasi dari semua laman web yang ditemukan mesin pencari. Penting bagi Anda memasukkan website yang dimiliki sudah terindex sehingga mudah dicari melalui mesin pencari.

42. Deindex

Deindex merupakan kondisi di mana website Anda tidak terindeks oleh mesin pencari, sehingga tidak muncul di hasil pencarian Google. Penyebab deindex Google bisa bervariasi, mulai dari pelanggaran kebijakan konten, penggunaan teknik SEO yang tidak etis, hingga adanya masalah teknis pada website.

43. Spider/Crawling

Spider atau yang sering disebut juga sebagai crawling yaitu bot yang merambati isi konten serta semua informasi yang ada supaya di index mesin pencari.

44. SERP

SERP (Search Engine Results Page) yaitu halaman web yang ditunjukkan mesin pencari setelah pengguna memasukkan keyword maupun frasa pencarian. Istilah penting dalam SEO ini berlaku di semua mesin pencari contohnya Google, Bing, Yahoo ataupun mesin pencari lainnya.

45. Sitemap

Sitemap adalah dokumen pada website yang berisi daftar semua halaman di situs tersebut, berfungsi sebagai peta untuk memudahkan mesin pencari dan pengguna menavigasi setiap halaman. Cara membuat sitemap sangat penting diketahui oleh pengelola website untuk memastikan bahwa semua halaman Anda terindeks dengan baik oleh mesin pencari seperti Google.

Dengan sitemap yang tepat, mesin pencari dapat menjelajahi dan mengindeks website Anda secara lebih efisien, meningkatkan peluang halaman-halaman Anda muncul di hasil pencarian.

46. Redirect

Istilah yang satu ini digunakan untuk menandakan tindakan yang dilakukan ketika melakukan pengalihan dari satu URL ke URL lainnya. Teknik yang digunakan yaitu mengarahkan pengunjung domain pada URL berbeda.

47. Canonical URL

Canonical URL merupakan solusi teknis yang dilakukan untuk memberitahu search engine halaman mana yang perlu dirangking saat terjadi masalah duplikat konten. Adapun URL canonical sendiri menjadi URL halaman yang dipilih sebagai URL yang paling representatif dari semua halaman duplikat.

48. PageRank

PageRank adalah indikator yang dipakai untuk melihat urutan kepopuleran sebuah website. Indikator ini juga mengukur seberapa penting suatu web bagi pengguna pada hasil pencariannya.

49. Domain Authority

Domain authority yaitu skor yang menampilkan seberapa baik urutan web yang dinilai dari alamat domain yang dipakai. Metrik yang satu ini pertama kali dikembangkan Moz yang merupakan platform software untuk menjalankan strategi SEO.

50. Page Authority

Page authority juga menunjukkan peringkat web yang ditunjukkan dalam bentuk skor. Namun pada page authority ini skor ini dinilai dari halaman yang ada pada website tersebut.

Penutup

Jika muncul pertanyaan tentang istilah SEO, kini Anda sudah tidak bingung lagi karena Anda bisa menjelaskan istilah penting dalam SEO berdasarkan penjelasan pada artikel di atas.

Itulah penjelasan mengenai 50 istilah penting yang ada pada SEO. Apabila Anda ingin belajar tentang SEO, Anda bisa mengetahui lebih lanjut di Omnirank atau bisa juga daftar gratis untuk mengetahui service Omnirank sesuai dengan kebutuhan campaign SEO Anda.

FAQ

Apa itu SEO?

SEO merupakan upaya optimalisasi website dalam memperoleh peringkat lebih baik pada hasil pencarian khususnya Google secara organik. SEO berperan penting untuk meningkatkan performa pada pencarian di search engine. Hal tersebut karena SEO menjadi salah satu strategi yang digunakan untuk menaikkan peringkat suatu website.

Apa kegunaan dan tujuan SEO On Page?

SEO On-Page yang merupakan teknik optimasi search engine yang dilakukan pada laman web. Kegunaannya yaitu untuk meningkatkan ranking pada hasil pencarian organik. Adapun tujuannya yaitu untuk membuat sebuah website lebih relevan bagi search engine ataupun pengguna.

Apa perbedaan Reach dan Impression?

Reach yaitu total angka yang menunjukkan jumlah pengguna yang melihat konten yang Anda miliki. Reach biasanya dipakai sebagai metrik yang tujuannya mengevaluasi keefektifan campaign yang dilakukan di beberapa platform.

Impression merupakan total angka yang menampilkan jumlah konten yang dilihat orang lain. Biasanya impression dipakai untuk mengukur banyaknya tampilan iklan atau postingan pada suatu web.

Apa itu meta deskripsi?

Meta deskripsi berisi penjelasan singkat sejumlah 150 hingga 160 kata dengan menerangkan isi sebuah konten yang terdapat keyword di dalamnya, yang mungkin dicari oleh para pengguna. Meta deskripsi ini biasanya akan muncul saat melihat hasil pencarian dan biasanya terdapat pada bagian bawah judul sebuah halaman. Kebanyakan pengguna akan memerlukan meta deskripsi supaya mengetahui apakah konten ditawarkan suatu website sesuai dengan yang dicari atau tidak.

Omnirank Team
Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.