Meningkatkan trafik website bisa dilakukan dengan menerapkan SEO, dan salah satu strateginya adalah menggunakan optimasi lokal SEO. Melihat trafik website secara berkala bisa membantu kita mengevaluasi setiap langkah penerapan SEO yang kita lakukan secara terukur.

Berikut kami akan jelaskan bagaimana cara yang baik dan benar menerapkan optimasi SEO lokal untuk meningkatkan trafik website.

Apa Itu Lokal SEO?

Lokal SEO merupakan sebuah langkah optimasi website yang fokus pada visibilitas di mesin pencarian lokal di area tertentu. Hasil dari optimasi lokal SEO ini adalah bisnis kalian akan lebih mudah dicari pada pengguna internet yang lokasinya dekat dengan lokasi bisnis kalian.

Ada 3 pilar dalam pencarian lokal yakni kedekatan jarak, kompetensi atau kualitas dan juga relevansi pencarian. Penerapan lokal SEO akan membantu website bisnis atau lokasi bisnis kalian lebih sering muncul pada pencarian yang relevan oleh pengguna yang dekat.

Lokal SEO ini sangat tepat digunakan oleh website bisnis seperti toko, cafe, restoran, hotel, dan lain sebagainya yang bisa dikunjungi langsung.  Cara kerjanya sendiri yakni dengan meyakinkan mesin pencari kalau website bisnis memang lokasinya dekat dengan pengguna internet dan juga relevan dengan pencarian.

Ada beberapa alasan yang membuat lokal SEO ini sangat penting untuk digunakan dalam digital marketing bisnis. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Berdasarkan penelitian dari Google sejak tahun 2020 pencarian bisnis terdekat itu sebesar 46% dan itu untuk pencarian setiap harinya. Jadi Lokal SEO sangat penting untuk membantu bisnis kalian ditemukan pengguna internet yang lokasinya dekat. Melihat trafik website bisa membantu mengetahui berapa orang terdekat yang mungkin menemukan bisnis kalian dalam satu hari.
  2. Bisnis akan lebih mudah dijumpai oleh pengguna internet terdekat, sehingga kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan banyak pengunjung. Hal ini mungkin akan meningkatkan penjualan dan membuat bisnis kalian menjadi semakin besar.

Manfaat dari penerapan lokal SEO sendiri sangat banyak untuk peningkatan website yang berujung pada perkembangan bisnis itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaatnya.

  1. Bisa menjadi sarana marketing yang menargetkan pasar lokal atau pasar yang dekat dengan lokasi dari bisnis kalian. Pada saat kita melihat trafik website bisnis kita naik dengan SEO lokal, maka kemungkinan transaksi yang terjadi pun akan meningkat.
  2. Bisa membantu bisnis kita memenangkan persaingan dengan bisnis lain, karena bila jaraknya lebih dekat sudah pasti akan muncul lebih dulu. Optimasi lokasi SEO juga membantu bisnis kita bisa bersaing dengan pesaing, karena intensitas website bisnis kita muncul lebih sering. Apalagi saat ini belum banyak yang mendaftarkan bisnis ke Google Business profile, jadi tentunya langkah ini bisa membuat bisnis memenangkan persaingan.

Penelitian menunjukkan adanya beberapa faktor penting yang sangat mempengaruhi hasil pencarian lokal pada mesin pencari Google. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi hasil SEO lokal.

  1. Sinyal Google Bisnisku yang indikatornya ditentukan dari lokasi pengguna, kategori dan juga keyword dari nama bisnis.
  2. Sinyal link yang sangat dipengaruhi oleh anchor text, kuantitas domain dan juga domain authority
  3. Sinyal Review yang dipengaruhi oleh jumlah ulasan atau review yang diberikan pada bisnis dan juga keberagaman dari review tersebut.
  4. Sinyal on page website yang dipengaruhi keyword dan juga penggunaan NAP
  5. Sinyal Citation yang dipengaruhi oleh konsistensi NAP yang dilakukan di berbagai platform.

Lokal SEO tentunya berbeda dengan global SEO, di mana jangkauan lokal SEO itu adalah mengoptimalkan pencarian mesin pencari lokal. Sementara kalau global SEO mengoptimalkan pencarian satu dunia atau internasional, dan keduanya sama-sama penting. Tentunya penggunaannya harus disesuaikan dengan target pasar yang diinginkan dan melihat trafik website yang dimiliki saat ini.

Bagaimana Cara Paling Efektif Untuk Meningkatkan Lalu Lintas Ke Situs Web?

Meningkatkan lalu lintas website sangat penting dilakukan, salah satu caranya adalah dengan menerapkan lokal SEO yang kami jelaskan di atas. Namun ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan kualitas dari website juga cukup baik untuk mendapat nilai lebih tinggi.

Berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan traffic website.

1. Menerapkan SEO On Page

SEO on page adalah hal penting untuk mendukung situs website kalian lebih mudah ditemukan dan sangat tepat dikombinasikan dengan lokal SEO. Berikut ini beberapa langkah dalam penerapan SEO on page.

  1. Menentukan judul yang menarik dan mengandung keyword utama dari konten, sebisa mungkin tidak lebih dari 70 karakter.
  2. Membuat meta description yang mengandung keyword dan relevan dengan isi dari konten supaya mesin pencari lebih mudah memahami konten. Meta description ini akan ditampilkan di bawah URL dalam hasil pencarian Google.
  3. Menggunakan header tag untuk menguraikan konten supaya lebih mudah dibaca dan juga mudah dipahami.

2. Memanfaatkan Sosial Media

Bagikan juga link website bisnis melalui berbagai platform sosial media, supaya bisa meningkatkan kredibilitas dari bisnis juga. Buatlah akun sosial media yang baik dan tertata, sehingga bisnis akan terlihat profesional dan tentunya lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Langkah ini juga bisa mendukung lokal SEO lho, sehingga kalian bisa melihat trafik website mengalami kenaikan.

3. Membuat Konten Yang Relevan Dan Berkualitas

Membuat konten yang menarik namun tetap relevan dengan bisnis menjadi langkah untuk bisa meningkatkan traffic website. Kalian bisa menggunakan tools Google Analytics untuk mengetahui keyword yang populer dan relate dengan bisnis kalian. Google analytics ini pun bisa menjadi cara cek trafik website yang disediakan Google untuk membantu para konten creator membangun website.

Kalian juga perlu membuat konten berkualitas untuk bisa membantu peningkatan traffic website bisnis yang mendukung penerapan lokal SEO. Ada beberapa cara untuk membuat konten berkualitas bila kalian melihat traffic website untuk setiap konten yang kalian buat.

  1. Konten tidak bertele-tele dan langsung bisa menjawab pertanyaan atau topik yang sedang dibahas. Sebisa mungkin lebih banyak informasi yang dibagikan dibandingkan kalimat basa-basi yang bertele-tele.
  2. Tambahkan gambar yang relevan dengan pembahasan untuk membantu pemahaman dari konten dan juga membuat konten lebih menarik.
  3. Buat judul yang mencuri perhatian namun tetap berhubungan dengan bisnis kalian untuk melihat trafik website kalian meningkat.
  4. Lakukan riset keyword dengan beberapa tools seperti Google Keyword Planner dan kemudian kembangkan keyword tersebut.

4. Membuat Website Lebih Mobile Friendly

Pastikan website bisnis kalian bisa dibuka dengan baik dan nyaman pada device mobile seperti smartphone atau tablet. Kebanyakan orang saat ini mengakses website melalui mobile, bahkan Google menerapkan mobile first indexing untuk menjawab kebiasaan manusia saat ini.

Jadi gunakan tools untuk menata website menjadi mobile friendly dan gunakan tools untuk tes website pada mobile. Kalian bisa melihat trafik website untuk mengetahui efektivitas dari penataan website menjadi mobile friendly ini.

5. Tingkatkan Kecepatan Loading Website

Kalian juga harus membuat website kalian cukup ringan, sehingga proses loading tidak akan memakan waktu yang terlalu lama. Saat lokal SEO sudah diterapkan, maka kalian perlu menjamin mereka bisa loading website dengan jauh lebih cepat.

Berikut ini beberapa langkah untuk meningkatkan kecepatan loading website.

  1. Memperkecil file yang akan ditampilkan di dalam situs, supaya tidak membuat situs terlalu berat untuk dibuka. Ukuran yang kecil akan membuat bandwith yang digunakan pun lebih sedikit, sehingga tidak membebani pengguna internet.
  2. Gunakan CDN yang memungkinkan proses loading website lebih cepat meski lokasinya jauh atau trafik yang terlalu besar. Melihat trafik website dan memastikan tidak overload dalam satu waktu itu penting supaya website tetap bisa dibuka dengan cepat.
  3. Manfaatkan cache browser yang akan tersimpan dalam device setelah kunjungan pertama pada website bisnis kalian. Jadi saat mereka mengunjunginya kembali proses loading akan jauh lebih cepat.

6. Menambahkan Internal Link

Tambahkan internal link yang relevan dengan konten yang kalian sajikan pada website bisnis untuk pemahaman yang lebih mendalam. Google akan menilai website kalian berkualitas apabila terdapat internal link yang cukup, karena berarti pembahasannya bisa lebih luas. Hal ini pun bisa mendukung penerapan lokal SEO, karena pengguna internet akan melihat bisnis kalian cukup kredibel.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin menggunakan internal link.

  1. Pastikan internal link itu berisi pengembangan dari pembahasan yang ada pada satu halaman situs tersebut.
  2. Pakai anchor text yang tidak kaku, sehingga orang akan bisa membacanya secara natural dan tertarik untuk mendalami pembahasan lebih lanjut.
  3. Jangan terlalu banyak menyisipkan internal link, karena malah justru membuat orang tidak nyaman dan Google pun akan menilai sebagai spam.

Beberapa cara di atas bisa dilakukan bersamaan dengan lokal SEO, karena memang sangat mendukung keberhasilan penerapan lokal SEO. Mulai dari meningkatkan kredibilitas website, menarik pengguna internet untuk melakukan transaksi, sampai membantu indexing Google. Menggunakan cara di atas dipadukan dengan lokal SEO akan membuat website bisnis akan muncul di hasil pencarian teratas.

Langkah Optimasi Lokal SEO Yang Benar

Untuk optimalisasi SEO lokal, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan dan berikut ini kami akan jelaskan satu per satu langkahnya supaya bisa membantu kalian untuk mendapatkan hasil pencarian lokal teratas.

1. Daftar Pada Google Bisnisku

Daftarkan bisnis kalian pada Google Bisnisku menjadi langkah awal dan titik pertama untuk menerapkan lokal SEO pada website. Pada saat mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku pun kalian bisa mengisikan URL website bisnis untuk membantu meningkatkan traffic.

Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara untuk mendaftarkan diri pada Google Bisnisku dengan benar.

  1. Buka dulu situs Google Bisnisku dan kemudian klik pilihan kelola sekarang.
  2. Tuliskan nama toko atau nama bisnis sesuai dengan brand yang kalian miliki, pastikan cukup unik dan juga menarik. Biasanya kalian perlu menunggu sementara waktu untuk Google memastikan tidak ada nama yang sama.
  3. Setelah itu kalian bisa tuliskan kategori dari bisnis kalian.
  4. Lanjutkan dengan menambahkan lokasi bisnis melalui Maps, dan kalian akan dimasukkan ke dalam Google Maps. Kalian bisa tuliskan alamat secara lengkap dan mulai memilih titik yang tepat sesuai lokasi bisnis kalian.
  5. Selanjutnya kalian perlu mengisi lokasi operasional bisnis ada di mana dan juga wilayah dari bisnis kalian berada di wilayah mana.
  6. Lanjut dengan mengisi detail informasi bisnis mulai dari nomor telepon, link url menuju website bisnis, dan beragam informasi lainnya. Kalian harus melihat trafik website untuk memastikan kenaikannya setelah kalian daftarkan melalui Google Bisnisku.
  7. Selanjutnya kalian harus memilih akan mendapatkan update dari Google dan rekomendasi dari Google untuk bisnis melalui email atau tidak. Kalian bisa jawab iya untuk mendapatkan bantuan dari Google untuk mengembangkan bisnis dan juga website. Setelah itu bisnis sudah terdaftar dan sudah bisa ditemukan pengguna sekitar dengan lebih mudah.

Google Bisnisku memiliki fungsi yang cukup banyak dalam digital marketing termasuk peningkatan trafik website. Berikut ini fungsinya.

  1. Mempromosikan produk bisnis melalui Google
  2. Menampilkan review dari pelanggan atau dari pengunjung
  3. Bisa menampilkan detail informasi produk, lokasi perusahaan, nomor telepon, sampai website bisnis.
  4. Membantu meningkatkan trafik website, karena orang bisa mengunjungi website dengan satu klik ketika melakukan pencarian di Google. Cara melihat trafik website untuk memastikan pun sudah banyak, bahkan Google pun sudah memiliki beberapa tools.
  5. Google Bisnisku juga memiliki fitur pembuatan website secara otomatis yang disesuaikan dengan detail bisnis yang sudah kalian masukkan.

2. Gunakan Kata Kunci Lokal

Kata kunci adalah hal paling penting yang harus dipikirkan dan ditentukan dengan baik supaya bisa melihat trafik website yang tinggi. Kata kunci lokal harus dicari terlebih dahulu untuk bisa menerapkan SEO lokal ini dengan baik, sehingga bisnis lebih mudah ditemukan di area tersebut.

Kalian bisa menggunakan beragam Tools SEO untuk membantu menentukan keyword yang tepat termasuk kata kunci lokal. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam memilih kata kunci lokal yang tepat, berikut ini penjelasannya.

  1. Buka dulu Tools SEO dan kemudian masuk ke menu pencarian organik dan kemudian pilih menu kata kunci organik. Nanti akan muncul banyak kata kunci yang relevan dengan website bisnis beserta tingkat popularitas pencariannya di mesin pencari Google.
  2. Atur wilayahnya di Indonesia, maka kalian akan mendapatkan kata kunci lokal yang populer dan juga banyak dicari. Jadi kalian bisa memilih kata kunci yang tepat untuk menerapkan SEO lokal.

Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi dengan melihat trafik website untuk memastikan efektivitas dari pemilihan keyword. Jadi nantinya kalian bisa tahu mana kata kunci yang tepat dan juga sedang banyak dicari oleh pengguna internet lokal.

3. Dapatkan Review dari Para Pengunjung Website

Review dari pengunjung Google Bisnisku sangatlah penting untuk membangun kredibilitas dan nilai di mata mesin pencari. Cara mendapatkannya sendiri sangat beragam, dan berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara mendapatkannya.

a. Tampilkan Informasi Yang Lengkap

Menampilkan informasi yang lengkap itu sangat membantu orang untuk tertarik memberikan review pada bisnis kalian. Informasi lengkap mendorong orang untuk melakukan transaksi dan pada akhirnya akan mau memberikan review atau produk dan pelayanan.

b. Minta Pengunjung Memberi Review

Selalu meminta pengunjung untuk memberi review juga bisa menjadi salah satu langkah untuk bisa mendapatkan review yang banyak. Langkah meminta review ini sendiri bisa dilakukan setelah pengunjung melakukan transaksi atau menggunakan tools khusus pada website. Jadi orang akan mudah dalam memberikan review karena sudah ada tools dan sudah ada pengalaman membeli produk.

c. Berikan Insentif

Berikan insentif berupa promo, voucher diskon, dan lain sebagainya bagi orang-orang yang mau memberikan review pada bisnis. Review ini bisa ditulis melalui website bisnis atau melalui Google bisnisku, sehingga nantinya rating website bisnis akan naik. Lakukan dengan perencanaan matang dan evaluasi dengan melihat trafik website untuk mengukur efektivitas insentif yang diberikan.

d. Bagikan Melalui Sosial Media

Bagikan link Google Bisnisku atau link website bisnis melalui sosial media untuk bisa mendorong orang memberikan review tersebut. Pemilihan sosial media sendiri harus dipertimbangkan, sesuaikan dengan target pasar yang kalian inginkan untuk bisa mendapatkan review.

4. Optimalkan Website Untuk Perangkat Mobile

Saat ini lebih banyak pengguna internet menggunakan perangkat mobile, jadi untuk optimasi SEO lokal kalian perlu buat website mobile friendly. Berikut ini cara untuk mengoptimalkan website untuk digunakan pada perangkat mobile.

a. Batasi Konten Yang Ditampilkan

Perangkat mobile jelas memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer, jadi sebisa mungkin batasi konten yang ditampilkan. Membatasi konten yang ditampilkan akan membuat website jadi terlihat lebih bersih dan juga lebih ringan untuk dibuka. Sebaiknya tampilkan konten yang penting saja dalam versi mobile, pastikan melihat trafik website versi mobile untuk memastikan efektivitasnya.

b. Persingkat Proses Pembelian

Persingkat proses pembelian melalui website di versi mobile itu menjadi langkah penting supaya pengguna mobile tetap nyaman mengaksesnya. Hal ini akan mengurangi jumlah halaman yang harus diakses, sehingga tidak terlalu memberatkan bagi perangkat mobile itu sendiri.

c. Rancang Tata Letak Yang Nyaman Untuk Mobile

Rancang tata letak yang nyaman untuk perangkat mobile membuat website menjadi lebih mobile friendly dan nyaman saat diakses. Mulai dari penempatan konten dengan spasi yang cukup berjarak akan membuat orang bisa melihat dengan lebih nyaman.

Tampilan website pun akan jauh lebih bersih dan rapi apabila terdapat spasi yang cukup pada penataan website untuk versi mobile. Spasi yang cukup dan lokasi yang tepat juga akan memudahkan orang saat ingin memilih menu seperti misalnya pembelian dan lain sebagainya.

d. Jangan Gunakan Jendela Pop Up

Sebaiknya tidak menggunakan jendela pop up pada versi mobile, sehingga para pengguna perangkat mobile itu tidak akan terganggu. Seperti kita tahu kalau tampilan dari perangkat mobile itu sangat terbatas, bila ada jendela pop up sudah pasti halaman akan tertutup. Hal ini akan mengganggu karena bisa jadi menutup konten yang malah justru esensial pada website bisnis kalian.

e. Minimalkan Penggunaan Teks Input

Minimalkan penggunaan teks input pada situs entah untuk mengisi data atau lain sebagainya pada sebuah website. Kebanyakan orang malas mengetik melalui perangkat mobile, karena memang cukup kecil dan rawan terjadi kesalahan. Jadi gunakan menu drop down atau ceklist saja pada website, sehingga memudahkan akses website melalui perangkat mobile.

Mempelajari dan menerapkan SEO lokal dengan data yang didapat dari melihat trafik website bisa menggunakan jasa dari Omnirank. Kalian tinggal lihat saja beragam services Omnirank yang tersedia untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan bisa juga daftar gratis lho.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.