Brand awareness adalah kesadaran dari pembeli akan sebuah merek dari suatu produk. Istilah tersebut berkaitan erat dengan pengenalan sebuah merek pada suatu produk kepada calon pembeli. Aware dalam bahasa Inggris sendiri mempunyai arti sadar atau peka terhadap sesuatu, jika istilah tersebut diartikan maka menjadi pengetahuan atau kesadaran akan sebuah merek.
Sebagai contoh saat Anda membeli baju, maka Anda akan langsung melihat merek dari baju tersebut sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang apa itu brand awareness.
Apa Itu Brand Awareness?
Pengertian dari brand awareness adalah kesadaran atau pengetahuan pembeli terhadap suatu merek dagang pada sebuah produk. Sehingga saat Anda membeli sebuah produk, pasti Anda sudah mengenali suatu merek yang berkaitan dengan produk tersebut.
Bagi penjual sendiri, brand awareness tentunya penting untuk meningkatkan kesadaran merek agar produknya terjual. Ingatan pembeli akan sebuah brand tentunya akan berdampak baik pada brand tersebut, karena brand akan banyak dikenal oleh masyarakat sehingga menimbulkan kepercayaan.
Sebagai contoh saat Anda hendak membeli sebuah produk pasta gigi, pasti yang akan Anda beli merupakan brand yang memang sudah Anda kenal, maka seperti itulah kerja dari brand awareness. Kesadaran masyarakat akan sebuah brand tentunya akan mendorong mereka untuk selalu menggunakan produk apa pun dengan brand yang sama.
Fungsi Brand Awareness
Hampir semua masyarakat pastinya akan lebih percaya terhadap brand atau merek yang sudah dikenal. Sebagai langkah awal yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan yang mempunyai brand adalah bagaimana caranya membangun brand awareness kepada masyarakat agar merek dagang tersebut dikenal luas oleh masyarakat.
Namun sebelum mengetahui tentang cara membangun sebuah brand awareness, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu fungsi dari brand awareness tersebut. Beberapa fungsi dari brand awareness adalah:
Membangun ekuitas brand atau merek
Konsep dari ekuitas merek yaitu, semakin dikenalnya sebuah merek, maka merek tersebut akan semakin berharga. Hal tersebut terjadi karena ekuitas merek adalah sebuah nilai tambah yang diberikan oleh konsumen terhadap suatu brand. Penjualan ataupun promosi suatu produk dengan brand tertentu akan terlihat visibel.
Menciptakan asosiasi
Brand awareness adalah hal yang akan menciptakan asosiasi jika dilakukan dengan dengan benar, di mana asosiasi tersebut terbagi atas dua jenis:
- Akan ada sebuah situasi di mana saat konsumen menemukan sebuah produk, maka akan teringat sebuah brand atau merek
- Ada situasi di mana konsumen menyebutkan sebuah produk dengan sebuah brand atau merek
Menciptakan jaringan
Jika kesadaran konsumen akan sebuah brand dapat direncanakan dengan baik, maka brand tersebut akan menjadi bahan pembicaraan sehingga segala informasi tentang brand tersebut akan tersebar luas dan menciptakan jaringan. Seperti halnya produk Apple yang tidak pernah melakukan promosi akan produk-produknya namun penyebarluasan brand tersebut dikarenakan public figure atau melalui informasi dari dari mulut ke mulut.
Menumbuhkan kepercayaan
Brand awareness adalah hal yang akan menumbuhkan rasa percaya dari konsumen, terlebih saat banyak konsumen yang menggunakan produk dari merek tersebut dan kemudian membagikan pengalamannya maka secara tidak langsung dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap brand yang bahkan belum pernah mereka coba.
Menciptakan persepsi
Sebuah brand atau merek yang mempunyai persepsi yang kuat dan positif akan mampu membuat konsumen lebih memilih membeli produk dari mereka kenal. Adanya persepsi yang kuat terhadap sebuah brand juga dapat membantu membedakan merek tersebut dengan merek pesaingnya. Citra yang positif seperti merek yang mempunyai kualitas tinggi, merek yang handal, dan juga terpercaya akan menjadi merek yang paling banyak dipilih oleh konsumen.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Penting untuk mengetahui tentang cara meningkatkan brand awareness, karena konsumen sendiri lebih suka membeli produk-produk dari brand yang memang sudah mereka kenal dan percaya. Sebelum melakukan pembelian suatu produk, konsumen terlebih dahulu mencari tahu tentang merek pada produk yang akan mereka beli, maka dari itu kesadaran akan merek menjadi sebuah hal yang penting. Alasan pentingnya membangun brand awareness adalah:
Mengukur kesuksesan bisnis
Kesuksesan sebuah bisnis bisa dilihat dari caranya membangun brand awareness, dengan begitu tim atau organisasi akan dapat terbangun secara efektif dan juga sebagai alat ukur yang dilakukan oleh para eksekutif dalam mengukur kesuksesan sebuah bisnis.
Dapat menarik banyak pelanggan
Umumnya brand awareness adalah hal yang menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen saat hendak membeli sebuah produk, sehingga kesadaran merek menjadi dasar dari model ekuitas. Brand awareness yang terbangun dengan baik tentunya akan banyak menarik banyak pelanggan.
Dapat mengukur kinerja marketing campaign
Salah satu yang menjadi tolak ukur bahwa kinerja marketing campaign dapat berjalan dengan baik atau dikatakan berhasil adalah dengan terciptanya brand awareness yang baik. Jika terjadi peningkatan pada brand awareness maka telah berhasil melakukan marketing campaign, begitu juga sebaliknya jika brand awareness tersebut tidak berhasil maka marketing campaign yang dilakukan tidak efektif dan menandakan bahwa perlu adanya perubahan.
Selain itu juga terdapat manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan yang menjalankan brand awareness:
Meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek
Hal unik yang terdapat pada sebuah brand tentunya akan menjadi salah satu hal yang bisa membuat masyarakat sadar akan keberadaan brand tersebut, misalnya hal unik pada logo, simbol, nama, dan bahkan penggunaan warna. Setelah hal tersebut tampak oleh konsumen, maka Anda bisa membuat iklan atau promosi yang unik dan berkesan agar membuat konsumen selalu mengingat brand Anda.
Berguna untuk menarik pelanggan baru
Cara branding yang baik dan mampu memberikan kesan kepada konsumen tentunya akan mendatangkan banyak konsumen baru. Terlebih jika produk yang Anda miliki memang mempunyai kualitas yang bagus dan mampu memenuhi keinginan konsumen.
Meningkatkan nilai jual
Melakukan branding yang bagus akan mampu meningkatkan brand awareness, dan jika adanya peningkatan tersebut disertai dengan kualitas dan juga layanan yang baik maka saat Anda menaikkan harga sekalipun konsumen akan tetap menggunakan produk dari merek yang Anda jual.
Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai jual, seperti kemasan yang unik, menggunakan sistem bundling dalam penjualan, serta mendapatkan review positif dari para pelanggan setia yang merasa puas setelah menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Sebagai bentuk kepercayaan
Untuk dapat menumbuhkan kepercayaan dari konsumen bahkan investor, maka membangun branding yang baik serta profesional sangat dibutuhkan.
7 Cara Membangun Brand Awareness dengan Strategi Digital Marketing
Dengan kemajuan era digital, penting untuk sebuah bisnis dalam membangun brand awareness terlebih lagi banyaknya persaingan dalam bisnis yang menggunakan strategi digital marketing. Anda harus mengetahui tentang cara membangun brand awareness dengan strategi digital marketing berikut ini:
1. Memaksimalkan penggunaan media sosial
Menyesuaikan perkembangan zaman, platform media sosial sekarang ini lebih banyak digunakan dalam berbagai hal. Mulai dari penggunaan media sosial hanya untuk sarana komunikasi hingga saat ini banyak juga digunakan untuk melakukan pemasaran atau berjualan.
Potensi yang dimiliki oleh media sosial ini hampir tidak terbatas, berbagai macam hal dapat Anda lakukan dengan media sosial. Selain itu, Anda juga dapat mengunggah foto, video, audio, dan juga berkas ke media sosial. Pemanfaatan media sosial hanya terbatas pada kreativitas dari penggunanya.
Dengan segala kelebihan tersebut, tentunya menjadikan kesempatan bagi bisnis Anda untuk dapat membangun brand awareness yang baik. Anda bisa membuat sebuah konten yang berkaitan dengan brand dan juga produk yang Anda punya dan membuatnya menjadi viral.
Pastikan bahwa brand Anda mempunyai media sosial sendiri agar orang-orang mudah ketika mencari produk dengan brand Anda. Selain itu, Anda juga harus aktif di media sosial dengan cara mengunggah konten dan juga berinteraksi secara langsung dengan konsumen, dengan begitu maka brand awareness yang Anda bangun akan semakin meningkat.
2. Memaksimalkan penggunaan website
Selain membuat akun media sosial untuk merek, Anda juga wajib mempunyai website bisnis yang bertujuan agar konsumen lebih percaya dengan brand Anda. Isilah website Anda dengan artikel-artikel, video, bahkan podcast yang memberikan informasi tentang brand dan juga produk yang Anda jual, dan sediakan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh konsumen.
3. Menerapkan content marketing
Content marketing merupakan strategi marketing digital yang mana Anda membuat dan menyebarkan konten yang sesuai dan juga menarik perhatian pengguna secara konsisten. Anda dapat menggunakan konten video, podcast, desain grafis, artikel, dan lain sebagainya dalam strategi ini.
Content marketing yang Anda buat akan membangun brand awareness serta memberikan informasi tentang brand Anda, maka buatlah konten yang relevan dan tidak terlalu memaksakan agar pesan dan informasi dapat tersampaikan dengan baik.
4. Bekerja sama dengan influencer
Salah satu strategi digital marketing yang saat ini banyak digunakan adalah melakukan kerja sama dengan para influencer dalam mempromosikan merek atau produk. Dengan promosi yang dilakukan oleh influencer yang pastinya mempunyai banyak pengikut, maka brand Anda akan dipercaya sehingga pengikut dari influencer tersebut juga akan membeli produk Anda. Nyatanya metode yang dilakukan ini sangat efektif dalam meningkatkan brand awareness bahkan dengan jangkauan yang lebih luas.
5. Mengikuti atau mengadakan suatu acara
Dengan mengikuti suatu acara, maka brand awareness Anda akan meningkat karena banyaknya audiens yang mengetahui tentang brand yang Anda miliki. Selain mengikuti acara, Anda juga dapat membuat acara yang berkaitan dengan bidang yang dijalani agar brand Anda bisa lebih terkenal lagi.
6. Mensponsori suatu acara
Brand awareness adalah hal yang bisa ditingkatkan, salah satunya dengan memberikan sponsor pada suatu acara. Dengan begitu brand Anda akan dipromosikan sehingga membuat brand awareness semakin meningkat.
7. Menerapkan SEO
Strategi pemasaran digital yang efektif dalam meningkatkan brand awareness adalah SEO atau Search Engine Optimization. Menerapkan SEO pada website Anda merupakan hal yang harus Anda lakukan, karena banyaknya pengguna yang mencari suatu produk melalui search engine Google.
Dengan menerapkan SEO yang baik, maka website Anda akan mendapatkan ranking teratas di search engine, sehingga bisa membantu meningkatkan brand awareness. Omnirank dapat membantu dalam mengoptimasi website Anda agar ranking dan traffic website bisa meningkat, Anda dapat daftar gratis untuk mengoptimalkan website Anda dengan service Omnirank.