Di tengah banyaknya strategi SEO yang bermunculan akhir-akhir ini, voice search menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan. Dengan adanya fitur ini, para pelanggan akan merasakan kemudahan dalam melakukan pencarian hal-hal yang diinginkan hingga melakukan pembelian.
Lantas, apa yang dimaksud dengan voice search tersebut dan bagaimana perkembangannya hingga menjadi seperti saat ini? Bagaimana pula mengoptimalkan penelusuran suara tersebut? Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya berikut!
Apa Itu Pencarian Suara (Voice Search)?
Sesuai namanya, voice search merupakan fitur yang memungkinkan seseorang menelusuri suatu hal menggunakan suaranya. Jika Anda pernah mengetahui atau menggunakan Google Assistant atau Siri, keduanya merupakan contoh dari voice search.
Dengan demikian, strategi SEO adalah salah satu cara termudah untuk melakukan pencarian suatu hal dalam sebuah search engine. Dibandingkan dengan penelusuran manual atau melalui teks, pengguna dapat menyampaikan permintaan atau pertanyaan secara lisan.
Jika melakukan pencarian teks dilakukan dengan mengetikkan kata kunci atau frase tertentu dalam kolom search engine, berbeda dengan voice search yang hanya tinggal mengucapkan pertanyaan atau perintah kepada asisten suara yang ada pada mesin pencari tersebut.
Mengenal Voice Search Optimization
Dalam dunia SEO, terdapat voice search optimization yang menjadi salah satu strategi melalui optimasi penelusuran suara guna memenuhi permintaan pencarian melalui voice assistant. Hal ini tentu akan membuat pengguna menggunakan gaya percakapan seperti berbicara dengan orang lain.
Dengan kata lain, penerapan optimasi voice search akan membuat kata kunci yang disampaikan cenderung lebih panjang maupun spesifik dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Bahkan untuk meningkatkan strategi SEO, pencarian dapat didasarkan pada lokasi geografis para pengguna.
Optimasi pencarian suara ini menjadi salah satu tren utama SEO sejak 2023 sebagai bagian dari respon terhadap teknologi yang semakin maju. Penggunaan asisten suara yang semakin tinggi akan mengubah cara pandang seseorang dalam mencari informasi secara online.
Metode penelusuran suara ini bekerja dengan cara mengidentifikasi suara yang kemudian diolah terlebih dahulu oleh mesin pencari. Informasi yang dicari tersebut akan dimunculkan kepada user ke layar perangkat sehingga mereka mendapatkan informasi apapun yang diinginkan.
Kelebihan Penggunaan Voice Search Optimization
Selain membuat pencarian produk lebih mudah dilakukan dari sisi user, para pemilik website atau bisnis juga akan mendapatkan keuntungan tertentu dari penerapan strategi SEO ini. Mulai dari peningkatan traffic hingga kepuasan pelanggan. Berikut penjelasannya:
1. Meningkatkan pengalaman pengguna
Sebagai salah satu fitur yang menarik bagi pengguna, optimasi pencarian suara tentu menjadi hal yang akan meningkatkan pengalaman mereka. Pengguna bahkan dapat berinteraksi dengan suatu website tanpa mengganggunya dalam melakukan tugas atau aktivitas lain.
Pencarian konten dengan strategi SEO voice search juga dianggap lebih intuitif jika dibandingkan dengan pencarian berbasis teks. Hal ini tentu akan menghemat banyak waktu dan tenaga para user dengan tetap mengedepankan hasil pencarian yang akurat dan relevan.
Selain itu, kenyamanan dari pencarian berbasis suara dinilai juga akan menambah kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal ini tentu menjadi komponen penting dalam memaksimalkan strategi pemasaran yang berfokus pada konsumen.
2. Memperkuat lalu lintas website
Mengoptimalkan situs web dengan fitur penelusuran suara tentu akan mempermudah pengguna menemukan konten yang mereka cari. Hal ini tentu akan meningkatkan lalu lintas organik pada website dan membuat pengguna lebih mudah terlibat untuk mengakses web bisnis Anda.
Selain itu, penelusuran suara cenderung bersifat percakapan sehingga kata kunci dan long-tail keyword lebih sering digunakan. Ketika strategi SEO tersebut masuk ke dalam konten situs web, peningkatan lalu lintas website akan meningkat seiring meningkatnya peringkat dalam hasil penelusuran.
Pencarian berbasis suara cenderung lebih sering dipakai pada perangkat seluler. Hal ini tentu menjadikannya semakin populer di kalangan pengguna internet. Dengan mengoptimalkan voice search, website akan lebih ramah pengguna dan meningkatkan keterlibatan mereka.
3. Tingkat konversi yang lebih tinggi
Semakin banyak pengguna yang menggunakan voice search tentu akan meningkatkan penggunaan asisten virtual dalam mencari suatu produk dan layanan bisnis. Hal ini akan membuat mereka lebih mudah menemukan informasi yang relevan dan menyelesaikan transaksi secara natural.
Tidak jarang, hasil penelusuran suara lebih tepat jika dibandingkan dengan hasil penelusuran berbasis teks. Hal ini karena produk dan layanan yang muncul dapat disesuaikan langsung dengan keinginan dari para konsumen. Tingkat konversi akan cepat terjadi karena produk dan layanan mudah didapatkan.
Penting untuk diketahui, jika pengalaman penggunaan yang lancar sangatlah penting untuk meningkatkan rasio konversi. Dengan adanya strategi SEO melalui teknologi penelusuran suara, situs web akan membantu penelusuran yang lebih optimal dan tepat sasaran.
4. Memaksimalkan visibilitas merek
Kemajuan teknologi penelusuran suara akan meningkatkan visibilitas merek dan menjangkau audiens target secara lebih baik. Merek dengan penelusuran suara yang optimal juga akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk bisa ditampilkan pada hasil penelusuran teratas.
Aplikasi strategi SEO dengan penelusuran berbasis suara juga dianggap akan membuat suatu merek lebih terlihat oleh audiens secara online. Dengan begitu, merek bisnis tersebut lebih mudah terhubung dengan audiens sehingga pelanggan akan lebih mudah didapatkan.
Situs yang belum menggunakan fitur penelusuran suara dinilai akan kehilangan kesempatan dalam mendapatkan klik-tayang dan brand awareness. Terlebih, adanya fitur penelusuran suara akan membuat pengguna cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di situs tersebut sembari berinteraksi dan melakukan konversi pembelian.
5. Membuat bisnis tetap kompetitif
Maraknya perkembangan asisten virtual dan speaker pintar akan membuat pengguna semakin mengandalkan penelusuran suara untuk mendapatkan konten yang mereka butuhkan. Pada akhirnya, bisnis akan mendapatkan visibilitas dan traffic yang lebih tinggi.
Dengan begitu, penggunaan strategi SEO melalui voice search dinilai akan memberikan efek kompetitif bagi bisnis Anda jika dibandingkan dengan bisnis yang belum menggunakan voice search optimization. Terlebih saat ini, penelusuran suara memiliki popularitas yang tinggi dan menjadi tren.
Mengoptimalkan fitur penelusuran suara akan membuat suatu bisnis mempunyai peluang untuk menjangkau audiens secara lebih luas tanpa khawatir mengalami kendala. Terlebih dengan dukungan kueri suara yang dapat digunakan oleh pengguna sembari melakukan berbagai aktivitas multi-tasking.
Perkembangan Voice Search
Penggunaan voice search dapat ditemukan dalam berbagai mesin pencari seperti Google. Sebagai contoh pada saat Anda ingin mencari kata kunci “kondisi jalan malioboro” dengan berbicara, Anda tentu akan mengatakan “Oke Google, bagaimana kondisi jalan di malioboro saat ini?”.
Pola penangkapan pada kolom pencarian inilah yang dibentuk pada strategi SEO voice search. Pada sistemnya juga dapat diberikan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu voice search menerjemahkan dan menanggapi pertanyaan atau pencarian user.
Meski demikian, sudah pasti ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan pada saat ingin mengembangkan fitur voice search tersebut. Dengan begitu, penelusuran akan semakin maksimal dengan hasil yang sesuai keinginan pengguna.
1. Koreksi / Kueri Ejaan
Kueri atau query menjadi suatu instruksi yang dipakai dalam melakukan permintaan kepada sistem sehingga pengguna dapat memperoleh informasi yang diinginkan. Bentuk instruksi tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk kata kunci pencarian, baik yang pendek maupun yang lengkap.
Dalam sistem voice search, Anda dapat menerapkan strategi SEO yang jitu, yakni dengan memastikan koreksi apabila terjadi miss-spelling. Apabila pengguna salah dalam mengucapkan pencarian kata kunci, penelusuran tetap akan dijalankan meskipun dengan koreksi yang dilakukan sistem.
Sebagai pembuat konten atau bisnis, mempertimbangkan jenis kueri merupakan hal yang sangat penting. Dengan begitu, konten yang dicari melalui penelusuran suara menjadi lebih mudah ditemukan dengan cara percakapan yang alami.
Dibandingkan dengan jenis kueri berbasis teks, pertanyaan dari voice search lebih bersifat percakapan (conversational) dan organik. Tidak mengherankan kalau pertanyaan lengkap seperti “Di mana restoran Italia terdekat?” hingga “Bagaimana cuaca di kota Semarang hari ini?” akan lebih mudah dijawab.
Dalam menjalankan strategi SEO voice search ini, Anda juga harus memahami bahwa pemrosesan bahasa alami (NLP) memiliki dampak yang cukup besar. NLP inilah yang akan membantu asisten suara memahami dan menafsirkan maksud di bali pertanyaan pengguna.
Dengan demikian, penting untuk menggunakan kata-kata dan konten dengan bahasa yang alami sehingga mesin pencari dapat menjawab berbagai jenis pertanyaan yang diajukan. Fokuslah pada kata kunci percakapan yang panjang untuk memberi pengalaman penggunaan yang lebih baik.
2. Memahami Perhitungan Konteks terkait Lokasi
Berkembangnya strategi voice search juga dipengaruhi oleh bagaimana pembuat konten memahami konteks lokasi dari sebuah penelusuran data. Sebagai contoh jika Anda ingin mengetahui suatu lokasi wisata dari tempat Anda saat ini, mesin pencari akan menghitung jaraknya tersebut.
Misalnya saat ini Anda sedang berada di stasiun Pasar Senen dan menanyakan ke mesin pencari Google “berapa jarak ke Monas?”. Mesin pencari memahami bahwa saat ini Anda berada di stasiun, kemudian mesin akan menghitung jarak ke Monas dan memberikan informasinya pada Anda.
Untuk memaksimalkan strategi SEO tersebut, pengembang tentu akan memasukkan kata kunci yang spesifik dengan lokasi. Dengan demikian, mesin pencari akan lebih mudah melakukan penghitungan konteks yang didasarkan pada lokasi yang diinginkan oleh pengguna.
Hal ini juga memungkinkan situs web menentukan peringkat untuk kueri dari sebuah lokasi, bahkan ketika penelusuran suara dilakukan di dekat lokasi saat ini. Mesin pencari akan menunjukkan titik suatu lokasi berdasarkan kata kunci atau kueri yang sudah dimasukkan.
Penggunaan konteks lokasi bahkan dapat dilakukan untuk mendukung kinerja bisnis Anda, baik secara online maupun offline. Dengan begitu, lalu lintas web akan semakin meningkat seiring dengan kunjungan ke toko fisik yang juga menunjukkan adanya kenaikan.
3. Memahami Konteks terkait Aplikasi
Salah satu bentuk aplikasi dari penggunaan strategi SEO voice search yakni saat Anda menginginkan adanya informasi mengenai suatu aplikasi bisnis. Misalnya, saat ingin mengetahui menu yang ada pada aplikasi restoran yang belum pernah Anda datangi sebelumnya.
Berdasarkan hal tersebut, Anda dapat mengucapkan perintah “tunjukkan menu pada Restoran Aldente” pada kolom pencarian. Mesin pencari akan mulai memahami perintah tersebut kemudian menampilkan menu restoran sesuai dengan apa yang Anda kehendaki.
Oleh karena itu, dalam mengembangkan penelusuran suara ini penting untuk mengoptimalkan kinerja perangkat seluler. Memahami konteks dan penggunaan aplikasi mobile menjadi hal penting untuk memanfaatkan tren penelusuran suara yang saat ini sedang berkembang pesat.
Strategi SEO untuk Mengoptimalisasi Pencarian Suara
Mengoptimalkan pencarian suara menjadi hal yang penting bagi setiap pemilik web yang ingin menggunakan fitur penelusuran suara. Jika harus sebutkan strategi SEO, berikut setidaknya 7 langkah yang bisa Anda lakukan:
1. Penggunaan Featured Snippet
Feature snippet merupakan tampilan bagian atas mesin pencari yang menunjukkan ringkasan jawaban penelusuran. Kolom ini menjadi salah satu strategi SEO untuk meringkas isi suatu halaman website. Bahkan, hasil pencarian voice search berasal dari website di featured snippet tersebut.
Guna mendapatkan fitur ini, konten yang Anda buat harus dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para pengguna. Misalnya jika layanan yang disediakan berupa blog, maka feature snippet tersebut dapat berisi definisi dan penjelasan singkat dari suatu kata kunci.
Bagi pemilik toko online juga dapat menerapkan strategi SEO ini dengan memasukkan penilaian review atau rating suatu halaman produk. Jika ada produk yang mendapatkan penilaian yang baik, mesin pencari Google dapat mengindeks-nya.
2. Pembuatan Konten dengan Kalimat Natural
Pada saat pengguna melakukan pencarian dengan fitur voice search, mereka akan mengajukan pertanyaan dengan kalimat yang terkesan natural. Artinya, gaya bahasa yang digunakan cenderung merupakan bahasa sehari-hari dan mudah dipahami.
Oleh karena itu, sebagai pembuat konten Anda tentu harus menerapkan strategi SEO yang serupa, yakni dengan menggunakan bahasa yang sifatnya konversasional. Minimalisir bahasa-bahasa teknis yang tidak semua orang mengerti supaya konten tersebut mudah dipahami.
Supaya bahasa yang dipakai dapat menjangkau lebih banyak target audiens, Anda perlu mempelajari dan menganalisis lebih jauh mengenai kueri yang biasanya digunakan. Kueri inilah yang juga seringkali diajukan saat menggunakan fitur penelusuran suara.
3. Pemakaian Long-tail Keyword
Penggunaan long-tail keyword menjadi salah satu strategi SEO yang dapat diterapkan dalam mendukung fitur penelusuran suara. Hal ini karena ketika melakukan pencarian, pengguna cenderung akan menggunakan jenis kata kunci tersebut dibandingkan short-tail keyword.
Sesuai namanya, kata kunci yang panjang ini terdiri dari 3-4 kata atau frasa yang lebih spesifik dan memiliki target. Jenis keyword ini juga memiliki tingkat persaingan yang kecil pada mesin pencari. Untuk mendapatkannya, pastikan Anda sudah melakukan riset secara mendalam.
Penerapan strategi SEO voice search lainnya yakni dengan menggunakan frasa berupa kalimat tanya. Itulah mengapa, penggunaan kata tanya seperti “apa”, “di mana”, “berapa”, “mengapa”, “kapan”, hingga “bagaimana” dapat dimasukkan dalam long-tail keyword tersebut.
4. Memastikan Website Bersifat Mobile-friendly
Saat ini, kebanyakan orang melakukan penelusuran suara menggunakan perangkat seluler, terutama ketika dalam perjalanan atau melakukan pekerjaan multitasking lainnya. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika Anda memastikan performa website sudah ramah terhadap perangkat tersebut.
Oleh karena itu, dalam mengaplikasikan strategi SEO tersebut, pastikan kembali apakah website memiliki template yang responsif dan sesuai dengan tampilan layar ponsel. Penting juga membuat pilihan menu yang simple agar desain di perangkat mobile dan desktop tidak jauh berbeda.
Anda juga wajib memastikan ukuran huruf, jenis font, maupun penggunaan tombol yang dipakai. Pastikan juga website mempunyai gambar beresolusi tinggi dengan melakukan optimalisasi gambar melalui format gambar dan penyesuaian dimensi yang tepat.
5. Meningkatkan Kecepatan Web
Website dengan tingkat kecepatan akses yang tinggi juga akan sangat berpengaruh terhadap kemunculannya dalam hasil pencarian suara. Hal ini tentu harus menjadi perhatian buat Anda yang ingin menjalankan strategi SEO pada fitur voice search.
Menurut beberapa penelitian, sebagian besar pengunjung website cenderung akan meninggalkan situs yang mempunyai load time lebih dari 3 detik. Hal inilah yang membuat Google menampilkan website-website yang memiliki loading cepat di hasil pencarian suara.
Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kembali berapa lama load time yang website Anda miliki. Caranya dengan menerapkan strategi SEO melalui penggunaan tools seperti Google PageSpeed Insight, Pingdom, hingga GTMetrix.
6. Menerapkan SEO Lokal
SEO lokal merupakan jenis SEO yang dipakai dalam mengoptimalkan mesin pencarian menggunakan kota atau wilayah tertentu. Oleh karena itu, saat Anda mencari toko atau tempat tertentu, Google akan menampilkan tempat yang berada di sekitar tempat tinggal atau lokasi tersebut.
Para pengguna yang menggunakan voice search umumnya akan mencari informasi mengenai bisnis-bisnis lokal atau yang berada di sekitar mereka. Hal ini tentu harus menjadi perhatian para pemilik bisnis untuk bisa menerapkan strategi SEO yang tepat.
Adapun caranya dengan mendaftarkan website pada Google Bisnis dan menggunakan kata kunci lokal seperti menambahkan nama daerah. Bisa juga dengan mengoptimalkan website agar mudah dipakai secara mobile, serta mendapatkan review dari pengunjung sekitar.
7. Mengaplikasikan Schema Markup
Schema Markup merupakan data terstruktur yang ada dalam kode HTML untuk membantu mesin pencari memahami suatu konten dalam sebuah website. Adanya data terstruktur ini akan membantu website muncul dalam featured snippet sehingga mudah didapatkan pada hasil penelusuran suara.
Apabila Anda menerapkan strategi SEO yang satu ini, website bisnis yang dimiliki akan mendapatkan lebih banyak klik (click through rate). Trafik web juga akan lebih terarah sehingga menjadikan website Anda lebih unggul dibandingkan dengan website lainnya.
Terdapat dua cara untuk memasang Schema Markup ini, yakni secara manual dan menggunakan plugin. Pemasangan secara manual dapat menggunakan kode microdata JSON-LD berbasis Javascript, sementara untuk versi mudahnya bisa memakai plugin CMS WordPress.
Kesimpulan
Penggunaan voice search sejatinya menjadi teknologi yang akan mempermudah proses pencarian konteks atau suatu konten yang diinginkan. Fitur seperti ini bahkan dapat menjadi salah satu strategi SEO yang jitu untuk mengembangkan suatu bidang bisnis.
Meskipun saat ini belum terlalu banyak perusahaan yang menggunakan fitur tersebut, prospeknya terbilang sangat bagus. Bahkan ke depannya, bukan tidak mungkin voice search dapat semakin berkembang dan menjadi tren seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi.
Para pebisnis juga perlu menggunakan voice search dalam website-nya. Hal tersebut tentu akan mempermudah pelanggan dalam mencari produk yang diinginkan secara online. Untuk itu, Anda perlu mempelajari berbagai strategi yang tepat guna mengembangkan bisnis Anda tersebut.
Itulah beberapa hal mengenai strategi SEO yang dapat diterapkan pada fitur voice search. Strategi ini tentu penting untuk diterapkan dalam dunia bisnis sehingga para pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam mengunjungi hingga sukses menjalankan transaksi di website Anda.
Nah, jika Anda ingin belajar lebih mengenai SEO dan optimasi website sehingga hasilnya menjadi semakin maksimal, jangan ragu untuk menghubungi Omnirank. Anda tinggal daftar gratis dan manfaatkan setiap service Omnirank yang kami sediakan. Selamat mencoba!