Omnirank.id – Halo sahabat Omni! Salah satu langkah untuk mengembangkan bisnis itu adalah dengan menggunakan strategi press release yang baik dan benar. Strategi ini bisa menjadi sarana untuk membagikan informasi kepada banyak orang untuk bisa meningkatkan branding dan kredibilitas perusahaan. Berikut kami akan jelaskan mengenai strateginya dan cara pembuatan yang baik dan benar untuk meningkatkan efektivitas strategi ini.

Apa Itu Strategi Press Release?

Press release adalah sebuah media komunikasi bagi perusahaan kepada banyak orang untuk memberikan informasi penting mengenai perusahaan. Umumnya strategi ini dipakai untuk mengumumkan suatu peristiwa tertentu dan paling banyak digunakan untuk promosi produk baru. Penerbitan siaran pers ini biasanya disiapkan perusahaan untuk berbagai media seperti media elektronik, media cetak, atau juga sosial media.

Bagian yang bertanggung jawab dalam melakukan strategi siaran pers ini adalah public relation yang memang mengerjakan hubungan dengan masyarakat. Tujuannya untuk memberi informasi yang baik dan benar mengenai perusahaan dan bisa membantu meningkatkan branding dari perusahaan. Penggunaan strategi ini bukan hanya untuk promosi produk baru saja, akan tetapi juga adanya event atau juga klarifikasi terkait nama baik perusahaan.

Isi dari siaran pers ini sebaiknya cukup singkat namun tetap jelas, sehingga tidak ada kesalahpahaman dalam penerimaan informasi yang dibagikan. Pengguna dari strategi press release sendiri bukan hanya perusahaan tapi juga instansi pemerintah atau bahkan selebriti dan politikus. Tujuan awal dari strategi siaran pers bagi bisnis itu untuk meningkatkan brand awareness dari produk yang dimiliki oleh perusahaan.

Cara Membuat Siaran Pers

Pembuatan siaran pers yang benar itu memang perlu diperhatikan dengan baik dan harus mengikuti langkah yang benar. Berikut ini cara membuat siaran pers yang baik dan benar.

1. Pilih Topik yang Relevan dan Layak

Penentuan topik adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, di mana sebisa mungkin harus memilih topik yang relevan dan layak. Ada 2 pertanyaan yang mungkin bisa membantu dalam penentuan topik yakni apakah manfaat bagi konsumen yang membuat siaran pers jadi menarik. Pertanyaan yang kedua adalah apakah topiknya itu relevan dengan target konsumen dari bisnis kalian.

Salah satu topik yang sangat tepat adalah peluncuran produk baru tapi juga ada beberapa hal lainnya seperti penerimaan penghargaan tertentu. Kedua topik tersebut akan mempengaruhi brand dari bisnis di mata masyarakat termasuk topik pergantian eksekutif pada bisnis.

2. Buat Judul yang Menarik

Penentuan judul menjadi salah satu titik penting yang harus dipikirkan, di mana sebisa mungkin harus membuat judul yang menarik. Informasi dan berita yang ada di media saat ini sangat banyak, sehingga perlu membuat press release sudah menarik hanya dari judul saja. Judul yang menarik akan meningkatkan efektivitas dari strategi siaran pers yang dilakukan perusahaan dengan berbagai tujuan.

3. Pergunakan Kutipan yang Menarik Perhatian

Pergunakan kutipan yang menarik dan berasal dari pihak-pihak yang berhubungan dengan informasi siaran pers yang dibuat. Kutipan sendiri pada dasarnya akan memberikan gambaran umum mengenai siaran pers dan biasanya dibuat oleh para eksekutif. Biasanya kutipan ini akan diberikan oleh CEO, pimpinan proyek, dan beberapa pihak penting yang berhubungan secara langsung.

Kutipan yang dikeluarkan pun harus sangat dipikirkan agar supaya bisa menarik perhatian banyak orang, sehingga efektivitasnya pun meningkat.

4. Cantumkan Informasi Penting yang Sesuai dengan Tujuan

Bila mengacu dari apa itu press release maka sangat penting untuk memastikan semua informasi penting sudah masuk sesuai dengan tujuan. Siaran pers itu merupakan pernyataan resmi dari perusahaan, jadi pastikan untuk memasukkan semua informasi penting yang dibutuhkan publik. Pastikan semua informasi tersampaikan dalam tulisan yang singkat untuk membuat tujuan dari siaran pers ini bisa tercapai dengan baik.

5. Tulis Siaran Pers Secara Singkat

Penulisan siaran pers itu sebaiknya cukup singkat saja namun mampu menjelaskan semua informasi yang penting di dalamnya. Pastikan tulisannya menarik perhatian orang untuk ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa yang diinformasikan melalui siaran pers tersebut. Kalian bisa mencoba memahami jurnalis dalam membuat berita singkat dan membagikan informasi yang dibutuhkan untuk membuat berita.

6. Manfaatkan SEO

Bila membuat press release untuk website atau media sosial, maka kalian tetap harus mempergunakan dan memanfaatkan SEO. Meskipun merupakan pernyataan resmi dari perusahaan tapi dengan SEO akan memudahkan Google atau sosial media menemukan siaran pers yang kalian publikasikan. Efektivitas dari siaran pers akan makin terasa apabila mempergunakan SEO pada saat menuliskan siaran pers dengan beragam tujuan.

7. Cantumkan Call To Action

Jangan lupa untuk menuliskan CTA untuk membantu menggiring penerima informasi untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih detail. CTA pada siaran pers pada dasarnya untuk membantu orang yang tertarik pada informasinya untuk bisa mendapatkan informasi lebih mendalam. Tujuannya adalah supaya bisa meningkatkan konversi ke penjualan semakin tinggi pada bisnis.

Manfaat Strategi Siaran Pers Untuk Bisnis

Pada pengembangan bisnis strategi siaran pers ini mampu memberikan banyak sekali manfaat, sehingga banyak penerapan press release contoh perusahaan besar. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih manfaat dari penerapan strategi siaran pers pada perkembangan sebuah bisnis.

1. Sebagai Bentuk Memperkenalkan Produk Baru

Siaran pers bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk baru dari bisnis yang sedang kalian jalankan secara lebih efektif. Penggunaan siaran pers memiliki jangkauan yang luas, sehingga produk yang baru dikeluarkan akan lebih cepat sampai ke publik. Bisa juga ditambahkan informasi review dari beberapa orang yang tentunya membantu produk terlihat lebih menarik di mata publik.

2. Mudah Dilakukan dan Lebih Efektif

Press release merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif untuk dilakukan dan juga cukup mudah dilakukan. Biasanya satu siaran pers itu bisa dipakai di berbagai media, sehingga cukup membuat satu saja dan bisa dibagikan di setiap media yang bisa dipergunakan. Selain itu sudah ada banyak sekali jasa pembuatan atau penulisan siaran pers yang bisa digunakan untuk membantu membuat yang terbaik.

3. Membantu Mengetahui Sentimen Pelanggan

Adanya informasi atau data insight pada sosial media dan website membuat siaran pers ini bisa dipakai untuk mengetahui sentimen pelanggan. Beberapa umpan balik dari konsumen pun bisa menjadi data yang tepat untuk bisnis mengetahui seperti apa sentimen pelanggan. Data ini sangat penting untuk mengetahui arah yang tepat dalam pengembangan bisnis, sehingga bisa mengambil langkah bisnis yang tepat.

4. Biaya yang Cenderung Lebih Murah

Biaya yang dipakai untuk melakukan siaran pers sendiri tergolong cukup murah, namun memang biaya di awal cenderung mahal. Selama kalian membuat konten dengan kualitas yang tinggi untuk press release, maka biaya yang harus dikeluarkan itu cukup sepadan dengan manfaatnya. Pada dasarnya biaya yang tinggi itu salah satunya berasal dari jasa pembuatan siaran pers, tapi bila melihat manfaatnya tentu sangat sepadan.

Jenis-jenis Siaran Pers

Jenis siaran pers sendiri sebenarnya cukup banyak dan masing-masing jenisnya itu memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda. Berikut ini kami akan jelaskan jenis-jenis dari siaran pers.

1. General News

Jenis ini pada dasarnya untuk memberikan informasi atau suatu peristiwa umum yang terjadi baik pada perusahaan, lembaga pemerintah atau lembaga pendidikan. Biasanya jenis ini digunakan untuk bisa meningkatkan kredibilitas dan juga meningkatkan profesionalitas dari sebuah bisnis. Sebagai contoh dari jenis ini seperti misalnya peristiwa mendapatkan penghargaan atau peningkatan akreditasi pada lembaga pendidikan.

2. Event

Jenis ini biasanya bertujuan untuk menginformasikan kepada publik mengenai acara yang sedang berlangsung atau sudah diselenggarakan. Biasanya menggunakan bullet point mengenai kejadian penting atau kegiatan yang dilakukan selama acara tersebut berlangsung. Penggunaan bullet point ini akan membantu para pembaca untuk memahami acara secara keseluruhan.

3. Launch Release

Launch berarti mengumumkan informasi mengenai hal yang baru mulai dari produk baru, staff baru, atau juga executive yang baru. Kalau dari format penulisannya memang sama dengan jenis general news, akan tetapi fokusnya lebih menginformasikan sesuatu hal yang baru. Jenis press release ini bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan satu ide atau gagasan baru sampai kepada fitur dan keunggulannya.

4. Executive, Staff, And Employee

Jenis ini biasanya digunakan pada bisnis yang memiliki skala besar, di mana informasi para executive sampai pekerjanya menjadi sangat penting. Biasanya tujuan dari siaran pers ini adalah untuk memberi informasi seputar biografi dari para pekerja yang ada pada perusahaan tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan membantu memberi informasi profesionalitas dari bisnis dan gambaran kinerja perusahaan.

5. Product

Secara garis besar product siaran pers ini hampir sama dengan jenis launch, akan tetapi memang fokusnya jelas lebih kepada produk. Pada siaran pers jenis ini akan ada informasi yang lebih mendalam perihal produk tersebut secara lebih detail. Biasanya orang bisa mendapatkan gambaran mengenai produk secara garis besar melalui siaran pers jenis product ini.

Tidak jarang juga orang yang membaca siaran pers jenis ini akan mengetahui sedikit banyak soal kelebihan dan kekurangan produk. Kebanyakan perusahaan mempergunakan siaran pers jenis ini untuk memperkenalkan produk baru mereka kepada publik.

6. Rebranding

Sesuai dengan namanya jenis rebranding ini biasanya dipakai oleh perusahaan yang ingin mengubah citra mereka dan berbeda dengan sebelumnya. Fokus informasinya lebih kepada memperkenalkan citra baru perusahaan kepada publik dengan presentasi yang jelas dan mudah dipahami. Biasanya jenis press release ini akan menjelaskan latar belakang perubahan image tersebut supaya orang bisa lebih memahami citra yang baru ini.

7. Partnership

Sesuai namanya juga jenis ini membagikan informasi kepada publik mengenai terjadinya hubungan kerja sama dengan perusahaan lain. Adanya informasi kerja sama dengan pihak lain akan membuat citra dari bisnis terlihat lebih profesional dan tentunya lebih terpercaya. Siaran pers mengenai kolaborasi ini juga menjelaskan seperti apa kolaborasi yang dilakukan dan sistem kerja sama yang dilakukan.

8. Expert Position

Jenis siaran pers ini membagikan informasi seputar individu atau perusahaan yang memang sudah cukup ahli dalam bidang tertentu. Biasanya berisi pengenalan umum mengenai individu atau perusahaan dan beberapa jenis verifikasi para ahli untuk menunjukkan keahliannya di bidang tertentu. Tujuannya supaya beberapa pihak tahu kalau individu atau perusahaan tersebut sangat bisa diandalkan pada satu bidang tersebut.

Strategi Siaran Pers yang Baik

Pembuatan siaran pers yang baik itu tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini beberapa tips untuk membuat siaran pers yang baik dan juga tentunya efektif.

  1. Pastikan siaran pers sesuai dengan struktur yang baik di mana menggunakan konsep segitiga terbalik pada bagian ini. Jadi taruh hal penting di bagian awal dan di bagian bawah barulah berisi beragam penjelasan mengenai beberapa hal penting tersebut. Pastikan subjek dari topik di bagian isi itu pun memiliki konsep 5W 1H.
  2. Selalu beri logo dan juga alamat dari perusahaan yang jelas untuk mengetahui asal press release tersebut berada. Logo ini pun bisa menjadi langkah branding tersendiri bagi perusahaan dalam membuat siaran pers sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
  3. Selalu sertakan informasi kontak yang bisa dihubungi untuk bisa membantu mendapatkan informasi lebih lanjut dan lebih detail. Kontak ini sangat penting supaya orang-orang yang penasaran dengan siaran pers yang kita buat ini akan bisa langsung menghubungi untuk mendapatkan informasi detailnya.
  4. Pembuatan judul harus benar-benar dipikirkan supaya bisa menarik perhatian orang yang membaca siaran pers tersebut. Tidak perlu terlalu panjang namun harus memiliki komponen-komponen kejutan yang menarik bagi banyak orang. Bisa dibilang tingkat keberhasilan dari siaran pers ini sangat bergantung dari bagaimana judul bisa membuat orang tertarik membaca.
  5. Untuk beberapa jenis siaran pers mungkin membutuhkan data statistik yang terpercaya untuk membuat siaran pers lebih kredibel. Bila perlu tambahkan data sumber yang faktual dan relevan terhadap siaran pers yang kalian buat untuk meningkatkan tingkat profesionalisme.
  6. Sebaiknya isi dari siaran pers itu tidak terlalu panjang, supaya tidak ada persepsi yang keliru dan juga tidak membuat orang bosan. Buatlah isi press release itu singkat namun bisa memberikan informasi penting yang diinginkan secara jelas kepada publik. Penggunaan bahasa pada bagian isi pun sebisa mungkin menggunakan bahasa yang umum, sehingga akan lebih mudah dimengerti oleh publik.
  7. Buatlah siaran pers yang fokus pada tujuan, di mana berarti isinya itu fokus pada informasi yang ingin dibagikan pada publik. Supaya tidak terlalu melebar pembahasannya, maka lakukan pengembangan pada topik utama saja dari siaran pers tersebut. Jadi nantinya siaran pers tersebut pun singkat namun cukup menjelaskan dengan baik kepada publik.

Mengapa Isi Siaran Pers Harus Mengandung Jawaban 5W 1H?

Penyusunan siaran pers terutama dalam menentukan poin-poin informasi yang penting dari topik utama itu membutuhkan 5W 1H. Hal tersebut akan membantu menjelaskan topik utama tersebut kepada publik dengan lebih baik yakni mulai dari apa, kapan, siapa, dimana, dan mengapa. Terakhir adalah bagaimana prosesnya baik itu acara, produk, dan lain sebagainya.

Bila perusahaan ingin membuat press release maka perlu memperhatikan SEO, dan salah satu jasa SEO terbaik adalah Omnirank. Kalian bisa langsung melihat beberapa service Omnirank untuk menentukan layanan yang kalian butuhkan. Kalian juga bisa daftar gratis untuk kemudian bisa menikmati beragam layanan optimasi SEO di sana.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.