Google Analytics merupakan fasilitas yang digunakan untuk melihat jumlah pengunjung dalam bentuk data statistik pada sebuah blog, baik itu perusahaan atau pribadi serta sosial network lainnya. Kini mungkin Anda sudah ada sedikit bayangan mengenai apa itu Google Analytics.

Ya, pengertian lain dari GA atau Google Analytics adalah tools atau alat analisis dari Google untuk membantu melacak serta menganalisis traffic website maupun perilaku pengunjung pada sebuah website. Untuk lebih jelasnya mengenai GA simak informasi di bawah ini.

Google Analytics Untuk Apa?

Fungsi Google Analytics itu sendiri tidak jauh dari penggunaan fitur yang dimiliki GA. GA adalah tools besutan dari Google yang dirancang khusus untuk merekam sebuah data tentang semua hal yang terjadi di sebuah website.

Dalam penerapannya, GA merupakan tools yang dapat dihubungkan ke blogger, Youtube maupun Google AdWords. Berdasarkan penjelasan tersebut, fungsi dari GA itu sendiri yaitu sebagai berikut.

Memberikan respon secara langsung

Layanan ini menyediakan informasi mengenai kondisi situs Anda beberapa menit terakhir kira-kira 30 menit terakhir. Berdasarkan report ini, Anda dapat mengetahui berapa banyak jumlah visitor yang sudah mengakses situs secara real time serta informasi tentang pageview, top keyword dan lain sebagainya.

Acquisition

Selanjutnya GA juga memiliki fitur acquisition yang berguna dalam strategi marketing. Hal tersebut karena pada fitur ini terdapat jawaban mengenai bagaimana visitor web dapat menemukan situs Anda.

Hasil report ini akan sangat berguna untuk evaluasi strategi marketing. Selain itu dari sini Anda dapat mengetahui iklan yang seperti apa yang bisa memperoleh jumlah visitor yang banyak.

Tingkah Laku atau Aktivitas Visitor

Layanan ini memungkinkan Anda dalam mengetahui kegiatan atau kebiasaan yang dilakukan visitor di sebuah website. Tidak sampai di situ jenis interaksi serta halaman mana saja yang dikunjungi pengunjung juga dapat diketahui dengan fitur ini.

Konversi

Fitur selanjutnya menjadi fitur paling penting dan menarik dari Google Analytics. Pasalnya dengan adanya fitur ini Anda dapat mengetahui apakah benar para visitor sudah melakukan hal yang ditargetkan atau tidak.

Contohnya Anda menargetkan pengunjung untuk CO secara langsung pada barang di halaman pembelian. Contoh lainnya Anda mengharapkan pengunjung akan menginput identitasnya pada halaman tersebut. Jika pengunjung melakukannya maka target yang sudah direncanakan terpenuhi.

Nantinya fungsi dari konversi ini dapat dipakai untuk bahan evaluasi mengenai taktik pemasaran karena fitur ini juga memberikan informasi data tentang seberapa lama pengunjung akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Pengunjung

Fitur terakhir yang merupakan fungsi dari GA adalah layanan visitor atau pengunjung. Fitur ini berfungsi menyediakan data tentang siapa pengunjung pada website Anda. Menariknya informasi yang didapatkan diantaranya dilihat dari data statistik yang berisi usia, jenis kelamin hingga perangkat yang dipakai dalam berselancar serta minat audience yang mengantarkan ke halaman ini.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Google Analytics?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda wajib menggunakan GA di website.

Mengukur serta mengoptimalkan kinerja web

Materi dasar dari sebuah pemasaran digital yaitu berapa banyak jumlah pengunjung pada situs web Anda. Selain itu metrik yang dilihat dapat mengetahui apakah tujuan bisnis yang dibuat sudah sesuai  dengan banyaknya visitor web.

Hal tersebut karena informasi metrik ini berfungsi dalam menganalisis dan mengetahui daftar page populer. Selain itu juga berfungsi untuk menguji konten yang sama jika ditambahkan apakah dapat mempertahankan atau menambah pengunjung.

Menentukan efektivitas teknik marketing

Efektivitas strategi marketing dapat menentukan rasio data dasar pada perusahaan jika Anda memproduksi konten baru. Jadi berdasarkan hal tersebut perlu diketahui apakah Google Analytics dapat membantu mengukur jumlah budget yang dikeluarkan sudah sesuai serta menentukan apakah perlu dilakukan fokus terhadap upaya yang lain.

Beberapa informasi dasar dapat mendukung strategi marketing ataupun membantu memajukan bisnis diantaranya seperti banyaknya jumlah audience, waktu yang digunakan pengunjung, minat berdasarkan penelusuran keyword, laman perujuk hingga lokasi geografis.

Memfokuskan keputusan produk serta konten

Metrik juga dapat membantu Anda dalam memahami bagaimana pengguna bisa mengakses website milik Anda. Contohnya jika user sering mengakses melalui handphone, Anda dapat menentukan fokus terhadap jumlah biaya untuk desain situs supaya situs menjadi lebih optimal untuk diakses.

Begitu juga dengan lokasi user dapat membantu menjangkau serta menentukan user lewat konten menggunakan bahasa lainnya yang ditawarkan. Dari sisi konten Anda dapat menentukan untuk mengganti situs ke video. Jadi nantinya Anda bisa mengetahui seberapa sering pengunjung menonton video atau apakah video tersebut dilihat hingga akhir bisa ditunjukkan melalui metrik.

Mengapa Memberi Seseorang Akses ke Google Analytics?

Seperti yang diketahui blog ataupun website yang saat ini bermunculan tidak hanya milik pribadi saja namun ada juga yang dibuat untuk kepentingan bisnis perusahaan. Jadi beberapa website atau blog tidak menutup kemungkinan bisa diakses oleh banyak orang tidak hanya satu orang pengembang saja.

Oleh karena itu dalam kasus ini Anda harus memberi beberapa tim tersebut akses ke akun GA yang Anda buat. Dengan adanya akses ke akun GA ini beberapa orang atau tim bisa mengambil beberapa tindakan penting seperti menautkan Google Ads ke GA dan lainnya.

Jika Anda menautkan Google Ads, manfaatnya Anda bisa memperoleh wawasan yang lebih baik tentang efektivitas belanja pengaruh dari iklan yang ditampilkan. Pemberian akses pada tim atau pengguna baru bisa dilakukan melalui cara manual pada akun GA yang dimiliki dan akan dibahas pada penjelasan di bawah.

Apa Perbedaan Izin Google Analytics?

Ketika Anda mengakses sebuah situs akan terdapat beberapa pilihan mode izin yang bisa dipilih. Mode izin ini memungkinkan pelanggan dalam menetapkan status izin defaultnya pada jenis penyimpanan yang akan digunakan. Mode izin akan menyimpan pilihan tersebut untuk berbagai interaksi yang dilakukan baik dengan situs maupun aplikasi.

Sementara pada situs, mode izin akan mengakibatkan tag yang isinya pemeriksaan izin sesuai perilaku penyimpanan. Apabila pengguna menolak izin, maka tag tidak akan menyimpan cookie.

Saat Anda menambahkan seseorang ke akun Google Analytics, Anda dapat memilih antara izin berikut:

1. Administrator

Tugas administrator dalam menggunakan GA yaitu mengumpulkan serta menganalisis data penggunaan. GA bisa melacak aktivitas pelanggan di situs web tanpa membagikannya dengan pihak ketiga.

2. Editor

Editor memiliki semua izin dari peran viewer. Izin yang dimiliki diantaranya boleh bertindak untuk mengubah status maupun resource yang sudah ada. Selain itu editor juga bisa menghapus serta memulihkan project yang ada pada situs web.

3. Pemasar

Pemasar akan bertindak untuk memasarkan situs web yang dimiliki dengan cara menampilkan beberapa iklan supaya bisa menarik pengunjung. Jadi tugas utamanya yaitu meningkatkan traffic web melalui pencarian berbayar dalam bentuk periklanan atau hal lainnya.

4. Analis

Analis berperan dalam menganalisis pengunjung pada situs web. Baik itu menganalisis perilaku atau jumlah waktu yang dihabiskan pada web tersebut.

5. Penonton

Penonton atau viewer hanya beraktivitas membuka situs web tanpa mengubah isi dari web atau data yang sudah ada. Penonton juga yang mempengaruhi traffic pada situs web. Semakin banyak jumlah penonton maka traffic web akan meningkat.

Apa Perbedaan Antara Manajemen Akses Akun dan Manajemen Akses Properti di Google Analytics?

Pada GA4 atau GA versi terbaru terdapat dua manajemen atau pengelolaan akses yang bisa dipilih yaitu manajemen akses akun dengan manajemen akses properti. Adapun perbedaan dari keduanya yaitu.

1. Manajemen akses akun

Pengelolaan yang pertama memiliki tingkat izin tertinggi yang bisa diberikan pengelola. Jadi jika Anda diberi akses sebagai pengelola akses akun, Anda bisa melakukan aktivitas seperti mengakses, menambahkan hingga menghapus semua situs web terkait ke analitik Anda.

Jadi dengan memberikan akses pada tingkat ini ke pengguna baru artinya pengguna tersebut akan mempunyai kemampuan dalam mengedit izin pada tingkat akun serta pada semua tingkat properti. Jadi disarankan untuk memberikan izin pengguna dengan tingkat ini atau izin pengguna secara penuh Anda harus sangat cermat dan berhati-hati. Jangan sampai Anda memberikan izin pengelolaan pada orang yang salah.

2. Manajemen akses properti

Berbeda dengan manajemen sebelumnya, pada tingkat ini izin yang diberikan cukup terbatas. Jadi pada tingkat izin ini hal yang dapat dilakukan pengguna hanya mengatur integrasi serta melakukan pelacakan yang bisa dilakukan.

Izin pengelolaan ini sepertinya cukup banyak diberikan pada beberapa pengguna. Hal tersebut karena aktivitas yang diberikan tidak mengganggu aktivitas web secara keseluruhan dan sifatnya bisa sebagai membantu atau pengontrol.

Cara Memberi Akses ke Akun Google Analytics Anda melalui GA Dashboard

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk memberi akses ke akun GA pada pengguna baru. Namun sebelumnya Anda juga harus memastikan bahwa Anda merupakan admin dari akun tersebut. Setelah dikonfirmasi barulah Anda bisa memberikan akses tersebut melalui GA dashboard, caranya yaitu:

Pertama masuk ke akun GA

Jadi sebelumnya Anda harus masuk ke akun GA yang Anda miliki terlebih dahulu. Selanjutnya klik admin yang ada di bagian pojok kiri bawah.

Pilih akses yang diinginkan

Selanjutnya klik manajemen akses akun atau Anda juga bisa klik manajemen akses properti. Hal ini bisa dilakukan tergantung dari tingkat izin yang akan Anda berikan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tambah users

Langkah selanjutnya klik ikon + berwarna biru yang berada di pojok kanan atas kemudian pilih tambah pengguna atau add users. Setelah itu masukkan alamat email dari pengguna yang akan ditambahkan.

Jadi Anda bisa memilih izin yang akan diberikan pada pengguna baru dengan melakukan langkah ini. Adapun peran pengguna baru di sini dapat sebagai administrator, analytics, editor maupun analis dan pemirsa.

Klik tambah

Setelah Anda memasukkan email dan menentukan jenis peran yang dipilih tadi, selanjutnya Anda bisa klik tambah atau add yang berada di pojok kanan atas. Jadi orang yang akan diberi akses ini akan memperoleh email yang berisi tautan yang bisa diklik.

Nantinya pengguna juga harus masuk ke akun Google Analytics lalu pengguna akan mempunyai akses langsung dari izin yang telah diberikan.

Omnirank merupakan perusahaan jasa SEO profesional yang dapat mengoptimasi web supaya ranking dan traffic situs web dapat meningkat. Silahkan lihat service Omnirank yang sesuai dengan kebutuhan Anda, selain itu Anda juga bisa daftar gratis.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.