Link building adalah upaya atau kegiatan mendapatkan link dari website lain yang mengarah menuju website yang Anda miliki.

Jenis link seperti ini menjadi bagian penting penilaian SEO dari 200+ ranking faktor dalam ranking SEO. Link building termasuk bagian SEO Offpage dari sisi SEO. Optimasi yang dilakukan yaitu berada pada bagian luar website Anda.

Kualitas backlink lebih penting dibandingkan kuantitas, dimana kualitas yang mumpuni bersumber dari situs yang kredibel, relevan, dan trafiknya stabil.

Mengapa Link Building Penting Dalam SEO?

Langkah optimasi off-page dalam strategi SEO satu ini tentu berhubungan dengan pencapaian ranking atau traffic kunjungan suatu web. Kalau kita lihat dari POV mesin pencari, maka backlink ini berfungsi menemukan halaman situs yang baru, lalu kemudian bisa digunakan untuk hasil pencarian.

Fungsi lainnya yaitu membantu mengatur peringkat halaman melalui hasil pencarian. Kalau mesin pencari sudah melakukan salah satu proses utamanya yaitu crawling, maka bisa menilai konten pada halaman tersebut. Selanjutnya melakukan proses penambahan ke index.

Melalui proses seperti itu, mereka bisa menentukan halaman tersebut berkualitas atau tidak untuk disematkan peringkat tinggi pada detail keyword tertentu.

Google bukan menilai isi dari suatu konten saja, namun melihat juga jumlah tautan/link yang menuju halaman terkait dari situs eksternal. Kalau web berkualitas sudah banyak yang tertaut menuju situs Anda, semakin besar peluang kita meraih ranking teratas pencarian.

Manfaat Link Building

Sebenarnya cukup beragam manfaat dilakukannya usaha link building. Salah satu manfaat yang sahabat Omni bisa dapatkan yaitu bisa berpeluang memunculkan hubungan baru. Sehingga bisa menjadi kesempatan baik untuk para pebisnis yang berencana memperlebar cakupan bisnis mereka.

Relasi yang menjanjikan bisa membuat makin banyak mereka yang mengikuti profil Anda. Manfaat lainnya adalah berperan bagus untuk branding. Link building menjadi salah satu usaha yang mampu menunjang promosi terarah.

Usaha ini mampu berpotensi mengantarkan visitor menuju halaman perusahaan. Selain mampu menguatkan branding, bisnis atau perusahaan bisa mendapatkan peningkatan pembelian juga. Di samping itu, backlink merupakan strategi yang menggunakan rasa penasaran menemukan situs web.

Saat Anda sukses meletakkan link web pada web yang populer, hal ini bisa menarik konsumen. Dampak positif lainnya adalah bisa mempresentasikan website dan bahkan bisa meningkatkan juga kualitas SEO situs Anda.

Manfaat lainnya yaitu promosi untuk jangka panjang, inilah cara efektif membuat website terus mendapatkan pengunjung untuk waktu yang lebih lama. Adanya link ini juga bisa berpengaruh positif terhadap traffic referral. Strategi link building mampu lalu lintas lebih terarah dengan memakai link.

Jenis-Jenis Link Building

Sebelum sahabat Omni benar-benar menerapkan teknik SEO ini, harus paham terlebih dahulu jenis-jenis utamanya dari backlink. Dengan memahami jenis-jenisnya, bisa memastikan strategi dapat berjalan optimal. Berikut beberapa jenis atau tipe link building:

A. Link Building Natural

Kategori satu yaitu pengguna lain akan berkenan menaruh link kita pada laman website mereka meski tidak kita minta. Blogger atau redaksi media lain memasukkan link konten kita di artikel mereka sebagai sumber terpercaya.

Bisa juga website Anda disinggung karena hendak dijadikan sumber tambahan untuk keperluan konten miliknya. Kemungkinan lain adalah mereka memasukkan website untuk menunjang kebutuhan statistik, infografis dan sebagainya.

Orang lain biasanya memiliki alasan khusus agar bersedia memasang backlink secara sukarela begitu saja. Hal yang perlu diperhatikan yaitu Anda perlu berusaha membuat website Anda disukai orang-orang. Untuk tujuan tersebut, memang sering kali sangat sulit atau butuh waktu lama. Anda perlu berupaya membuat dan mengelola konten berkualitas, lengkap, menarik, dan update juga.

B. Link Building Initiative

Untuk website yang benar-benar baru dibuat, akan sangat kecil kemungkinan orang lain akan tau dan link ke website Anda. Oleh karena itu kita perlu inisiatif dalam melakukan link building awal terlebih dahulu seperti buat social media fanpage dan insert link ke bio website, submit ke Citation links, content placement di blog bertraffic ataupun Private Blog Network yang di maintain dan dibatasi link keluar (Outbound Links).

Cara Menentukan Link Berkualitas Untuk Link Building

Sebelum menerapkan teknik ini, kita harus tahu dulu seperti apa backlink berkualitas dari POV Google. Ada cukup beragam faktor penting yang harus Anda perhatikan untuk memastikan kualitas link, berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Domain Authority (Moz) / Domain Rating (Ahrefs)

Dari link page situs yang memiliki nilai authority tinggi, bisa berdampak bagus untuk peringkat situs sahabat Omni, dibandingkan web yang authority-nya rendah. Ketika menjalankan strategi backlink ini, PA atau Page Authority dianggap sangat penting dibandingkan beberapa faktor lain.

Halaman website pada peringkat atas pencarian dikenal dengan web yang PA-nya tinggi. Page website itu yang menjadi target terbaik untuk penempatan backlink menuju website kita tersebut berbayar. Kualitas SEO link building ditentukan juga oleh faktor nilai authority situs secara keseluruhan.

Faktor tersebut biasa disebut dengan istilah DA/ Domain Authority. Secara sederhana, backlink website besar tentu lebih menjanjikan daripada backlink situs yang abal-abal atau bermasalah. Walau mendapatkan backlink website populer dan besar memang tidak mudah, akan sepadan dengan hasil yang bisa kita dapatkan nanti.

Agar kita bisa mengecek DA dari sebuah website, bisa pakai tool gratis seperti dari Moz.com misal. Cukup ketik saja alamat URL target yang ingin diketahui DA-nya, selanjutnya pilih opsi “Analyze domain” agar kita bisa mendapatkan hasilnya.

2. Link Building di Website yang Relevan

Untuk mendapatkan link building berkualitas atau dari website yang PA dan DA-nya tinggi bisa berdampak positif untuk website kita. Meski faktanya begitu, tapi bisa percuma saja kalau website terkait tidak sesuai atau relevan dengan apa yang ada pada website kita.

Contohnya misal website kita adalah seputar teknologi, tapi mendapatkan backlink PA tinggi dari situs yang membahas tentang kecantikan. Backlink website jika tidak relevan, maka bisa saja tidak dihitung Google. Google bahkan bisa saja menganggap tautan tersebut merupakan tautan spam.

Pada akhirnya bisa berdampak negatif terhadap website Anda. Jadi, nilai authority memang pada dasarnya harus dianggap penting, tapi poin krusial lainnya tidak lepas dari relevansi website. Pelajari dengan baik topik web terkait karena tidak kalah pentingnya membuat strategi ini aman dan efektif.

3. Kombinasi Dofollow dan Nofollow Link

Link bisa dibedakan menjadi dua macam kategori utama, yaitu Dofollow dan Nofollow. Perbedaan dofollow dan nofollow adalah dofollow links dapat memperkuat authority dan boost website Anda, sedangkan nofollow links tidak berpengaruh secara signifikan untuk SEO.

Dalam dunia backlink, karakteristik link yang dicari yaitu Dofollow, link ini yang mengisyaratkan ke sistem Google agar mengikuti link terkait. Pada akhirnya bisa berdampak bagus untuk target SEO situs Anda. Sedangkan website yang pengaturan link-nya adalah Nofollow, maka tautan sebanyak apa pun yang diletakkan tidak diakui situs tersebut.

Bukan hanya itu, pengaruhnya juga tidak diakui pihak Google. Link tersebut pun hanya menjadi link yang biasa, atau tidak berguna dalam membangun jaringan kita.

Sebelum Anda meninggalkan link, maka harus pastikan situs tempat kita meletakkan link memiliki pengaturan Dofollow. Dengan pengaturan tersebut, usaha yang kita lakukan pun lebih jelas hasilnya.

Namun jangan lupakan komposisi nofollow link sebagai balancing dari link profile website Anda.

4. Sesuaikan Anchor Text

Anda perlu memahami anchor text yaitu teks yang dapat di klik dan sebagai kata kunci dalam backlink. Terdapat banyak jenis anchor text yang bisa dipakai dalam strategi SEO, yaitu contohnya berbentuk judul artikel atau bisa juga mengandung keyword target.

5. Perhatikan Penempatan Link

Poin selanjutnya yaitu posisi link, penempatan link pada halaman web ini juga tidak kalah penting. Kalau kita bahas secara sederhana, link jika ditaruh di area atas konten, bisa lebih bernilai kalau dibandingkan dengan link yang kita taruh di area bawah (footer). Jadi, sangat disarankan menempatkan link di bagian paragraf-paragraf atas atau awal pada suatu konten artikel.

6. Link Tidak Hanya Mengarah ke Homepage

Backlink lebih baik bukan hanya mengarah ke bagian halaman utama saja atau yang biasa disebut dengan homepage. Jika Anda melakukannya seperti itu, nantinya homepage saja yang bisa naik di sistem Google. Memang untuk website yang baru, hal seperti itu bukan menjadi masalah serius.

Untuk awal-awal, memang yang penting yaitu Google bisa tahu adanya website kita. Untuk selanjutnya ketika website sahabat Omni sudah semakin berkembang, maka usahakan berikan backlink juga yang mengarah menuju halaman lainnya. Dengan upaya seperti itu, maka halaman lain bisa muncul di sistem Google.

Cara Melakukan Link Building SEO

Beberapa cara bisa coba Anda lakukan agar strategi backlink ini bisa berlangsung optimal. Berikut beberapa cara yang bisa sahabat Omni terapkan untuk kebutuhan backlink tersebut:

1. Buat Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas tidak hanya berpengaruh positif untuk SEO website Anda, melainkan juga pengaruh dalam mendapat backlink. Backlink itu sendiri ibarat seperti referensi dari situs web lainnya. Umumnya, orang-orang hanya bersedia merekomendasikan suatu hal yang berkualitas. Sebaliknya, tidak ada situs yang berkenan mereferensikan konten kita jika memang isi konten tersebut tidak berkualitas.

Konten pilar adalah salah satu contoh konten yang paling mudah mendapat backlink karena di konten pilar kita membahas seluruh subtopik secara lengkap sehingga disukai search engine dan website lain.

Cukup beragam ciri-ciri dari konten yang berkualitas dan harus benar-benar Anda pahami. Misalnya saja konten yang ditulis sesuai riset, jadi tidak hanya rewrite, copy paste dan sebagainya dari tulisan lain. Selain itu, isi konten juga lebih lengkap dibandingkan isi konten sejenis, mampu menyediakan solusi terhadap permasalahan yang banyak orang alami.

Konten berkualitas tidak lepas dari topik yang diminati banyak orang, konten yang disajikan secara menarik dan bisa mudah dipahami oleh para pembaca. Pihak Google sendiri sebenarnya sudah memberikan standar tertentu untuk menilai seberapa tinggi kualitas konten. Misal salah satunya yaitu waktu para pengunjung saat membaca artikel atau konten pada situs kita.

Dari semakin lamanya mereka membaca, bisa diartikan kalau isi konten tersebut memang berkualitas atau menarik dari sudut pandang pengunjung. Berlaku juga sebaliknya jika mereka tidak berkenan lama-lama membaca artikel/ konten kita. Membuat konten yang berkualitas itu sendiri tidak mesti mudah.

Terkadang butuh waktu lebih lama untuk memastikan kualitas tinggi pada suatu konten dibandingkan konten yang biasa-biasa saja. Tetapi, konten yang berkualitas bisa berdampak bagus untuk keutuhan web Anda termasuk untuk keperluan link building.

2. Share Konten di Social Media Website Anda

Langkah lainnya dalam membuat link building yaitu mendapatkan backlink itu sendiri lalu membagikan atau share konten Anda pada Social Media Fanpage website Anda.

Link yang di share ke social media juga berfungsi bahwa website Anda aktif di social media dan sebagai signal bagi Google.

3. Link Building Outreach

Tipe ini mengharuskan kita menghubungi pihak pemilik website lalu meminta mereka bersedia memasang link. Outreach menjadi kategori yang umum, terutama bagi website yang baru, belum terkenal atau masih kecil. Tentunya pihak yang kita hubungi tak mesti langsung setuju memasang backlink.

Alasan yang kita berikan harus jelas berikut dengan manfaat apa yang bisa mereka dapatkan. Jangan asal juga memilih website, hubungi mereka yang memiliki website dengan topik mirip.

4. Broken Link Building

Saat mempelajari link building sangat penting memahami untuk memahami versi broken-nya. Mungkin Anda sering menemukan link rusak atau link yang tidak bisa seperti biasanya diakses. Pada saat link seperti itu diklik, maka yang muncul adalah “404”, “Not Found” dan lain sebagainya.

Ketika menerapkan teknik link building, maka broken link tersebut bisa saja dimanfaatkan untuk menjadi backlink yang mengarah ke situs kita. Lalu bagaimana caranya? Bisa dengan mengontak pemilik situs terkait agar memperbaikinya. Pada saat dilakukan perbaikan situs, link bermasalah tersebut bisa diganti dengan tautan halaman konten kita.

Pihak pemilik website bisa saja malah berterima kasih, alasannya karena broken link itu sendiri yang bisa berdampak buruk terhadap kondisi atau status suatu website. Kita perlu memastikan juga kalau konten dengan broken link terkait memang sesuai konten web kita.

5. Link Reclamation

Selanjutnya ada yang namanya link reclamation, inilah strategi klaim tautan yang seharusnya merupakan hak kamu. Penerapan link building satu ini memiliki beberapa macam, berikut beberapa kategori link reclamation:

A. Link 404

Pertama yaitu Link 404, yaitu saat website lain memasang link mengarah pada situs Anda tapi mengarah ke page “ghoib” atau yang pada dasarnya memang tidak ada. Nantinya akan terdapat error 404 kalau sudah seperti itu. Saat hal seperti ini terjadi, maka hubungi saja pemilik website agar link tersebut bisa segera diganti.

B. Mention Tanpa Link

Ketika artikel dari situs lain mention atau menyebutkan brand milik kita, mereka seharusnya mencantumkan juga link ke page web kita. Meski begitu, beberapa website mungkin tidak melakukan hal seperti ini. Kita bisa mencari tahu mention tapi tanpa link atau yang biasa disebut unlinked mention.

Caranya bisa dengan menggunakan Buzzsumo.com, Google Alerts dan lain sebagainya. Ketikan saja nama brand Anda pada tools tersebut. Kalau Anda memang menemukan adanya unlinked mention, bisa lakukan langkah link reclamation dan hubungi pemilik website agar memberikan backlink tiap penyebutan website atau brand kita.

C. Gambar Tanpa Link Sumber

Ketika gambar yang tersemat pada situs Anda dipakai, banyak situs lain mungkin memakai gambar tersebut tanpa izin Anda. Sebenarnya ini adalah salah satu bentuk pelanggaran terhadap hak cipta. Karena alasan tersebut, ambil kesempatan ini dengan baik.

Hubungi mereka supaya berkenan melampirkan link menuju web milik Anda pada bagian sumber gambar, atau caption. Kurang lebih itulah beberapa bentuk kasus link reclamation.

Black Hat Link Building yang Harus Dihindari

Sebelumnya kami sudah membahas link building berkualitas, sekarang kita cari tahu teknik SEO yang dilarang Google yang perlu Anda hindari. Kali ini kita akan membahas yang namanya black hat link building. Black hat ini adalah teknik yang bisa membuat kita mendapatkan penalti atau pelanggaran dari Google.

Cari tahu praktik link building versi Black Hat tersebut yang harus dihindari dari beberapa poin berikut:

1. Melakukan spam komentar di banyak blog

Sama juga dengan poin selanjutnya ini yang di mana mengirim komentar sebenarnya sah tapi tidak jika dilakukan secara berlebihan. Komentar akan dianggap spam kalau dilakukan secara berlebihan atau terlalu intens. Dampaknya bisa semakin buruk saat kita sekaligus menaruh tautan blog atau web kita dalam kolom komentar tersebut.

2. Melakukan guest posting berkualitas rendah (low authority, tidak relevan dan tidak bertraffic)

Pastikan anda mendapat guest posting berkualitas untuk optimasi SEO yang long term dan natural. Anda bisa cek traffic dari website yang ingin Anda lakukan guest posting terlebih dahulu. Guest posting yang dilakukan

3. Menggunakan anchor text sama berulang

Anchor text pada backlink perlu bervariasi, Akan kurang natural jika banyak blog yang link ke website Anda dengan anchor text yang sama.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Link Building

Perhatikan juga aturan-aturan penting menerapkan link building, seperti berikut ini:

A. Terlihat Alami atau Natural

Kalau link building dilakukan secara sengaja atau terlalu kentara, bisa saja dibilang sedang manipulasi ranking pencarian. Pada sisi lain, menunggu agar ada website yang berkenan membantu, bisa saja lama. Solusinya adalah link building harus alami.

Kalau tiba-tiba langsung ada ribuan backlink hanya dalam sehari tentu tidak natural. Termasuk saat backlink dari situs sejenis dan anchor text-nya homogen. Coba terapkan secara bertahap saja, terapkan link building pada website berkualitas.

B. Berasal Dari Website Berkualitas

Backlink dengan kuantitas banyak percuma kalau sumbernya website spam. Semakin berkualitasnya website, makin tinggi nilai dari POV mesin pencari. Beberapa kriteria perlu diperhatikan agar bisa mengetahui berkualitasnya suatu web.

Mulai dari trafik tinggi, interaksi dalam website, selalu diperbarui, tak ada spam, kontennya berkualitas dan lain sebagainya. Dengan berpacu pada beberapa aspek tersebut, backlink bisa lebih sukses hasilnya.

C. Berasal Dari Website Dengan Topik Serupa

Disarankan untuk melakukan link building sesuai dengan kesamaan topik. Jika jumlah backlink dari situs yang topiknya serupa, semakin relevan pastinya pada sistem mesin pencarian. Perlakuan utama sistem mesin pencari itu sendiri salah satunya menampilkan pencarian paling relevan.

Untuk Anda yang ingin berhasil dalam mengelola link building maupun upaya optimasi SEO lainnya, kami siap membantu dari Omnirank. Banyak keuntungan bisa Anda dapatkan dari memanfaatkan optimasi SEO.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.