Perbedaan backlink dofollow dan backlink nofollow adalah link dofollow dapat passing link juice authority ke sebuah website, sedangkan link nofollow tidak dapat passing link juice ke website lainnya.

Backlink dofollow dan backlink nofollow adalah sebuah cara memberitahu Google bagaimana seharusnya passing link juice ke website lainnya.

Memahami Backlink Dan Cara Kerjanya

Backlink adalah sebuah link referensi sebuah website yang akan diarahkan menuju website lain. Bisa dibilang backlink menjadi suatu matrix yang penting dan tak bisa dipisahkan dari mesin pencarian pada browser. Tidak hanya meningkatkan cara kerja mesin pencarian, backlink punya banyak manfaat seperti perannya sebagai alat navigasi yang memudahkan perpindahan antar website.

Sebagai komponen yang penting pada proses pembuatan konten, para pelaku bisnis yang memanfaatkan platform digital dan ahli SEO perlu paham tentang dofollow dan nofollow link. Keduanya memberikan pengaruh dan fungsi yang berbeda terhadap performa SEO yang Anda punya.

Anda perlu paham bahwa jika fungsi backlink adalah untuk menentukan kualitas website Anda, maka jika Anda memberikannya pada website yang kualitasnya kurang baik maka akan memberi pengaruh yang buruk juga. Inilah mengapa Anda perlu paham mengenai dofollow dan nofollow link agar tetap menjaga kualitas website.

Apa Itu Dofollow dan Nofollow Link?

Google secara otomatis akan mengarah ke setiap link yang tertaut pada sebuah artikel maupun laman website. Umumnya link dofollow tertaut dalam sebuah keyword yang ditarget. Dengan cara ini akan bisa menambah nilai SEO sebuah konten.

Lain halnya dengan link nofollow yang tugasnya mengirim informasi pada Google agar mengabaikan link juice (authority) yang disematkan. Penggunaan nofollow link adalah untuk menghindari Google menganggap website kita spamming ataupun tidak sengaja link ke website berkualitas buruk atau kurang kredibel.

Kapan Digunakan Do Follow dan No Follow Link?

Berikut tips kapan penggunaan nofollow dan dofollow backlinks yang tepat:

Dofollow Link:

Dofollow link dipakai untuk link ke dalam artikel website kita sendiri (internal linking)

Tujuannya agar pada saat Google datang untuk crawling link artikel lainnya dalam website kita, juga ikut passing link juice ke halaman website kita lainnya.

Nofollow Link:

Nofollow link dipakai untuk saat link ke website lain yang dianggap kurang kredibel dan bukan authority sites untuk menghindari Google menganggap website kita adalah website yang spamming.

Bagaimana Cara Membuat Dofollow dan Nofollow Link?

Berikut ini adalah cara untuk membuat dofollow backlink dan nofollow link:

Dofollow Link

Langkah pertama, Anda pilih kata atau teks yang ingin diberi link. Kemudian klik icon rantai (hyperlink).

Copy URL dan sematkan pada box yang muncul secara otomatis. Setelah Anda memasukkan URL, Anda bisa pilih “OK” atau semacamnya

Nofollow Link

Untuk nofollow link, Anda hanya perlu mengikuti langkah seperti pembuatan link dofollow. Hanya saja, Anda perlu menambahkan variabel seperti berikut: “ rel=’nofollow’ ke dalam source code HTML. Dengan begitu, jika ada pengguna yang klik teks atau kata yang tertaut dengan link tidak akan diarahkan ke link tersebut.

Jika Anda pengguna CMS WordPress, tinggal di centang “add rel=nofollow”.

Backlink Rel Nofollow

Perbedaan Nofollow dan Dofollow

Lalu seperti apakah perbedaan antara nofollow link dan backlink dofollow? Berikut penjelasannya:

Nofollow adalah atribut pada HTML yang akan memberikan kode pada Google atau mesin pencarian lainnya supaya mengabaikan perintah untuk masuk ke sebuah tautan tertentu. Secara singkat, atribut HTML bernama nofollow menjadikan Google tidak akan mengikuti link maupun URL yang tertaut pada teks.

Secara umum, link nofollow digunakan pada link yang buruk. Contohnya dalam domain yang memiliki rate buruk, atau bisa juga link yang banyak dibagikan melalui kolom komentar sehingga terjadi spam link, dan ini bisa memperburuk kondisi pada SEO mesin pencarian.

Sedangkan dofollow berlaku sebaliknya, di mana link ini akan memberikan sinyal pada Google agar mengikuti link tersebut bahkan sampai ke akarnya. Jenis link dofollow bisa dibilang sifatnya default dan sudah terbentuk secara otomatis ketika Anda menautkan link tanpa perlu melakukan langkah konfigurasi lanjutan. Google otomatis akan menuju ke link tertaut dalam artikel atau web.

Umumnya link dofollow akan tertaut ke sebuah kata kunci yang ditargetkan sehingga akan memperkuat nilai SEO pada sebuah konten dan membuat konten lebih banyak dilihat dan dikunjungi dengan mudah oleh banyak orang.

Pengaruh Dofollow dan Nofollow pada SEO

Ulasan selanjutnya adalah berbicara mengenai pengaruh yang diberikan oleh kedua jenis backlink tersebut terhadap nilai SEO. Jika sebuah website tersambung pada backlink website lain yang berkualitas baik, maka kualitas dari website itu juga dianggap baik.

Pada saat Anda memberikan link dofollow di dalam website, artinya Anda memberi izin Google untuk mengikuti tautan itu. Maka sudah jelas ini akan memberikan keuntungan bagi website lain karena mendapat backlink, namun ini tak bekerja untuk link nofollow.

Begitu juga dalam website Anda, ketika mendapatkan backlink, maka bisa memberikan pengaruh terhadap performa SEO. Walau begitu, Anda harus tahu bahwa Anda tak akan mendapat pengaruh apa pun jika ternyata backlink yang dibagikan adalah nofollow link yang membuat Google tak bisa membaca link tersebut.

Manfaat Backlink Dofollow

Apa sajakkah manfaat dari penggunaan dofollow backlink? Berikut ini adalah ulasannya:

Sebagai Backlink

Siapa saja tahu bahwa internet adalah sebuah sumber database yang sangat besar dan akan selalu tumbuh sepanjang internet masih ada. Pada saat Anda memiliki backlink dengan kualitas terbaik, maka membuat direktori dan juga situs yang popular bisa membantu mengarahkan lalu lintas internet menuju ke website yang Anda miliki.

Mendapatkan Referral Traffic

Dofollow backlink adalah sebuah link yang bisa terbentuk secara default tanpa ada langkah konfigurasi yang rumit. Kondisi inilah yang akan membantu meningkatkan traffic menuju ke website atau situs Anda dengan mudah dan cepat.

Mempercepat Proses Index

Dofollow backlink adalah jenis backlink yang paling cepat untuk proses index oleh Google. Ini karena dofollow link memiliki sifat “do” yang dalam bahasa Indonesia berarti “lakukan”, karena itu Google akan meningkatkan ranking situs milik Anda masuk ke urutan search engine yang paling atas dan mudah dilihat.

Meningkatkan Kredibilitas Situs

Pada saat pengguna internet masuk dan membaca konten yang Anda buat dalam situs maupun blog Anda lalu menemukan tautan backlink menuju ke sumber atau kreatornya, maka peluang pengguna untuk klik backlink guna mengobati rasa penasaran atau kebutuhan informasi akan semakin tinggi. Dengan begitu, akan ada hubungan antar situs yang semakin baik dan berkualitas.

Membangun Authority Blog

Bisa memiliki dofollow backlink yang didapat dari situs yang terkenal bisa meningkatkan nilai SEO secara signifikan. Bagaimanapun Anda harus ingat bahwa semua itu harus diimbangi dengan konten berkualitas tinggi dalam situs Anda.

Hal ini akan membantu situs Anda menjadi sumber informasi, lalu akan membantu untuk mengarahkan ke konten yang Anda inginkan dengan memanfaatkan dofollow backlink yang dibuat secara original dan mudah ditemukan oleh Google.

Manfaat Backlink Nofollow

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari backlink nofollow:

Mengurangi Spam pada Blog Kita

Anda tentu tak ingin kualitas situs Anda menurun dan bahkan dianggap sebagai link spam. Apalagi jika banyak yang memasukkan tautan link Anda di kolom komentar atau di domain yang memiliki rate rendah.

Dengan menggunakan link nofollow, maka ini akan membantu menyeimbangkan dofollow yang berpotensi membuat spam dan menjaga kualitas situs Anda.

Membuat Backlink Profile Menjadi Natural

Berkaitan dengan keseimbangan yang disampaikan, penggunaan link nofollow akan membuat backlink yang tertaut menjadi lebih natural dan tidak berlebihan dan menjauhkan dari spam.

Karena akan kurang natural jika sebuah website pada umumnya hanya mendapat backlink jenis dofollow.

Perbedaan Rel Tag Backlink Dofollow dan Nofollow

URL Tag Rel Dofollow dan Nofollow 

Berkaitan dengan membuat link dofollow maupun nofollow, struktur kode HTML untuk link dofollow sudah otomatis terbentuk pada platform WordPress atau Blogger.

Contoh dofollow : <a href=”URL”>TEXT</a>

Contoh nofollow : <a href=”URL” rel=”nofollow”>TEXT</a>

Demikian ulasan mengenai Dofollow backlink dan Nofollow, mulai dari pengertian, cara kerja, beserta manfaatnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Bagi Anda yang ingin tahu banyak mengenai backlink dan cara penggunaannya dengan baik dan benar serta memberikan manfaat yang optimal, Anda bisa masuk ke website Omnirank. Di sana Anda akan menemukan banyak hal menarik untuk menambah wawasan Anda.

Anda juga bisa optimasi SEO link building Anda dengan mudah dari Service Omnirank.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.