WordPress memiliki banyak SEO plugin yang sangat membantu dalam optimasi ranking dan traffic. Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin migrasi dari Blogger ke WordPress, di panduan ini akan dibahas secara lengkap.

Di artikel ini yang akan kita bahas adalah WordPress.org, dimana WordPress khusus untuk kita install di hosting sendiri, bukan WordPress.com. Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org adalah WordPress.com yaitu kita sudah terima siap jadi namun fitur-fiturnya terbatas untuk versi gratis. Sedangkan WordPress.org adalah open source dimana dapat kita install dan kustomisasi secara gratis.

Persiapan Sebelum Pindah dari Blogger ke WordPress

Ada beberapa persiapan yang harus Anda perhatikan sebelum memindahkan Blogger ke WordPress, yaitu:

1. Akses Blogger

Siapkan akses login ke Blogspot Anda.

2. Hosting WordPress

Terdapat jenis shared hosting dan VPS hosting yang dapat Anda pilih.

Shared hosting berarti Anda sharing server resources, termasuk CPU, RAM, dan bandwidth, dengan website lain yang di hosting di server yang sama. Oleh karena itu, saat traffic tinggi atau website tetangga memiliki traffic yang terlalu tinggi, kecepatan website Anda dapat menurun.

VPS hoting berarti Anda memiliki dan mengoperasi hostingnya sendiri sehingga cocok untuk website Anda yang memiliki high traffic.

Untuk pemula, di rekomendasi memakai shared hosting karena sudah terdapat Cpanel yang mempermudah untuk instalasi WordPress dan migrasi.

Jika Blogspot Anda masih belum banyak terisi artikel, akan lebih mudah dengan membuat blog baru di WordPress dan kemudian posting kembali artikelnya dibandingkan dengan migrasi dari Blogger.

Cara Migrasi Blogger ke WordPress

Panduan migrasi Blogger ke WordPress dengan mudah dan aman bisa dilakukan dengan melalui 2 langkah, yaitu:

1. Pindahkan Konten Blogspot ke WordPress

Langkah yang harus Anda lakukan adalah memindahkan konten Blogspot ke WordPress dengan cara berikut ini:

1. Masuk ke Halaman Blogger

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam halaman resmi Blogger dan kemudian memilih menu Sign In. Pastikan Anda sudah memiliki Blogspot agar bisa login ke dalam akun yang Anda miliki. Silahkan login memakai akun Google ke dalam dashboard Blogspot

2. Pilih Menu Settings

Klik menu Setting agar bisa membuka pengaturan Blogspot sebelum melakukan migrasi. Menu Setting berada di sebelah kiri dan langsung Anda klik untuk ke langkah selanjutnya.

3. Pilih Menu Manage Blog

Scroll ke bawah sampai Anda menemukan menu Manage Blog. Kemudian, pilih menu Back up content dengan tujuan mengunduh isi website dari Blogger yang Anda miliki.

4. Klik Tombol Backup Your Content

download backup blogger sebelum migrasi

Klik tombol Download di pop up yang akan muncul setelah Anda melakukan langkah sebelumnya. Inilah langkah yang Anda lakukan untuk back up content di blog Anda.

5. Proses Download File XML

Mulai melakukan proses download file XML Blogger. File tersebut yang nantinya Anda pindahkan ke dalam WordPress. Anda tidak usah khawatir akan kehilangan konten yang sudah Anda buat dan upload di Blogspot sebab bisa di back up terlebih dahulu.

Proses Export Blogger Selesai.

6. Sekarang, Buka Tab Browser Baru

Cara migrasi Blogger ke WordPress selanjutnya, bukalah tab browser baru dan di sana Anda akan langsung masuk ke dalam dashboard WordPress.

7. Pilih Menu Tools

Pilihlah menu Tools, kemudian Import dari dashboard website WordPress. Menunya bisa Anda temukan pada bagian kiri.

8. Pilih Bagian Blogger

Di halaman import Anda mengarahkan kursor bagian Blogger. Pilihlah menu Install Now untuk proses penginstalan. Menu Install yang Anda pilih berada di bawah menu Blogger.

9. Proses Instal Modul Migrasi Blogspot ke WordPress

Sistem akan mulai melakukan proses penginstalan modul migrasi dari Blogspot ke WordPress. Apabila sudah selesai, tombolnya akan berubah jadi Run Importer.

10. Pilih Menu Run Importer

Pilihlah menu Run Importer. Pada halaman Import Blogger tinggal klik menu Choose File dan kemudian memilih file XML dari Blogspot yang sudah Anda dapatkan tadi.

11. Pilih Menu Upload File and Import

Pilih menu Upload File and Import pada bagian kiri bawah. Dengan cara ini, proses migrasi Blogger ke WordPress akan dimulai.

Anda sudah berhasil migrasi Blogspot ke WordPress dan seluruh user, komentar, postingan hingga file-file lainnya yang ada di Blogger berpindah ke WordPress secara otomatis. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan ke langkah penting yang tidak boleh dilewatkan. Cara migrasi blogger ke WordPress berikutnya bisa Anda lihat di bawah ini.

2. Redirect Traffic dari Blogger ke WordPress

Kini, Anda sudah berhasil convert template Blogspot ke WordPress. Sekarang seluruh traffic pengunjung masih ke Blogger Anda sehingga Anda harus mengalihkan traffic (traffic redirection) Blogger ke WordPress. Cara redirect traffic dari Blogger ke WordPress adalah:

1. Pilih Plugins > Add New

Bukalah menu Plugins kemudian pilih menu Add New di dashboard website WordPress.

2. Cari Plugin Blogger to WordPress

Plugin Blogger to WordPress

Cari Plugin Blogger to WordPress di kolom pencarian yang sudah tersedia.

3. Klik Install Now

Nantinya akan muncul Plugin Blogger to WordPress dan Anda bisa memilih menu Install Now.

4. Pilih Activate

Apabila instal Plugin WordPress sudah selesai, Anda tinggal pilih menu Activate. Menu ini untuk mengaktifkan plugin Blogger to WordPress Redirection.

5. Kembali ke Dashboard

Kembali lagi ke dashboard WordPress dan kemudian pilih menu Tools . Blogger to WordPress Redirection. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak menutup dashboard WordPress sebab masih ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan lagi berikutnya.

6. Pilih Menu Start Configuration

Pilih menu Start Configuration pada halaman plugin Blogger to WordPress Redirection.

7. Pilih Get Code

Selanjutnya, muncul alamat website migrasi Blogspot dan Anda tinggal memilih menu Get Code.

8. Copy Script

Nantinya akan muncul baris kode HTML dan dibutuhkan untuk melakukan redirect dari Blogger ke WordPress. Anda bisa copy script yang sudah didapatkan tadi.

9. Kembali ke Dashboard Blogspot

Kembali lagi ke dashboard Blogspot dan pilih menu Theme. Anda juga tidak menutup dashboard Blogspot karena masih diperlukan selama proses migrasi. Cara migrasi blogger ke WordPress harus dilakukan dengan cermat supaya tidak terjadi kesalahan atau kegagalan selama proses migrasi.

10. Klik Ikon Segitiga Terbalik

Pada halaman My Theme Anda klik ikon segitiga terbalik di template Blogger yang dipakai.

11. Pilih Menu Edit HTML

Selanjutnya Anda memilih menu Edit HTML yang sudah tersedia di dashboard.

12. Hapus Semua Script HTML

Hapuslah seluruh script HTML yang masih bawaan template Blogger. Anda paste kode HTML yang sudah didapatkan tadi dari plugin Blogger ke WordPress.

13. Pilih Menu Save

Langkah terakhir, Anda tinggal pilih menu Save yang ada di bagian pojok kanan atas. Kembali lagi ke halaman Blogger to WordPress Redirection dan klik menu Verify Configuration

Nah, sekarang Anda sudah berhasil memindahkan traffic dari Blogspot ke WordPress. Semua langkah atau cara migrasi blogger ke WordPress sudah berhasil diselesaikan.

Mengapa Harus Pindah ke WordPress?

Blogger merupakan platform blogging yang sederhana, sedangkan WordPress merupakan platform yang memiliki fitur lebih lengkap. Tidak heran apabila banyak orang yang pindah dari Blogger ke WordPress, termasuk seperti website Omnirank.id ini yang juga memakai WordPress.

Nah, jika Anda masih ragu melakukan migrasi Blogspot ke WordPress, berikut beberapa kelebihan WordPress di bawah ini:

Lebih SEO Friendly

Alasan pertama mengapa Anda harus migrasi dari Blogspot ke WordPress adalah karena pengaturan WordPress lebih lengkap. WordPress juga mempunyai kustomisasi dan fitur yang lebih lengkap daripada Blogger. WordPress juga memiliki fungsi yang sama hanya ada sejumlah fitur dan pengaturan yang tidak ditemukan di Blogger.

Contohnya adalah Anda dapat mengubah pengaturan struktur URL sehingga kontennya lebih singkat serta mudah dibaca. Struktur URP di Blogger ada tahun dan bulan dan tidak bisa Anda ubah lagi. Anda dapat mengubah struktur URL dengan sejumlah format yang ada di WordPress. Anda juga bisa mengubah tampilan situs melalui fitur Block Editor maupun drag-and-drop, namun Blogger belum memiliki fitur seperti ini.

Sejumlah jenis web seperti situs berita membutuhkan jenis formatting dan sudah disediakan, seperti numeric, month and name dan yang lainnya. Blogger belum mempunyai fitur seperti ini dan harus dilakukan manual.

Untuk Anda yang baru dengan WordPress, Anda dapat belajar SEO lengkap untuk WordPress agar website Anda dapat ranking lebih cepat dan maksimal.

WordPress Memiliki Plugin SEO Terlengkap

WordPress memiliki plugin terbaik hingga puluhan ribu sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik. Sementara itu, Blogger tidak memiliki plugin, yang mana menjadi komponen pelengkap website cukup penting untuk mengaktifkan fitur tambahan. WordPress memiliki ribuan plugin yang dapat Anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Plugin ini bisa membuat website Anda mempunyai performa lebih maksimal. Contohnya jika Anda memakai plugin SEO, maka bisa mengatur tingkat performa SEO di konten yang Anda miliki. Hal ini membuat potensi konten Anda muncul di halaman mesin pencarian dengan adanya plugin SEO.

Jenis plugin yang tersedia, seperti performa, keamanan, SEO, kecepatan, analitik dan yang lainnya. Plugin dapat membuat website Anda mempunyai perfoma yang maksimal, seperti contohnya saat memakai plugin SEO, Anda bisa mengatur berapa baik performa SEO di konten Anda.

Selain itu, bagi pemula bisa mengikuti cara migrasi Blogger ke WordPress dengan mudah dan bisa memaksimalkan performa website lebih baik.

Tema Sangat Beragam

WordPress memiliki tema yang lebih beragam dan desainnya lebih menarik. Blogger tidak punya banyak pilihan tema dan Anda harus membelinya dari pengembang terlebih dahulu. Kustomisasi di Blogger juga secara manual memakai coding,

Sedangkan kustomisasi pada WordPress bisa dilakukan menggunakan page builder sehingga lebih mudah. Responsivitas serta kecepatannya juga tidak usah diragukan lagi karena sudah terbukti menjadi platform paling banyak dipakai oleh sejumlah website. Anda bisa membuat tampilan website agar lebih menarik dan juga sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan, Anda bisa melihat blog orang lain dan jika ada template yang Anda suka, Anda bisa mengetahui tema WordPress yang digunakan oleh competitor Anda.

Bisa Membuat Toko Online Memakai Woocommerce

Bisnis dengan toko online jauh lebih fleksibel sebab tokonya bisa diakses kapan saja atau real time 24 jam. WordPress memungkinkan Anda membuat toko online tanpa coding juga. Itulah sebabnya Anda harus belajar cara migrasi Blogger ke WordPress dan segera membuat toko online sekarang juga.

Meskipun Anda dapat membuat toko online menggunakan Blogger, namun Anda bisa mendapatkan kesulitan sebab perlu membuatnya manual. Apalagi Anda tidak memiliki pengalaman dalam membuat toko online sendiri. Di WordPress Anda dapat memakai plugin WooCommerce untuk memudahkan membuat toko online.

Plugin ini juga mempunyai banyak fitur, seperti laporan penjualan, payment gateway, manajemen penjualan dan yang lainnya. Dengan adanya WordPress dan WooCommerce bisa membuat toko online dikelola dengan mudah dan profesional. Plugin ini juga bisa jadi solusi para pebisnis jika ingin mencoba ke dunia online.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda harus migrasi dari Blogspot ke WordPress dan lakukan sekarang juga karena cara migrasi blogger ke WordPress sangat mudah dan dijamin aman.

Cara Merubah Template Blogger ke WordPress

Blogger dan WordPress memiliki basis dan juga fungsi yang berbeda, seperti script, tema atau template dan yang lainnya. Tidak heran jika sejumlah fungsi yang Anda temukan di WordPress self host tidak mudah dilakukan sebab tidak bisa diterapkan di Blogspot. Nah, di bawah ini merupakan beberapa menggunakan tema atau template di Blogspot di WordPress:

1. Mengkonversi Situs Jadi File Halaman Statis

Dapatkan file statis dari situs blogspot Anda terlebih dahulu. Ada sejumlah software yang bisa membantu Anda untuk melakukan langkah satu ini. Salah satu contohnya HTTrack Website Copier dan bisa Anda download dengan mudah di internet.

Cara memulai konversi adalah perlu memakai Server-Side yang bertujuan untuk membuat software bisa memperoleh seluruh file data dari situs Blogspot Anda sepenuhnya. Anda juga harus mengekspor artikel atau konten jika ingin memindah semuanya tanpa terkecuali.

2. Install Plugin di WordPress

Anda perlu instal plugin yang bisa membaca file statis yang sudah Anda download jadi seluruh tema atau template dari situs WordPress Anda. Di plugin tersebut ada sejumlah fitur dan fungsi yang bisa Anda sesuaikan, seperti membuat laman postingan maupun laman statis atau homepage.

Sejumlah fungsi lainnya adalah Beginning directory, Skip directories, Process file with these name dan yang lainnya. Kekurangannya plugin ini memakai Bahasa Inggris sehingga Anda harus memahami artinya. Anda juga perlu memahami jika tidak semua situs blogspot bisa dikonversi.

Ada sejumlah template yang mempunyai integrasi dan juga encrypt yang kuat hingga bisa mempengaruhi tampilan desain website Anda. Hal ini juga dibutuhkan untuk jadi pertimbangan Anda nantinya.

Nah, begitulah beberapa cara mengubah template atau tema Blogger ke WordPress yang bisa Anda coba.

Kesimpulan

Nah, di artikel ini sudah memberikan tutorial atau cara migrasi Blogger ke WordPress menggunakan 2 cara langkah yang mudah, mulai dengan cara memindahkan konten sampai mengarahkan traffic dari Blogspot ke WordPress.

Anda sudah berhasil migrasi Blogger ke WordPress dan sekarang saatnya Anda meningkatkan SEO agar traffic semakin naik melalui Omnirank. Terdapat banyak pilihan dari service Omnirank sesuai dengan kebutuhan.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.