Singkatnya, WordPress adalah cara paling simpel dan populer untuk Anda membuat website atau blog. Faktanya, WordPress dipakai oleh 43.3% dari seluruh website yang ada di internet. Yes, lebih dari satu diantara empat website yang Anda kunjungi kemungkinan dibuat oleh WordPress.

Dari sisi lebih teknis, WordPress adalah sebuah content management system yang bersifat open-source, yang berarti bisa dimodifikasi oleh siapa pun secara gratis. Sebuah content management system adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengelola website Anda termasuk konten tanpa perlu tahu tentang programming.

Hasilnya adalah orang-orang bisa membuat website meskipun memiliki keilmuan yang terbatas dalam bidang pemrograman.

Contoh website yang dibuat oleh WordPress termasuk website Omnirank.id yang sedang Anda baca saat ini.

Apa Itu WordPress?

Kata WordPress merupakan jenis istilah yang familiar untuk kalangan developer atau blogger yang mana menggunakan platform CMS atau Content Management System. Bahkan saat ini WordPress menjadi salah satu pilihan utama untuk masyarakat yang membuat website.

Secara umum yang dipahami dari apa itu CMS WordPress adalah sebuah open source Content Management System (CMS) yang merupakan sebuah alat yang popular untuk seseorang yang ingin membuat dan membangun sebuah website.

Untuk menggunakan platform CMS ini tak membutuhkan biaya apapun sehingga pengguna bisa menginstal, menggunakan dan melakukan modifikasi secara gratis. Dengan penggunaan WordPress maka pengguna bisa mengelola websitenya tanpa harus memahami dengan baik teknis bahasa pemrograman.

Banyak yang memilih untuk menggunakan WordPress dikarenakan alasan memiliki tampilan antar muka yang intuitif dan user friendly. Meskipun pada akhirnya WordPress kemudian banyak dipakai untuk blogging, namun WordPress juga sudah banyak dipakai untuk menjadi website profil perusahaan, portofolio, membership site, e-commerce dan lain sebagainya.

Platform WordPress juga menyediakan fitur tambahan yaitu plugin yang bisa membantu pengguna untuk menyelesaikan tugas pada website hanya dengan melakukan 1 klik saja.

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress merupakan satu jenis software pengembangan website yang didesain oleh dua orang yang bekerja sebagai developer pada tahun 2003, yaitu Mike Little dan Matt Mullenweg. Awal mula WordPress adalah dari diberhentikannya sebuah proyek software b2/cafeblog. Yang kemudian kedua developer tersebut berinisiatif untuk mendesain WordPress sebagai pengganti dari b2/cafeblog tersebut.

Manfaat WordPress

Keberadaan apa itu WordPress sendiri memiliki manfaat atau fungsi untuk bisa membantu siapa pun yang membutuhkan bantuan untuk membuat website tanpa harus memiliki ilmu yang mendalam tentang coding. Berikut adalah beberapa manfaat WordPress itu apa:

1. Adanya kemudahan dalam penggunaan dan antarmuka yang lebih intuitif

WordPress sangat direkomendasikan untuk dipakai dalam pembuatan website khusus kalangan pengguna yang tak mempunyai pengetahuan teknis yang memadai dalam hal website. Mereka bisa dengan cepat belajar dan memahami cara penggunaan WordPress sehingga bisa membuat serta mengelolanya dengan baik. Adanya user interface yang ramah dan menu navigasi yang jelas serta mudah membuat cara penggunaan WordPress pun menjadi lebih menyenangkan serta efisien.

2. Tersedia beragam tema dan plugin

Di dalam WordPress juga tersedia beragam tema dan plugin yang bisa digunakan dalam pengelolaan website. Serta untuk disesuaikan dengan tampilan dan kegunaan website sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna.

3. Fleksibilitas dan skalabilitas dalam membangun website

WordPress juga diklaim bisa mengakomodasi kebutuhan Anda seperti misalnya untuk pembuatan blog pribadi, website bisnis, toko online hingga website komunitas. Selain itu, penggunaan WordPress juga lebih fleksibel karena bisa ditingkatkan sesuai dengan pertumbuhan bisnis atau kebutuhan pengguna sehingga lebih cenderung bersifat scalable.

4. Dukungan komunitas dan sumber daya yang luas

Kemudian manfaat yang berikutnya dari apa itu WordPress mempunyai komunitas pengguna yang aktif. Sehingga ketika pengguna memiliki masalah atau kendala, maka mereka bisa mencari bantuan dengan menggunakan forum diskusi, tutorial online dan grup pengguna. Adanya dukungan komunitas yang luas ini membuat penggunaan WordPress menjadi lebih mudah untuk diakses dan untuk membantu pengguna dalam memaksimalkan penggunaan platform.

5. Kemudahan untuk Mengoptimasi SEO

Platform WordPress juga menyediakan plugin dan fitur yang bisa memberikan bantuan pada pengguna untuk menerapkan strategi SEO sehingga bisa mengelola elemen SEO dengan maksimal. Seperti meta deskripsi, URL yang SEO friendly, judul halaman dan lain sebagainya. Sedangkan untuk apa itu plugin WordPress adalah jenis SEO yang bermanfaat untuk membantu pengguna dalam memaksimalkan konten sehingga lebih mudah ditemukan di mesin penelusuran.

Fungsi WordPress

Fungsi yang sebenarnya dari apa itu WordPress adalah untuk menampilkan tulisan pada sebuah website yang sederhana. Namun seiring dengan berjalannya waktu, WordPress mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga bisa memberikan dukungan yang memadai untuk beragam jenis website. Berikut adalah beberapa fungsi dari WordPress.

1. Membuat Website Perusahaan

WordPress mempunyai banyak fasilitas untuk membuat sebuah website milik perusahaan terlihat lebih profesional dan kredibel. Di antaranya adalah beragam pilihan tema yang tepat untuk diterapkan pada tampilan website bisnis. Tema tersebut mempunyai kelebihan mudah untuk dilakukan pengaturan sehingga bisa memperoleh tampilan yang diinginkan hanya dalam beberapa langkah mudah saja.

2. Membangun Website Portofolio

WordPress juga bisa membantu Anda yang ingin memamerkan sebuah karya dalam portofolio sehingga bisa dinikmati oleh lebih banyak orang. Sebuah website portofolio tepat dan cocok untuk digunakan beragam jenis profesi, baik yang bekerja dalam bidang industri kreatif seperti illustrator ataupun web designer. Selebihnya, pengelola website bisa menambahkan berbagai macam fitur yang akan membuat tampilannya seperti galeri pameran pada umumnya.

3. Membuat Website Forum

Kemudian fungsi apa itu WordPress yang berikutnya adalah untuk membuat sebuah website komunitas atau forum online. Dengan menerapkan WordPress maka bisa memberikan peluang untuk menambahkan beberapa fitur khas website forum dengan mudah dan cepat. Seperti misalnya, pengelola website memberikan izin pengunjung untuk membuat akun di dalamnya, menambahkan postingan dan memberikan komentar pada postingan pengunjung lainnya.

4. Membuat Toko Online

WordPress juga memberikan penawaran berbagai fitur yang khas dimiliki oleh sebuah toko online. Sehingga sangat tepat jika Anda menggunakannya untuk berjualan online karena diklaim bisa memberikan lebih banyak kemudahan dalam bidang branding, promosi dan pengaturan. Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai pengaturan seperti untuk metode pembayaran, pengelolaan pesanan dan perhitungan ongkos kirim yang otomatis.

5. Membangun Blog dan Website Berita

Penggunaan WordPress untuk membuat website berita dan blog memang sudah banyak dilakukan karena memiliki fitur blog yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan WordPress maka bisa memasukkan media visual dan teks, konten dari platform lain sehingga lebih bebas untuk menentukan isi postingan berita atau blog.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Bagi kalangan awam, kedua jenis platform tersebut pasti terlihat sama padahal sebenarnya berbeda. Untuk itulah sangat penting untuk mengetahui apa saja perbedaan yang dimiliki oleh platform WordPress.com dan WordPress.org yaitu sebagai berikut :

WordPress.com

Sejenis layanan berbayar yang mendapatkan dukungan dari software WordPress.org. Penggunaan platform ini cukup mudah untuk digunakan, namun Anda akan kehilangan sisi fleksibilitas yang dimilikinya, dari mulai fitur hingga resource WordPress yang di-hosting sendiri.

Jika membuat blog dengan menggunakan WordPress.com maka hasilnya domain yang dimiliki menjadi tidak unik. Namun untuk urusan pembiayaan, penggunaan WordPress.com ini yang jauh lebih hemat karena tak membutuhkan biaya untuk membeli domain dan sewa hosting yang dibutuhkan.

WordPress.org

Jenis platform WordPress yang memiliki sifat open-source dan bisa digunakan dengan gratis. Platform ini juga bisa diinstal di host web Anda sendiri untuk menjadikan website menjadi sepenuhnya milik sendiri. Platform ini juga banyak disebut sebagai self-hosted.

WordPress.org juga memiliki beragam jenis layanan seperti cloud VPS dan dedicated server yang berasal dari GoldenFast Network.

Setelah menyimak beberapa penjelasan di atas, tentunya bisa dipahami bahwa penggunaan WordPress memiliki banyak sekali kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh CMS WordPress :

Kelebihan dari CMS WordPress

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh apa itu WordPress di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Tanpa biaya, penggunaan WordPress bisa dilakukan secara gratis
  • Jenis layanan platform yang user friendly atau mudah untuk digunakan berbagai kalangan pengguna baik yang pemula maupun profesional
  • Tersedia banyak plugin sehingga pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan
  • Ada banyak pilihan tema dari mulai yang berbayar hingga gratis dan bisa disesuaikan untuk melakukan kustomisasi desain
  • Menyediakan forum komunitas yang luas sehingga membuka peluang untuk sesama pengguna WordPress untuk saling berinteraksi
  • Tersedia banyak tutorial WordPress sehingga memudahkan siapa saja untuk bisa menggunakan platform ini

Kekurangan dari CMS WordPress

Selain memiliki kelebihan, WordPress juga mempunyai kekurangan yang harus bisa dipahami dengan baik dan benar. Berikut kekurangan dari apa itu WordPress:

  • Penggunaan WordPress terkadang membutuhkan adanya keterlibatan pihak ketiga dalam pembuatan website
  • Instalasi plugin yang tidak tepat bisa membuat kecepatan sebuah website bisa menurun, sehingga harus benar-benar bisa menentukan jenis plugin yang diperlukan saja
  • Sebagai salah satu komunitas yang memiliki pengguna cukup banyak, WordPress mempunyai ada banyak ancaman di dalamnya khususnya jenis ancaman dari hacker, malware hingga DDOS

Website Apa Saja yang Bisa Dibuat di WordPress?

1. Blog

Dengan WordPress maka Anda bisa membuat sebuah konten yang berisi teks dengan elemen visual seperti video, gambar hingga audio.

2. Website Portofolio

Pembuatan website portofolio yang dilakukan dengan WordPress memiliki tujuan untuk menunjukkan dan memamerkan hasil karya milik Anda dan menjadi daya tarik tersendiri untuk klien.

3. Website Bisnis

Anda juga bisa membuat sebuah website untuk kepentingan bisnis dengan menggunakan WordPress. Banyak jenis bisnis dan perusahaan besar yang memilih untuk branding dengan menggunakan WordPress.

4. Website untuk Acara Amal

Pembuatan website untuk acara sosial atau kegiatan amal juga bisa dilakukan dengan menggunakan platform WordPress. Bahkan lebih menguntungkan karena bisa digunakan oleh semua kalangan pengguna sekaligus bisa menjangkau lebih banyak pengguna.

5. Website Toko Online

WordPress juga mendukung untuk pembuatan website toko online dengan beragam fitur bisnis yang dibutuhkan di dalamnya.

Kesimpulan

Sekian ulasan tentang apa itu WordPress, pengertian, manfaat, fungsi dan berbagai hal penting lainnya yang perlu diketahui tentang penggunaan WordPress.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.