Kita akan belajar SEO WordPress untuk Pemula dengan panduan terlengkap dan mudah dipraktekkan.

Baik, langsung saja kita mulai!

Daftar Isi

Konsep Dasar SEO

Sekilas tentang konsep dasar SEO terlebih dahulu untuk teman-teman yang masih pemula.

Optimasi SEO di WordPress berarti kita mengoptimasi blog / website kita agar dapat bersaing dan ranking di page one Google. Hasil tersebut tentunya bisa didapat ketika pengguna internet mengetik keyword tertentu terlebih dahulu.

Jika website kita ada di halaman pertama Google, maka website kita akan lebih mudah ditemukan pengguna yang akan masuk menjadi traffic website kita.

Dengan menjalankan strategi SEO yang optimal, maka kita akan mempermudah Google memahami isi konten website kita sehingga dapat ranking di halaman pertama Google.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma Google?

Source: https://mangools.com/blog/crawling-indexing/

Berikut adalah tahapan kerja utama search engine seperti Google:

Crawling

Crawling adalah tahapan search engine menjalankan tugas penjelajahan internet. Tujuannya adalah mencari konten termasuk kode dari URL halaman terkait yang ditemukan.

Indexing

Indexing adalah proses pengaturan maupun penyimpanan konten-konten terkait yang sudah ditemukan saat proses sebelumnya atau crawling. Jika halaman telah berhasil ter-index, halaman itu akan dipakai untuk disajikan saat ada query atau pertanyaan relevan.

Ranking

Proses pemberian ranking berdasarkan konten yang paling relevan atau paling tepat untuk menjawab queries yang ada. Nantinya hasil akan ditampilkan berurutan, umumnya dari yang dianggap paling relevan sampai yang kurang atau tidak relevan.

Hasil pencarian tersebut bisa berarti dua jenis hasil yaitu bisa berupa organic result maupun paid result. Pencarian organic berarti informasi dari search engine sesuai database hasil penelusuran yang dilakukan sebelumnya. Berbagai informasi di SERP tersebut berurutan sesuai dengan ranking tiap halaman.

Sementara Paid Result berarti informasi yang sesuai dengan layanan beriklan terkait. Informasinya cenderung tidak sesuai ranking halaman, tapi lebih bergantung kepada proses bidding atau penawaran berikut dengan faktor-faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut tidak lepas dari peran pihak pengelola search engine dengan pemilik situs.

Persiapan Awal

Sebagai proses awal untuk pemula, ini dia persiapan dasar untuk belajar SEO WordPress.

1. Install SSL/TLS (HTTPS)

Install SSL/ TLS (HTTPS) di website terlebih dahulu.

Ini menjadi salah satu poin utama jika sahabat Omni ingin mengoptimalkan website. Label gembok pada area URL ini mampu membuat pengunjung web yakin kalau web tersebut aman. Kalau sertifikat ini tidak digunakan, pengunjung yang potensial bisa saja tidak berkenan masuk website kita.

Salah satu alasan utamanya yaitu terdapat peringatan kalau situs kita tidak aman dibuka. Pengguna internet pun biasanya mengakses web lain dengan memilih tombol kembali. SSL itu sendiri merupakan teknologi koneksi antara web dan internet yang mampu menunjang keamanan. Web dengan SSL memiliki ‘sertifikat’, informasi pribadi setiap pengguna bisa tersimpan aman.

Sementara TLS merupakan protokol kriptografi yang menjadi alternatif SSL, TLS dirancang untuk memberikan keamanan dari sisi komunikasi via jaringan server. Meski teknologi TLS sudah menggantikan SSL, masih banyak yang memakai SSL. Sahabat Omni bisa mengenal web bersertifikat SSL dengan mudah dari detail simbol gembok.

2. Buat Sitemap.XML

Kemudian, buat sitemap dengan plugin Google XML Sitemaps.

Lalu, submit sitemap XML WordPress Anda ke Google Search Console (https://search.google.com/search-console/about).

XML Sitemap ini akan memiliki setiap URL website Anda sehingga Google bisa menemukan seluruh artikel Anda dan index di Google.

Sitemap membantu Google untuk melakukan crawling supaya lebih cepat. Sitemap memberi tahu juga kepada search engine mengenai halaman yang tidak perlu diindeks dan halaman paling penting.

3. Install Google Analytics

Belajar SEO WordPress

Salah satu tools analitis populer yaitu Google Analytics (https://marketingplatform.google.com/about/analytics/). Anda dapat mengevaluasi berbagai aspek dengan Google Analytics mulai dari halaman teratas, perilaku pengguna, jumlah pengunjung, dan aspek lainnya. Google Analytics bisa memperlihatkan report dan melakukan evaluasi SEO.

4. Submit ke Google Search Console

Google search console adalah salah satu fitur bagus yang diberikan oleh Google kepada webmaster. Sahabat Omni dapat dengan mudah melihat keyword tertentu yang sukses mendatangkan trafik, website yang memberikan backlink, dan sebagainya. Layanan Google ini juga memberi pemberitahuan saat terdapat kesalahan tertentu.

5. Instal Plugin SEO (Yoast vs AIOSEO vs Rankmath)

Plugin SEO memudahkan sahabat Omni dalam melakukan optimasi Onpage website.

Terdapat 3 plugin SEO populer yaitu Yoast, Rankmath, dan AIOSEO.

Untuk User Interface yang lebih simple, AIO SEO cocok untuk pemula.

Sedangkan untuk lebih advance, Yoast SEO dan Rank Math lebih cocok karena lebih powerful.

Saya sendiri recommended Rank Math karena terdapat banyak fitur premium yang dikasih gratis oleh Rankmath dibandingkan plugin All in One SEO / Yoast.

6. Jangan Lupakan Bing

Seiring dengan Windows 11 mengeluarkan fitur co-pilot, dimana sebuah AI yang hasil pencariannya dari Bing, maka pemakai BIng juga terus meningkatk.

Walau Google memang paling populer, tapi lebih baik tambahkan domain web pada mesin pencarian lainnya. Bing bahkan populer untuk kalangan profesional atau mereka yang memakai sistem operasi Microsoft.

Optimasi Pagespeed Website

Kecepatan website bisa dibilang kebutuhan waktu halaman website untuk berhasil dimuat setelah visitor mengklik URL. Waktu ini dibutuhkan agar seluruh elemen website bisa ditampilkan dengan baik mulai dari teks, skrip, gambar, video, dan lain sebagainya.

1. Aktifkan Caching Konten

Caching ialah penyimpanan data web yang sudah dimuat dalam browser. Saat caching ini diaktifkan, maka akses website bisa lebih cepat. Para pengunjung tidak lagi perlu menunggu lama untuk permintaan halaman, sumber daya untuk server yang terpakai bisa lebih efisien juga.

Belajar SEO WordPress caching dan mengaktifkannya cukup mudah, dan ada cukup banyak plugin yang bisa sahabat Omni gunakan.

2. Pilih Penyedia Hosting Tepercaya

Jika hosting lambat maka web Anda juga akan lambat dalam melakukan loading. Lebih baik pertimbangkan penyedia hosting dengan performa tinggi, server cepat dan keunggulan lainnya. Kalau memang websitenya berbasis WordPress, pakai hosting WordPress agar bisa lebih menjamin kecepatan loading mumpuni.

Optimasi Website Agar Mobile Friendly

Perlu sahabat Omni ingat kalau lebih banyak orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile mereka. Salah satu alasannya yaitu karena aktivitas berinternet bisa dilakukan secara lebih fleksibel. Dari hal tersebut, Anda harus memikirkan bagaimana cara agar web mereka bisa tetap responsif saat diakses melalui perangkat mobile.

Sistem peringkat situs pada Google juga sudah diperbarui supaya bisa menampilkan hasil lebih baik untuk para pengguna smartphone. Kalau tidak menyeluruh dioptimasi, keberadaannya bisa saja hilang dari pencarian Google saat diakses menggunakan smartphone atau perangkat mobile.

Gunakan Tema yang SEO-Friendly

Anda perlu memeriksa tema yang hendak dipilih sudah ringan atau belum. Inilah salah satu pendukung tema SEO Friendly yaitu tema yang tidak terlalu banyak elemennya. Kalau terlalu kompleks, maka website lebih butuh waktu lama agar bisa dimuat. Pemuatan web jika terlalu lama bisa berdampak buruk untuk SEO.

Pastikan juga tema tersebut responsif terutama untuk kebutuhan mobile. Saat website tidak responsif, pengunjung menjadi tidak betah. Mereka bisa saja mencari website lainnya yang lebih responsif.

Tema WordPress pilihan Anda harus kompatibel dengan pemakaian perangkat seluler. Pengunjung yang memakai smartphone pun tidak akan mengalami kesulitan nantinya. Pastikan juga tema tersebut kompatibel saat diakses memakai berbagai browser.

Pengguna internet tidak mesti melihat website memakai satu browser. Terdapat cukup banyak opsi browser populer, tiap browser bisa menafsirkan atau mencerna kode dengan konsep/ cara berbeda. Tema ramah SEO sudah sepatutnya harus kompatibel meski diakses memakai peramban apa pun terutama yang populer seperti Chrome, Firefox, Opera, dan Safari.

Aspek penting lainnya yaitu pastikan tema tersebut sudah kompatibel dengan plugin-plugin SEO. Kalau tema tidak sesuai dengan plugin-plugin WordPress, bisa memunculkan berbagai masalah.

Technical SEO

Aspek yang identik dengan SEO yaitu kata kunci pada sebuah artikel atau konten. Memang hal ini tepat tapi masih banyak aspek lain yang mampu mempengaruhi ranking web, sahabat Omni perlu tahu yang namanya technical SEO.

Inilah proses pengoptimalan aspek-aspek teknis situs, dengan fungsi meningkatkan peringkat search engine. Strategi ini tidak langsung berhubungan dengan keyword, tapi elemen-elemen teknis situs. Jika kita memanfaatkan dengan baik technical SEO tersebut, website bisa lebih cepat menjalankan kerjanya.

Website juga bisa di-crawl dengan lebih mudah maupun lebih optimal dipahami sistem mesin pencari. Terdapat beberapa elemen utama technical SEO seperti yang disebut di awal pembahasan yaitu crawling, dan indexing. Lalu ada juga rendering, website architecture, dan lain sebagainya.

Berbagai aspek tersebut berpengaruh intens terhadap kemunculan suatu situs pada SERP. Sebenarnya banyak aspek perlu diperhatikan untuk menunjang technical SEO. Mulai dari HTTPs, SSL, XML sitemap, dan lain sebagainya.

Agar menunjang kekuatan dari sisi technical SEO, pastikan untuk mengecek kecepatan website, pastikan tak ada dead link yang terlalu banyak. Konten-konten yang tersedia juga jangan banyak yang sama, pastikan keamanan situs dan pastikan juga web ter-crawl dengan baik dan terindeks.

Baik itu crawling maupun indexing merupakan elemen technical SEO yang sangat penting dipahami saat belajar SEO WordPress. Search engine jika tidak bisa melakukan proses-proses tersebut terhadap situs sahabat Omni, kontennya tidak bisa muncul pada halaman search engine tersebut.

Lalu bagaimana caranya supaya situs web bisa proses crawl dan index tersebut? Faktor penentunya cukup banyak. Tapi untuk belajar SEO WordPress, setidaknya XML sitemap perlu didaftarkan ke Webmaster Tools Bing dan Search Console Google.

Optimasi SEO untuk Konfigurasi Website

Teknik optimasi SEO dalam mengkonfigurasi website sebenarnya cukup banyak yang bisa sahabat Omni terapkan. Setidaknya Anda bisa coba terapkan beberapa teknik berikut untuk lebih lanjut belajar WordPress SEO:

1. Aktifkan Breadcrumb WordPress

Salah satu teknik SEO yang perlu dipertimbangkan yaitu implementasi breadcrumb website. Breadcrumb bisa diartikan sebagai link yang berfungsi menunjukkan informasi lokasi pengunjung ketika mereka mengunjungi situs.

Breadcrumb bisa memudahkan navigasi, khususnya pada website dengan banyak konten. Dengan fitur ini, pengguna bisa lebih mudah tahu harus masuk halaman mana saat ingin tahu informasi konten terkait lebih jauh.

Penelusuran breadcrumb menjadi strategi internal linking efektif, breadcrumb akan menunjang search bot mencerna hubungan halaman-halaman web. Di hasil pencarian, breadcrumb bisa terdapat pada area judul.

2. Optimalkan Tag Judul

Anda perlu mengoptimalkan tag judul juga karena tag ini bisa membantu sistem mesin pencarian menyediakan halaman yang dapat diklik. Sangat penting poin materi belajar SEO WordPress satu ini supaya peluang peringkat menjanjikan untuk keyword terkait bisa lebih maksimal. Teks yang menarik dan tepat juga akan meningkatkan peluang orang-orang akan mengkliknya.

Tag judul meski sudah ditentukan sendiri, bisa saja terganti pada SERP. Biasanya masalah tersebut terjadi saat judul tidak dianggap cukup relevan berdasarkan kueri pencarian. Sistem mesin pencari pun kemudian mengandalkan sumber lain (konten) agar mampu menyediakan judul alternatif.

Untuk lebih jauh belajar SEO WordPress, Anda harus tahu panjang maksimum untuk judul yang dapat ditampilkan pada pencarian melalui perangkat PC/ desktop maupun mobile. Anda perlu membuat judul berbeda dan khusus spesifik juga. Tiap halaman disarankan untuk memiliki tag berbeda untuk judul agar search bot maupun pengunjung tidak bingung.

3. Optimalkan Meta Description

User dapat mengetahui meta description di bawahnya tag judul pada SERP. Penulisan Meta Description ini harus ringkas dan menarik pada tiap artikel. Meta Description harus memungkinkan pembaca bisa tahu informasi yang nanti mereka temukan. Agar bisa meningkatkan potensi konten diklik, pakai gaya tulisan yang aktif atau terkesan mengajak.

Description bisa diawali dengan memakai pertanyaan lalu memakai kata ajakan. Meski mesin pencari biasa mengganti deskripsi memakai teks yang ditemukan pada postingan terkait, tetap kita perlu menulis Meta Description yang menarik. Terutama untuk yang ingin fokus pada peringkat keyword dengan volume tinggi.

Biasanya Meta Description ditampilkan juga pada jejaring sosial saat pengguna membagikan postingan atau halaman web. Maka dari itu, perlu tetap optimalkan Meta Description agar bisa meningkatkan peluang postingan di klik.

4. Gunakan Kategori dan Tag WordPress

Untuk belajar SEO WordPress, Anda perlu memakai yang namanya tag dan kategori. Fitur-fitur tersebut mampu membuat struktur konten website mudah ditelusuri mesin pencari maupun pembaca. Kategori lebih bersifat tingkatan, dan tag menjadi kata kunci dengan fungsi menjelaskan konten.

Kategori membuat Anda dapat membuat sub untuk kategori itu sendiri. Tag bisa berfungsi seperti layaknya entri pada indeks dokumen atau buku. Penting juga mengoptimalkan desain halaman untuk kedua aspek ini, khususnya kalau terdapat potensi peringkat sesuai keyword tertentu.

Halaman kategori harus dipastikan memiliki desain user-friendly. Pengunjung pun bisa lebih betah menjelajahi website tersebut.

5. Cegah Komentar Spam di Postingan Blog

Postingan blog tidak bisa selalu lepas dari yang namanya komentar spam. Langkah manipulatif ini biasanya memiliki tautan ke suatu website. Harapan dari komentar spam yaitu mendapatkan backlink melalui blog dengan otoritas lebih tinggi.

Belajar SEO WordPress perlu tahu kalau spam ini cukup berbahaya untuk website. Salah satu dampaknya adalah membuat Google bisa menurunkan peringkat situs secara keseluruhan. Karena Google ingin memastikan kualitas pencariannya terjaga.

Pada kasus tertentu, pengunjung bisa saja diarahkan ke situs yang berbahaya, sehingga bisa mempengaruhi keamanan page experience maupun data mereka. Saat ada cukup banyak komentar spam, maka reputasi situs juga bisa terancam.

Agar bisa mencegahnya, coba aktifkan fitur approval manual. Setiap komentar pun bisa diperiksa terlebih dahulu sebelum akan terlihat pada situs. Ada cara lain untuk mencegah spam yaitu dengan memakai plugin.

6. Pilih Antara WWW dan Non-WWW

Anda perlu memilih antara kedua pilihan ini untuk domain. Keduanya tidak bisa dibilang paling baik dalam optimasi WordPress. Meski begitu, penting untuk konsisten, Google menanggapinya sebagai URL terpisah. Hal tersebut bisa mencegah potensi duplikasi konten. Manfaat lainnya dari poin belajar SEO WordPress ini yaitu membantu sistem mesin pencari untuk tahu versi yang mana yang diutamakan.

7. Konfigurasikan Struktur Permalink Website

Bukan hanya memilih antara WWW atau Non-WWW saat belajar SEO WordPress, Anda perlu memilih juga struktur permalink. Permalink itu sendiri merupakan URL yang berfungsi mengarahkan pengunjung untuk menuju ke tiap konten dan halaman web WordPress. WordPress memakai struktur permalink umum dengan ID halaman untuk sebagai slug secara otomatis.

Sebagai contohnya misal ada URL https://contoh.com/?p=111. Kalau URL-nya seperti itu, tidak dapat menunjukkan informasi yang dijumpai pengunjung. Mereka bisa saja batal mengunjungi situs karena kurang jelas dan pergi ke web lain.

Agar bisa mengubahnya, masuk ke bagian Settings lalu pilih Permalinks melalui dashboard WordPress. Ada hal yang harus Anda ingat, jika situs WordPress sudah beberapa bulan aktif, perubahan struktur permalink bisa mengakibatkan masalah tertentu. Misalnya saja link referal menjadi hilang.

Untuk yang tetap ingin mengubahnya, harus lakukan redirect supaya pengunjung diarahkan ke target halaman web yang tepat. Ada pun plugin SEO premium seperti redirect URL yang Anda bisa coba gunakan.

8. Gunakan URL Khusus untuk Postingan dan Halaman

Untuk menguasai SEO WordPress lebih jauh, perlu optimasi URL juga selain permalink. Ketika Anda mengedit artikel blog, slug URL harus dipastikan mengikuti teknik SEO. Agar bisa melakukan editing link permanen satu-satu, coba buka halaman terkait yang Anda ingin ubah URL-nya dan masuk ke Editor WordPress.

Jika ingin belajar SEO WordPress dengan memakai Block Editor, bisa masuk panel Settings, masuk ke Permalink lalu ubah slug. Sementara kalau ingin mencoba Classic Editor, pilih Edit pada bagian sebelah URL. Kalau Anda ingin coba membuat slug URL lebih optimal, coba sertakan keyword fokus.

Sebagai contoh saja, jika Anda ingin menargetkan keyword “Pengertian XML Sitemap” dengan konten blog Anda. Bisa coba sertakan kata kunci pada link permanennya. Jadi misalnya seperti https://contoh.com/pengertian-xml-sitemap.

Pertimbangkan juga untuk memakai slug simpel. Google pada dasarnya menyarankan untuk tidak memakai URL rumit yang memiliki banyak parameter. Alasannya karena bisa menyusahkan proses crawling.

Ganti juga spasi dengan memakai tanda hubung sebagai tips lain. Walau boleh memakai garis bawah, sebenarnya Google lebih suka dengan tanda hubung.

Tips lain yaitu memakai huruf kecil. Slug URL cukup peka terhadap besar kecil huruf. Google akan menganggap perbedaan besar kecil huruf sebagai URL berbeda. Ada pun hubungan antara besar-kecil huruf dengan duplikasi konten yang harus dipahami saat belajar SEO WordPress.

Garis miring juga perlu diperhatikan, alamat bisa berbeda meski ada garis miring pada bagian paling belakang. Hindari juga karakter khusus, simbol bisa menyulitkan link agar bisa dibaca. Beberapa simbol bahkan tidak termasuk ke dalam pokok URL.

Riset Keyword

Riset keyword berarti kita melakukan riset atau mencari tahu kata kunci tertentu yang biasa dimasukkan orang-orang saat menggunakan mesin pencari. Tidak perlu khawatir untuk biaya belajar SEO WordPress seputar riset keyword karena ada tools gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan riset keyword seperti Keyword Planner yang disediakan Google.

Kalau Anda bekerja di perusahaan atau bisnis Anda punya anggaran khusus, bisa coba berlangganan saja menggunakan tools berbayar.

Cukup banyak tools berbayar yang bisa Anda pertimbangkan mulai dari Moz, Ubersuggest, Ahrefs, KeywordTool.io, Semrush, dan tools lain sebagainya. Ketika Anda hendak riset keyword, ada beberapa poin yang harus diperhatikan dengan baik, berikut beberapa di antaranya:

Volume 

Volume pencarian untuk keyword yang hendak digunakan harus diperhatikan. Anda bisa mendapatkan ranking pencarian yang memuaskan, tapi kalau tak ada yang membutuhkan konten tulisan Anda, akan percuma saja. Pada akhirnya traffic tidak dapat muncul. Maka dari itu, keyword yang hendak digunakan memang mempunyai volume pencarian tertentu.

Relevance

Perlu Anda ketahui juga kalau Google memberi ranking lewat penilaian relevansi konten berdasarkan yang dicari oleh pengguna. Konten kita hanya bisa meraih ranking kalau kata kunci sesuai yang para pengguna cari.

Authority

Sistem Google memberikan bobot yang lebih besar kalau konten mempunyai sumber terpercaya berdasarkan topik terkait. Sebelum Anda memilih keyword atau topik konten misal, penting memeriksa sumbernya bisa dipercaya atau tidak. Kalau semisal belum dapat dipercaya, maka lebih baik untuk menghindari topik tersebut.

Buat Konten yang Relevan, Lengkap, dan Solutif

Konten berkualitas sangat penting perannya untuk kebutuhan SEO WordPress. Bukan hanya harus relevan dan lengkap saja, konten tersebut lebih baik juga memiliki dampak solutif untuk para pembacanya. Konten yang berkualitas bisa lebih menarik perhatian.

Saat pengunjung mengunjungi website lalu menemukan informasi bermanfaat, relevan sekaligus menarik, maka mereka cenderung tetap berada di situs tersebut lebih lama. Mereka juga bisa mengunjungi halaman-halaman lainnya. Pada akhirnya bisa berdampak baik untuk peringkat SEO.

Di sisi lain, kata kunci merupakan inti SEO. Konten yang lengkap, solutif dan relevan bisa membantu pengoptimalan kata kunci. Jika kata kunci dipakai dengan tepat, maka bisa membantu sistem mesin pencari untuk mencari tahu konten Anda lebih dalam lalu menyajikannya ke visitor yang membutuhkan informasi terkait.

Manfaat lain dari konten berkualitas yaitu bisa mendapat backlink yang berkualitas juga. Backlink dari situs lain menjadi faktor peringkat lainnya dalam lingkungan SEO. Dari adanya konten berkualitas, cenderung bisa mendapatkan backlink tersebut. Alasannya karena orang-orang banyak yang cenderung menyebarkan konten bermanfaat, solutif dan bisa dipercaya.

Konten relevan, dan lengkap juga bisa membuat pengguna internet betah mendatangi website. Dari semakin lamanya pengunjung berdiam pada web Anda, makin besar peluang konversi mereka menjadi pengunjung tetap untuk website Anda.

Optimasi SEO Onpage

Singkatnya, optimasi SEO satu ini dilakukan pada lingkup halaman website. Cukup banyak aspek yang perlu dioptimasi pada On Page ini. Mulai dari heading, internal linking, permalink, anchor text, media dan lain sebagainya. Meski merupakan elemen simple, tapi cukup tricky mengelola optimasi pada elemen-elemen tersebut.

Pada saat Anda sudah belajar SEO WordPress Onpage dan optimasi ini berhasil dilakukan, efek maksimal bisa Anda rasakan pada hasil ranking Google.

1. Tulis Konten yang SEO-friendly

Tujuan belajar SEO WordPress seperti pembuatan artikel dengan kriteria SEO friendly memang agar hasil rankingnya memuaskan di search engine. Tapi tetap nantinya dibaca manusia bukan bot. Lalu artikel SEO friendly itu seperti apa? Konten ini memenuhi guideline tertentu agar mendapatkan rank terbaik dari Google.

Agar rank memuaskan dari Google tersebut bisa didapat, konten artikel harus dibuat sesuai topik tertentu yang memang sudah terbukti dicari tahu oleh user. Dengan konten seperti itu, potensi mendapatkan traffic akan lebih tinggi. Sahabat Omni bisa coba melakukan keyword research seperti yang sudah disebut sebelumnya.

Anda juga harus dengan menyesuaikan konten artikel berdasarkan search intent, harus menarik dan juga mudah dicerna informasinya oleh pembaca. Saat membuat artikel, usahakan menjaga pendekatan simple. Gunakan juga banyak grafik, diagram, dan gambar. Beberapa elemen tersebut diperlukan agar penyerapan informasi bisa lebih mudah.

2. Masukkan Focus Keyword di Seluruh Bagian Konten

Focus keyword itu sendiri merupakan pencarian utama artikel. Saat diinput beberapa kali pada seluruh bagian, Google bisa tahu artikel tersebut membahas informasi relevan. Lebih baik jangan berlebihan juga, karena bisa saja kena penalti, inilah yang biasa disebut keyword stuffing.

3. Gunakan Heading yang Terstruktur

Manfaatkan heading dengan baik sebagai tips lainnya, baik itu heading maupun sub heading bisa memecah artikel ke bagian-bagian tertentu. Pembaca pun bisa lebih mudah mencari tahu poin-poin yang sedang mereka butuhkan.

4. Tambahkan Internal Link dalam Konten

Fungsi internal link yaitu menghubungkan halaman-halaman pada satu situs sehingga mampu meningkatkan kualitas struktur website. Manfaat lainnya dari internal link adalah meningkatkan kualitas navigasi pengunjung, dan bisa memberikan konteks ekstra kepada sistem mesin pencari seputar halaman-halaman web yang terhubung.

Jangan lupa untuk memperbarui link internal ini secara berkala: Link-link tersebut harus dipastikan masih relevan atau memang mengarah menuju halaman yang sesuai.

5. Masukkan Link Eksternal yang Tepercaya

Pakai juga eksternal link karena perannya cukup penting juga, tapi perlu dicatat kalau link ini harus yang tepercaya. Saat terdapat outbound link berkualitas dan relevan menuju sumber eksternal tepercaya, bisa meningkatkan kepercayaan terhadap website Anda.

6. Manfaatkan Konten Video

Jika konten menyediakan hanya teks saja, pembaca bisa cepat bosan dan lelah. Pastikan menambahkan beberapa gambar untuk setiap artikel atau konten Anda. Tapi akan lebih baik jika menambahkan video sebagai media visual yang lebih menarik. Suatu konten artikel yang memiliki video bisa saja memiliki kesempatan lebih besar muncul pada halaman pertama.

7. Lakukan Update Rutin dan Tampilkan Tanggal Update

Artikel atau konten up-to-date bisa meningkatkan relevansi istilah pencarian, saat belajar SEO WordPress, jangan sampai lupakan hal ini. Postingan dengan informasi lama bisa membuat Google menyingkirkan postingan tersebut dari search result utama. Saat mengupdate konten, pertimbangkan pengecekan search intent kembali.

Format artikel sudah sesuai apa yang calon pengunjung inginkan atau belum? Pastikan artikel tersebut memberikan informasi berdasarkan istilah pencarian visitor. Hal penting lainnya yaitu memastikan konten sudah akurat atau belum?

Konten tersebut harus menghadirkan informasi yang terbaru berdasarkan tren niche terkait. Selain itu, harus dengan memperjelas informasi konten karena bisa menunjang kualitas konten. Coba sajikan tips, panduan atau trik untuk bisa diikuti pembaca, kutip sumber tepercaya, sisipkan studi kasus, dan upaya lain sebagainya.

Pengunjung juga mungkin tidak senang kalau link yang mereka klik malah bermasalah atau rusak, sehingga Anda perlu mengecek broken link kembali. Gambar harus Anda update juga, coba juga tambahkan infografis agar bisa meningkatkan kebutuhan visualisasi.

Tidak lupa juga untuk menampilkan tanggal update konten terakhir, hal ini bisa menandakan konten tersebut memang konten yang fresh. Agar optimasi lebih praktis, mudah, dan hasilnya lebih meyakinkan, coba untuk menggunakan Service Omnirank.

Cara SEO untuk Konten Gambar

Materi SEO WordPress lainnya yaitu optimasi gambar pada konten atau artikel. Tentunya tanpa ada gambar menarik dan relevan, artikel bisa menjadi membosankan. Lalu, bagaimana caranya mengoptimasi gambar sesuai SEO, ini beberapa tips belajar SEO WordPress dalam mengoptimasi gambar:

1. Optimasi Gambar Anda

Gambar yang SEO-friendly mampu memberikan informasi dengan baik, jadi gambarnya harus relevan. User pun tidak akan bingung saat mencerna informasi. Tentukan gambar utama yaitu gambar yang paling mampu mempresentasikan konten terkait. Tempatkan pada area atas dan jangan sampai mengancam nilai estetika layout.

Kalau memang memungkinkan, hindari memakai stock image. Coba gunakan hasil potret asli supaya bisa menunjukkan orisinalitas website. Kualitas gambar maupun orisinalitas mampu memberikan kekuatan bagi sebuah web. Ketika belajar SEO WordPress, pilih juga format gambar dengan tepat untuk SEO yaitu PNG atau JPEG.

JPEG biasanya memiliki clarity dan color yang baik, dapat juga disesuaikan ukuran gambar tersebut tanpa harus berkurang kualitasnya. Sementara PNG cenderung memiliki size lebih besar, biasanya untuk gambar tertentu yang butuh transparansi.

File gambar lainnya yaitu SVG atau WebP yang juga bagus untuk menunjang kaidah SEO image. WebP cenderung berukuran lebih kecil tapi kualitasnya baik. Format SVG dipakai untuk pembuatan logo atau vektor. Selain itu, supaya tidak memperlambat loading page, coba kompresi gambar terlebih dahulu.

Belajar SEO WordPress juga perlu perhatikan copyright gambar, agar bisa memakai gambar secara legal, perlu dicantumkan credit pemilik gambar tersebut.

2. Gunakan Alt Text untuk Gambar

Dari suatu gambar pada konten artikel bisa saja membantu mendatangkan traffic. Untuk mendukung tujuan tersebut, bisa dengan beri keterangan relevan ke alt text. Cukup banyak pengguna internet yang mencari informasi melalui Google Images.

Saat gambar tercantum alt text, Google bisa lebih mengerti informasi gambar tersebut, lalu kemudian melakukan indeks sehingga bisa berpotensi masuk dalam Google Images. Jangan spam keyword juga pada alt text dan jangan input target keyword saja. Berikan juga keterangan untuk menjelaskan gambar terkait.

3. Gunakan Nama File yang Bisa Dibaca

Belajar SEO WordPress termasuk penulisan SEO gambar yang harus tepat juga. Banyak yang mengabaikan nama pada file gambar mereka. Pada dasarnya, sistem robot perayap memang tidak bisa melakukan crawling gambar. Tapi robot perayap bisa diberitahu mengenai gambar tertentu yang dipakai pada artikel.

Selain gambar harus terkait konten artikel, juga harus dengan memakai nama deskriptif, dan memiliki keyword pada gambar tersebut. Dengan nama file seperti itu, bisa layaknya memberi sinyal ke robot perayap agar gambar bisa di-ranking dengan lebih baik.

Optimasi SEO Offpage

Kalau Anda sudah belajar SEO WordPress On Page dan menerapkannya dengan optimal, perlu dioptimalisasi kembali secara Off Page. Off Page berarti optimalisasi dilakukan pada luar cakupan halaman website atau secara eksternal. Off Page pada teknik SEO memiliki beberapa cukup faktor mulai dari backlink, teks anchor, inbound link, dan sebagainya.

Anda perlu memperhatikan juga kalau backlink itu tidak seluruhnya bagus, yang bagus yaitu yang memang relevan serta asalnya dari website dengan reputasi bagus. Ciri website bagus untuk Anda yaitu salah satunya web dengan DA atau Domain Authority-nya tinggi.

Website sahabat Omni pun bisa dianggap telah direkomendasikan web lain dengan reputasi bagus oleh Google. Sebab website yang bagus itu akan memberikan merekomendasikan atau backlink ke website yang sama-sama bagus.

Cara SEO untuk yang Sudah Ahli

Kalau sahabat Omni sudah belajar SEO WordPress untuk konsep dasarnya, masih bisa dikembangkan lagi dengan beberapa cara berikut:

1. Data Terstruktur Schema.org

Ada teknik lanjut agar mampu membuat hasil pencarian search engine lebih menarik. Ada yang namanya rich result, hasil ini biasanya muncul pada bagian atas, sehingga otomatis letaknya di atasnya organik result. Agar kita bisa membuatnya, harus ditambahkan data terstruktur markup schema.org di konten Anda.

Anda mungkin berpikir untuk menguasai coding terlebih dahulu untuk membuatnya, tapi ada plugin SEO yang menyertakan fitur untuk keperluan data terstruktur tersebut. Jadi untuk bisa menerapkan teknis ini lebih lanjut, sahabat Omni perlu belajar plugin Schema terlebih dahulu.

2. Tag Canonical pada Konten Duplikat

Jika konfigurasi konten tidak dilakukan dengan tepat, bisa saja konten duplikat bersaing dengan yang asli dalam meraih peringkat. Pembahasan belajar SEO WordPress selanjutnya mengenai Canonical. Konten duplikat itu sendiri bisa terjadi ketika beberapa halaman dengan konten serupa mengarah ke target halaman serupa.

Hal ini bisa terjadi untuk alamat situs yang berbeda. Duplikat bisa saja muncul untuk kasus non-WWW & WWW yang sudah disebut sebelumnya. Termasuk untuk URL berbeda pada penggunaan desktop dan mobile.

Tidak perlu khawatir karena plugin atau tools optimasi website umumnya sudah dilengkapi fungsi satu ini. Kalau sudah ada artikel duplikat, coba tentukan yang perlu diprioritaskan Google memakai tag canonical URL. Fungsinya adalah memberitahu halaman terkait merupakan versi asli kepada bot.

3. Pakai Noindex untuk Keperluan Konten Non-Prioritas

Kalau ada postingan yang informasinya relevan, maka sebaiknya tidak berada pada SERP. Google merekomendasikan tag noindex supaya halaman-halaman seperti itu tidak masuk pada database pencarian search engine.

Tergantung preferensi Anda seperti apa, jangan ragu menerapkan pengaturan pada halaman-halaman lain baik itu tag, media maupun kategori. Khususnya halaman yang tidak bisa menunjang search intent visitor.

4. Manfaatkan Sosmed/ Media Sosial

Walau tidak berpengaruh langsung ke ranking, media sosial mampu memberi tahu informasi website tepercaya kepada search engine. Algoritma ranking search engine bisa saja mempertimbangkan sisi visibilitas brand pada platform eksternal, dalam hal ini termasuk sosial media.

Tujuannya supaya dapat menentukan kredibilitas dan tingkat pengaruh website. Keterlibatan akun mulai dari follow, like, dan berbagi juga diperhitungkan. Media sosial bisa berdampak kepada optimasi WordPress meski tidak langsung. Tapi mesin pencari memang mempertimbangkan penyebutan merek/ brand tanpa link ketika sistemnya mengevaluasi peringkat.

Coba untuk input detail berguna sebanyak mungkin bagi pengunjung dalam memahami brand. Input keyword-keyword relevan agar peluang ranking bisa ditunjang dengan baik. Bagikan juga konten di medsos secara rutin sebagai tips lainnya. Sisipkan keterangan menarik dan gambar agar bisa meraih atensi calon pengunjung.

5. Selalu Update Tren

Jangan lupa untuk mengikuti berita optimasi terbaru. Alasannya karena mesin pencari sudah biasa membuat perubahan tertentu pada algoritmanya. Pastikan sahabat Omni tidak melewatkan berita atau informasi penting terutama seputar materi belajar SEO WordPress atau hal yang dapat berpengaruh langsung kepada peringkat situs.

Selain penelusuran rutin, bisa juga ikuti channel di YouTube yang biasa mengupload informasi tren optimasi agar bisa belajar SEO untuk WordPress gratis lebih lanjut. Sudah banyak channel yang menyediakan konten seperti itu karena memang topik satu ini yang rasanya selalu dibutuhkan banyak pihak.

Link Building

Anda perlu memahami yang namanya link building juga. Inilah proses pemberian tautan menuju situs Anda dari situs lain. Pengumpulan link tersebut termasuk penting agar dapat membangun authority pada sudut pandang mesin pencari.

Anda pun bisa meraih ranking menjanjikan lewat traffic yang lebih banyak. Anda perlu tetap fokus memperhatikan kualitas backlink karena Google pada dasarnya menilai tinggi untuk backlink berkualitas. Percuma memiliki backlink banyak tapi asalnya dari web yang cenderung tidak relevan, berisi spam atau masalah lain sebagainya.

Link building menjadi salah satu upaya SEO yang sangat penting, alasannya karena link itu sendiri yang merupakan pertimbangan ranking utama bagi Google. Memang algoritma SEO yang diterapkan Google selalu berubah. Tetapi ada hal yang pasti benar yaitu backlink berkualitas menjadi faktor penilaian utama bagi Google pada hasil pencarian mereka.

Untuk lebih memahaminya, kita bisa ambil logika kalau makin banyaknya backlink bisa menunjukkan kalau website terkait layak menjadi panutan untuk website lainnya. Dengan begitu, Google bisa memprioritaskan situs Anda tersebut pada hasil pencarian. Alasannya karena memang situs Anda dianggap memiliki konten bermanfaat.

Backlink bisa didapatkan dengan menerapkan link building ini. Maka dari itu, link building menjadi teknik dalam bidang SEO yang sangat penting dilakukan mereka yang punya website.

Kesimpulan

Itulah informasi menyeluruh seputar belajar SEO WordPress. SEO WordPress menjadi strategi penting yang mampu memunculkan website kita supaya ada pada peringkat atas dalam halaman awal/ pertama Google maupun mesin pencari lainnya. Cukup beragam ternyata hal yang bisa dilakukan untuk mempraktikkan SEO WordPress tersebut.

Teknik SEO bisa terlihat rumit terutama untuk yang baru saja belajar SEO WordPress pdf. Tapi saat SEO diterapkan dengan rutin sesuai panduan belajar SEO WordPress di atas, sahabat Omni pasti akan mampu menguasainya.

Agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik secara organik melalui pendekatan SEO, coba untuk memakai layanan dari Omni Rank. Untuk memulainya, Anda bisa daftar gratis melalui website-nya.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.