Hotel SEO adalah cara untuk optimasi signal SEO Onpage dan Offpage dari website agar visibilitas meningkat di search engine seperti Google, agar mendapatkan traffic langsung ke website dan yang paling penting, lebih banyak booking.
SEO untuk website hotel adalah strategi optimasi keseluruhan website agar website kita dapat ranking di halaman pertama Google sehingga meningkatkan jumlah pengunjung secara organik.
Dengan website kita sudah ranking di Google, maka kita dapat hemat budget iklan karena akan semakin banyak pengguna internet yang mengetahui Brand hotel kita.
Website kita juga akan semakin dikenal karena sering muncul di Google, misalnya saat pencari Google mengetikkan keyword: “hotel di Bali” , maka akan muncul website Anda.
Dengan demikian, brand hotel kita akan semakin kuat dan semakin dipercaya di mata customer.
Jadi untuk pelaku bisnis yang saat ini masih menjalankan hotel dengan cara yang tradisional boleh mempertimbangkan optimasi SEO website hotel agar bisnis hotel menjadi cepat berkembang. Meskipun nantinya akan ada banyak proses yang perlu dilakukan tapi tidak ada salahnya untuk mencoba teknik ini karena sudah banyak pelaku bisnis yang merasakan keuntungan dari penggunaan SEO.
Pentingnya Hotel SEO
Hotel SEO sangat penting karena setelah website hotel kita rank di Google, maka dapat meningkatkan sales hotel dengan calon customer masuk ke website kita (bukan masuk ke website competitor) dan melakukan booking kamar.
Oleh karena itu, pemilik website harus benar-benar memperhatikan Hotel SEO yang dimiliki agar bisa ranking teratas. Website akan lebih mudah untuk menempati ranking teratas apabila pemilik website sudah menerapkan SEO sesuai best-practice yang akan kami berikan.
SEO juga bisa mengurangi biaya pemasaran hotel dan bisa menghilangkan biaya komisi dari platform ketiga seperti Traveloka, Tiket.com, dan sebagainya. Dengan merasakan manfaat seperti itu maka banyak website hotel yang melakukan optimasi SEO.
Tips Optimasi SEO Untuk Website Bisnis Hotel
Sekarang sudah mulai banyak pelaku bisnis yang mengetahui beberapa pentingnya peran website untuk bisnis mereka. Kalau dulu mungkin masih jarang sekali pelaku bisnis khususnya pemilik hotel yang tertarik untuk membuat website untuk hotelnya karena pengguna internet di zaman dulu belum sebanyak seperti saat ini.
Setelah mulai banyak orang yang menggunakan internet barulah mulai banyak pemilik hotel membuat website karena website ini bisa dijadikan media promosi terbaik di era digital saat ini. Pemilik hotel yang sudah memiliki website jangan hanya membiarkan website yang dimiliki begitu saja, tetapi optimalkan Hotel SEO agar nantinya pengunjung yang mengakses situs jumlahnya banyak.
Agar nantinya jumlah pengunjung bisa terus bertambah, maka perlu menerapkan beberapa strategi promosi yang akan dijelaskan secara terperinci berikut ini.
1. Tentukan Target Market Untuk Mendapatkan Ide Keyword
Langkah yang pertama untuk dilakukan apabila ingin website Hotel SEO yang dimiliki menjadi terkenal maka perlu menentukan target pasar terlebih dahulu. Pemilik website nantinya harus mengetahui siapa yang nantinya akan menjadi konsumen dan harus tahu apa saja yang disukai oleh calon konsumen.
Target pasar yang saat ini bisa dituju oleh pemilik hotel ada banyak seperti kalangan anak-anak muda yang sering melakukan travelling atau bisa juga keluarga yang sering melakukan liburan. Potensi untuk mendapatkan konsumen dari kalangan yang seperti itu jauh lebih mudah dikarenakan anak muda lebih suka menginap di hotel daripada di tempat penginapan lainnya.
Pemilik juga harus mengerti cara yang digunakan calon konsumen untuk menemukan layanan yang dibutuhkan oleh mereka. Untuk bisa mendapatkan informasi tersebut memang butuh usaha yang keras karena tidak semua orang memiliki minat yang sama.
Jadi perlu melakukan riset terlebih dahulu pada beberapa orang yang sering menginap di hotel. Dengan melakukan riset tersebut nantinya bisa mengetahui semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat Hotel SEO lebih terkenal.
Setelah bisa mengetahui semua yang diinginkan konsumen barulah mencari tahu istilah pencarian yang biasanya digunakan calon konsumen untuk mencari informasi website di Google.
2. Riset Keyword
Selain harus mengerti keinginan calon konsumen juga perlu mengetahui istilah-istilah yang umumnya digunakan untuk melakukan pencarian informasi website khususnya hotel. SEO Hotel bisa lebih optimal kalau sudah mengetahui istilah tersebut karena dengan tahu istilah tersebut nantinya pemilik website bisa mengetahui kata kunci apa yang paling cocok untuk digunakan agar websitenya lebih sering muncul di Google.
Untuk bisa mendapatkan kata kunci atau keyword yang tepat memang harus melakukan riset terlebih dahulu dengan cara mencoba setiap kata kunci yang ada hubungannya dengan Hotel SEO di kolom pencarian Google. Dengan mencoba semua kata kunci yang ada nantinya bisa mengetahui kata kunci paling sering digunakan yang nantinya bisa digunakan untuk menjadi acuan membuat kata kunci baru.
Contoh kata kunci yang umumnya digunakan oleh website hotel yang sekarang ini sudah banyak di internet adalah Hotel Murah Terdekat, Hotel Bintang Lima Termurah dan ada juga yang menggunakan kata kunci Hotel Murah Terbaik. Ataupun seperti harga sewa hotel, tarif sewa kamar, jenis kamar hotel dan masih banyak yang lainnya.
Kata kunci tersebut nantinya bisa digunakan untuk membuat konten artikel atau bisa juga dipakai untuk membuat konten video. Kalau konten yang sudah dibuat ada hubungannya dengan kata kunci maka hotel tersebut akan lebih mudah terkenal dan akan lebih cepat ditemukan oleh pengguna internet. Jadi meskipun agak sulit untuk memperoleh kata kunci yang tepat harus tetap berusaha agar bisa memperoleh keyword terbaik.
3. Masukkan Keyword di Title Tag, Meta Description dan Heading 1
Jangan hanya riset 1 keyword, tapi minimal ada 10 keyword atau lebih yang nantinya akan digunakan.
Tujuannya yaitu kita akan optimasi multiple keywords optimization sehingga bisa ranking sekaligus.
Setelah mendapatkan semua kata kunci yang dibutuhkan, selanjutnya tinggal mengelompokkan kata kunci tersebut berdasarkan search intent keyword agar nantinya bisa memudahkan dalam membuat konten yang relevan.
Setelah dikelompokkan, kita akan tentukan mana yang merupakan kata kunci utama dan kata kunci turunan. Kata kunci utama ini wajib untuk disertakan di bagian-bagian penting yang ada di halaman website yaitu di Title Tag, Meta Description dan Heading 1.
Hal ini harus dilakukan karena hampir semua website Hotel SEO yang berhasil muncul di halaman pertama Google pasti kata kunci utamanya ada di semua bagian yang disebutkan tadi. Kalau nantinya saat menggunakan kata kunci malah membuat URL website dan title tag menjadi terdengar aneh, sebaiknya pilih kata kunci lainnya yang sekiranya bisa membuat bagian tersebut terlihat menarik.
4. Buat Konten yang Lengkap dan Menyisipkan Long tail keywords
Setelah melakukan langkah-langkah yang sudah disebutkan tadi selanjutnya perlu melakukan langkah yang berikutnya yaitu melakukan optimasi konten. Konten yang dibuat oleh pemilik website Hotel SEO harus kualitasnya bagus karena konten tersebut sangat mempengaruhi tingkat popularitas website di Google.
Kalau konten dibuat secara sembarangan nantinya konten tersebut hanya akan membuat halaman website hotel menjadi penuh saja tanpa ada manfaat apa pun. Agar tidak sia-sia waktu dan tenaga yang digunakan untuk membuat konten sebaiknya konten yang diciptakan adalah konten yang menarik.
Ada beberapa jenis konten yang bisa diunggah di Hotel SEO seperti konten video, konten artikel dan masih banyak yang lainnya. Kalau untuk saat ini konten yang paling sering digunakan adalah konten video karena konten ini bisa memberikan informasi lengkap kepada calon konsumen dalam waktu yang singkat.
Kalau ingin menggunakan konten video sebaiknya jangan membuat video yang asal karena kualitas video tersebut sangat berpengaruh pada tingkat popularitas konten. Agar nantinya ada banyak yang menonton video, maka kualitas video harus dibuat yang tinggi agar pengunjung website tidak merasa sakit di bagian mata saat melihat video tersebut.
Selain itu juga perlu memperhatikan durasi video, kalau konten video digunakan untuk membagikan informasi hotel sebaiknya durasinya jangan terlalu lama agar yang menonton tidak merasa bosan.
5. Optimasi Keyword di Heading
Selain harus mengoptimasi konten juga perlu mengoptimasi heading. Pemilik website Hotel SEO harus melakukan ini karena dengan adanya heading bisa membantu mesin pencarian dan juga pengguna internet lebih memahami konteks dan juga hubungan satu topik dengan yang lainnya.
Kalau ingin menggunakan heading sebaiknya cukup menggunakan heading 1 kali saja kemudian tinggal membuat subheading. Jumlah subheading yang seharusnya digunakan harus lebih dari satu agar nantinya konten yang dibuat menjadi lebih menarik.
Dengan memanfaatkan heading tersebut nantinya artikel yang diunggah di website akan terlihat lebih terstruktur dan menarik sehingga pengunjung yang mengakses website akan tertarik untuk membaca artikel tersebut.
Teknik ini merupakan salah satu bagian dari teknik SEO copywriting yang sekarang ini sedang banyak digunakan untuk mengoptimalkan Hotel SEO. Jadi kalau ada yang ingin menggunakan konten artikel sebaiknya jangan hanya mengandalkan satu sub judul saja karena artikel dengan sub judul yang seperti itu tidak lengkap informasinya.
Subheading yang digunakan harusnya masih berhubungan dengan heading atau judul utama agar nantinya pengunjung yang membaca artikel tidak merasa bingung setelah membaca judul utama dan sub judul. Agar tidak terjadi hal yang seperti itu maka subheading yang digunakan harus merupakan turunan dari heading.
Contohnya adalah kalau judul yang digunakan adalah Tarif Sewa Kamar Per Hari maka untuk subheading bisa Informasi Tarif Sewa Kamar Menurut Tipe Kamar. Kalau ingin membuat subheading yang kedua bisa menggunakan judul Cara Mendapatkan Sewa Kamar Murah.
6. Optimasi Pagespeed Loading Website
Sebagai pemilik website juga perlu memperhatikan loading speed website. Kalau ternyata tidak terlalu cepat loadingnya sebaiknya langsung dioptimalkan saja karena pengguna website atau pengguna internet tidak sabaran kalau mengakses website.
Jika website Hotel SEO terlalu lama untuk dibuka biasanya pengguna internet akan pindah ke website lain yang lebih cepat. Kalau sampai terjadi seperti ini nantinya ranking website di Google akan turun drastis.
Kalau tidak ingin hal tersebut terjadi maka perlu mempercepat loading website dengan menggunakan beberapa teknik. Seperti menggunakan backlink yang berkualitas atau bisa juga menggunakan teknik submit sitemap.
Loading website juga bisa semakin cepat apabila fitur yang ada di website tidak terlalu banyak karena semakin banyak fitur yang terdapat di website bisa memperlambat loading website. Kalau memang ingin menambahkan fitur di halaman awal website sebaiknya pilih fitur-fitur yang memang dibutuhkan oleh pengunjung website Hotel SEO.
Salah satu fitur yang nantinya bisa digunakan adalah fitur pencarian, fitur ini nantinya bisa membantu pengunjung untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Ada juga fitur lain yang harus ada di halaman yaitu fitur customer service yang berfungsi untuk menghubungkan pengunjung dengan customer service pihak hotel.
Setelah menggunakan teknik-teknik tersebut tinggal mengecek kecepatan website menggunakan tool cek kecepatan yang sudah disediakan Google. Kalau kecepatan sudah bertambah berarti strategi Hotel SEO yang digunakan benar-benar memberikan dampak positif pada website hotel.
Dampak positif yang nantinya bisa didapatkan dari perubahan kecepatan lebih tinggi tersebut adalah booking kamar akan semakin banyak karena pengunjung bisa langsung mendapatkan informasi tarif sehingga lebih cepat untuk mengambil keputusan menyewa kamar.
7. Riset Keyword Informational Sebagai Bahan Artikel
Informational keywords berfungsi sebagai bahan keyword artikel yang akan dipakai untuk blog dan meningkatkan traffic pengunjung selain keyword target utama kita.
8. Buat Judul Halaman yang Menarik
Judul halaman dibuat singkat, padat, dan tetap mengantung keyword. Usahakan judul halaman tidak lebih dari 7 kata karena kalau lebih dari itu tidak akan ditampilkan di Google SERP juga.
Cara membuat judul halaman menjadi menarik:
- Power words seperti: Termurah, terbaik, terlengkap, terpopuler, dan sebagainya.
- Angka seperti: 5 Tips Memilih Kamar Hotel Keluarga (Angka ganjil lebih mengundang untuk di klik dari hasil riset)
9. Meta Description yang High CTR (Click Through Rate)
Meta description merupakan kalimat singkat yang menjelaskan isi dari halaman website.
Meta description yang SEO friendly yaitu antara 160 – 300 karakter.
Meta description dibuat hanya 1-2 kalimat dan terdapat keyword.
Untuk meningkatkan CTR, bisa ditulis titik-titik (…) dalam meta description agar pengunjung penasaran.
Contoh: Cara mencari promo kamar hotel saat Anda ingin bepergian keluar negeri. Tips ini sudah saya pakai dan berhasil…
10. Buat Blog di Website
Website hotel sebaiknya jangan berisikan konten video saja, tapi ada baiknya juga harus menyediakan blog di website Hotel SEO juga. Blog ini sangat diwajibkan untuk ada di halaman website karena blog dapat mempercepat proses peningkatan traffic website dan juga akan mempengaruhi jumlah pengunjung website yang ingin menggunakan jasa hotel.
Memang agak terasa ribet untuk menambahkan blog ini, tapi sudah banyak website hotel yang berhasil menduduki peringkat teratas di daftar peringkat Google dikarenakan konten blog tersebut. Agar pengunjung website tetap betah berada di website dan tertarik untuk menyewa kamar, maka artikel yang harus ada di website kualitasnya harus bagus dan bisa memberikan manfaat untuk pengunjung website yang membaca artikel tersebut.
Artikel-artikel yang diunggah di page website sebaiknya membahas hal-hal yang ada hubungannya dengan hotel atau tempat penginapan. Contohnya adalah membahas mengenai Tips Menyewa Kamar Hotel dan bisa juga membahas Ciri-Ciri Kamar Hotel Yang Nyaman Dihuni. Artikel yang seperti ini sangat dibutuhkan oleh pengunjung Hotel SEO karena belum banyak pengguna internet yang tahu bagaimana caranya menyewa kamar di hotel.
Agar artikel yang dibuat tidak membosankan sebaiknya jumlah kata yang ada di artikel tersebut jangan terlalu banyak, jumlah maksimal kata di artikel sebaiknya tidak melebih 1000 kata dan yang paling ideal 500 kata.
Dalam artikel tersebut wajib untuk menjelaskan atau menerangkan secara terperinci topik artikel agar orang yang membaca artikel bisa mengetahui isi artikel dengan cepat tanpa harus membaca artikel dari awal sampai akhir. Kualitas artikel akan semakin bagus apabila diartikan tersebut ada meta description yang berisikan inti pembahasan artikel di Hotel SEO.
Kesimpulan
Meskipun untuk mengoptimasi Hotel SEO tidak mudah tetapi harus tetap untuk dilakukan karena kemajuan atau perkembangan hotel tergantung dari proses optimasi tersebut. Agar nantinya proses ini bisa dijalani lebih mudah, sebaiknya siapkan strategi yang matang dan jangan lupa untuk terus melakukan riset agar mengetahui apa saja yang perlu dilakukan supaya traffic website selalu mengalami peningkatan dan website selalu berada di peringkat teratas Google.
Kalau masih merasa kesulitan untuk membuat website yang dimiliki menjadi terkenal, jangan merasa takut karena saat ini ada Omnirank yang dapat membuat website hotel yang tadinya tidak terkenal jadi memiliki banyak sekali jumlah pengunjung.