Di artikel ini saya akan membahas tentang panduan Local SEO dan bagaimana cara meningkatkan ranking Google Maps dan Website Anda.
Panduan ini bisa diaplikasikan untuk bisnis jasa lokal, toko offline, franchise atau toko dengan banyak cabang di berbagai kota, termasuk situs adsense atau situs affiliate.
Dengan memakai strategi di panduan ini, Anda akan belajar bagaimana meningkatkan bisnis Anda agar lebih maksimal ranking di Google maupun Google Maps.
Apa itu Local SEO?
Local SEO adalah sebuah proses untuk optimasi website Anda sehingga bisnis dan website Anda dapat ditemukan untuk kata kunci pencarian lokal.
Oleh karena itu, kita akan melihat bagaimana local SEO dapat membantu kita ranking untuk kata kunci pencarian lokal dan ranking di posisi mana saja di search result.
Berikut adalah tampilan dari hasil pencarian di Google, seperti yang dapat kita lihat bahwa yang paling atas yaitu iklan dari Google.
Ranking di Google Local 3 Pack dan Organic
Dan berikut adalah tampilan setelah Google Ads, yang biasa dikenal dengan “Local 3 Pack/Snack Pack” dimana terdapat 3 listing dari Google Maps, dibawahnya yaitu Organic listing.
Local SEO bukan hanya mempengaruhi hasil pencarian diatas.
Ranking di Google Maps
Pengguna juga sering langsung membuka Google Maps dari desktop dan mobile, strategi yang dibahas nantinya berfungsi untuk ranking maksimal disini juga.
Ranking untuk Keyword Non-geo Searches
Local SEO juga mempengaruhi hasil pencarian yang tidak menggunakan lokasi di belakang kata kunci. Misalnya “toko bayi”, maka Google akan berusaha untuk menampilkan hasil pencarian di Google Maps sesuai dengan lokasi Anda.
Sehingga, local SEO mempengaruhi banyak tempat di search result.
Apa Saja Local SEO Ranking Factors?
Berikut adalah studi kasus terbaru dari Moz.
Seperti yang dapat kita perhatikan bahwa kelengkapan informasi dari Google Business Profile sebagai salah satu ranking factor – sehingga Anda perlu optimasi listing Google My Business Anda. Kita akan bahas lebih lanjut nantinya.
Selanjutnya, ranking factor yang penting lainnya yaitu terdapat Onpage Factor, Review Factor, Citation Factor, Link Factor, Behavioral Factor, Personalization Factor dan Negative Factor.
Dari hasil testing kami, ranking di Google Maps juga dipengaruhi dengan ranking oleh website kita di Organic result. Jadi jika website Anda tidak ranking minimal di Page 1, maka Google Maps Anda akan lebih kecil peluangnya untuk dapat ranking di Local 3 Pack terutama untuk kata kunci yang kompetisi tinggi.
1. Google Business Profile Factors
Business Title – terdapat kata kunci (keyword) di sebagian judul atau seluruh judul bisnis. Contoh: jika searcher mencari “bengkel Audi Jakarta”, dan nama bisnis Anda adalah Bengkel Audi Jakarta Sonia, maka Google akan lebih suka untuk ranking dibandingkan nama bisnis Sonia Otomotif.
Categories – bisnis dapat pilih hingga sepuluh kategori. Pastikan pilih kategori yang paling relevan.
Website URL – Authority dari website yang di link ke GBP kita akan mempengaruhi ranking di Google Maps. Misalnya, sebuah dealer mobil Tesla link homepage website mereka yang sudah terdapat banyak backlinks dan authority, maka listing mereka akan ranking lebih tinggi dibandingkan mereka yang link ke website dengan sedikit links.
2. Review Factors
Google-based Reviews – review dan bintang yang orang langsung masukkan di Google business profile ktia.
Third-Party Review Sites – review yang orang masukkan di website pihak ketiga misalnya Trustpilot, Yelp, dan sebagainya.
First-Party Reviews on Your Website – review dan testimonial yang langsung dimasukkan ke website yang memiliki fitur untuk meninggalan review secara langsung.
3. SEO Onpage Factors
NAP – NAP kepanjangan dari Name, Address, Phone Number. Dimana NAP dari local business perlu terlihat di dalam website Anda, baik di homepage, di footer atau di About page, dan harus “sama persis” sesuai dengan NAP di Google Business Profile.
Optimization – Konten dan internal linking dari website kita perlu membahas terkait keyword yang ingin di ranking di Google. Misalnya, seorang pencari sedang mencari “harga mobil listrik”, maka dealer mobil listrik lokal yang di dalam websitenya terdapat halaman tentang “harga mobil listrik” akan ranking lebih tinggi dibandingkan competitor yang tidak ada halaman tersebut.
Quality – website dari bisnis lokal harus publikasi konten yang berkualitas dan bermanfaat serta tidak ada kesalahan penulisan, akan ranking lebih tinggi dibandingkan website yang publikasi konten seadanaya tanpa manfaat yang berarti.
Technical and Security Factors – pastikan website Anda sudah mobile-friendly, aman dari malware, dan dapat diakses di device yang berbeda.
4. Citation Factors
Local Citation adalah business directory listing links, dimana di situs direktori tersebut terdapat informasi NAP (Name, Address, Phone Number) dari sebuah toko/bisnis.
Citation Links berfungsi untuk optimasi meningkatkan ranking di Google Maps dan Organic results sekaligus sebagai balancing link profile.
5. Link Factors
Domain Authority – Domain Authority (DA) / Domain Rating (DR) adalah sebuah score ranking yang di kembangkan oleh Moz / Ahrefs untuk memprediksi seberapa kuat sebuah website untuk bisa ranking di search engine result pages (SERP). Local bisnis dengan website yang memiliki high domain authority akan ranking lebih tinggi dibandingkan dengan website yang low authority.
Quality & quantity – Berapa banyak backlinks yang sebuah website bisnis miliki dan berapa internal links dari sebuah website yang mengarah ke halaman utama.
Relevance – Apakah konten yang link ke website kita relevan? misalnya sebuah travel blogger memberi link ke website kita yang jualan paket wisata akan lebih relevan dibandingkan blog crypto yang link ke website paket wisata.
Diversity – Apakah links yang masuk ke website Anda berasal dari berbagai variasi jenis website, atau semuanya datang hanya dari satu platform?
6. Behavioral Factors
Click-Through Rate (CTR) – Seberapa sering orang klik listing Google Maps Anda saat berada di search results akan menjadi signal bagi Google bahwa website Anda diminati oleh publik.
Dwell Time – Ketika orang klik listing atau website Anda, seberapa lama orang membaca listing atau website Anda (indikasi bahwa bisnis Anda menarik bagi user)
Clicks-to-Call – Berapa banyak orang yang klik tombol “Call” di listing Google Maps Anda?
Clicks-for-Directions – Berapa banyak orang yang klik tombol “directions” di listing Anda untuk mendapat lokasi?
Clicks-to-Site – Berapa banyak orang yang klik website Anda dari listing?
7. Personalization Factors
Searcher’s device location – Dimana lokasi seorang user saat mencari di Google, itu juga akan menentukan ranking dari listing Google Maps.
8. Negative Factors (Bad Practice)
Google Business Profile Factors – Pelanggaran di Google maps akan menyebabkan ranking turun atau listing dihapus. Contoh: keyword stuffing di Title bisnis ataupun buat titik bisnis meskipun tidak ada sebenarnya di lokasi.
Review Factors – Hindari membayar pihak ketiga untuk review Google maps karena akan menyebabkan pelanggaran.
On-Page Factors – Website yang terkena hack dan malware yang tanpa disadari, belum ada SSL, internal link yang tidak kuat, low quality content akan menyebabkan ranking stuck di Google Maps dan organic.
Citation Consistensy Factors – Pastikan seluruh citation yang Anda submit adalah akurat dan konsisten sesuai dengan NAP listing Anda. Bisnis yang tidak memiliki citation links akan lebih susah ranking dibandingkan listing bisnis yang sudah ada citation links.
Behavioral Factors – Pastikan sudah diisi lengkap Google Business Profile Anda, mulai dari upload foto, kategori, deskripsi, jam buka, social profiles, website.
Hal yang Perlu Disiapkan untuk Local SEO
Memiliki Google Business Profile adalah fondasi untuk dapat mulai ranking di Local SEO dimana data bisnis Anda ditampilkan di Maps.
Jika Anda masih belum ada Google My Business, silahkan daftar dengan klik disini.
Yang perlu diperhatikan saat mendaftarkan bisnis Anda di Google Maps adalah:
- Masukkan informasi NAP (Name, Address, Phone Number) secara akurat sesuai dengan ditampilkan di website Anda.
- Pilih kategori bisnis yang sesuai.
PRO TIPS: Lihat kategori yang dipilih oleh competitor Anda dengan cari di Google Maps, lalu masukkan 1-5 kategori yang relevan. - Upload foto bisnis Anda.
- Masukkan URL website Anda.
- Verifikasi Google My Business.
Untuk verifikasi Google My Business ada beberapa cara:
- Melalui surat pos: Google kirim email ke alamat kita berisi kode verifikasi
- Melalui telepon: Google kirim kode verifikasi dengan telepon ke nomor HP kita
- Melalui email: Google kirim kode verifikasi via email
- Melalui video: Record video toko fisik bisnis Anda beserta lokasi di sekitar agar Google team dapat verifikasi
Sebagian pilihan tidak selalu bisa seperti verifikasi melalui telepon dan email, surat pos, yang bisa pada umumnya saat ini yaitu melalui melalui video.
7 Cara Ranking di Google Maps dan Organic Results (PROTIPS)
1. Isi Selengkap Mungkin Google Business Profile
- Masukkan keyword (kata kunci) di sebagian judul atau seluruh judul bisnis.
- Pilih kategori yang paling relevan sebagai kategori utama. Anda bisa lihat competitor yang saat ini rank di nomor 1.
- Jika website Anda sudah teroptimasi dari sisi link building, hal ini akan mempercepat untuk ranking di Google Maps, terutama jika website Anda sudah ranking di page 1 Google untuk keyword target.
2. Kumpulkan Google Maps Review dan Third-Party Sites Review
- Kumpulkan rating dan review dari orang di Google business profile kita akan mempengaruhi ranking di Local SEO.
- Review dari orang yang masukkan di website pihak ketiga seperti Trustpilot juga akan mempengaruhi ranking Local SEO.
3. Optimasi SEO Onpage
- Pastikan informasi NAP (Name, Address, Phone Number) dari Google Business Profile terdapat di dalam website, baik di homepage, di footer atau di About page, dan harus “sama persis” sesuai dengan NAP di Google Business Profile.
- Konten dari website kita perlu membahas terkait keyword yang ingin di ranking di Google. Misalnya, agar website kita dapat ranking untuk keyword “harga mobil listrik”, maka kita perlu membuat artikel tentang “daftar harga mobil listrik” akan dapat ranking lebih tinggi dibandingkan competitor yang tidak ada halaman tersebut.
- Publish konten yang berkualitas, bermanfaat, serta tidak ada typo (kesalahan penulisan) akan ranking lebih tinggi dibandingkan website yang publish konten seadanya tanpa manfaat yang berarti.
Untuk panduan menulis konten yang berkualitas agar dapat ranking cepat di Google dapat download disini, gratis:
Omni Rank Onpage SEO Onpage
Pelajari blueprint SEO onpage saya untuk ranking berbagai niche website baru di Google.
4. Geser Ranking Competitor Anda dengan Local Citations
Pertama, apa itu local citations?
Local citations yaitu sama seperti Directory listing, dimana terdapat informasi NAP (Name, Address, Phone Number) atau Nama, Alamat dan Nomor HP.
Contohnya yaitu:
- Foursquare
- Yellowpages
- Hotfrog
Saya sendiri memakai citation links untuk website saya dan client saya sendiri karena:
- Menurut studi kasus dari Moz, Citation Links berperan peran sebagai Local SEO Ranking factors.
- Banyak orang yang langsung mencari bisnis melalui directory listing tersebut (misalnya Foursquare, yellowpages, dsb, bukan hanya di Google.)
- Situs directory ini karena sudah high authority jadi mudah ranking untuk kata kunci pencarian lokal.
- Anda akan mendapat backlink dengan submit di citation listing.
Saya tested dengan send citation links ke listing sendiri dan alhasil dari rank #7 ke rank #1. Terutama di Indonesia, citation belum banyak yang tahu jadi masih mudah ranking.
Konsistensi Citation
Konsistensi dalam submit citation listing ini sangat penting.
Terkadang kita tidak sadar telah ganti nomor HP atau alamat di Google My Business sehingga jadi berbeda. Oleh karena itu, perlu pastikan data-data citationnya sama.
Meskipun NAP ini sebagian tidak secara langsung link ke website Anda, namun ini sangat penting untuk mempengaruhi local SEO Anda.
Bagaimana Memulai Membangun Citation Listing
Anda bisa mencari directory listing yang dapat Anda submit data bisnis Anda.
Ketika membangun citation, pastikan Anda isi semua data profil dengan lengkap, mulai dari NAP, nama bisnis, deskripsi bisnis, jam buka, tahun berdiri, jumlah karyawan dan sebagainya.
Citation sangat memakan waktu jika Anda lakukan sendiri, oleh karena itu kami telah membuat service untuk membantu Anda yaitu OMNI Citation! Seluruh citation dibuat oleh team kami secara manual dan Anda akan mendapat detail loginnya juga.
5. Blueprint Link Building
Link Building sangat penting untuk membuat website Anda dapat ranking di Organic Result.
Mengapa?
Kita asumsi, misalnya ada 100 website yang semuanya menulis konten yang menarik dan berkualitas, 2000 kata keatas, dan sangat lengkap.
Bagaimana Google menentukan 10 website terbaik yang akan menempati Top 10 Google? Jika semua website sama-sama menulis konten yang berkualitas.
Oleh karena itu, Google butuh Signal tambahan untuk menentukan mana website yang pantas untuk ranking di Top 10, disinilah signal link building.
Saya ada sharing terkait blueprint link building yang sudah saya tested untuk ranking secara efektif di SEO 2024.
Untuk Anda yang lebih suka dalam bentuk checklist pdf, dapat langsung download disini juga, gratis.
Blueprint Onpage & Offpage SEO Checklist
Pelajari blueprint Onpage dan Offpage SEO Checklist yang saya pakai untuk optimasi dari website awal dibangun hingga ke page 1 Google. Only Actionable Tips.
6. Geo-tagging images
Geo-tagging images adalah foto yang terdapat lokasi GPS. Jika kita foto dari HP Smartphone yang diaktifkan GPS, umumnya setiap foto sudah terdapat dapat data GPS.
Namun jika foto yang dibuat umumnya dari Canva ataupun Photoshop belum ada data lokasi GPS, maka Anda perlu Suntik Latitude dan Longitude di foto bisnis Anda untuk meningkatkan relevansi.
Caranya yaitu buka Geotag Photos, upload foto logo dan bisnis Anda, lalu masukkan latitude dan longitude secara manual, klik Write EXIF Tags, download foto yang sudah terisi dengan geotag.
7. Optimasi Local Onpage
Optimasi halaman Anda penting agar ranking kata kunci Anda menjadi jauh lebih mudah.
Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar dapat ranking secara local.
- Hindari City Pages
- Optimasi Title Tag, Meta Description dan konten
- Buat 3-4 Local Pages di website Anda (Cari Ide artikel dengan ChatGPT)
Hindari City Pages
City pages yaitu kesalahan yang umum dilakukan dimana dengan memakai konten yang sama, dibuat beberapa URL artikel yang berbeda dengan hanya diganti nama kota di belakang.
Solusinya:
Solusinya yaitu cukup buat 1 konten utama di homepage, lalu sisipkan nama-nama kota yang ingin Anda target ranking minimal 1 kali di konten homepagenya. Ataupun setiap halaman kota ada informasi yang unik dan personalized.
Misalnya:
Selain melayani pengiriman bunga di Jakarta, kami juga melayani pengiriman bunga di Tangerang dan Bandung.
Optimasi Title Tag, Meta Description dan Konten
Selain panduan SEO onpage yang telah saya buat dan dapat Anda download di website ini, tambahan untuk local SEO yaitu pastikan nama kota Anda terdapat di Title tag, meta description dan konten sebagai kata kunci.
Buat 3-4 Local Pages di Website Anda (Cari Ide Artikel dengan ChatGPT)
Contoh bisnis: Florist di Jakarta
Prompt ChatGPT:
In Indonesian keywords, give me 25 topic article ideas that is relevant to this topic: Florist di Jakarta
Maka ide local pages yang dapat Anda buat di website Anda adalah:
- Panduan Memilih Florist Terbaik di Jakarta
- Rekomendasi Florist di Jakarta untuk Hari Spesial
- Florist di Jakarta dengan Pelayanan Pengiriman Tercepat
- Jenis-Jenis Bunga Favorit di Florist Jakarta
PRO TIPS: Di local pages ini, Embed Google Maps Anda di paling bawah artikel untuk meningkatkan relevansi local Google Maps Anda dan internal link ke homepage Anda.
Cara Mendapat Google Maps Review Lebih Banyak
Bayangkan ketika Anda ingin mencari restoran baru untuk makan malam di Google dan Anda menemukan listing berikut.
Manakah restoran yang lebih ingin Anda coba?
Apakah:
A. Restoran yang tidak ada informasi sama sekali
B. Restoran dengan review bintang 3 dengan ada customer yang review tidak puas dan tidak dibalas
C. Restoran dengan review bintang 4.5 dengan customer rata-rata puas?
Jika Anda seperti mayoritas orang pada umumnya, maka Anda akan memilih restoran dengan review bintang 4.5.
Kemudian bagaimana cara mendapat Google Maps Review?
- Beritahu pelanggan bagaimana untuk review di Google Maps
- Kumpulkan positif review melalui Whatsapp atau Email
- Buat 1 halaman khusus di website Anda untuk Google Review
Google Review memang memegang peran untuk ranking dan review yang kuat yaitu yang berasal dari HP yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut sesuai location GPS.
Studi Kasus Local SEO
Berikut adalah salah satu contoh client kami yang memakai Omni Full Managed SEO.
Kondisi website SEBELUM di optimasi:
Pros:
- Website sudah ada Google My Business
- Website sudah berumur > 2 tahun
Cons:
- Konten homepage masih dibawah 300 kata
- Belum terdapat internal linking di dalam website
- Belum optimasi Title Tag, Metai Description dan Konten dengan memasukkan kata Medan sebagai kata kunci
- Belum ada social signal
- Belum bangun citation links
- Belum bangun links, masih polos
- Google Maps di ranking #7 untuk kata kunci pencarian lokal
- Organic ranking masih N/A (belum ranking di dalam top 100 Google)
Apa yang kami lakukan:
- Konten homepage di update menjadi SEO friendly konten 1000+ kata.
- Keyword density optimization
- NLP writing optimization
- Set Internal linking
- Research keyword utama dan masukkan long tail keyword dan LSI keyword yang potensial untuk memaksimalkan traffic dan keyword yang ranking
- Optimasi Title Tag, Description dan Konten
- Kirim Social signals
- Bangun citation links
- Atur proporsi anchor text yang sesuai
- Bangun links ke website
Kondisi website SESUDAH di optimasi:
- Google Maps dari Ranking #7 ke Ranking #1
- Google Organic Listing dari Ranking N/A ke Ranking #1
Jika sudah ranking di Top Page 1 untuk Keyword Local, maka hasilnya akan seperti ini
Semoga bermanfaat. JIka ada pertanyaan silahkan langsung lempar pertanyaan di kolom komentar ya.