Di artikel ini saya akan membahas tentang Local SEO dan bagaimana cara meningkatkan ranking local bisnis Anda.

Bisa diaplikasikan untuk bisnis jasa lokal, toko offline, franchise atau toko dengan banyak cabang di berbagai kota, termasuk situs adsense atau situs affiliate.

Dengan memakai strategi di panduan ini, Anda akan belajar bagaimana meningkatkan bisnis Anda agar lebih maksimal ranking di Google maupun Google Maps.

Apa itu Local SEO?

Local SEO adalah sebuah proses untuk optimasi website Anda sehingga bisnis dan website Anda dapat ditemukan untuk kata kunci pencarian lokal.

Oleh karena itu, kita akan melihat bagaimana local SEO dapat membantu kita ranking untuk kata kunci pencarian lokal dan ranking di posisi mana saja di search result.

Berikut adalah tampilan dari hasil pencarian di Google, seperti yang dapat kita lihat bahwa yang paling atas yaitu iklan dari Google.

Ranking di Google

Dan berikut adalah tampilan setelah Google Ads, yang biasa dikenal dengan “Local 3 Pack/Snack Pack” dimana terdapat 3 listing dari Google Maps, dibawahnya yaitu Organic listing.

Local SEO bukan hanya mempengaruhi hasil pencarian diatas.

Ranking di Google Maps

Pengguna juga sering langsung membuka Google Maps dari desktop dan mobile, strategi yang dibahas nantinya berfungsi untuk ranking maksimal disini juga.

Non-geo Searches

Local SEO juga mempengaruhi hasil pencarian yang tidak menggunakan lokasi di belakang kata kunci. Misalnya “toko bayi”, maka Google akan berusaha untuk menampilkan hasil pencarian di Google Maps sesuai dengan lokasi Anda.

Sehingga, local SEO mempengaruhi banyak tempat di search result.

Apa Saja Local SEO Ranking Factors?

Ketika berbicara mengenai local SEO, maka akan terbagi menjadi 2 bagian:

  1. Yang mempengaruhi Local 3 Pack / Maps ranking
  2. Yang mempengaruhi organic search listing

Local SEO Pack / Maps Ranking Factors

Berikut adalah studi kasus dari Moz.

Seperti yang dapat kita perhatikan bahwa Google My Business signals memegang posisi ranking nomor 1 – sehingga Anda perlu optimasi listing Google My Business Anda. Kita akan bahas lebih lanjut nantinya.

Selanjutnya, ranking factor yang penting lainnya yaitu terdapat Link Signals / Backlinks, Onpage signals, Citation signal, Review signals, Behavioral Signals, Personalization dan Social Signals.

Dari hasil testing kami, ranking di Google Maps saat ini juga dipengaruhi dengan ranking oleh website kita di Organic result. Jadi jika website Anda tidak ranking minimal di Page 1, maka Google Maps Anda akan lebih kecil peluangnya untuk dapat ranking di Local 3 Pack terutama untuk kata kunci yang kompetisi tinggi.

Localized Website Ranking Factors / Organic Listing

Berikut juga kami kutip salah satu studi kasus dari Moz untuk website ranking factor.

Seperti yang dapat kita perhatikan memang Link Signals (Backlinks) memang masih memegang peranan sebagai ranking factor pertama untuk menampilkan kata kunci pencarian lokal.

Kemudian terdapat Onpage signals, Behavioral Signals, Personalization, Citation Signals, My Business Signals, Review Signals dan Social Signals.

Cara Ranking di Google Maps

Google My Business listing Anda adalah fondasi untuk dapat mulai ranking di Local SEO dimana data bisnis Anda ditampilkan di Maps.

Jika Anda masih belum ada Google My Business, silahkan daftar dengan klik disini.

Yang perlu diperhatikan saat mendaftarkan bisnis Anda di Google Maps adalah:

  • Masukkan informasi NAP (Name, Address, Phone Number) secara akurat sesuai dengan ditampilkan di website Anda.
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai
    PRO TIPS: Lihat kategori yang dipilih oleh competitor Anda dengan cari di Google Maps, lalu masukkan 1-5 kategori yang relevan.
  • Upload foto bisnis Anda
    PRO TIPS: Suntik Latitude dan Longitude di foto bisnis Anda untuk meningkatkan relevansi. Caranya yaitu buka Geotag Photos, upload foto logo dan bisnis Anda, lalu masukkan latitude dan longitude secara manual, klik Write EXIF Tags, download foto yang sudah terisi dengan geotag.

  • Masukkan URL website Anda
  • Verifikasi Google My Business.

Untuk verifikasi Google My Business ada beberapa cara:

  • Melalui surat pos: Google kirim email ke alamat kita berisi kode verifikasi
  • Melalui telepon: Google kirim kode verifikasi dengan telepon ke nomor HP kita
  • Melalui email: Google kirim kode verifikasi via email

Sebagian pilihan tidak selalu bisa seperti verifikasi melalui telepon dan email, yang bisa pada umumnya yaitu melalui surat pos.

Setelah Anda mengisi informasi pada Google My Business, maka Anda sudah bisa lanjut dengan Local Citations.

Geser Ranking Competitor Anda dengan Local Citations

Pertama, apa itu local citations?

Local citations yaitu sama seperti Directory listing, dimana terdapat informasi NAP (Name, Address, Phone Number) atau Nama, Alamat dan Nomor HP.

Contohnya yaitu:

  • Foursquare
  • Yellowpages
  • Yelp

Saya sendiri memakai citation untuk website saya dan client saya sendiri karena:

  • Menurut studi kasus dari Moz, Citation signal memegang 13% sebagai Local SEO Ranking factors.
  • Banyak orang yang langsung mencari bisnis melalui directory listing tersebut (misalnya Foursquare, yellowpages, dsb, bukan hanya di Google.)
  • Situs directory ini karena sudah high authority jadi mudah ranking untuk kata kunci pencarian lokal.
  • Anda akan mendapat backlink dengan submit di citation listing.

Saya tested dengan send citation signal ke listing sendiri dan alhasil dari rank #7 ke rank #1. Terutama di Indonesia, citation belum banyak yang tahu jadi masih mudah ranking.

Konsistensi Citation

Konsistensi dalam submit citation listing ini sangat penting.

Terkadang kita tidak sadar telah ganti nomor HP atau alamat di Google My Business sehingga jadi berbeda. Oleh karena itu, perlu pastikan data-data citationnya sama.

Meskipun NAP ini sebagian tidak secara langsung link ke website Anda, namun ini sangat penting untuk mempengaruhi local SEO Anda.

Bagaimana Memulai Membangun Citation Listing

Anda bisa mencari directory listing yang dapat Anda submit data bisnis Anda.

Ketika membangun citation, pastikan Anda isi semua data profil dengan lengkap, mulai dari NAP, nama bisnis, deskripsi bisnis, jam buka, tahun berdiri, jumlah karyawan dan sebagainya.

Citation sangat memakan waktu jika Anda lakukan sendiri, oleh karena itu kami telah membuat service untuk membantu Anda yaitu OMNI Citation! Seluruh citation dibuat oleh team kami secara manual dan Anda akan mendapat detail loginnya juga.

Optimasi Local Onpage

Optimasi halaman Anda penting agar ranking kata kunci Anda menjadi jauh lebih mudah.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar dapat ranking secara local.

  • Hindari City Pages
  • Optimasi Title Tag, Meta Description dan konten
  • Buat 2-4 Local Pages di website Anda

Hindari City Pages

City pages yaitu kesalahan yang umum dilakukan dimana dengan memakai konten yang sama, dibuat beberapa URL artikel yang berbeda dengan hanya diganti nama kota di belakang.

Solusinya:

Solusinya yaitu cukup buat 1 konten utama di homepage, lalu sisipkan nama-nama kota yang ingin Anda target ranking minimal 1 kali di konten homepagenya.

Misalnya:

Selain melayani pengiriman bunga di Jakarta, kami juga melayani pengiriman bunga di Tangerang, Bandung

Optimasi Title Tag, Meta Description dan konten

Selain panduan SEO onpage yang telah saya buat dan dapat Anda download di website ini, tambahan untuk local SEO yaitu pastikan nama kota Anda terdapat di Title tag, meta description dan konten sebagai kata kunci.

Buat 2-4 Local Pages di Website Anda

Contoh bisnis: Florist di Jakarta

Maka ide local pages yang dapat Anda buat di website Anda adalah:

  • Tempat Wisata di Jakarta
  • Kuliner di Jakarta yang Wajib Dicoba
  • Peluang Bisnis di Jakarta

PRO TIPS: Di local pages ini, Embed Google Maps Anda di paling bawah artikel untuk meningkatkan relevansi local Google Maps Anda.

Cara Mendapat Google Maps Review Lebih Banyak

Bayangkan ketika Anda ingin mencari restoran baru untuk makan malam di Google dan Anda menemukan listing berikut.

Manakah restoran yang lebih ingin Anda coba?

Apakah:
A. Restoran yang tidak ada informasi sama sekali
B. Restoran dengan review bintang 3 dengan ada customer yang review tidak puas dan tidak dibalas
C. Restoran dengan review bintang 4.5 dengan customer rata-rata puas?

Jika Anda seperti mayoritas orang pada umumnya, maka Anda akan memilih restoran dengan review bintang 4.5.

Kemudian bagaimana cara mendapat Google Maps Review?

  • Beritahu pelanggan bagaimana untuk review di Google Maps
  • Kumpulkan positif review melalui Whatsapp atau Email
  • Buat 1 halaman khusus di website Anda untuk Google Review

Google Review memang memegang peran untuk ranking dan review yang kuat yaitu yang berasal dari HP yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut sesuai location GPS.

Studi Kasus Local SEO

Berikut contoh salah satu client kami yang optimasi dengan jasa SEO Full cover (hubungi kami untuk request proposal)

Kondisi website SEBELUM di optimasi:

Pros:

  • Website sudah ada Google My Business
  • Website sudah berumur > 2 tahun

Cons:

  • Konten homepage masih dibawah 300 kata
  • Belum terdapat internal linking di dalam website
  • Belum optimasi Title Tag, Metai Description dan Konten dengan memasukkan kata Medan sebagai kata kunci
  • Belum ada social signal
  • Belum bangun citation links
  • Belum bangun links, masih polos
  • Google Maps di ranking #7 untuk kata kunci pencarian lokal
  • Organic ranking masih N/A (belum ranking di dalam top 100 Google)

Apa yang kami lakukan:

  • Konten homepage di update menjadi SEO friendly konten 1000+ kata
  • Keyword density optimization
  • Set Internal linking
  • Research keyword utama dan masukkan long tail keyword dan LSI keyword yang potensial untuk memaksimalkan traffic dan keyword yang ranking
  • Optimasi Title Tag, Description dan Konten
  • Kirim Social signal
  • Bangun citation links
  • Atur proporsi anchor text yang sesuai
  • Bangun links ke website

Kondisi website SESUDAH di optimasi:

  • Google Maps dari Ranking #7 ke Ranking #1
  • Google Organic Listing dari Ranking N/A ke Ranking #1

Semoga bermanfaat. JIka ada pertanyaan silahkan langsung lempar pertanyaan di kolom komentar ya.

Calvin Tedja

Article by Calvin Tedja

Calvin is the founder of Omni Rank, Conference SEO Speaker, and does result-based SEO.