Kebohongan Link Building yang Harus Diketahui!

oleh | 10 Feb 2024 | Basic, Offpage SEO

Link building adalah sebuah proses mengumpulkan link yang berasal dari website lain ke dalam website Anda. Nama lainnya adalah backlink, yang menjadi faktor untuk meningkatkan traffic organik sebuah website jika mempunyai backlink dalam jumlah banyak. Yuk pelajari informasi lebih lengkap tentang metode optimasi SEO yang satu ini.

Pengertian Link Building

Link building adalah satu prosedur untuk membuat pengaturan agar situs lainnya memberikan tautan ke website yang Anda miliki. Menjadi salah satu strategi untuk membangun backlink dengan tujuan untuk meningkatkan referral domain sebagai salah satu faktor yang bisa menaikkan ranking halaman website pada mesin penelusuran.

Secara umum, strategi untuk memberikan tautan ini terbagi menjadi dua langkah yaitu membuat konten yang berkualitas untuk menarik website lain dan menunjukkan pada pemilik situs web sehingga bisa menautkannya ke situs mereka.

Pentingnya Link Building

Proses mengumpulkan seo link building menjadi langkah penting untuk membangun authority di mata mesin pencari seperti Google dengan tujuan meningkatkan ranking laman website dan memperoleh jumlah traffic yang meningkat. Backlink mempunyai fungsi di mesin penelusuran, diantaranya adalah :

  • Untuk membantu proses penentuan peringkat sebuah halaman pada hasil penelusuran
  • Untuk membantu proses penemuan halaman web yang baru, yang kemudian bisa digunakan dalam hasil penelusuran mereka

Dimana setelah mesin penelusuran melakukan tahapan crawling, kemudian mereka bisa menilai konten halaman website tersebut kemudian menambahkannya ke dalam indeks yang dimiliki mesin penelusuran. Baru kemudian bisa diputuskan apakah laman tersebut mempunyai kualitas yang layak untuk diberi peringkat yang tinggi untuk kata kunci tertentu.

Melakukan strategi ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kepercayaan dari Google pada sebuah domain sehingga satu website yang dioptimasi bisa lebih baik atau meningkat peringkatnya.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan strategi backlink diantaranya:

  • Bisa membantu meningkatkan branding website atau perusahaan dengan cara mengarahkan promosi pada website
  • Berguna untuk membuka jalinan atau jaringan hubungan baru sehingga bisnis yang tengah dikelola bisa semakin berkembang
  • Dengan memiliki backlink yang bagus, maka bisa meningkatkan peluang laman website Anda bisa terus mendapatkan pengunjung dalam jangka waktu yang lebih lama
  • Penempatan backlink pada sebuah situs yang sudah popular bisa membantu untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, merepresentasikan perusahaan sekaligus meningkatkan SEO website bisnis

Jenis Link Building

Untuk jenis link atau tipe link building ada beberapa jenis yang perlu diketahui dan dipahami dengan benar. Memahaminya dengan benar akan sangat membantu untuk menjadikan strategi optimasi off-page SEO bisa berhasil maksimal. Berikut penjelasan singkat tentang jenis link dalam SEO secara garis besar :

1. Natural

Merupakan jenis link yang terbaik dan paling bagus karena proses mendapatkannya adalah secara organik atau alami. Link yang diperoleh secara organik bisa didapatkan jika orang lain secara sukarela meletakkan link Anda di website yang mereka miliki. Hal tersebut bisa terjadi, jika konten dalam website Anda dinilai mempunyai kualitas yang bagus dan bisa dijadikan sumber informasi dengan kredibilitas tinggi.

2. Internal Link Building

Sebuah strategi untuk membangun backlink dari satu halaman website menuju ke halaman lainnya namun masih dalam satu website yang sama. Misalnya ketika pemilik website ingin menunjukkan pada pengunjung ke halaman yang membahas hal yang berhubungan atau relevan dengan konten di halaman tersebut.

3. Eksternal Link Building

Merupakan jenis link building yang mewajibkan pemilik website untuk menggunakan website target yang dituju sebagai tempat untuk meletakkan link. Singkatnya, Anda mencari backlink dari website luar atau lainnya untuk menuju ke website yang dikelola.

4. Outreach

Adalah jenis link yang bisa diperoleh dengan cara menghubungi pemilik website dan mengajukan permintaan pada mereka untuk memasang link website Anda. Langkah ini menjadi salah satu upaya penting yang bisa dilakukan untuk optimasi website, khususnya untuk situs website yang masih baru.

9 Kebohongan Link Building yang Harus Kamu Ketahui

Mesin penelusuran akan memanfaatkan link untuk bisa menemukan laman situs yang baru, yang selanjutnya akan membantu menentukan seberapa baik laman tersebut untuk memperoleh ranking di hasil pencarian mereka. Hal ini tentunya menunjukkan seberapa pentingnya link building dalam mengelola sebuah situs website.

Namun, pembuatan link harus dilakukan dengan benar dengan memanfaatkan link building tools, jika tidak maka ada banyak kerugian atau dampak negatif yang bisa dialami khususnya bagi performa SEO website Anda.

Berikut ini adalah beberapa kebohongan dalam penggunaan link, diantaranya dengan menggunakan metode yang diragukan kualitasnya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini :

1. Buat Konten yang Bagus, Maka Backlink Akan Datang Dengan Sendirinya

Ada banyak dari kalangan digital marketer atau pakar SEO yang menyatakan bahwa jika Anda bisa membuat sebuah konten yang bagus di website maka bisa meningkatkan peluang situs dikunjungi lebih banyak orang.

Namun perlu diketahui, hal tersebut hanya berlaku untuk brand atau website yang memang sudah popular dan banyak dikenal masyarakat. Backlink untuk brand atau website yang sudah popular akan memiliki kegunaan untuk menjadi jalan atau akses bagi masyarakat selaku konsumen untuk menemukannya dengan mudah.

2. Kamu Tidak Perlu Backlink Untuk Berada di Halaman 1 Google

Google sebagai mesin penelusuran memiliki sebuah alat yaitu algoritma yang berguna agar hasil pencarian relevan dan berkualitas sesuai dengan keyword yang dimasukkan oleh pengunjung.

Algoritma Google selalu berubah dan salah satunya adalah menggunakan backlink untuk menilai sebuah website memiliki konten yang bagus dan relevan atau tidak. Backlink bisa menjadi salah satu faktor penilaian dari sebuah website, dengan adanya backlink dinilai memiliki reputasi yang bagus karena website lain sudah memberikan rekomendasinya.

3. Hanya Backlink dari Website yang Punya DA Lebih Tinggi yang Bermanfaat

Ada banyak yang salah paham dengan konsep ini, bahwa Domain Authority sebuah situs memiliki metrik yang tinggi pastinya akan lebih bermanfaat bahkan meski tingkat relevansinya rendah. Padahal relevansi sangat penting untuk diperhatikan dalam link building strategy, pilih situs yang relevan dengan situs Anda meski memiliki Domain Authority yang rendah.

Hal ini disebabkan karena dua hal yaitu link yang bisa mengirimkan sinyal yang terpercaya lebih berharga daripada link dengan metrik tinggi dan karena algoritma Google lebih melihat keberagaman profil dari backlink website Anda.

4. Beri Backlink Hanya Untuk Halaman Produk

Satu kebohongan backlink yang juga banyak menyesatkan para pegiat web, karena untuk membangun link dengan tujuan menuju asset yang lebih penting bisa meningkatkan kesempatan untuk mengenalkan website lebih luas.

Banyak yang berpikir, bahwa backlink hanya perlu diletakkan di halaman produk atau di halaman pembayaran (money pages) saja dengan alasan memudahkan pengunjung jika ingin bertransaksi. Jika Anda melakukannya, maka akan memberikan kesan spammy dan terlihat agresif padahal laman money pages mayoritas memuat materi atau informasi yang tak begitu penting.

Seorang webmaster umumnya akan jauh lebih berminat untuk membangun link yang bisa menautkannya menuju ke laman yang berisi informasi terbaru atau yang dibutuhkannya.

5. Lebih Banyak Mengirim Email Promosi, Lebih Banyak Mendapat Backlink

Konsep mengirim email promosi lebih banyak bisa meningkatkan peluang memperoleh link building, merupakan hal yang sia-sia jika Anda lakukan. Jika hal tersebut dilakukan maka tak akan memberikan pengaruh apapun pada kualitas website Anda. Kesempatan untuk memperoleh link yang lebih baik bisa didapatkan jika dikirimkan dengan lebih personal sehingga lebih efektif dan efisien.

6. Hanya Google yang Tahu Seberapa Bernilainya Sebuah Backlink

Sebagaimana yang kita ketahui, Google mempunyai algoritmanya yang selalu berubah dan akan memberikan penilaian pada masing-masing backlink yang datang ke website sesuai algoritma yang mereka gunakan.

Maka, sangat penting untuk pengelola website untuk membuat dan mendapatkan backlink yang alami atau se-organik mungkin agar lebih bermanfaat untuk pengunjung website. Pengunjung hanya akan melihat keberadaan link dan bisa mereka klik tanpa mengetahui apakah link tersebut bersifat nofollow atau dofollow.

7. Hanya Menggunakan Keyword Sebagai Anchor Text Backlink

Jika Anda hanya menggunakan beberapa varian keyword sebagai anchor text backlink maka bisa beresiko untuk terkena penalty dari Google. Mesin penelusuran Google menggunakan sistem algoritma yang selalu berubah dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pencariannya menjadi lebih baik lagi.

Jika yang digunakan hanya beberapa varian kata kunci saja, bagi Google bisa dianggap sebagai backlink yang tak alami dan memberikan kesan hanya mengejar SEO semata tanpa memperhatikan sisi relevansinya dengan situs Anda.

8. Link Building Membutuhkan Skill Teknikal

Banyak yang ragu untuk melakukan strategi link building sendiri sehingga memutuskan untuk menggunakan layanan jasa yang kompeten di bidang tersebut. Padahal untuk menjadi seorang link builder tak dibutuhkan keahlian teknikal seperti kemampuan bahasa pemrograman, coding atau web development sekalipun. Anda cukup mempunyai keahlian untuk menyalin URL website yang menjadi target backlink kemudian meletakkannya di kata yang ingin dijadikan sebuah backlink pada halaman website.

Namun jika Anda memiliki kemampuan untuk coding atau web development bisa mendukung proses pembuatan link dengan maksimal. Secara mendasar untuk membuat link dibutuhkan keahlian untuk membuat konten yang bernilai, kemampuan untuk mempersuasi dan memahami trend masa kini untuk membantu proses pembuatan link building yang tepat.

9. Semua Backlink DoFollow Memberikan Nilai yang Sama?

Backlink dofollow adalah sebuah link yang digunakan ketika Anda mengizinkan mesin penelusuran untuk mengikuti link tersebut dan akan terbentuk secara otomatis saat menyelipkan sebuah link.

Mesin penelusuran seperti Google bisa mengetahui mana link yang diperoleh dengan upaya maksimal dan mana link yang dengan mudah diperoleh laman website. Selain itu, faktor penempatan link dan sisi relevansi menjadi hal penting yang juga diperhatikan oleh Google untuk menilai sebuah backlink dari laman website.

Kesimpulan

Link building merupakan satu strategi optimasi SEO Off-Page yang hanya bisa berhasil maksimal jika dilakukan dalam jangka waktu lama. Dengan adanya update dan perubahan sistem algoritma yang digunakan oleh Google, serta penjelasan yang diberikan pun sangat singkat menjadikan ada banyak mitos atau kebohongan backlink yang beredar di luar sana.

Maka dari itu, mewaspadai beberapa kebohongan yang disebutkan di atas diharapkan bisa membantu Anda untuk membuat backlink yang baik dan benar.

Anda bisa melakukan strategi optimasi SEO Off-Page dengan menggunakan Omnirank sehingga bisa memperoleh ranking terbaik di Google. Dapatkan berbagai Service Omnirank terbaik dengan melakukan Daftar Gratis sekarang juga.

About The Author

BLACK FRIDAY SPECIAL up to 50% OFF + Extra 20% OFF with code BF2024

X