Omnirank.id – Halo sahabat Omni! Ketika berselancar di internet setiap orang tentu pernah menemukan halaman error 404 atau server not found. Jika menemukan tulisan itu, apa yang akan Anda lakukan? Beberapa dari Anda mungkin akan merefresh beberapa kali atau ada juga yang akhirnya menutup browser lalu membukanya kembali.

Namun apakah cara itu berhasil mengatasi masalah tersebut? Untuk mengetahui lebih jelas mengenai masalah internet yang satu ini Anda bisa menyimak penjelasan pada artikel ini.

Apa Arti Error 404 Not Found?

Tak jarang ketika mendapati halaman website yang tak bisa diakses akan membuat kesal hingga memunculkan pertanyaan mengapa hal ini bisa terjadi? Anda juga mungkin mempertanyakan apakah jaringan internet yang Anda gunakan sedang bermasalah?

Sebelum mengetahui beberapa alasan mengapa Anda mendapati masalah internet yang satu ini. Yuk simak pengertiannya berikut ini.

– Error 404 adalah istilah yang kerap kali dipakai untuk menggambarkan sebuah pesan kesalahan yang diberikan server web ketika halaman yang Anda tuju tidak bisa ditemukan.

Jadi istilah yang satu ini juga termasuk format umum yang biasa dipakai sebagai komunikasi antara server web dengan browser pengguna. Pesan tersebut akan memberi tahu pengguna bahwasanya server tersebut sudah ditemukan namun tidak terdapat konten yang tersedia di URL yang Anda minta.

– Adapun pengertian lain dari error 404 artinya kode status HTTP yang didesain khusus untuk menunjukkan bahwa halaman tersebut tidak ditemukan. Kode status HTTP merupakan cara standar yang digunakan untuk berkomunikasi antara server dengan pengguna. Jadi saat browser menerima kode status yaitu 404 maka menunjukkan bahwa halaman tersebut tidak ditemukan pada server.

Adapun tampilan pesan error yang biasanya muncul juga berbeda-beda. Contohnya Anda bisa menemukan pesan 404 error atau 404 not found, HTTP 404 dan masih banyak lagi. Perlu diketahui juga bahwa pesan error tersebut dapat terbaca dari jenis browser apapun saat halaman web yang dibuka tidak bisa diakses.

– Pengertian lainnya juga menunjukkan bahwa istilah yang satu ini sering digunakan sebagai penggunaan singkat secara informal atau pada percakapan sehari-hari yang merujuk pada adanya kesalahan pada website tersebut. Walaupun tidak sepenuhnya standar namun istilah ini bisa dikenali serta dimengerti sebagai kesalahan ketika sedang mengakses halaman web tersebut.

Kenapa Bisa Terjadi Error 404?

Setelah mengetahui pengertiannya Anda juga perlu mengetahui mengapa error ini bisa terjadi. Error ini umumnya bisa terjadi ketika seseorang sedang mengakses URL yang tidak terdapat pada situs Anda.

Hal ini bisa dimungkinkan karena seseorang salah mengetikkan URL pada browser yang dipakai ataupun salah saat mengetikkan tautan URL yang dimaksud. Selain itu ada juga alasan lain yang mungkin terjadi dan tidak terduga seperti disebabkan oleh Googlebot yang sedang mengikuti tautan dari JavaScript ataupun file Flash dan lainnya.

6 Cara Mengatasi Error 404 Not Found di WordPress

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi adanya error pada WordPress maupun website.

1. Periksa Penulisan URL

Cara pertama pastikan bahwa alamat URL yang Anda input sudah benar. Hal tersebut karena kesalahan satu huruf saja dapat membawa Anda pada halaman 404 not found. Dalam hal ini juga termasuk pada kesalahan penulisan domain ya.

Untuk mencegah adanya kesalahan memasukkan URL Anda dapat membuka halaman pada mesin pencari contohnya Google, Bing maupun Yahoo terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa memasukkan nama situs yang ingin dikunjungi.

Setiap situs yang telah terdata pada internet pasti akan terdaftar di mesin pencari apapun. Jadi Anda tinggal mengklik tautan URL yang telah tersedia di sana.

2. Reload atau Refresh Halaman

Cara selanjutnya dan mungkin menjadi cara yang sering Anda lakukan adalah merefresh halaman website yang dikunjungi. Ternyata cara ini memang bisa dilakukan untuk mengatasi halaman 404 not found.

Namun cara ini memang tidak selalu dapat secara ampuh mengatasi masalah tersebut. Apabila cara ini tidak berhasil maka Anda dapat menutup browser yang digunakan kemudian membukanya kembali dan mencoba untuk mengakses URL sebelumnya. Jika memang masih belum bisa diakses maka Anda bisa mengikuti cara selanjutnya berikut ini.

3. Bersihkan Cache dan History Browser

Apakah Anda tahu bahwa setiap hal yang Anda cari pada mesin pencari maupun browser akan selalu disimpan dalam bentuk cache? Jadi browser yang Anda gunakan itu akan selalu menyimpan semua rekam jejak Anda pada internet. Cache sendiri merupakan ruang penyimpanan sementara yang memudahkan para pengguna saat mereka ingin mengunjungi situs yang sama pada kunjungan selanjutnya.

Seperti yang diketahui ketika Anda mengakses sebuah website untuk pertama kalinya akan memakan waktu loading cukup lama sebab server suatu website perlu mengumpulkan data IP Addres yang Anda ingin kunjungi pada website tersebut. Setelah semua data perangkat sudah dikumpulkan pada kunjungan website pertama maka akan tersimpan dalam bentuk cache.

Lalu pada kunjungan selanjutnya server website dapat membaca informasi yang telah tersimpan pada cache. Dengan demikian waktu loading ketika mengunjungi website di kunjungan selanjutnya akan lebih cepat. Saat Anda menemukan 404 not found pada website yang akan dikunjungi bisa jadi masalah tersebut berasal dari cache browser Anda.

Bisa jadi cache browser sudah terlalu penuh, maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan penghapusan atau clear cache di bagian pengaturan browser.

4. Reset Permalink WordPress

Reset Permalink WordPress

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki error 404 WordPress yaitu dengan mengatur ulang pengaturan permalinks. Caranya Anda bisa login terlebih dahulu pada halaman dashboard WordPress. Selanjutnya masuk pada menu pengaturan atau setting dan klik permalinks.

Pada sub menu ini Anda bisa mengatur permalink WordPress. Selanjutnya ubah pilihan pada common setting yang awalnya menggunakan pengaturan standar diubah ke pilihan lainnya. Contohnya apabila sebelumnya Anda memakai numeric maka Anda bisa mengubah ke pengaturan permalink WordPress yang lain misalnya post name.

Selanjutnya Anda bisa klik save changes. Setelah disimpan perubahannya Anda bisa mengubah kembali common setting menjadi pengaturan standar seperti sebelumnya. Jadi tadi awalnya common setting yang digunakan adalah numeric maka Anda bisa mengembalikan lagi common setting yang digunakan menjadi numeric.

Jangan lupa untuk menyimpan perubahannya ya. Lalu Anda akan mendapat pesan pemberitahuan mengenai struktur permalink yang berhasil diubah. Selanjutnya buka kembali URL situs web yang tidak bisa diakses sebelumnya.

Jika URL tersebut berhasil diakses maka artinya Anda telah berhasil memperbaiki permalink WordPress tersebut. Namun jika masih error maka Anda dapat mencoba cara selanjutnya dalam mengatur permalink WordPress.

5. Restore File .htaccess WordPress

Situs yang tidak bisa diakses atau munculnya 404 not found tersebut bisa disebabkan juga akibat kerusakan permalink WordPress. Maka dari itu cara selanjutnya bisa dilakukan dengan restore file .htaccess sebab kemungkinan error tersebut dikarenakan adanya kesalahan pada pengaturan WordPress di file .htaccess.

Perlu diketahui bahwa kontrol akses, redirect URL ataupun keamanan serta performa website dikelola oleh file konfigurasi tingkat direktori disebut dengan .htaccess yaitu hypertext access. Hypertext access itu sendiri menjadi komponen penting pada website yang biasanya terletak pada folder public_html dengan data penting lainnya.

Tetapi perlu diketahui bahwa data tersebut dapat mengalami corrupt sewaktu-waktu dikarenakan oleh beberapa alasan contohnya plugin yang tidak kompatibel atau konfigurasi yang salah. File .htaccess yang rusak tersebut dapat mengganggu tampilan website serta menjadi penyebab adanya error.

Jadi untuk mengatasi error 404 not found ini dapat dilakukan dengan merestore .htaccess yaitu mengganti file lama dengan yang baru. Caranya masuk pada folder utama WordPress lalu akses menggunakan FTP client.

  1. Cari file .htaccess dan klik kanan pada file tersebut lalu pilih rename. Untuk menonaktifkan file .htaccess bisa dilakukan dengan mengganti nama file dengan nama berbeda.
  2. Buat file baru menggunakan nama .htaccess pada direktori /public_html yang bertujuan untuk mengganti file lama .htaccess yang Anda punya.
  3. Klik kanan file .htaccess baru dan pilih edit.
  4. Lalu copy script default file .htaccess ke file .htaccess yang baru.
  5. Klik save changes di file .htaccess lalu cek permalink URL situs yang sebelumnya mengalami error maupun tidak bisa diakses.

Berikut adalah script default file .htaccess WordPress yang dapat Anda gunakan:

# BEGIN WordPress <IfModule mod_rewrite.c> RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ – [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] </IfModule>

6. Nonaktifkan Tema dan Plugin

Kerusakan permalink selanjutnya juga dapat disebabkan karena adanya kendala antar plugin. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menonaktifkan tema maupun plugin yang terpasang pada WordPress satu persatu. Pertama Anda bisa masuk pada halaman admin WordPress seperti biasanya.

Selanjutnya klik menu plugins dan pilih installed plugins untuk mengetahui plugin apa saja yang terpasang pada WordPress milik Anda. Kemudian nonaktifkan atau deactivate salah satu plugin WordPress yang terinstall. Lalu reset permalink seperti pada cara nomor 4.

Langkah selanjutnya akses halaman sebelumnya yang menunjukkan pesan error saat diakses. Lalu ulangi langkah menonaktfikan plugin yang terpasang pada WordPress apabila pesan error masih Anda dapatkan maka Anda bisa menonaktifkan plugin hampir semua yang dipasang mulai dari plugin yang baru saja diinstall atau diperbarui. Jika Anda telah menemukan plugin mana yang merupakan penyebab kerusakan permalink tersebut maka cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah menguninstall plugin tersebut.

Namun jika Anda tetap ingin menggunakan plugin yang bermasalah ini maka Anda bisa menghubungi developer plugin dan melaporkan masalah yang Anda alami. Selain itu Anda juga bisa bertanya pada forum komunitas untuk mengetahui kendala plugin tersebut yang mengakibatkan rusaknya permalink WordPress.

Penyebab Error 404 Not Found

Setelah mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah error 404 penting bagi Anda mengetahui penyebabnya juga. Hal tersebut karena dengan begitu Anda bisa mengetahui cara apa yang tepat dipilih untuk mengatasi hal tersebut.

Seperti yang diketahui penyebab adanya 404 not found ini beraneka ragam dan bisa terjadi pada seluruh platform baik itu melalui Mozilla Firefox maupun Google Chrome. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya 404 not found yang perlu diketahui.

1. Salah memasukkan URL

Pada sebuah situs nama URL tentu sangat penting keberadaannya sebab berguna untuk mempermudah pengguna untuk mencari pada mesin pencarian. Kesalahan dalam memasukkan nama URL mungkin memang terlihat sepele. Nyatanya hal ini merupakan hal paling fatal yang sering dilakukan sehingga menyebabkan website yang Anda cari tidak keluar maupun tidak muncul hingga tertampil 404 not found.

Salah satu contoh kesalahan yang sering dilakukan para pengguna yaitu menginput huruf tertentu lebih dari satu. Penyebab lainnya juga mungkin saja Anda salah memasukkan huruf yang tidak tepat. Sangat simpel sekali ya?

Namun jika Anda terus melakukannya berulang kali dan tidak melakukan koreksi saat menginput URL tersebut, sampai kapanpun website yang ingin Anda tuju tidak akan muncul karena Anda telah salah menginput URL yang dituju.

2. Caching error

Penyebab selanjutnya disebabkan karena masalah caching. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa cache merupakan proses penyimpanan data sementara yang ada pada HTML. Tujuan dari proses penyimpanan yang dilakukan ini yaitu untuk mengurangi penggunaan bandwidth ataupun loading server.

Jadi dapat dikatakan bahwa cache merupakan suatu teknologi yang berguna untuk mengakses sebuah halaman website menjadi lebih cepat. Namun ada kalanya browser yang digunakan ini sedang melakukan caching di website yang sedang diakses.

Namun ternyata website tersebut menunjukkan adanya pemberitahuan tidak ditemukan. Imbasnya akan muncul tampilan 404 not found meskipun website tersebut masih dapat dibuka melalui browser yang lain.

3. Pengaturan DNS bermasalah

Penyebab lainnya mengapa muncul 404 not found pada website yang Anda tuju yaitu adanya masalah di pengaturan domain. Salah satu kesalahan yang umum terjadi yaitu domain tersebut belum dipropagasi pada DNS. Jadi tampilan error tersebut kerap kali muncul ketika Anda mencoba mengakses website tersebut.

Adapun yang dimaksud propagasi domain yaitu proses pengalihan dari domain lama menuju ke domain baru. Pada propagasi domain ini umumnya memerlukan waktu yang cukup lama. Umumnya membutuhkan waktu beberapa jam sampai beberapa hari, hal tersebut tergantung dari ISP yang dipakai.

Saat Anda membuka website dan yang muncul adalah 404 not found maka dapat dimungkinkan website tersebut berada dalam masa propagasi. Selain itu bisa juga karena website masih belum dipropagasi dengan demikian memerlukan waktu yang cukup untuk melakukan penyesuaian.

4. Plugin atau tema bermasalah

Jika terjadi 404 not found pada website yang Anda sedang akses contohnya seperti WordPress maka bisa disebabkan karena adanya permasalahan compatibility. Pada kasus tersebut permasalahan plugin maupun tema juga bisa berpengaruh pada WordPress saat membuat URL serta permalink website. Dengan demikian mengakibatkan munculnya 404 not found pada website tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan tentang masalah 404 not found yang seringkali Anda hadapi. Saat Anda mengakses sebuah website lalu muncul error 404 pada tampilan halaman web tersebut kini Anda tidak sekedar merefresh halaman tersebut saja namun kini Anda telah mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan cara ampuh lainnya. Selain itu Anda juga telah mengetahui apa saja penyebab yang mengakibatkan munculnya 404 not found pada website yang Anda tuju.

Anda juga bisa mengoptimalkan website yang Anda miliki dengan menggunakan jasa Omnirank. Kami dapat membantu Anda terkait strategi SEO yang efektif untuk mengoptimalkan website Anda supaya trafiknya meningkat maksimal di search engine.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.