CRO adalah sebuah cara yang bisa Anda lakukan selaku pemilik website untuk meningkatkan pengalaman pengunjung website agar lebih betah berlama-lama di website Anda.
Lebih lanjut CRO adalah singkatan dari Conversion Rate Optimization yang bertujuan untuk membuat pengunjung lebih nyaman dan mereka melakukan aktivitas yang Anda inginkan.
Pembuatan website memiliki tujuan masing-masing. Misalnya, Anda pemilik bisnis maka tujuan membangun website yaitu untuk meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, Anda harus memahami CRO agar bisa mencapai tujuan bisnis Anda.
Pernahkah Anda merasakan website Anda banyak pengunjung tapi tingkat penjualan sepi? Ada banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi, salah satunya karena CRO.
Sebelum membahas lebih jauh soal strategi CRO, Anda harus mengenal lebih dalam bagaimana CRO bekerja dan hal apa saja yang perlu ditingkatkan agar pengunjung website Anda betah berlama-lama di website Anda dan mereka mau membeli produk Anda.
Belajar membuat website yang menarik memang butuh banyak pengetahuan. Jadi, simak pembahasan berikut ini.
Mengenal Apa Itu Conversion Rate Optimization (CRO)
Di dunia bisnis online, CRO merupakan sebuah strategi yang mampu meningkatkan penjualan. Jika Anda salah satu pemilik bisnis, pasti Anda membuat website dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.
Selain meningkatkan penjualan, penggunaan website juga memiliki berbagai tujuan tertentu. salah satu kriteria website yang bagus yaitu ada banyak pengunjung yang bisa menjadi prospek penjualan.
Namun lebih bagus lagi, jika traffic yang masuk bisa melakukan aktivitas atau tujuan yang Anda inginkan. Hal inilah yang membutuhkan sebuah strategi CRO.
CRO adalah sebuah upaya yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung agar melakukan konversi. Konversi itu sendiri merupakan sebuah tindakan yang dilakukan pengunjung sesuai dengan apa yang pemilik website harapkan.
Sederhananya, pengunjung akan melakukan tindakan yang memang menjadi tujuan awal Anda membangun sebuah website. Semua pemilik website pasti memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang bertujuan untuk membeli produk, berlangganan produk, memasukkan data diri pengunjung dan tujuan lainnya.
Agar meningkatkan pengunjung website, Anda perlu meningkatkan banyak aspek di website Anda. Mulai dari User Experience (UX), desain dan aspek lain yang berpotensi membuat pengunjung betah berlama-lama di website Anda.
CRO menunjukkan kualitas website Anda dan menunjukkan kuantitas pengunjung website Anda. Jadi strategis ini sangat dibutuhkan di era digital marketing seperti saat ini.
Fungsi dari CRO
Tugas CRO adalah meningkatkan jumlah pengunjung agar melakukan konversi sesuai tujuan yang Anda harapkan. Oleh sebab itu CRO akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda.
Mulai dari tingginya traffic website, pengunjung yang melakukan konversi dan goalsnya bisa meningkatkan profit bisnis Anda. Berikut ini beberapa fungsi CRO yang bisa Anda dapatkan:
1. Membuat User Betah
Salah satu cara meningkatkan konversi yaitu dengan membuat user betah. Bagaimana caranya? Ada banyak aspek yang perlu ditingkatkan agar pengunjung betah.
Anda perlu meningkatkan tampilan website, desain, kecepatan website, konten, UX dan lainnya. Semakin menarik website Anda maka semakin besar peluang user betah berlama-lama di website Anda.
Website yang berkualitas akan meningkatkan pengunjung. Oleh sebab itu sangat penting membuat user nyaman berada di website Anda, setidaknya mereka melakukan sesuatu yang menjadi tujuan Anda membangun bisnis.
2. Memberikan Saran
CRO adalah strategi yang membantu Anda meningkatkan tampilan website Anda agar pengunjung melakukan konversi. Oleh sebab itu tools ini akan memberikan saran bagaimana tampilan website yang disukai pengunjung.
Selain tampilan, CRO akan memberikan saran tentang konten yang disukai hingga produk apa yang menjadi favorit. Nantinya saran ini bisa dipertimbangkan untuk memperbarui tampilan website Anda.
3. Mengarahkan untuk Beli
Tujuan CRO yaitu meningkatkan konversi salah satunya membuat pengunjung mau membeli produk yang Anda jual. Semakin nyaman mereka berlama-lama di website Anda, maka semakin tinggi pula peluang mereka melakukan konversi untuk membeli.
CRO yang sukses akan meningkatkan profit bisnis Anda, karena pengunjung berhasil melakukan konversi dalam jumlah yang sangat besar.
4. Meningkatkan Penjualan
Tujuan menggunakan CRO adalah agar meningkatkan penjualan. Semakin tinggi tingkat konversi maka semakin banyak pula nilai penjualan. Oleh sebab itu sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung website Anda.
Selain dari konten yang berkualitas, tampilan website yang ramah dan nyaman akan membuat pengunjung melakukan konversi. Tidak hanya membaca artikel, mereka berpotensi menjadi sales leads yang masuk ke nomor WhatsApp yang Anda gunakan di website Anda.
Saat mereka menjadi sales leads, maka mereka merupakan prospek konsumen yang hampir melakukan pembelian. Sisanya, tim marketing yang akan membantu mereka untuk segera melakukan closing.
Manfaat Conversion Rate Optimization
Setelah mengetahui apa saja fungsinya, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan CRO pada halaman website bisnis Anda:
1. Menghasilkan Konsumen Tetap
Salah satu fungsi CRO yaitu meningkatkan sales leads yang berasal dari pengunjung yang melakukan konversi. Meskipun sales leads tidak selalu berakhir closing atau membeli produk, namun mereka merupakan pengunjung berkualitas yang akan terus menjadi prospek penjualan.
Meski saat ini mereka belum mau melakukan pembelian, namun saat mereka berkunjung lagi ke website Anda dan mendapatkan hal berkualitas, maka mereka semakin percaya terhadap website Anda dan menimbulkan ketertarikan untuk membeli produk yang Anda jual.
Pada akhirnya, mereka yang membeli produk Anda dan merasa puas akan menjadi konsumen tetap. Mereka akan kembali membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan karena mereka merasa puas dan percaya dengan produk yang Anda jual.
2. Membantu Meningkatkan Posisi di Search Engine
Manfaat lain dari CRO adalah bisa membuat website Anda berada di posisi teratas mesin pencarian. Hal ini berkaitan dengan optimasi SEO yang mempengaruhi kenaikan traffic atau pengunjung website Anda.
Salah satu cara meningkatkan pengunjung website yaitu dengan optimasi SEO pada konten atau iklan yang Anda buat. Saat website Anda memiliki banyak pengunjung dan mereka melakukan konversi, maka website Anda akan berada di nomor atas mesin pencarian.
3. Memudahkan Pengelola Website Memahami Pengunjungnya
CRO akan memberikan saran kepada pemilik website untuk membuat konten atau desain website yang disukai pengunjung. Anda bisa melihat konten apa saja yang disukai agar bisa meningkatkan pengalaman pengunjung,
4. Mengurangi Cost Per Acquisition (CPA)
Manfaat lainnya yaitu agar bisa mengurangi CPA. Jika CPA berkurang dan tingkat konversi tinggi, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan modal yang Anda keluarkan untuk optimasi website Anda.
5. Meningkatkan Keuntungan
Seperti yang kita ketahui, tujuan menggunakan CRO adalah meningkatkan keuntungan penjualan melalui konversi. Pengunjung yang melakukan konversi menjadi prospek leads yang bisa melakukan tindakan berupa pembelian sebuah produk atau jasa.
Cara Menghitung Conversion Rate
Sebelum Anda melakukan optimasi CRO pada website, Anda harus memahami berapa banyak pengunjung yang sudah berhasil melakukan konversi. Untuk menghitungnya juga sangat mudah.
Bagi jumlah pengunjung yang melakukan konversi dengan total pengunjung website Anda. Setelah itu kalikan dengan 100, hasilnya menunjukkan berapa persen pengunjung yang betah berlama-lama di website Anda dan berpotensi untuk melakukan konversi.
Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan CRO
Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan dari CRO. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk optimasi CRO website Anda:
1. Siapkan Tim untuk Melakukan Optimasi
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan tim khusus untuk optimasi. Tim ini bisa berisi staf berpengalaman soal UX, web developer, SEO specialist dan Google Advertiser.
Mereka yang menguasai ilmu ini akan membuat optimasi CRO lebih mudah dan menghasilkan.
2. Siapkan Tools untuk Optimasi
Tim optimasi CRO akan menyiapkan tools yang bisa Anda gunakan untuk optimasi website Anda. Tools yang digunakan akan memberikan hasil maksimal seiring dengan update yang Anda lakukan untuk meningkatkan kenyamanan website Anda.
Strategi Melakukan CRO
Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk optimasi CRO, berikut diantaranya:
1. Tampilan Website
Buatlah tampilan website yang ramah terhadap pengguna dan membuat mereka nyaman. Hindari penggunaan banyak icon yang mengganggu user.
2. Navigasi dalam Website
Navigasi menjadi hal yang sangat penting untuk membuat user nyaman berada di website Anda. Buatlah navigasi yang jelas dan mengarahkan user agar mendapatkan informasi yang dicari.
3. Kelengkapan Konten
Tidak hanya menyiapkan produk yang dijual, website dengan strategi CRO harus menyediakan konten yang lengkap. Mulai dari artikel edukatif yang berkaitan dengan produk, katalog produk, spesifikasi dan lainnya.
4. Optimasi High-Performing Artikel Blog
Artikel blog akan membuat website Anda berada di nomor atas mesin pencarian jika sudah dioptimasi. Inilah pentingnya memahami SEO agar bisa membuat artikel yang SEO Friendly karena akan berpengaruh terhadap tingginya pengunjung website.
5. Hal Teknis
Hal teknis lain juga perlu disiapkan seperti domain, biaya langganan dan lainnya. Anda perlu menyiapkan hal teknis agar optimasi CRO bisa maksimal, sebab saat melakukan optimasi sering kali terjadi masalah sepele yang sebelumnya tidak Anda pikirkan.
6. Tombol CTA
Buatlah tombol CTA yang menarik salah satunya dengan warna kontras dan buat kalimat yang membuat pengunjung ingin segera klik.
7. Analisa Heat Mapping Website Kamu
Setelah melakukan optimasi CRO, Anda bisa melakukan analisa secara rutin. Lihat perubahan yang Anda dapatkan dari optimasi CRO dan tingkat konversi yang terjadi.
Kesimpulan
Di dunia digital, CRO juga dikenal sebagai persentase pengunjung yang menetap di website Anda dan mereka melakukan sesuatu di halaman web Anda. Sesuatu yang mereka lakukan juga beragam.
Ada yang membaca artikel sampai habis, mendaftar akun atau membeli produk yang Anda jual di website. Pengunjung yang dikatakan telah melakukan konversi yakni mereka yang melakukan hal-hal tersebut atau tujuan yang Anda harapkan.
CRO adalah strategi yang tepat agar Anda mendapatkan banyak pengunjung website dan membuat mereka mau melakukan aktivitas yang Anda harapkan. Strategi ini sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis yang menjalankan penjualan secara online.
Nah, bagi pemilik website yang ingin traffic maupun rangking websitenya meningkat di Search Engine maka Omnirank bisa membantu dengan memberikan strategi SEO website yang tepat dan efektif. Anda bisa daftar gratis untuk melihat berbagai service Omnirank untuk website bisnis Anda.