Core Web Vitals merupakan kumpulan indikator yang digunakan untuk menghitung faktor ranking baru pada Google. Core Web Vitals ini ternyata baru muncul pada tanggal 28 Mei 2020 silam dimana Google baru saja mengeluarkan sebuah pengumuman bahwa mereka akan menggunakan sebuah faktor ranking baru.

Variabel yang dimaksud yaitu sebuah page experience atau pengalaman bagi para pengunjung ketika mengunjungi halaman situs web tersebut. Meskipun hal tersebut tidak akan digunakan hingga tahun depan, tetapi Anda harus tetap mempelajari hal tersebut. Hal ini berguna untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan ranking pada hasil pencarian, maka dari itu yuk simak informasi berikut ini.

Apa Itu Core Web Vitals?

Core Web Vitals adalah kumpulan metrik yang digunakan untuk mengukur pengalaman pengguna dari sisi performa pemuatan halaman, interaktivitas, dan stabilitas visual halaman.

Beberapa aspek di antaranya adalah kecepatan loading, stabilitas tata letak pada halaman web, serta respon setiap elemen yang ada pada laman web. Google juga menyebutkan bahwa terdapat kemungkinan para pengunjung yang meninggalkan situs akan menurun sebanyak 24 persen apabila pemilik web dapat memaksimalkan ketiga aspek tersebut.

Seberapa Pentingnya Core Web Vitals?

CWV sangatlah penting dalam pengembangan sebuah situs web. Hal ini karena sangat berkaitan erat dengan user experience maupun kepuasan pelanggan.

Seperti yang diketahui konten yang memiliki kualitas tinggi ternyata harus didukung oleh skor page experience yang besar juga jika ingin memperoleh ranking tinggi di Google. Kumpulan metrik ini juga dapat mempengaruhi SEO sebuah situs, sehingga hal tersebut sangatlah penting.

Tool Untuk Mengukur Core Web Vitals

Untuk menghitung skor metrik dapat dilakukan menggunakan beberapa peralatan. Peralatan pertama adalah Google Search Console, sedangkan yang kedua adalah menggunakan PageSpeed Insights.

Google Search Console berperan dalam memberikan ringkasan pengalaman para pengguna situs. Jadi Google bisa mengevaluasi metrik page experience dari masing-masing URL seperti CWV, kegunaan seluler atau penggunaan https. Sementara Page Speed Insight yang akan melaporkan kinerja laman di perangkat seluler maupun dekstop serta memberikan saran mengenai cara meningkatkan situs tersebut.

Faktor-Faktor dalam Core Web Vitals

1. Largest Contentful Paint (LCP)

Largest Contentful Paint atau yang biasa disebut LCP adalah nilai dalam kumpulan metrik yang menilai kecepatan loading dari konten terbesar pada halaman tersebut dari sudut pandang pengguna. Hal ini berarti bahwa nilai LCP dihitung pada saat pengguna mulai mengklik sebuah tautan ke halaman Anda hingga konten terbesar muncul paling awal. LCP adalah metrik pengganti dari FCP.

2. First Input Delay (FID)

First Input Delay merupakan nilai dalam kumpulan metrik web yang menghitung jeda antara interaksi pengguna dengan respon peramban terhadap interaksi tersebut. Jeda antara dua kejadian tersebut disebut dengan input delay.

3. Cumulative Layout Shift (CLS)

Cumulative Layout Shift atau biasa disebut dengan CLS merupakan salah satu faktor pada kumpulan metrik web yang menghitung kestabilan visual pada konten web. CLS menghitung skor halaman situs web dengan cara menjumlahkan seluruh perpindahan tata letak yang terjadi lebih dari 500 milidetik setelah masukan dari pengguna.

Cara Melihat Nilai Core Web Vitals

1. Melihat Nilai Core Web Vitals dengan Search Console

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika akan melihat skor menggunakan Google Search Console adalah buka laman Google Search Console. Kemudian pilihlah menu ‘Experience’ dan klik ‘Web Core Vitals’. Setelah itu pilihlah versi situs mana yang ingin Anda lihat skornya, nilai LCP/CLS dapat Anda lihat pada bagian bawah laman situs.

2. Melihat Nilai Core Web Vitals dengan PageSpeed Insights

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan PageSpeed Insights adalah mengunjungi laman dari PageSpeed Insights. Kemudian masukkan URL laman yang ingin Anda lihat skornya. Selanjutnya, pada laman akhir akan menunjukkan tabel dengan judul ‘Field Data’ yang berisi skor dari laman tersebut.

Cara Meningkatkan Skor Core Web Vitals

1. Cara Meningkatkan Skor LCP

Dalam meraih kategori ‘Good’ pada LCP, laman situs web haruslah termuat dalam durasi kurang dari 2,5 detik. Apabila dalam penilaian awal nilai LCP web masih termasuk dalam kategori ‘poor’ atau bahkan ‘need improvement’, maka Anda perlu melakukan sebuah pemeriksaan mendalam terhadap elemen-elemen pada situs web.

Upaya meningkatkan nilai kumpulan metrik tersebut adalah sebuah tantangan tersendiri. Hal ini karena diperlukan kerja sama antar tim web developer dengan tim konten.

Anda dapat melihat seluruh elemen penghambat LCP pada PageSpeed Insights. Elemen penghambat dapat Anda temukan pada bagian bawah tabel ‘Diagnostic’ di bagian hasil analisa PageSpeed Insights. Pada PageSpeed Insights diberikan juga beberapa rekomendasi untuk melakukan optimasi yang terletak pada bagian bawah tabel ‘Opportunity’.

Di samping menerapkan beberapa rekomendasi dari PageSpeed Insights, Anda juga bisa melakukan langkah beberapa cara optimasi berikut ini guna meningkatkan skor LCP. Cara pertama adalah dengan mengoptimalkan ukuran berkas pada halaman. Anda dapat melakukan kompres berkas sebelum mengunggahnya.

Berikutnya, dengan meningkatkan efisiensi dari berkas JavaScript serta CSS. Anda dapat mengoptimalkan berkas dengan cara memperbaiki render-blocking serta memangkas beberapa kode-kode yang dinilai tidak diperlukan.

Langkah ketiga yaitu mengurangi ukuran dari text file. Caranya adalah dengan mengoptimalkan berkas yang memiliki bentuk teks menggunakan format yang lebih ringan. Berikutnya adalah dengan meningkatkan waktu loading dari situs web.

Anda bisa menggunakan CDN ataupun cache plugin untuk mendapatkan waktu loading yang lebih cepat. Cara terakhir adalah dengan menggunakan fitur pre-loading pada aset paling penting. Ada dapat mengaktifkan fitur pre-load menggunakan perintah rel=”preload”.

2. Cara Meningkatkan Skor FID

Fungsi FID sendiri adalah untuk mengukur jeda interaksi dan waktu peramban dalam memproses perintah dan memberikan respon. Menurut Google sendiri jarak antara kedua hal tersebut tidak boleh lebih dari 100 milidetik. Umumnya, buruknya nilai FID disebabkan karena peramban web yang sedang memuat sebuah script berukuran besar sehingga perintah tidak dapat dieksekusi saat itu juga.

Saat situs web sedang memuat script, maka perintah tambahan akan dimasukkan ke dalam daftar tunggu baru kemudian akan dilakukan. Sehingga, pilihan tepat dalam meningkatkan nilai FID yaitu dengan mengurangi loading time. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan efisiensi dari file JavaScript.

Bagi Anda yang bingung dalam menentukan file mana yang harus dioptimalkan, Ada dapat mencari pada kolom ‘Eliminate render-blocking resources’ di bagian tabel ‘Opportunity’ pada bagian analisa PageSpeed Insights. Pada bagian bawah kolom tersebut, Anda juga akan menemukan berbagai macam file JavaScript yang bisa dioptimasikan.

3. Cara Meningkatkan Skor CLS

Skor atau nilai dari CLS sendiri ditentukan oleh berapa banyak elemen pada halaman Anda berubah posisi ketika situs Anda sedang memuat. Dalam penilaian CLS, Google sendiri menggunakan beberapa kriteria di antaranya adalah impact fraction serta distance fraction.

Impact fraction sendiri adalah seberapa luas layar yang di dalamnya terdapat elemen dengan kondisi tidak stabil. Sementara distance fraction adalah nilai jarak terbesar dari elemen yang tidak stabil dibagi dengan lebar atau tinggi dari layar tersebut.

Skor CLS dapat ditingkatkan dengan beberapa cara, cara pertama adalah dengan mengatur dimensi dari gambar tersebut. Hal ini mampu meningkatkan skor karena pada gambar ataupun media tanpa ukuran dapat menyebabkan pergerakan dari elemen lain ketika situs dalam kondisi memuat.

Kedua adakah menentukan sebuah ruang khusus untuk iklan dinamis. Tampilan iklan dinamis dapat menginterupsi pergerakan elemen lain. Sehingga dengan menentukan ruangan khusus, elemen lain akan terhindar dari interupsi tersebut.

Selain itu, iklan dinamis juga dapat menurunkan UX atau User Experience. Cara berikutnya adalah mengatur ruang bagi embeds yang memiliki ukuran besar. Sama seperti iklan dinamis, embed berukuran besar juga dapat mengakibatkan visual pada laman web menjadi tidak stabil. Cara terakhir adalah aktifkan preload font, dengan mengaktifkan preload font tampilan teks pada saat kondisi memuat menjadi lebih konsisten.

Pengaruh Core Web Vitals terhadap SEO

Kumpulan metrik ini akan menjadi salah satu dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ranking pada pencarian Google. Hal tersebut akan digunakan sebagai sebuah indikator penilaian apabila Google menemukan dua buah laman situs web yang memiliki penilaian baik dari berbagai sisi SEO.

Misalnya ketika Anda akan membuat sebuah konten, namun di sisi lain terdapat kompetitor yang kontennya sudah berada pada peringkat pertama mesin pencari dengan informasi yang lengkap, terstruktur hingga berbagai indikator SEO lainnya juga kuat. Pada kasus inilah, Anda harus memastikan bahwa nilai LCP, FID, serta CLS konten Anda harus melebihi kompetitor Anda. Hal ini bukan hanya untuk konten baru, tetapi juga berlaku ketika Anda ingin mengoptimalkan konten Anda yang dulu.

Penutup

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai CWV, mulai dari pengertian, faktor-faktor hingga cara meningkatkan skornya. Dari penjelasan di atas sudah dapat dipahami bahwa CWV merupakan sebuah kumpulan metrik yang berguna untuk meningkatkan peringkat sebuah situs.

Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi metrik tersebut, di antaranya adalah Largest Contenful Paint (LCP), First Input Delay (FID), serta Cumulative Layout Shift (CLS). LCP Sendiri adalah durasi loading agar konten terbesar muncul pertama. Sedangkan FID adalah waktu jeda antara input dengan respon situs web.

Faktor terakhir adalah CLS yang merupakan nilai untuk tingkat kestabilan visual konten. CWV sangat berperan dalam peningkatan peringkat sebuah situs web pada mesin pencari. Sehingga sangat perlu Anda perhatikan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua serta Anda menjadi lebih paham mengenai CWV. Bagi Anda yang sedang mencari jasa SEO website, saat ini sudah ada Omnirank yang dapat membantu Anda untuk menaikkan peringkat situs web Anda pada mesin pencari.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.