Terdapat banyak kesalahpahaman mengenai bagaimana cara memakai social signal untuk ranking keywords. Saya akan membahasnya agar lebih jelas di artikel ini.

Apa itu Social Signal?

Social signal adalah ketika sebuah URL di share, like dan sebagainya di social media. Social media yang utama yaitu Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Youtube dan sebagainya.

Social Signal bukanlah sebuah ranking factor secara langsung.

Kami melihat adanya korelasi sekitar 2-3% dari Social Signal terhadap pengaruh ranking.

Sebenarnya kita perlu tahu apa peran dari social signal dan mengapa Google perlu investasi ke algoritma mereka agar mempertimbangkan social media sebagai bagian dari algoritma mereka?

Fungsi Social Signal

Jadi fungsi social signal yaitu untuk menyeimbangkan dari jumlah backlinks.

Sebuah website yang mendapat sekitar puluhan backlinks per minggu, idealnya yaitu website tersebut juga sedang ramai diperbincangkan di social media, sehingga webmaster lain mengetahui website tersebut dan link ke website kita.

Prime balance yaitu sebuah flow natural pada umumnya dari sebuah website.

Setelah sebuah website baru dibuat, maka jumlah social signal akan lebih banyak dari traffic, jumlah traffic akan lebih banyak dari backlinks.

  • Akan terlihat kurang natural bagi Google jika sebuah website hanya ada backlinks tanpa ada social signals (tidak ada yang memperbincangkan/share website tersebut di social media).
  • Social signals untuk balancing dengan backlinks
  • Social signal untuk menciptakan efek viral sehingga memaksa Google “melirik” website kita dan mengganggap website kita penting untuk ditampilkan di hasil pencarian.

Social signal terkadang juga dapat meningkatkan ranking

Berikut adalah contoh studi kasus untuk beberapa keyword yang sangkut posisi rankingnya selama berminggu-minggu, lalu kami coba send social signal.

Di beberapa kasus, backlinks yang sudah di bangun belum ada efek karena masih belum diseimbangkan dengan social signals. Oleh karena itu, social signals berperan untuk mengaktifkan backlinks.

Apakah saya share sendiri di social media termasuk Social Signal?

Misalnya Anda share website Anda sendiri di social media website itu sendiri (seperti Fanpage, Twitter, LinkedIn, dsb) apakah termasuk social signal?

Social signal yang kita inginkan yaitu seolah-olah website kita diperbincangkan oleh orang lain sebagai pihak ketiga. Jadi jika kita share website sendiri di profile sendiri bukanlah tujuan kita dan yang kita inginkan.

Dimana bisa mendapatkan social signal?

Anda bisa meminta saudara dan teman Anda untuk bantu share website Anda di social media mereka, buka micro jobs di situs freelancer luar untuk dibayar per share website Anda, ataupun melalui Omni Rank Social Signals. Di Omni Rank Social Signals, setiap paketnya berisi total 200 social signal yang lengkap kombinasi dari berbagai top platform social media.

×