Cara Membuat Sitelink Google di Website

oleh | 2 Sep 2023 | Basic, Tips & Panduan

Cara membuat sitelink Google adalah kita perlu optimasi dari sisi menu navigation website kita serta optimasi SEO dasar. Berikut adalah contoh Google sitelink dan panduannya.

Cara Membuat Sitelink Google Di Website

Cara Membuat Sitelink Google Untuk Website

1. Memilih Brandable Domain untuk Website

Usahakan memilih Brandable Domain agar nama domain Anda memiliki peluang untuk muncul sitelink di Google.

Sebagai contoh ketika Anda menjalankan usaha pada bidang travel dan memilih exact match domain: “Tourtravelindonesia.com”.

Maka kesempatan memperoleh sitelink akan lebih kecil karena keywordnya memiliki search intent dan bukan nama brand.

Lebih baik yaitu dengan Brand Domain seperti: “Lunar Travel”, “Avia Travel”, ataupun nama lainnya yang unik.

Google memakai judul halaman dalam membuat sitelink, sehingga pastikan judul halaman relevan dengan isi dari halaman tadi. Usahakan untuk membuat judulnya singkat serta memiliki deskripsi yang to the point tidak bertele-tele.

Jika judul halaman yang tidak memiliki hubungan dengan isi artikel akan membuat Google bingung dan sulit untuk ranking.

2. Optimasi SEO Dasar

a. Konten Unik dan Original

Google menampilkan sitelink khusus untuk website yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, kita perlu menulis konten original dan berkualitas yang bukan hanya sekadar copy-paste dari website lain ke website kita.

b. Optimasi SEO Onpage

Langkah selanjutnya yaitu optimasi SEO Onpage.

Optimasi SEO Onpage yaitu dengan menulis Title dan Meta Description yang unik dan menarik, termasuk menyusun struktur konten memakai Subheading, URL permalink yang singkat dan tidak terlalu panjang, pemakaian gambar yang relevan, dan menggunakan outbound link serta internal link.

Omni Rank Onpage SEO Onpage

Pelajari blueprint SEO onpage saya untuk ranking berbagai niche website baru di Google.

3. Internal Link

Google memahami struktur website yakni melalui internal link. Bahkan tampilan dari sitelink Google yaitu sebenarnya adalah internal linking dari website kita.

Google akan crawl internal link dalam halaman website kita untuk menemukan halaman baru ataupun halaman yang telah diperbarui.

Internal link dapat dijadikan indikator untuk mendukung terkait seberapa pentingnya halaman web. Ketika suatu halaman memperoleh banyak internal link lewat halaman lainnya, itu menandakan jika halaman tadi adalah halaman penting.

Ketika Anda ingin untuk menampilkan sebuah halaman pada sitelink maka bisa memanfaatkan pemakaian internal link. Jangan lupa memberikan beberapa internal link dan mengarah pada halaman yang nantinya akan ditampilkan pada sitelink.

Beberapa cara melakukan internal link yaitu:

  • Pastikan anchor text relevan dengan pembahasan di halaman yang di internal linking.
  • Hindari untuk mencantumkan link di gambar karena web crawler hanya bisa memahami teks.
  • Halaman yang memperoleh internal link banyak menjadi lebih berpeluang untuk tampil pada Google sitelink.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan kemampuan pengguna untuk dapat secara langsung mengenali ataupun mengingat sebuah merek dengan cara melihat gambar, logo, bahkan warna yang merepresentasikan identitas suatu brand.

Semakin banyak pengunjung yang mencari informasi terkait nama brand maka akan semakin tinggi juga kemungkinan memperoleh sitelink. Jadi meningkatkan brand awareness merupakan salah satu cara membuat sitelink di Google.

Kenapa itu bisa terjadi? Ketika pencarian terkait suatu brand banyak maka Google akan beranggapan jika sitelink dapat membantu kebutuhan pengunjung terhadap brand tersebut. Kebutuhan tadi akan memudahkan pembelian produk unggulan ataupun menemukan artikel populer secara mudah.

Jadi cara mendapat sitelink dari Google bisa diperoleh dengan membangun brand awareness dan berikut adalah beberapa langkahnya.

  • Menjaga konsistensi branding
  • Mempunyai website bisnis
  • Memakai media sosial secara tepat
  • Mengadakan program referral
  • Menampilkan review pelanggan
  • Menentukan USP (Unique Selling Propositions) Produk
  • Membuat program freemium
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Menjalankan strategi influencer marketing
  • Memberikan sponsor
  • Menjalankan kerja sama bersama partner bisnis

5. Memastikan Navigasi dan Struktur Website Jelas

cara membuat sitelink di Google yakni membuat navigasi serta struktur dengan jelas yang mana dapat menguntungkan pengunjung serta menguntungkan pemilik website karena mampu meningkatkan kesempatan memperoleh sitelink.

Hal ini akan membuat Google menjadi lebih mudah dalam melakukan indexing dan crawling jadi pengguna dapat secara mudah menemukan apa pun yang dicari.

Kalian dapat mulai melakukan merapikan menu navigasi serta menerapkan navigasi breadcrumb pada website. Menu navigasi rapi nantinya menjadi lebih mudah dilihat oleh pengunjung, jadi pengunjung menjadi tidak bingung ketika bernavigasi pada website Anda.

Sedangkan untuk navigasi breadcrumb memiliki fungsi seperti navigasi kedua. Jadi pengunjung tidak akan kesusahan mengulang sedari awal guna menemukan halaman yang memiliki topik serupa di website Anda.

Anda juga jika website yang dimiliki mempunyai halaman (menu) berupa navigasi utama lengkap seperti Contact Us, About Us, Blog, Service, Product, dan Homepage.

6. Membuat Sitemaps XML Serta HTML

Cara membuat sitelink di Google dengan cara membuat XML dan HTML sitemaps. XML sitemap merupakan sebuah file berisikan link berkaitan halaman apa pun yang ada di sebuah website. File tadi dibuat pemilik website lalu dipakai mesin pencari semacam Google guna memahami halaman apa pun yang terdapat pada sebuah website.

Google memakai web crawler guna melakukan penelusuran di masing-masing link pada sitemap, kemudian indeksnya pada database. Ketika website tidak mempunyai XML sitemap ataupun link lengkap, jadi web crawler menjadi sulit untuk memahami isi website.

Ketika website mengalami permasalahan berkaitan dengan crawling serta indexing, tentunya menjadi sulit untuk Anda dalam menampilkan sitelink pada halaman hasil pencarian.

Kemudian sitemaps HTML merupakan daftar halaman website dan ditujukan bagi pengunjung website. Cara mudah dalam membuat sitemaps yakni Anda dapat mendaftarkan sitemaps website pada Google Search Console dan berikut caranya:

  • Masuk ke Google Search Console (https://search.google.com/search-console/about).
  • Pilihlah menu “Sitemaps”.
  • Menambahkan file berupa “sitemaps.xml” lalu klik tombol “submit”.
  • Ketika telah berhasil akan keluar status berupa “Success” di daftar sitemaps. Ketika belum berhasil maka tunggulah sampai proses tadi berhasil.

Memang memperoleh sitelink adalah keputusan mutlak Google. Namun cara membuat sitelink di Google di atas bisa dipraktekan dalam membantu Anda dalam memperoleh sitelink.

Cara Menambahkan Kotak Pencarian di Sitelink

Kotak pencarian pada sitelink dipengaruhi oleh JSON-LD.

Ada dua cara dalam memasang JSON-LD yakni Yoast SEO (https://wordpress.org/plugins/wordpress-seo/) dan plugin Sitelinks Search Box (https://wordpress.org/plugins/sitelinks-search-box/).

Ketika Anda memakai Yoast SEO, maka secara otomatis JSON-LD akan ditambahkan pada website Anda. Akan tetapi jika yang dipakai bukan Yoast SEO, maka tinggal aktifkan plugin Sitelinks Search Box yang sama-sama berguna menambahkan JSON-LD pada website.

Penting untuk diingatkan kembali jika kedua cara tersebut hanya mempengaruhi keputusan dari Google saja. Sehingga pada saat menambahkan JSON-LD, maka sitelink tidak langsung muncul, pastinya keputusan akhir tetap berada di Google.

Kotak pencarian tersebut umumnya akan diberikan pada website dengan banyak konten. Jadi ketika website Anda sangat minim konten, sudah pasti kemungkinan besar Anda tidak memperoleh kotak pencarian di sitelink.

Tentang Google Sitelink

Google Sitelink merupakan sub-pages dan ada pada bagian website pertama yang akan muncul pada hasil pencarian. Sitelink ini umumnya berisikan link untuk ke berbagai macam halaman terpopuler pada website tersebut.

Untuk sitelink pada Google umumnya akan muncul ketika Anda mencari menggunakan kata kunci pada sebuah nama brand spesifik. Untuk jumlah sitelink yang keluar akan berbeda-beda pada masing-masing website.

Jumlahnya bisa dua, empat, bahkan delapan sitelink yang mana jumlah tersebut secara penuh ditentukan Google dan bukan oleh pemilik website. Sitelink tadi dipilih algoritma Google guna membantu pengguna menjadi lebih mudah untuk bisa masuk ke berbagai macam halaman populer suatu website tanpa perlu klik sana sini.

Namun yang perlu diketahui bahwa Google tidak akan memunculkan sitelink ketika Anda baru membuat website ataupun ketika website yang dibuat memang sepi pengunjung. Anda pun tidak perlu khawatir karena berikut ini beberapa penjelasan mengenai sitelink dan cara untuk memperolehnya. Informasi lebih jelasnya simak informasi berikut ini.

Mengapa Sitelink Itu Penting?

Sitelink ini sangatlah penting untuk pengguna serta fungsi paling utamanya yakni memperjelas navigasi pada sebuah website. Bahkan terlepas dari salah atau benarnya jika sitelink ini kerap menjadi tanda keberhasilan webmaster di dalam mengoptimalkan websitenya.

Bahkan Google menjelaskan jika sitelink ini memang penting dikarenakan pengguna menjadi terbantu dalam melakukan navigasi halaman dari websitenya langsung menuju pada hasil pencarian. Itu tentunya dapat memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi di website yang bersangkutan.

Jadi bila ditanya apakah sitelink penting maka jawabannya iya karena mampu memberikan hasil lebih praktis dibandingkan sebuah pencarian pada waktu relatif singkat. Berikut ini adalah manfaat yang bisa diperoleh ketika Anda mengetahui cara membuat sitelink di Google dan menggunakannya.

1. Meningkatkan CTR

Bagi yang belum mengetahui CTR (click-through rate) merupakan rasio jumlah klik dan diperoleh website pada impresi. Impresi adalah jumlah pengunjung yang melihat website pada SERP. Jadi dengan kata lain CTR ini mengukur mengenai seberapa besar peluang dari seseorang dalam mengklik website pada SERP.

Penting untuk dipahami jika user akan cenderung dalam mengklik artikel pada urutan tiga teratas. Jadi semakin banyak orang yang mengklik website Anda di hasil pencarian maka akan semakin konsisten rankingnya pada pencarian tadi sehingga mampu meningkatkan CTR.

Anda dapat memakai sitelink guna membuat tampilan halaman di SERP menjadi lebih luas serta berbeda ketika dibandingkan halaman website lainnya. Sehingga pengunjung menjadi lebih tertarik mengunjungi website Anda serta jumlah CTR akan lebih tinggi.

Sitelink ini akan mengambil banyak area teratas di layar jadi audiens tentunya terdorong mengklik salah satunya. Lalu dikatakan sitelink adalah sub-halaman yang berasal dari website serupa, sudah pasti CTR dari halaman tersebut akan bertambah.

2. Meningkatkan Kepercayaan Serta Kredibilitas

Perlu diketahui jika tidak banyak website yang dapat menampilkan sitelink pada SERP karena tidak tahu cara membuat sitelink di Google ataupun karena faktor lainnya. Umumnya website yang mempunyai ranking tinggi serta konten berkualitas yang bisa menampilkan sitelink.

Saat website mempunyai sitelink tentunya dapat dipastikan jika website tadi sudah memperoleh kepercayaan Google. Ini menjadi bukti jika website yang mempunyai sitelink adalah website populer yang memiliki SEO baik.

Ini juga menjadi penanda jika hasil teratas menggunakan sitelink adalah jawaban paling relevan pada Google SERP. Seperti yang sudah dijelaskan jika sitelink ini akan mengambil banyak tempat pada layar entah itu di komputer maupun handphone.

Hal tersebut juga menjadi suatu indikasi jika Google menganggap bahwa hasil pencarian teratas adalah yang terbaik serta paling relevan jika dibandingkan hasil pencarian yang lainnya.

3. Meningkatkan Product Awareness

Sitelink juga dapat menjadi suatu media dalam melakukan brand awareness. Pemakaian sitelink bisa memperlebar spasi pada halaman website di halaman pencarian browser.

Pastinya space yang lepas menjadi lebih menarik perhatian pengunjung sehingga visibilitas website akan meningkat. Sudah dipastikan jika visibilitas serta jumlah impresi websitenya semakin tinggi tentunya akan menjadi semakin familiar audiens pada website serta nama brand pada usaha Anda.

Tentunya akan ada keuntungan ketika website Anda ada di halaman paling atas Google SERP. Jika posisi tersebut dipertahankan maka audiens menjadi semakin mengenal serta menyadari keberadaan serta isi web Anda. Melihat keuntungan tadi maka cara membuat sitelink di Google sudah pasti penting untuk diketahui.

Pastinya dengan keluarnya berbagai macam produk unggulan pada hasil pencarian maka sitelink dapat membantu audiens guna mengenai produk-produk yang ada di dalam website Anda. Ini tentu sangat praktis dikarenakan audiens dapat mencari tahu terlebih dahulu sebelum nantinya masuk ke dalam website.

Hanya dengan satu klik saja maka pengunjung bisa mengetahui informasi secara lengkap mengenai produk-produk Anda. ini sangat memudahkan serta membuat pengguna menjadi lebih tertarik dalam melakukan pembelian.

4. Pengunjung Mengetahui Halaman Terpopuler Website

Audiens yang memang memahami konsep dari sitelink pastinya menyadari jika sub-halaman pada sitelink tadi adalah halaman-halaman penting serta paling populer pada website tersebut. Jadi audiens dapat langsung masuk ke halaman yang memang sesuai dengan kebutuhannya.

Sitelink ini juga memiliki peran sebagai sebuah “daya tarik” pada website dengan banyak konten di dalamnya. Jadi memudahkan audiens dalam mengetahui mana yang merupakan halaman terpopuler pada website yang ada miliki di antara ratusan ataupun ribuan konten lainnya.

Sebagai contoh ketika Anda mencari menggunakan kata kunci berupa “Blog Mangga” nanti akan keluar hasil pencarian pada blog dengan mendapatkan sitelink berkaitan artikel populer dari blog tersebut.

5. Pengunjung Menjelajah Website Secara Lebih Dalam

Untuk beberapa website, sitelink akan menampilkan kotak pencarian yang mana kotak pencarian tadi membuat pengguna dapat mencari sesuatu secara lebih dalam pada website tadi langsung dari Google.

Google ini tidak memberikan fitur kepada sembarang website jadi hanya website yang memiliki banyak konten yang mampu mendapatkannya. ini dikarenakan Google beranggapan jika fitur tadi dapat membantu pengguna dalam melihat banyaknya jumlah konten di website tadi.

Kesimpulan

Memperoleh sitelink adalah keputusan yang dari Google. Jadi memang kembali lagi pada Google apakah akan memunculkan sitelink atau tidak terhadap sebuah Brand / keyword.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, maka kesempatan untuk memperoleh sitelink menjadi meningkat.

Sitelink Google dapat meningkatkan pencarian organik pada website Anda. Sehingga brand awareness yang dimiliki menjadi lebih luas, jadi orang menjadi lebih tahu terkait website/brand Anda.

Memperoleh sitelink tidak dapat terjadi keesokan harinya setelah menerapkan cara membuat sitelink di Google yang sudah disebutkan di atas. Perlu ada waktu bagi Google untuk crawling dan indexing kembali.

Selamat mencoba!

Bagi Anda yang membutuhkan jasa SEO profesional, silahkan bisa konsultasi dengan kami di Omnirank.

About The Author

BLACK FRIDAY SPECIAL up to 50% OFF + Extra 20% OFF with code BF2024

X