Supaya pengguna internet lebih mudah menemukan dan memahami bisnis Anda, Google Bisnisku kini hadir sebagai tools bisnis yang memberikan banyak manfaat khususnya untuk para pebisnis online.

Anda bisa lebih mudah memperbarui informasi bisnis Anda sekaligus meningkatkan peluang interaksi dengan pelanggan. Untuk memahami lebih lanjut seputar layanan Google satu ini, simak artikel berikut.

Apa itu Google Bisnisku?

Google menyediakan tools gratis yang bisa para pebisnis manfaatkan untuk melakukan pemasaran secara online yaitu Google My Business. Nama lain dari tools Google ini adalah Google Business Profile atau Google Profil Bisnis. Para pebisnis bisa menggunakan alat ini untuk mengatur tampilan bisnis mereka pada lingkungan online.

Khususnya yang terdapat pada Google Maps, maupun Google Penelusuran, Anda bisa mengelola tampilan dan informasi bisnis Anda. Dengan mengatur Google Bisnisku, maka detail bisnis Anda akan tampil pada keseluruhan Google services. Manfaat utamanya yaitu agar menunjang visibilitas bisnis dari segi penelusuran informasi melalui internet.

Anda tidak perlu khawatir untuk mulai mendaftar pada Google Profil Bisnis karena caranya cukup mudah. Tools ini tetap relevan digunakan meski bisnis Anda tidak punya toko fisik misalnya penjualan melalui website online.

Apa Saja Manfaat Google Profil Bisnis / Google Bisnisku?

Sebagai seorang SEO Expert, saya yang telah membantu banyak client untuk menaikkan traffic dan revenue dari toko online melalui Google Bisnisku, dan saya melihat banyak sekali manfaat dari Layanan Google yang satu ini.

Berikut beberapa manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan tools Google satu ini:

Bisa Mengelola Detail Bisnis Secara Online

Transaksi jual beli online sudah semakin meningkat termasuk metode orang-orang untuk mencari detail suatu bisnis. Adanya Google Bisnisku membuat Anda lebih mudah dan fleksibel update informasi seputar bisnis Anda. Anda bisa mengatur mulai dari nomor kontak, alamat bisnis, jam buka sampai tutup, dan sebagainya.

Jika informasi-informasi tersebut tersaji secara lengkap, maka pada akhirnya pelanggan bisa mudah memahami bisnis Anda. Mereka juga bisa mudah kontak Anda jika ingin bertransaksi atau bertanya-tanya. Jika ada informasi darurat terkait bisnis, misalnya penutupan sementara atau permanen, maka bisa segera disampaikan secara online.

Muncul Pada Layanan-Layanan Online Google

Integrasi Google Profil Bisnis bisa bermanfaat untuk memunculkan bisnis Anda pada berbagai layanan Google lainnya. Misal pada saat ada pengguna internet yang searching “mie ayam Purwokerto”. Sistem Google akan menggunakan informasi dari Google Bisnisku agar bisa menampilkan opsi yang paling relevan.

Jika bisnis Anda sudah terdaftar di Google Profil Bisnis lalu relevan dengan kueri pencarian tersebut, maka akan tampil. Bahkan bisa saja bisnis Anda terlihat pada posisi paling atas jika memang yang paling relevan dengan penelusuran tersebut.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Kepercayaan terhadap bisnis adalah hal yang sangat penting dan bisa ditunjang dengan adanya layanan Google ini. Anda bisa membangun kepercayaan bisnis melalui ulasan yang disediakan oleh Google. Bintang atau peringkat pada setiap bisnis punya manfaat luar biasa.

Keberadaan layanan Google bisa memperjelas kualitas bisnis Anda jika Anda memang menjalankan bisnis tersebut dengan baik. Meski tidak bisa mendapatkan bintang 5 terus menerus, tapi Google tetap mempercayai bisnis tersebut. Jadi, Google akan menanggapi review secara otentik lalu memberikan penilaian yang paling sesuai.

Meningkatkan Pengunjung Website

Google Profile Bisnis menjadi salah satu strategi SEO untuk meningkatkan pengunjung website, karena saat user menemukan listing Google Maps Anda, mereka dapat klik tombol “Website” dan masuk ke website Anda.

Bagaimana Cara Mendaftar Google Bisnisku?

Lalu bagaimana cara membuat Google Bisnisku? Cara-caranya cukup mudah, berikut beberapa langkah yang harus Anda ikuti:

Siapkan Akun Google Dan Akses Google Business Profile

Karena akan menggunakan layanan Google, maka sudah pasti Anda harus siapkan akun Google yang akan digunakan untuk bisnis Anda. Akun yang digunakan ini lebih baik bukan akun pribadi. Ada kalanya akses Google Bisnisku login diberikan ke pengguna lain untuk urusan profesional bisnis.

Input Informasi-Informasi Seputar Bisnis Terkait

Jika Anda sudah mengakses layanan Google Bisnisku ini, maka Anda akan dituntun menginput informasi dimulai dengan nama bisnis Anda. Selanjutnya Anda perlu tentukan jenis bisnis Anda baik itu penyediaan layanan, toko fisik, maupun toko online. Pilih jenis usaha yang paling sesuai dengan realita bisnis.

Informasi lain yang perlu diinput adalah lokasi. Lalu bagaimana kalau bisnis yang dijalankan adalah bisnis online tanpa lokasi jelas? Maka yang dibutuhkan oleh Google adalah website bisnis online Anda. Baik itu bisnis yang dijalankan offline maupun online, tetap harus input negara Anda mendaftar.

Kalau bisnis Anda ada lokasi fisik, input lokasinya secara presisi termasuk menentukan lokasi peta supaya semakin presisi. Sementara kalau bisnis terkait lebih ke pelayanan langsung dan tidak ada lokasi untuk didatangi, input area layanan bisnis Anda.

Selanjutnya Anda perlu juga cantumkan informasi kontak. Di sini, Anda bisa input nomor kontak handphone, dan website. Informasi kontak tersebut bisa dilihat pada profil bisnis Anda secara publik.

Melakukan Verifikasi

Cara daftar Google Bisnisku selanjutnya adalah verifikasi. Verifikasi ini bisa dilakukan melalui email. Tapi ada pilihan lain yang cukup unik yaitu merekam video saat kita sedang mengurus kerjaan bisnis. Opsi verifikasi melalui email tentunya lebih mudah tapi opsi video tersebut mungkin lebih bermanfaat.

Saat Anda memilih verifikasi email, tunggu hingga kodenya sampai ke email Anda lalu klik tombol Verifikasi. Google Bisnisku verifikasi sangatlah penting karena Anda nantinya bisa memakai fitur-fitur penting termasuk membalas review publik.

Tingkatkan Profil Bisnis Anda

Jika langkah-langkah pendaftaran sederhana sudah selesai, maka saatnya Anda untuk melengkapi profil bisnis. Anda perlu input detail-detail seputar bisnis Anda agar profilnya semakin lengkap. Meski pun opsional, tapi penambahan detail ini sangatlah penting agar lebih informatif.

Selain menambahkan jam kerja, atur juga fitur obrolan di Google, foto-foto, dan penjelasan singkat seputar bisnis Anda. Sebenarnya masih banyak upaya optimasi profil bisnis Google lainnya. Seperti itulah langkah-langkah daftar Google Bisnisku, cukup mudah bukan?

Bagaimana Cara Optimasi Google Bisnisku?

Lengkapi Profil Bisnis Dengan Foto & Video

Karena akan digunakan untuk bisnis, pastikan foto dan video yang Anda upload adalah yang berkualitas tinggi. Keberadaan media tersebut bisa meningkatkan daya saing bisnis, dan memperjelas keberadaan bisnis. Calon konsumen mungkin menjadi ragu untuk bertransaksi jika tidak diperjelas dengan foto/ video.

Pastikan foto yang diupload adalah foto bisnis secara menyeluruh. Misal jika Anda berbisnis cafe, maka foto bagian interior hingga eksterior. Foto juga hidangan-hidangan, daftar menu, atau jika perlu foto tim yang bertugas di lokasi.

Jika ingin upload video, pastikan video tersebut memperlihatkan keunggulan bisnis Anda. Google merekomendasikan foto yang digunakan pada profil bisnis harus bisa menyampaikan situasi nyata. Maka dari itu, lebih baik hindari untuk memodifikasi gambar seperti menggunakan filter.

Update Informasi Bisnis Terbaru

Agar bisa mengoptimasi Google Bisnisku, pastikan untuk perbarui informasinya secara rutin. Jika nomor kontaknya berganti karena tim yang bertugas sudah tidak lagi bekerja, maka harus segera diganti. Begitu juga jika terdapat pergantian lokasi fisik, maka alamat terbaru harus dicantumkan untuk mengganti yang lama.

Buat Deskripsi Pada Katalog Produk Secara Terperinci

Google menyediakan editor produk/ katalog meski pun bisnis Anda belum berskala besar. Melalui tab Produk yang terdapat pada Google Bisnis, Anda bisa perlihatkan produk-produk Anda secara terperinci. Anda mungkin perlu menyertakan cara penggunaan, deskripsi spesifikasi, dan sebagainya.

Rajin Membalas Ulasan

Keberadaan ulasan bisnis di Google bisa berpengaruh ke visibilitas Google Bisnis. Kalau Anda mendapati ulasan-ulasan terkait bisnis Anda, maka Anda dapat menanggapinya melalui fitur dasbor yang tersedia. Untuk mengoptimalkan Google Bisnisku, sangat penting untuk respons atau balas ulasan segera.

Saat membalas pertanyaan atau ulasan, fokus pada nilai-nilai profesional dan sampaikan secara ringkas dan jelas. Dengan respons seperti ini, maka orang-orang bisa tahu kalau bisnis Anda benar-benar aktif dan bisa diandalkan.

Jangan Lupa Balas Juga Pesan Pada Profil Bisnis Google

Kalau ada pelanggan yang mengirim pesan, maka Anda akan mendapatkan notifikasi. Sudah seharusnya Anda rajin membalas pesan tersebut. Sebagai tips penting, Anda harus respons chat dalam kurun waktu sehari atau 24 jam. Google bisa saja mematikan fitur Obrolan tersebut secara otomatis jika tidak kunjung terdapat respons.

Anda tidak perlu khawatir karena hari libur atau saat bisnis tutup tidak diperhitungkan. Anda bisa juga menandai spam jika terdapat pesan yang seperti itu. Menandai spam tidak akan berpengaruh ke penilaian respons.

Semisal Google sudah menonaktifkan Obrolan, tapi bisa diaktifkan kembali jadi Anda tidak perlu khawatir. Meski begitu, disarankan untuk aktif merespons chat karena pelanggan bisa saja meninggalkan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Hapus Google Bisnisku?

Karena kondisi tertentu, Anda mungkin perlu menghapus Google Bisnis Anda. Lalu bagaimana caranya cara menghapus Google Bisnisku tersebut? Anda bisa ikuti tahap-tahap di bawah ini:

  • Pertama-tama, pastikan Anda sudah login memakai akun bisnis Google. Buka Google My Business dan masuk pada bagian profil
  • Klik icon 3 titik untuk memilih pengaturan lainnya, icon tersebut bisa Anda temukan pada sudut atas kanan layar
  • Pilih pengaturan atau setting Profil Bisnis.
  • Klik opsi Hapus Profil Bisnis yang tersedia dan lanjutkan tahap-tahapnya

Kalau Anda sudah ikuti cara-cara di atas, maka Anda berarti sudah menutup bisnis Anda di Google Bisnis. Anda nantinya tidak bisa lagi menggunakan maupun memulihkan akun bisnis yang sudah dihapus. Jadi kalau Anda ingin membuka Bisnisku Google lagi, maka harus buat akun yang baru terlebih dahulu.

Kesimpulan

Google Business Profile atau Google My Business adalah salah satu tools atau layanan Google yang diperuntukkan untuk pebisnis. Terdapat berbagai macam fitur-fitur yang bermanfaat untuk bisnis terutama dari segi visibilitas, marketing, dan interaksi. Melakukan pendaftaran pada layanan Google satu ini cukup mudah dan Anda harus detail dalam menginput informasi bisnis.

Sangat penting untuk mengoptimalkan profil bisnis Google baik itu dengan update informasi terbaru maupun upload foto/ video. Meski banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tools ini, tapi semua itu gratis.

Agar bisa membuat profil bisnis tersebut, Anda hanya perlu akun Google saja. Tapi pastikan akun tersebut bukan akun pribadi Anda dan dibuat khusus untuk keperluan profesional bisnis. Sekian pembahasan kali ini seputar Google Bisnisku, dan semoga bermanfaat.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.