Anda bisa menemukan banyak sekali cara yang bisa diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan traffic kunjungan website dan salah satu cara yang paling populer adalah menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization) di website yang Anda kelola.

Agar Anda bisa lebih paham mengenai SEO, cari tahu pengertian SEO maka Anda akan menemukan manfaat, jenisnya, hingga cara kerja yang akan membantu Anda bagaimana SEO bisa bekerja optimal untuk website Anda.

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah strategi atau teknik yang diterapkan untuk mengoptimalkan sebuah website dan membuatnya jadi lebih mudah ditemukan oleh search engine atau mesin pencari pada saat seseorang mencari sebuah situs atau website.

Strategi SEO akan memposisikan website Anda di halaman paling atas dalam hasil pencarian yang relevan dengan keyword yang di input oleh pengguna. Jika website Anda bisa terlihat di halaman teratas dalam mesin pencarian, maka ini akan meningkatkan potensi jumlah pengunjung yang jauh lebih banyak daripada yang tidak menerapkannya.

Fokus dari SEO ini sangat terpusat pada penulisan kata kunci yang dilakukan oleh pengguna. Inilah yang membuat penerapan teknik SEO sangat mendorong potensi yang dimiliki konten Anda, sehingga bisa dengan mudah ditemukan oleh target pasar yang sesuai.

Dengan melakukan penyaringan terhadap kata kunci yang dituju, akan membantu pengguna untuk menemukan konten secara spesifik sesuai kebutuhan. Jika sudah banyak menerima manfaat dari konten tersebut, maka sangat besar kemungkinan pengguna akan kembali ke tempat Anda dan tidak ragu untuk berlangganan agar bisa mengikuti update terbaru dari konten Anda.

Tidak hanya dalam segi manfaat, adanya pengangkatan isu yang sedang tren ke dalam konten juga akan meningkatkan potensi kunjungan. Apalagi jika didukung dengan pembuatan judul yang provokatif dan membuat penasaran atau click bait.

Kenapa SEO Sangat Penting Untuk Sebuah Website?

Apakah manfaat penggunaan SEO bagi pengelola website? Melihat ulasan di atas, Anda tentu sudah tahu bahwa tujuan dari SEO adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam menentukan peringkat banyak website dan akhirnya mampu menampilkan daftar hasil pencarian sesuai dengan keyword yang diinginkan oleh pengguna.

Lalu apa sajakah manfaat lain yang bisa kita rasakan? Berikut ini adalah ulasannya:

1. Memperlancar Traffic

Memanfaatkan strategi SEO dalam website Anda akan membantu meningkatkan traffic dari pengguna secara signifikan sejak di halaman pertama. Sudah semestinya pengguna akan lebih cenderung memilih situs Anda yang ada di urutan teratas dari hasil pencarian. Urutan website juga mengindikasikan bahwa informasi yang ditampilkan adalah yang paling relevan atau yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna lainnya.

2. Target Pasar yang Relevan

Menerapkan SEO dalam website yang Anda kelola akan memberikan manfaat besar berupa tingkat relevansi atau ketepatan target pasar yang semakin tinggi. Mesin pencarian akan memberi arahan pada pengguna terhadap tujuan mereka dengan cara memasukkan kata kunci. Dengan adanya strategi SEO, maka konten dan website Anda akan lebih mudah ditemukan karena sangat sesuai dengan target pasar yang dituju.

3. Website Anda Lebih Dipercaya

Jika website Anda tampil di halaman pertama dan teratas, maka ini sudah menunjukkan kredibilitas website tersebut. Artinya Anda sudah mendapatkan kepercayaan tinggi dari para pengunjung. Hal ini didukung oleh rekomendasi yang dimunculkan oleh mesin pencari. Kata kunci dianggap sangat relevan dengan pengunjung dan memberi informasi yang akurat dan dibutuhkan oleh pengguna.

4. Reputasi Brand Meningkat

Bagi Anda yang bergerak dalam bidang bisnis atau pemasaran produk, maka SEO merupakan cara yang tepat untuk menumbuhkan brand awareness bagi banyak orang. Tentu saja ini bisa memberikan keuntungan yang berkali lipat bagi pebisnis seperti Anda.

Ini adalah hal yang sangat jelas, di mana ketika SEO diterapkan dengan baik, maka akan semakin memudahkan mesin pencari untuk menemukan website Anda. Saat website Anda ada di urutan paling atas maka akan membuat banyak orang baru tertarik dengan brand yang ada di dalam website Anda. Ini adalah langkah promosi yang memiliki peluang sangat besar dalam menarik pelanggan baru dalam jumlah besar.

5. Promosi Terus Menerus

Penggunaan strategi SEO bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan sistem promosi yang berjalan selama 24 jam secara gratis. Lain halnya dengan penggunaan Google Ads yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya lebih banyak untuk bisa menarik minat banyak calon pembeli. Dengan menerapkan SEO, Anda bisa mempromosikan produk dan brand selama 24 jam secara terus menerus selama website Anda masih eksis dan tidak diblokir.

5 Strategi SEO Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

Berikut ini adalah 5 strategi SEO untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung website Anda, mari kita simak ulasan berikut dan akan kami  jelaskan tahapan membuat strategi SEO.

1. Optimalisasi Website untuk Google Mobile First Index

Perkembangan saat ini sudah semakin banyak orang yang menggunakan smartphone dalam keseharian mereka, bahkan bisa dimiliki oleh banyak kalangan mulai dari atas hingga bawah. Di tahun 2018 Google merilis algoritma yang disebut Google Mobile First Index secara resmi.

Google Mobile First Index ini adalah sebuah sistem penilaian yang dimiliki Google untuk menentukan peringkat suatu website untuk penggunaan smartphone. Ini artinya ketika website yang Anda kelola memiliki peringkat yang baik dalam hal akses melalui smartphone, maka Anda bisa menempati peringkat yang tinggi dalam mesin pencarian. Ini akan membantu peningkatan jumlah pengunjung secara signifikan.

Anda bisa melakukan salah satu strategi SEO berikut untuk mengoptimalkan website berkaitan dengan Google Mobile First Index.

  • Menggunakan Java Script, CSS, dan media lain yang bisa membuat interface website terlihat sama ketika diakses menggunakan mobile atau desktop. Ini akan membantu pengguna tetap familiar dengan tampilan yang sudah mereka kenal sehingga memudahkan penggunaan.
  • Mengatur responsive website agar menjaga tampilan web tetap baik saat diakses menggunakan berbagai macam perangkat, termasuk dalam tampilan smartphone/ mobile.
  • Meningkatkan kecepatan loading website.
  • Melakukan pengecekan performa website dalam versi smartphone. Gunakan alat Google mobile Checker dan juga Blisk untuk mempermudah.

2. Tingkatkan Kecepatan Website

Website dengan kecepatan yang tinggi juga menjadi poin yang sangat berpengaruh dalam optimalisasi SEO dan mengangkat jumlah kunjungan website Anda. Melihat dari hasil survei di Google, ada 53% pengguna internet khususnya di Indonesia yang tidak lagi menggunakan website dengan loading rate mencapai lebih dari 3 detik.

Bagi Anda yang ingin cek seberapa cepat loading rate website yang Anda kelola, bisa dicoba menggunakan tools seperti GT Metrix, Insight, dan Pingdom. Anda bisa pilih sesuai preferensi.

3. Buat Konten yang Berkualitas

Kualitas konten tidak diragukan lagi merupakan satu elemen yang paling berpengaruh dalam upaya optimalisasi SEO. Jika Anda memiliki konten dengan kualitas yang tinggi di berbagai aspek, maka akan semakin banyak pengunjung yang tertarik dan betah mengunjungi website Anda.

Bisa dibilang ini merupakan strategi SEO yang paling berdampak. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan sebuah karya atau konten berkualitas tinggi:

  • Menentukan konsep dan tema menarik untuk konten Anda. Pastikan membuat konten dengan tema yang sedang banyak dicari, kalau bisa buat sesuatu yang sedang jadi tren.
  • Menentukan keyword atau kata kunci yang tepat agar konten yang Anda buat bisa ditemukan pengguna dengan mudah.
  • Membuat judul yang mengundang rasa penasaran dan menarik perhatian. Bisa juga menggunakan clickbait agar lebih menarik, namun pastikan konteks dalam konten tidak berbeda jauh agar tidak membuat kecewa pengunjung.
  • Membuat konten engaging,yang artinya menarik pengunjung untuk meninggalkan komentar, tertarik untuk share ke pengguna lain, jadi tidak hanya sekedar menjadi bacaan atau tontonan saja.
  • Jangan ragu masukan link yang terkait, artinya link yang bisa mengarahkan ke konten lain yang relevan dengan topik pembahasan. Cara Ini bisa mengundang banyak pengunjung website untuk membaca konten-konten lain yang sudah Anda buat.

Hal yang perlu dilakukan sebelum menerapkan 5 tips tersebut, Anda perlu belajar dan membaca mengenai tips membuat konten berkualitas tinggi untuk membantu optimalisasi SEO. Dengan membaca banyak pembahasan terkait strategi SEO akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan kerangka berpikir secara lebih lengkap dan dipastikan mampu membuat konten sesuai ekspektasi pasar.

4. Buat Meta Description yang Menarik

Meta Description juga merupakan salah satu elemen yang cukup menentukan agar website Anda lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari. Lalu apakah Meta Description Itu?

Meta Description atau meta deskripsi adalah suatu tag HTML yang isinya merupakan ringkasan penjelasan sebuah halaman atau website. Umumnya deskripsi itu muncul pada bagian bawah URL halaman website yang sedang ditampilkan di hasil pencarian.

Saat pengunjung website mencari dan menemukan meta deskripsi yang sangat menarik, ini akan semakin mendorong mereka untuk masuk ke website Anda. Tidak hanya menarik, Anda juga harus memperhatikan apakah ini sesuai dengan optimalisasi SEO.

Bagaimana cara membuat meta deskripsi yang baik, berikut tipsnya:

  • Keyword harus masuk di dalam susunan meta deskripsi.
  • Sesuaikan jumlah karakter yang Anda gunakan untuk membuat deskripsi.
  • Susun kalimat meta deskripsi yang menarik minat pengunjung.
  • Buat meta deskripsi yang sesuai dengan konten dalam halaman/ website.

Anda mungkin masih belum tahu dengan pasti berapa jumlah dan susunan kata yang tepat untuk membuat meta deskripsi yang menarik minat pengunjung. Supaya bisa menemukan banyak referensi, Anda bisa mencari banyak kata kunci dan mulai membaca deskripsi yang ada di bawah URL agar lebih jelas dan strategi SEO berjalan dengan baik.

5. Evaluasi Kinerja SEO

Kemudian langkah yang paling akhir yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung website adalah dengan melakukan evaluasi kinerja SEO agar semuanya bisa berjalan dengan optimal dalam website Anda. Evaluasi ini harus Anda lakukan secara bertahap dan continue. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan alat Search Console dan Google Analytic.
  • Melakukan cara crawling.
  • Melakukan riset terhadap keyword Anda.
  • Melakukan analisa terhadap performa konten Anda.

Setelah melihat ulasan 4 cara evaluasi di atas, Anda perlu mencari tahu apa itu Search Console dan Google Analytic, serta bagaimana cara kerjanya. Anda bisa sebutkan strategi SEO dan menemukan banyak info mengenai ini dan menemukan penjelasan yang detail.

Bagaimana Cara Optimasi SEO on Page untuk Website Anda?

Apakah SEO On Page? SEO On Page adalah sistem atau strategi SEO yang menggunakan rangkaian praktek yang banyak dilakukan dalam laman website sebagai upaya untuk meningkatkan ranking dan kesinambungan pada hasil pencarian yang didapatkan oleh mesin pencari.

Pada intinya, SEO on Page adalah langkah optimalisasi elemen yang bisa diatur secara langsung pada halaman website, misalnya adalah struktur konten, lalu tag HTML, optimasi gambar, penggunaan kata kunci, dan juga faktor lainnya yang bisa Anda atur.

SEO on Page yang diatur dengan baik akan membantu mesin pencarian mengindeks dan memahami konten Anda secara lebih maksimal. Penggunaan strategi SEO on Page akan membantu website Anda jadi mudah ditemukan di mesin pencarian dan akan semakin meningkatkan jumlah pengunjung.

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda, mari kita simak.

1. Gunakan Permalink (URL) Singkat & Sederhana

Permalink adalah sebuah indikator yang krusial dalam langkah optimasi SEO on Page karena dampaknya cukup terlihat dalam cara kerja mesin pencari dalam menemukan konten yang ada di dalam website Anda. Berikut ini keuntungan optimasi SEO on Page:

  • Mudah dibaca oleh mesin pencari karena permalink susunannya sederhana serta deskriptif sehingga mempermudah mesin pencari menemukan topik konten Anda.
  • Relevan terhadap konten yang artinya permalink memfokuskan kata kunci utama dari konten Anda dan meningkatkan relevansinya dengan halaman website Anda. Halaman dan konten yang menerapkan permalink dengan kata kunci yang relevan akan meningkatkan visibilitas di peringkat mesin pencari.
  • Permalink adalah strategi SEO yang akan memudahkan pengguna dalam menemukan URL yang deskriptif dan memahami konten apa yang ada di dalamnya. Permalink dan panjang dan ambigu akan mengurangi ketertarikan pengunjung.
  • Penyusunan URL yang terorganisir adalah faktor penting dalam SEO on page yang akan memudahkan pengguna menggunakan kata kunci sederhana dalam mesin pencari.
  • Permalink sederhana dan relevan bisa dengan mudah dimanfaatkan untuk penyebaran di sosial media. Ini akan menarik lebih banyak minat karena mudah ditemukan di mesin pencari.

2. Buat dan Gunakan Judul Konten yang Menarik

Berikut ini adalah dampak positif dari pembuatan judul konten yang menarik:

  • Mendorong lebih banyak klik dan meningkatkan traffic di website Anda karena pengunjung akan “terprovokasi” dengan judul yang “mengundang”.
  • Pengunjung akan lebih betah membaca dan berlama-lama di dalam website Anda, apa lagi jika konten dan judulnya sesuai. Ini adalah strategi SEO yang sangat jitu.
  • Pengunjung akan dengan sukarela membagikan link website Anda di sosial media agar bisa dibaca orang lain.
  • SEO yang lebih kuat adalah jaminan yang didapat jika Anda mampu membuat judul yang menarik minat pengunjung. Website Anda akan ada di urutan teratas dan sangat mungkin dikunjungi banyak pengunjung.

3. Tambahkan Gambar dan Optimasi Gambar

Penambahan gambar dan optimasi gambar adalah langkah yang baik, di mana penambahan gambar akan membuat konten Anda jauh lebih menarik dan estetik. Gambar akan menyampaikan pesan yang tak bisa tertuliskan dan konten yang relevan akan mudah tersampaikan ke pengunjung.

Optimasi gambar dilakukan dengan cara mengubah dan mengatur gambar agar pas dengan prinsip dalam strategi SEO.

  • Sesuaikan ukuran dan pixel gambar
  • Pilih gambar yang relevan dengan konteks dan deskriptif
  • Pilih gambar ukuran kecil untuk mempercepat proses muat
  • Memilih gambar dengan teks sebagai pengganti.

4. Buatlah Konten dengan Meletakkan Fokus Keyword di 100 Kata Pertama

Berikut pentingnya meletakan fokus keyword di 100 kata pertama:

  • Meningkatkan relevansi dengan pencarian
  • Memberi sinyal pada mesin pencari agar lebih mudah menemukan website
  • Meninggikan peringkat dalam daftar pencarian
  • Konten yang panjang dan informatif akan memberikan pengalaman yang lebih kepada banyak pengunjung

5. Menggunakan Heading dan Subheading

Berikut ini adalah penggunaan heading dan subheading dalam strategi SEO untuk optimalisasi SEO on Page.

  • Keutamaan informasi ditentukan oleh adanya subheading yang menyebutkan dari inti dan sub-inti.
  • Keyword yang terfokus dalam heading dan subheading akan mempertahankan relevansi konten.
  • Heading dan Subheading akan mempercepat pemahaman pembaca.
  • Bisa digunakan untuk pemindaian cepat akan keseluruhan konten hanya dengan melihat heading dan subheading.
  • Menggunakan Markup HTML untuk membantu mesin pencari menemukan struktur konten dan menentukan peringkat dengan lebih baik.

6. Sisipkan Eksternal Link (Outbound Link)

Apa sajakah pentingnya memasukkan outbound link dalam konten Anda? Berikut ulasannya:

  • Outbound link yang kredibel dan relevan bisa meningkatkan kepercayaan dan otoritas terhadap website anda.
  • Outbound link akan memperkaya sumber bacaan bagi pembaca atau pengunjung Anda.
  • Outbound link akan membantu penghubungan jaringan kepada situs lain yang relevan.
  • Ketika Anda menautkan link sumber yang mendukung pernyataan Anda, maka ini menunjukkan kredibilitas Anda dalam membahas sebuah topik.
  • Anda bisa membantu pembaca Anda menemukan referensi tambahan dengan outbound link tanpa harus mencari secara manual.

7. Menggunakan Internal Link

Berikut ini adalah cara menggunakan internal link sebagai strategi SEO:

  • Mengidentifikasi keyword atau frasa relevan dengan website target dan menggunakannya untuk anchor text bagi internal link.
  • Internal link yang kontennya relevan dengan pembahasan di halaman utama untuk menambah referensi pembaca.
  • Anda gunakan struktur internal link yang menyesuaikan struktur hierarki secara logis di website Anda.

8. Meningkatkan Kecepatan Website

Cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan adalah dengan cara:

  • Optimalisasi gambar
  • Mengurangi ukuran file CSS
  • Memanfaatkan fitur caching
  • Menggunakan Content Delivery Network
  • Update hosting
  • Hilangkan plugin tidak penting
  • Gunakan lazy loading
  • Optimalisasi skrip dan kode
  • Mengurangi redirect

9. Menambahkan Tombol Share ke Sosial Media

Tips menggunakan tombol share di website adalah:

  • Memilih ikon tombol share yang sesuai untuk logo seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya
  • Tempatkan tombol share di tempat yang pas
  • Tombol share bisa berfungsi dengan baik
  • Pastikan menggunakan logo share yang dikenal secara luas
  • Pastikan bahwa tombol share tak akan mengurangi kecepatan loading halaman Anda

10. Buatlah Konten Berkualitas

Tips membuat konten menarik antara lain:

  • Anda harus melakukan riset untuk menentukan target pasar
  • Riset kata kunci
  • Menyusun judul yang sangat menarik minat
  • Memberikan info yang bermanfaat
  • Update konten secara berkala

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya strategi SEO adalah cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan dan berkelanjutan sehingga bisa mengembangkan brand dan bisnis Anda menjadi lebih sukses.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar tentang strategi SEO, silahkan temukan infonya di Omnirank. Langsung saja daftar gratis dan lakukan optimasi website Anda menggunakan service Omnirank. Daftarkan diri Anda sekarang juga.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.