Bagi Anda yang sudah lama terjun dalam dunia Search Engine Optimization (SEO) tentu sudah tidak asing lagi dengan backlink, karena istilah ini sering kali digunakan dalam optimasi mesin pencari. Namun bagi para pemula mungkin istilah backlink masih terdengar asing dan belum begitu paham apa sebenarnya backlink itu. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail terkait apa itu backlink hingga bagaimana cara memanfaatkan backlink sehingga dapat mengoptimalkan website.

Backlink adalah link yang terdapat di suatu website yang mengarah ke website lainnya. Backlink menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam SEO karena dapat meningkatkan kredibilitas dan SEO pada sebuah website.

Apabila dilihat dari prinsip cara kerja SEO Google backlink menjadi metode bagi Google untuk melakukan verifikasi relevansi dan otoritas dari website milik Anda. Hal ini mengindikasikan bahwa backlink merupakan tanda kepercayaan website lain terhadap website milik Anda, sehingga biasanya tautan ini hanya diberikan pada website yang memiliki konten terpercaya.

Dalam memahami backlink juga ada istilah penerima dan pemberi link. Pemberi backlink yaitu Anda yang mencantumkan tautan web orang lain pada website milik Anda. Sebaliknya, penerima backlink yaitu Anda yang mendapatkan link dari pemberi backlink. Memang terdengar sederhana, tetapi backlink memiliki peran yang sangat penting dalam membangun website.

Secara umum, backlink terbagi menjadi dua kategori, yaitu internal backlink dan eksternal backlink. Berikut penjelasannya.

Internal backlink merupakan tautan yang menghubungkan dua web page pada satu domain sehingga pengunjung dapat memperoleh informasi lebih lengkap terkait suatu topik atau konten yang relevan.

Internal backlink ini bertujuan untuk meningkatkan durasi kunjungan pengguna pada suatu domain dan mengoptimalkan traffic pengunjung pada konten tertentu.

Internal link dapat mengurangi bounce rate, yang merupakan metrik yang menunjukkan pengunjung tidak ingin berlama-lama berada di halaman website untuk membaca konten yang ada, sehingga langsung menutupnya.

External Backlink merupakan tautan yang mengarah maupun diterima dari domain atau website lainnya. Tujuan eksternal backlink yaitu untuk menambah sumber dari website lainnya apabila website Anda tidak mempunyai konten yang dapat ditautkan untuk topik pembahasan tertentu.

Selain membantu untuk menyajikan informasi bagi para pengunjung, link eksternal juga dapat mengoptimalkan website lainnya yang dirujuk untuk membangun relevansi dan otoritas pada search engine.

External backlink akan mengalirkan lebih banyak lalu lintas pengunjung pada domain eksternal yang dirujuk secara perlahan.

Backlink dari website otoritatif ternyata menjadi salah satu indikator kredibilitas atau tingkat kepercayaan terhadap website yang menerima backlink. Apabila situs yang berkaitan tersebut menyediakan informasi yang berbobot, maka berkemungkinan besar dapat meningkatkan kepercayaan dan otoritas website bagi pengguna dan mesin pencari.

Adanya backlink sangat membantu pengelola website untuk mengoptimalkan laju lalu lintas pengunjung ke website. Misalnya jika situs X memberikan backlink pada situs B, maka pengunjung yang memiliki ketertarikan pada isi konten dari situs X akan mengikuti tautan yang membuka situs Y. Cara ini tentu dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung pada website atau traffic pengunjung.

Mesin pencari seperti Google akan menempatkan website dengan banyak backlink berkualitas pada peringkat yang lebih tinggi. Dalam hal ini, backlink menjadi rekomendasi dari website lainnya yang mengindikasikan bahwa situs yang diarahkan oleh tautan tersebut merupakan website terpercaya. Hal ini menyebabkan mesin pencari seperti Google akhirnya menganggap bahwa konten pada situs tersebut memiliki nilai yang berkualitas.

Selain itu, backlink dapat meningkatkan otoritas halaman sekaligus otoritas domain sehingga dapat membantu untuk meningkatkan reputasi website yang dimiliki. Semakin baik otoritas domain dan halaman, maka semakin baik pula reputasi website yang dikelola.

Meskipun demikian, menyisipkan backlink terlalu banyak juga bukan cara yang baik untuk membangun reputasi website. Pasalnya, backlink yang terlalu banyak akan dianggap sebagai spam oleh mesin pencari. Jadi backlink tersebut perlu dibuat mengalir dalam konten sehingga tidak terkesan sebagai spam.

Search engine melalui cara kerja dengan crawling secara berkala pada setiap website. Apabila suatu website mempunyai kualitas outbound link yang bagus indeks dan proses crawling tentunya akan lebih cepat.

Hasil crawling tersebut kemudian yang menjadi indeks bagi mesin pencari sehingga jika proses indeks semakin baik maka semakin mudah pula user untuk mengidentifikasi website tersebut.

Ternyata backlink juga merupakan strategi marketing dan kemitraan yang cukup efektif, apalagi untuk external backlink. Misalnya jika situs A memberikan backlink pada situs B maka hal tersebut menjadi suatu kolaborasi atau dukungan bisnis yang saling menguntungkan keduanya.

Apabila semua manfaat tersebut didapatkan, maka besar kemungkinannya suatu website dapat tampil di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Artinya, backlink memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap SEO website.

Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis backlink. Berikut pembahasannya.

Backlink do-follow merupakan contoh backlink yang umumnya digunakan saat ini. Seperti halnya namanya, apabila pada satu konten mempunyai tautan dengan tipe backlink do-follow, artinya website pemberi backlink tersebut akan mengikuti link secara langsung.

Cara ini memiliki pengaruh yang sangat besar terutama saat search engine melakukan indexing. Dengan contoh backlink do-follow, search anime index konten utama dan juga konten backlink terkait.

Ada beberapa manfaat dari penggunaan backlink do-follow.

Membangun Direktori Langsung

Membangun backlink yang berkualitas maka secara otomatis akan membuat direktori langsung pada website buatan Anda. Apalagi dengan bantuan sumber data internet yang semakin berkembang.

Link building tersebut akan mengarahkan audience untuk menuju website Anda secara langsung sehingga backlink ini sangat baik untuk SEO.

Menaikkan Traffic

Backlink do-follow juga dapat meningkatkan traffic pengunjung dengan efektif dan cepat. Hal ini terjadi karena link tersebut sifatnya default dan terindeks secara langsung oleh mesin pencari.

Proses Indeks Lebih Cepat

Banyak orang menggunakan backlink tipe ini karena dapat mempercepat proses index oleh search engine. Kecepatan indeks tersebut sangat berpengaruh dengan kemudahan website ditemukan oleh audiens.

Mengoptimalkan Kredibilitas Website

Manfaat lainnya dari backlink do-follow yaitu dapat mengoptimalkan kredibilitas website, misalnya dengan memberikan tautan sumber dari beberapa artikel yang Anda buat sehingga pengunjung akan mengikuti tautan tersebut. Jika klik semakin banyak maka hubungan antar website lebih berkualitas.

Link no-follow adalah tipe link yang tidak akan terindeks oleh search engine, sehingga merupakan kebalikan dari do-follow.

Umumnya hal ini berfungsi untuk menyelaraskan penggunaan backlink karena penggunaan backlink do-follow yang terlalu banyak dapat membuat search engine menganggap itu sebagai spam.

Adapun beberapa manfaat backlink no-follow antara lain sebagai berikut.

Brand Awareness

Backlink ini dapat meningkatkan kekuatan brand terutama apabila brand Anda memiliki keterkaitan dengan brand lainnya yang sudah populer.

Backlink do-follow memang dapat dengan cepat meningkatkan peringkat website, tetapi umumnya search engine lebih menyukai pencarian manual dibandingkan dengan mengandalkan dofollow. Untuk itu, backlink no-follow hadir untuk membuat backlink lebih natural sehingga menjadi nilai plus website.

Mengurangi Spam

Hal paling penting yaitu bahwa backlink no-follow dapat mengurangi spam pada website yang berkemungkinan dapat menurunkan kualitas website tersebut. Umumnya backlink ini digunakan untuk link komentar, link afiliasi, link ke situs yang tidak terpercaya dan lain sebagainya.

Backlink memiliki fungsi yang sangat penting sehingga perlu dioptimalkan dengan baik. Backlink yang berkualitas mampu mengarahkan audiens untuk mengikuti tautan yang tertera secara natural.

Namun sebelum membuat backlink berkualitas sekaligus link building, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan website sudah siap.

Ada beberapa kriteria website yang siap untuk backlink di antaranya sebagai berikut.

  • SEO Onpage yang optimal
  • Memiliki konten yang substantif
  • Arsitektur web yang kuat

Adapun backlink yang diterima dari website lainnya nantinya akan bekerja seperti mendapatkan dukungan kepercayaan. Ketika sudah memperoleh kepercayaan dari banyak website, kemudian Anda perlu fokus ketika mengumpulkan backlink.

Pada dasarnya, situs tanpa backlink yang mengarahkan pada situs tersebut hampir mustahil untuk dapat menduduki peringkat atas pada search engine. Di sisi lain, website juga akan mendapat kesulitan untuk memperoleh traffic organik, eksposur dan lain sebagainya jika tidak relevan.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk membuat backlink berkualitas dan mendapatkan backlink dari website lain? Apa saja hal yang perlu dilakukan supaya website lain berkenan untuk menyertakan link website milik Anda?

Berikut cara membuat backlink dengan memperhatikan berbagai aspek.

1. Buat Konten yang Menarik

Untuk membuat backlink yang berkualitas tentunya butuh konten yang berkualitas pula. Jika meninjau search engine secara umum, konten menjadi hal yang paling penting untuk ditinjau. Konten merupakan cara efektif untuk meningkatkan strategi SEO yang dibuat. Dengan mengutamakan konten yang berkualitas maka dapat memberikan sajian terbaik untuk audiens.

2. Tulis Guest Post untuk Website Lain

Guest post atau postingan tamu pada blog lain menjadi cara efektif untuk memperoleh backlink ke website Anda. Anda perlu mempublikasikan konten pada website lain karena hal ini dapat membuat otoritas seputar topik meningkat dan menjangkau lebih banyak audience.

Umumnya, postingan tamu dilakukan oleh dua company yang memiliki bidang bisnis yang serupa dan saling menjalin relasi. Kemudian keduanya bertukar konten yang memberikan edukasi terhadap pembaca dengan masing-masing keahlian. Anda akan mendapatkan keuntungan apabila memberikan kesempatan kepada pihak luar untuk menjadi bagian dari author di website Anda.

3. Pasang Iklan di Blog Lain

Cara lainnya untuk memperoleh backlink yaitu dengan Anda membuat iklan di website lain. Namun ada persyaratan iklan tersendiri yang perlu dipenuhi sebelum Anda mempostingnya di blog lain.

Iklan tersebut harus ada unsur komersial, misalnya mengunggulkan fitur dan produk yang menarik. Jadi ini berbeda dengan guest post yang cenderung bersifat edukatif dan informatif.

Iklan juga perlu dalam bentuk konten yang berbayar sehingga konten dan website Anda dapat ditampilkan pada search engine.

4. Berikan Komentar di Berbagai Blog dan Forum

Anda juga perlu memberikan komentar di forum atau blog lainnya untuk memperoleh backlink dengan cepat. Banyak forum atau blog yang menyediakan kolom komentar sehingga hal ini dapat Anda gunakan sebagai peluang besar.

Meskipun demikian, ada juga komentar yang dapat muncul jika pemilik website telah menyetujuinya supaya mencegah terjadinya komentar spam. Jadi usahakan untuk memberikan komentar yang relevan dengan topik konten pada halaman website.

5. Aktiflah di Sosial Media

Anda dapat mempromosikan konten website melalui sosial media dengan membagikan konten tersebut. Cara ini memungkinkan orang lain untuk mengunjungi website Anda jika konten yang tersedia relevan dengan minat mereka.

Untuk mendapatkan backlink, ada beberapa tools terbaik yang dapat Anda gunakan yaitu sebagai berikut.

1. Ahrefs

Tool ini cukup populer karena memiliki fitur yang lengkap untuk link building sehingga Anda lebih mudah memperoleh informasi seputar profil link website yang memudahkan Anda untuk memperoleh backlink.

Ahrefs memudahkan Anda untuk melihat jumlah domain unik yang mengarah pada website Anda, perkiraan traffic organik dan backlink yang diperoleh hilang.

2. Google Alerts

Google Alerts merupakan tool yang dapat mendeteksi konten, istilah dan kata yang biasanya diketik oleh para pengguna internet, kemudian mengirimkan notifikasi ketika terdapat topik terkait.

Misalnya ada suatu website yang menyebut nama brand Anda pada sosial medianya tetapi sebenarnya sebutan tersebut tidak tertuju pada halaman Anda. Hal ini tentu menjadi peluang bagus bagi Anda untuk menghubungi pengelola website tersebut sehingga dapat menaruh link pada halaman website Anda.

3. Pitchbox

Tool yang satu ini pada dasarnya bukanlah tool khusus untuk memperoleh backlink. Namun, Pitchbox dapat membuat rencana dan pengiriman email otomatis sehingga Anda dapat melakukan negosiasi dengan berbagai website sekaligus. Artinya Anda dapat membangun relasi dengan beberapa website dan tahu mana website yang sekiranya tertarik untuk menggunakan konten Anda atau bertukar konten.

Meskipun backlink memiliki nilai penting dalam strategi SEO, penting untuk diingat bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas. Backlink yang berasal dari situs-situs otoritatif dan terkait dengan topik website Anda lebih berharga daripada backlink yang bersifat spam atau rendah kualitas. Selain itu, penggunaan taktik manipulatif untuk membangun backlink dapat berakibat buruk pada peringkat SEO dan reputasi website Anda.

Itulah pentingnya mengetahui apa itu backlink, jenis dan kegunaanya cara membuatnya. Anda bisa mengoptimasi SEO website untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda dengan memanfaatkan layanan SEO di Omnirank. Segera bergabung dan daftar gratis untuk mendapatkan lebih banyak layanan service Omnirank terlengkap.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.