Tips sukses digital marketing untuk bisnis B2B adalah dengan membangun positioning brand website Anda menjadi kuat di dunia digital. Tidak semua bisnis cocok untuk bisa di iklan seperti di Facebook Ads / Instagram Ads. Contohnya Anda adalah supplier bubuk krimer, maka akan kurang cocok target marketnya jika di iklan di Social Media dimana rata-rata adalah end user. Oleh karena itu, optimasi digital marketing B2B diperlukan disini.
Daftar Isi
Apa Itu B2B Digital Marketing?
B2B (business to business) digital marketing merujuk pada sebuah market dimana pebisnis adalah yang membeli barang dan jasa dari pebisnis lainnya. Pebisnis lainnya membutuhkan apa yang Anda miliki agar mereka dapat menyelesaikan produk jadi mereka (contohnya: Toyota) atau untuk meningkatkan dan maintain operasi bisnis mereka.
Sedangkan B2C yaitu merujuk pada market dimana konsumen akhir adalah pembeli dari sebuah perusahaan, Jika yang menjadi target konsumen dari B2B adalah pebisnis lain, maka B2C yang menjadi targetnya adalah konsumen atau pun individu tersebut.
Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih luas, karena kegiatan tersebut dilakukan menggunakan media digital seperti sosial media, website, blog, dan email. Tentunya dengan banyaknya orang yang mengetahui tentang produk kita maka akan memberikan peluang untuk mendapatkan pelanggan.
Sebuah brand yang menjual produk dan sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan maka bisnis yang dijalani juga akan semakin bertumbuh, dengan begitu persaingan dalam dunia bisnis akan terus terjadi. Banyak brand atau bahkan suatu perusahaan yang saling bersaing dalam membuat sebuah konten pemasaran di media sosial.
Teknik pemasaran yang biasa digunakan adalah SEO (Search Engine Optimization), Google Ads, Facebook Ads, iklan pada Youtube dan televisi, radio, email marketing, dan lain-lain. Dengan adanya media-media yang digunakan tersebut maka akan banyak menarik pelanggan dalam jangkauan yang lebih luas. Bagaimana, cukup mendapatkan gambaran mengenai tugas digital marketing ini bukan dan berikutnya kita akan bahas seputar strategi pemasaran digital ini.
Tips Sukses Digital Marketing untuk Bisnis B2B
Setelah mengetahui apa itu digital marketing, selanjutnya kita akan membahas strategi dalam pemasaran digital untuk B2B. Sebuah konsep transaksi yang dilakukan antara pebisnis satu dengan pebisnis lainnya atau yang disebut juga dengan business to business (B2B) merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang harus dipersiapkan konsepnya dengan matang.
Alasannya karena klien menggunakan mesin pencarian untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi jadi sangat penting bagi Anda mempersiapkan segala konsepnya dengan baik. Di bawah ini akan dibahas tentang strategi digital marketing untuk B2B :
1. Membuat Website SEO Friendly
Strategi pemasaran digital yang pertama yaitu membuat website menjadi hal penting yang harus Anda punya untuk memperkenalkan produk-produk pada brand Anda, selain itu website yang efektif dan juga menarik dapat membuat pengunjung memutuskan untuk membeli produk Anda. Yang perlu dilakukan untuk membangun website B2B :
- Untuk dapat melacak feedback yang diberikan oleh pengunjung terhadap website Anda maka gunakan tools khusus
- Melakukan optimasi pada user experience (UX) pada website Anda
- Tools analytic seperti Funnels, Google Analytics, dan juga tools sejenisnya agar bisa dimanfaatkan dengan baik
- Agar dapat menunjang content marketing website, Anda bisa melakukan review tools terbaru
2. Gunakan Email Marketing
Dengan menggunakan email marketing maka potensi keberhasilan bagi bisnis Anda cukup tinggi, karena walaupun teknik email marketing ini sudah biasa digunakan dalam digital marketing, nyatanya juga memberikan peluang besar dalam pemasaran suatu produk.
Dengan mereka mendaftarkan emailnya secara sukarela pada website, sudah jelas menandakan bahwa mereka tertarik dengan produk Anda dan selalu menunggu tawaran menarik ataupun konten yang Anda sediakan. Dengan begitu manfaat email marketing sudah bisa Anda rasakan.
3. Manfaatkan Content Marketing
Tujuan dengan adanya content marketing adalah agar konsumen yang merupakan target pasar bisa dengan mudah memahami apa pun yang Anda tawarkan, baik itu berupa produk ataupun layanan. Untuk dapat menggunakan konten marketing, Anda perlu mengetahui beberapa cara berikut :
- Chanel primer ataupun sekunder yang akan Anda gunakan sebagai media konten marketing harus Anda tetapkan terlebih dahulu
- Anda juga perlu menggunakan jasa dari influencer, maupun iklan sebagai jasa digital marketing
- Membuat pembelajaran kasus business to business
- Adanya blog pendukung
4. Terapkan Search Engine Optimization (SEO)
Seperti yang Anda tahu bahwa SEO adalah teknik digital marketing yang ampuh digunakan untuk meningkatkan ranking website sehingga dapat menempati urutan teratas pada mesin pencarian. Walaupun untuk menjalankannya pasti membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan dan juga kesabaran yang lebih untuk dapat menikmati hasilnya.
Teknik digital marketing berupa SEO pada website jika sudah digunakan akan menjadi investasi dalam jangka panjang, karena pengguna akan dengan mudah menemukan website Anda yang berarti potensi penghasilan konversi juga akan besar.
5. Pasang Iklan Berbayar
Memasang iklan secara berbayar juga dapat meningkatkan potensi keberhasilan dalam digital marketing, karena dengan memasang iklan maka orang-orang akan mengetahui brand dan juga produk yang Anda jual dengan mudah.
Jangan lupa untuk membuat iklan yang menarik sehingga mampu membuat calon klien tertarik untuk membuka iklan tersebut, agar tidak membuat calon klien merasa bosan dengan iklan-iklan yang Anda tampilkan maka gantilah materi iklan yang mempunyai masa edar 3-4 minggu.
Selain itu juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, namun tetap gunakan periklanan yang sesuai dan cocok dengan segmentasi pasar Anda. Contohnya menggunakan layanan Google Ads dan Anda bisa memberikan tarif pada setiap klik advertising.
6. Tentukan Target Klien
Hal pertama yang harus Anda lakukan pada digital marketing yaitu menentukan target klien untuk produk ataupun jasa, tujuannya agar waktu dan tenaga yang Anda keluarkan tidak menjadi sia-sia hanya karena salah memilih target klien.
Untuk menentukan target klien pada B2B sendiri cenderung lebih mudah dilakukan karena ruang lingkupnya kecil. Berbeda dengan B2C yang mempunyai ruang lingkup yang luas sehingga mengalami sedikit kesulitan dalam menentukan target klien.
Satu hal yang Anda lakukan sebelum melakukan digital marketing sebuah produk ataupun layanan jasa kepada pebisnis lain yaitu membuat daftar klien yang akan menjadi target, bisa dilakukan dengan membuka company profile pada website atau menghubungi mereka dan menanyakan kebutuhan untuk sebuah permasalahan yang sedang dihadapi.
7. Bangun Hubungan Jangka Panjang dengan Klien
Dengan adanya bisnis B2B maka siklus yang dilakukan antara Anda dan klien berada pada jangka panjang, biasanya sebelum klien memutuskan untuk membuat transaksi bersama Anda, klien terlebih dahulu mempertimbangkan proses maupun keuntungan dan juga biaya yang dikeluarkannya.
Oleh sebab itu, Anda harus menjalin hubungan baik dengan klien misalnya dengan adanya komunikasi personal dengan calon klien, maka dapat menimbulkan rasa percaya terhadap Anda dan akhirnya menjalin hubungan bisnis dengan Anda.
Untuk menjalin komunikasi personal bisa dengan memanfaatkan “customer support” yang nantinya akan membantu klien untuk mendapatkan informasi tentang bisnis Anda. Bisa dilakukan melalui telepon, media chating, ataupun bertemu dengan klien secara langsung.
Adanya customer support yang baik, klien akan merasa senang saat bekerja sama dan akan timbul rasa percaya terhadap produk ataupun layanan Anda.
8. Prioritaskan Kepuasan Klien
Klien yang merasa puas dengan produk atau jasa tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi Anda selaku pebisnis, maka buat mereka menjadi lebih puas sehingga akan menjadi pelanggan setia bagi produk atau jasa Anda. Dengan begitu strategi marketing digital Anda dinilai berhasil.
Kepuasan klien dapat diketahui melalui “Customer Journey” yang merupakan siklus perjalanan dari klien yang dimulai pada saat mereka mengenal produk hingga sampai pada klien yang loyal terhadap bisnis Anda. Berikut adalah 5 fase yang harus dilakukan :
a. Fase Pre-Triger
Fase pertama adalah fase yang di mana Anda melakukan pengenalan produk terhadap calon klien, misalnya melakukan pemasaran digital dengan menggunakan website ataupun media sosial lainnya.
b. Triger dan Consideration
Pada fase ini Anda bisa melakukan beberapa hal untuk dapat mempengaruhi calon klien agar tertarik untuk membeli produk atau jasa Anda, misalnya pemberian testimoni, free trial, ataupun dengan memberikan harga promo.
c. Purchasing
Setelah kedua fase tersebut berhasil dilakukan, maka selanjutnya klien akan melakukan pembelian pada produk atau jasa yang Anda tawarkan.
d. Experience
Setelah klien berhasil membeli produk bukan berarti Anda dapat menghentikan strategi pemasaran digitalnya, namun Anda bisa memastikan bahwa mereka akan membeli produk Anda kembali. Untuk fase experience ini, Anda bisa meminta klien untuk menuliskan pengalaman belanja produk Anda agar strategi bisnis Anda bisa lebih dimaksimalkan kembali.
Caranya adalah dengan melakukan penawaran promo pada produk-produk yang dikirim melalui email marketing, bisa juga dengan membuat konten yang dapat menumbuhkan kepercayaan mereka agar tetap menggunakan produk atau jasa Anda.
e. Royalty
Dengan memaksimalkan strategi yang ada pada fase experience di atas, maka harapannya adalah klien dapat bersikap loyal terhadap setiap produk atau jasa yang Anda tawarkan.
9. Buat Blog
Salah satu yang menjadi teknik efektif dalam content marketing untuk menarik banyak dari calon klien adalah blogging. Selain itu blog juga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dari calon klien bahwa sebuah bisnis yang Anda jalankan memang sesuai dengan keahlian Anda.
Konten-konten yang ada pada blog Anda disesuaikan dengan niche bisnis, blog yang Anda buat bisa dimasukkan ke dalam website atau media sosial. Berikut akan dijelaskan juga mengenai beberapa kelebihan dari digital marketing ini khususnya terhadap bisnis.
Kecepatan Penyebaran
Dengan melakukan pemasaran secara digital maka segala informasi produk dari suatu brand akan cepat tersebar kepada para pengguna media sosial sehingga menjadi peluang bagi para pebisnis dalam pengembangan usahanya.
Kemudahan Tracking dan Evaluasi
Kegiatan pemasaran yang dilakukan menggunakan media daring akan memudahkan pebisnis dalam mengetahui informasi-informasi seperti seberapa banyak orang yang melihat produk dan juga tertarik dengan produk yang dijual serta informasi-informasi lainnya.
Sehingga dari informasi tersebut Anda bisa mengetahui respon dari para pengguna tentang produk Anda, dan bisa dilakukan evaluasi jika iklan tersebut kurang disukai oleh pelanggan.
Jangkauan Lebih Luas
Jika biasanya memasarkan produk menggunakan media cetak seperti brosur maka kemungkinan produk Anda tersebar secara luas memiliki peluang yang kecil, sedangkan jika memasarkan menggunakan digital marketing maka jangkauannya akan luas bahkan bisa sampai ke seluruh dunia hanya dengan memanfaatkan internet.
Murah dan Efektif
Saat menggunakan pemasaran tradisional maka Anda harus mencetak brosur dan menyebarkannya kepada pelanggan yang pastinya akan memakan biaya yang tidak sedikit, belum lagi jika brosur tersebut tidak terdistribusi dengan baik maka hanya akan membuang biaya.
Sedangkan jika menggunakan pemasaran digital lebih murah dan juga efektif, baik dari segi biaya maupun waktu. Terbukti bahwa digital marketing sekarang ini sudah banyak digunakan dalam pemasaran berbagai produk mulai dari makanan sampai fashion.
10. Membangun Branding yang Kuat di Digital
Melakukan banding dengan menggunakan pemasaran digital juga sangat membantu produk Anda dikenal oleh banyak orang, karena cenderung orang akan mencari tentang sebuah brand terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk.
Contoh digital marketing saat ini masih belum banyak sehingga bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuat digital marketing yang sukses. Berikut merupakan contoh dari digital marketing yang sudah sukses saat ini :
Netflix
Sebuah platform streaming yang sudah banyak digunakan bahkan oleh public figure, platform tersebut berasal dari Amerika Serikat. Walaupun angka berlangganannya cukup mahal dari kompetitornya yang lain seperti Disney Plus, dan Catchplay, namun pengalaman berbeda yang ditawarkan oleh platform inilah yang membuatnya mempunyai banyak penonton sehingga mampu menjadi digital marketing yang sukses.
Di samping itu juga, momen rilisnya platform tersebut yaitu pada saat pandemi di saat semua bioskop terpaksa harus tutup karena tidak diperbolehkan adanya kerumunan maka Netflix hadir sebagai sajian yang berkualitas dan juga film-film yang ditawarkan juga beragam mulai dari film luar negeri sampai dalam negeri.
Gojek
Gojek adalah sebuah aplikasi yang menawarkan transportasi secara online, saat Anda ingin bepergian ke suatu tempat dengan mudah yaitu cukup dengan memesan jasa transportasi motor ataupun mobil maka mereka akan sampai ke tempat Anda dan mengantarkan menuju tempat tujuan.
Selain itu sekarang gojek juga sudah merambah pada sektor pemesanan dan juga pengiriman makanan, minuman, hingga barang belanjaan.
Tokopedia
Salah satu e-commerce yang menjadi primadona di Indonesia adalah Tokopedia, mereka menawarkan berbagai macam kebutuhan dan juga dengan promo-promo menarik yang membuat penggunanya merasa nyaman menggunakan aplikasi tersebut.
Dengan adanya e-commerce selain dari pelanggan yang dimudahkan dalam berbelanja, para penjual juga dimudahkan karena tidak perlu menyewa toko untuk menjual produknya. Yang terpenting dalam pengembangan digital marketing yaitu mampu memahami keinginan pasar.
By.U
Contoh pemasaran digital yang sukses selanjutnya adalah By.U yang merupakan operator telepon seluler yang juga mempunyai banyak pelanggan. Selain itu By.U juga mampu menjadi pelopor kemudahan bagi Anda yang ingin membeli nomor baru.
Jaringan yang mereka gunakan adalah Telkomsel yang juga terkenal bagus dan lancar sehingga sangat memahami kebutuhan dan keinginan para pelanggan terutama anak muda, harga paket internet yang ditawarkan pun juga sangat terjangkau.
Digital marketing memang sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis B2B Anda di dunia digital, Anda bisa konsultasi strategi digital marketing B2B perusahaan Anda bersama Omnirank, pakar kami yang berpengalaman siap mengembangkan bisnis B2B Anda di Google.