Tips Melakukan Promosi Online di Bulan Ramadhan adalah dengan mulai seminggu terlebih dahulu sebelum Hari Raya Ramadhan, buat konten video untuk Facebook, IG Reels, Tiktok, fokus di mobile customer dan buat promo diskon Ramadhan agar menarik untuk existing customer dan new customer.
Seperti yang sudah diketahui jika perkembangan teknologi saat ini tidak terelakkan lagi. Semua bidang yang ada berlomba-lomba menggunakan teknologi seperti jaringan internet. Salah satu bidang tersebut tak lain adalah bidang pemasaran.
Dengan kemudahan yang diberikan teknologi saat ini dalam hal promosi dan pemasaran, tak heran banyak orang memilih melakukan pemasaran secara digital atau online. Langkah menggunakan media promosi online menjadi salah satu solusi yang paling efektif dan efisien saat ini. Terlebih lagi jika pemasaran dilakukan pada hari raya seperti di bulan suci Ramadhan.
Cara Membuat Konten Promosi Ramadhan yang Menarik
Supaya promosi yang Anda buat pada media online mampu menarik minat banyak orang hingga mampu mempengaruhi keputusan dalam membeli setiap orang, maka Anda perlu membuat konten yang baik dan juga menarik. Untuk itu, memahami tips membuat media promosi online yang menarik menjadi salah satu langkah penting yang harus diperhatikan.
1. Observasi konten kompetitor bisnis Anda
Supaya pemasaran online yang Anda lakukan dapat berjalan lancar dan sesuai yang Anda inginkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengobservasi pasar serta kompetitor bisnis Anda. Dengan memahami pasar serta kompetitor bisnis yang Anda miliki, Anda dapat menentukan strategi yang tepat dalam melakukan promosi online.
2. Promosikan melalui sosial media
Dewasa ini, pengguna media sosial terbilang sangatlah banyak dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Dengan mempromosikan brand, merek, produk dan jasa dalam bisnis dan usaha Anda melalui media sosial, peluang bisnis yang Anda lakukan akan sukses tentu akan semakin tinggi.
3. Kenali target market yang hendak dituju
Sebagai seorang pebisnis, tentu penting bagi Anda untuk mengenali target pasar yang hendak bisnis dan usaha Anda tuju. Dengan mengenali para calon pelanggan dan konsumen potensial untuk bisnis dan usaha Anda, Anda dapat dengan mudah membuat konten melalui media promosi online yang menarik sesuai dengan target pasar yang sudah Anda tentukan.
4. Gunakan momen dan sentuhan Ramadhan sebagai bahan promosi
Melakukan promosi saat hari raya seperti di bulan Ramadhan dapat Anda manfaatkan untuk menarik minat target pasar Anda. Dengan sentuhan Ramadhan dalam setiap promosi dan pemasaran yang Anda lakukan bisa jadi akan mampu memikat calon pelanggan dan konsumen yang Anda miliki.
5. Pakai Canva / Freepik untuk Membuat Konten
Anda dapat memakai Canva atau Freepik untuk membuat konten Ramadhan secara mudah dan gratis. Tersedia banyak template yang tinggal Anda ganti dengan konten promosi Anda.
Waktu Terbaik untuk Promosi di Bulan Ramadhan
Selain menggunakan strategi dengan membuat konten promosi yang menarik, contoh media promosi online paling jitu adalah dengan memanfaatkan momen-momen tertentu. Apalagi jika Anda melakukan promosi atau pemasaran bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Terdapat beberapa momen terbaik selama bulan Ramadhan yang bisa Anda jadikan waktu yang tepat untuk berpromosi.
1. Momen saat sahur
Saat menyantap sahur, sudah pasti orang yang menjalankan ibadah puasa akan terjaga. Saat atau setelah santap sahur, biasanya banyak orang yang akan memegang gadgetnya masing-masing. Promosi saat santap sahur bisa menjadi momen tepat yang bisa Anda pakai untuk promosi.
2. Momen saat istirahat kerja di siang hari
Untuk orang bekerja kantoran, pada umumnya akan beristirahat saat hari sudah menjelang siang. Anda bisa memanfaatkan waktu orang beristirahat di siang hari sebagai langkah yang tepat untuk promosi. Apalagi saat bulan Ramadhan, orang yang menjalankan ibadah puasa dan beristirahat saat siang hari sebagian besar biasanya akan menghabiskan waktu istirahat untuk bermain ponsel.
3. Momen saat berbuka puasa
Momen selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan untuk promosi menggunakan media promosi online saat bulan Ramadhan adalah momen saat berbuka puasa. Seperti saat sahur, tak jarang orang yang langsung membuka handphone selepas menyantap menu berbuka puasa dan menjalankan ibadah shalat Maghrib.
4. Momen ketika hendak beristirahat atau tidur malam
Pada malam hari, tepat sebelum beristirahat atau tidur, ponsel atau gawai biasanya menjadi teman setia pengiring sebelum beristirahat. Momen ini bisa juga Anda gunakan sebagai waktu untuk promosi produk dan jasa pada bisnis Anda guna menarik minat beli dari banyak orang.
Tips Sukses Melakukan Promosi Online di Bulan Ramadhan
Jika Anda hendak meningkatkan kesuksesan dalam pemasaran dan promosi secara online, momen hari raya seperti bulan Ramadhan bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk Anda pilih. Supaya dapat meningkatkan keberhasilan dalam hal promosi secara online di bulan Ramadhan, Anda dapat mengikuti beberapa tips sukses yang ada berikut ini.
1. Mulai Seminggu Sebelum Ramadhan
Promosi online adalah salah satu promosi secara digital dengan tingkat kesuksesan yang relatif tinggi. Untuk meningkatkan keberhasilan promosi Anda, pastikan Anda memulai promosi secara online lebih awal, tepatnya mungkin seminggu sebelum bulan Ramadhan. Hal ini membuat Anda lebih unggul dari pesaing bisnis Anda yang lain.
Selain lebih unggul dari pesaing dan kompetitor pada bisnis di bidang yang sama, memulai kampanye terlebih dahulu juga dapat meningkatkan minat dan ketertarikan pelanggan dan konsumen potensial Anda. Bisa saja dengan memulai promosi lebih awal akan mempengaruhi keputusan pelanggan dan konsumen dalam membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
2. Buat Konten yang Berhubungan dengan Bulan Ramadhan
Selain itu, isi konten promosi yang Anda buat dengan sentuhan dan nuansa yang erat kaitannya dengan momen bulan Ramadhan. Hal ini dapat membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel dan dipercaya di mata masyarakat, berkat unsur dan nuansa Ramadhan yang Anda selipkan
Ada banyak sekali ide kreatif untuk konten promosi yang bisa Anda terapkan selama bulan Ramadhan. Misalnya saja memberikan ide-ide tentang menu untuk sahur maupun berbuka puasa dalam konten di media promosi online. Atau Anda juga bisa memberikan tips yang berguna selama bulan Ramadhan seperti cara agar tetap produktif saat berpuasa di bulan suci Ramadhan.
3. Gunakan Konten Berupa Video
Media promosi online adalah salah satu bentuk pemasaran menggunakan teknologi digital, salah satunya adalah penggunaan video. Penggunaan video sebagai bagian dari konten promosi bisa meningkatkan kesuksesan Anda dalam pemasaran produk dan jasa yang ditawarkan.
Menggunakan video sebagai media promosi online juga dinilai menjadi salah satu pilihan tepat guna menarik minat dari para pelanggan dan konsumen potensial. Melalui video, produk dan jasa yang Anda tawarkan juga dapat dipahami dan dimengerti dengan jelas oleh banyak orang, terutama calon konsumen potensial pada bisnis Anda.
Dilansir video yang diunggah oleh Google Insights Indonesia, pengguna Youtube di Indonesia meningkat 50% di Ramadhan 2017.
4. Maksimalkan Promosi Untuk Perangkat Mobile
Seperti yang sudah diketahui, Sebagian besar dan kebanyakan orang mengakses jaringan internet melalui perangkat mobile atau ponsel yang dimiliki. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan promosi akan produk dan jasa yang Anda tawarkan melalui perangkat mobile atau ponsel.
Jika para pelanggan dan konsumen potensial Anda dapat dengan mudah mengakses konten promosi yang Anda sampaikan, ada kemungkinan para pelanggan dan konsumen akan tertarik menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan. Hal ini juga membuat media promosi online yang Anda gunakan dapat sukses dan berjalan lancar seperti yang Anda inginkan.
5. Buat Promo atau Diskon Hari Raya Ramadhan
Supaya promosi dan media promosi online yang Anda lakukan mampu menarik minat banyak orang, terutama pelanggan dan konsumen potensial, Anda bisa menggunakan promosi atau diskon hari raya seperti promo dan diskon Ramadhan. Dengan begitu, akan banyak orang yang akan tertarik dengan promosi yang Anda lakukan.
Perbedaan Media Promosi Offline Dan Online
Jika dilihat berdasarkan jenisnya, terdapat dua macam media promosi, yaitu media promosi offline dan media promosi online. Media pemasaran offline adalah sarana pemasaran tanpa memanfaatkan internet teknologi digital yang ada seperti contohnya promosi melalui media cetak, brosur dan lain sebagainya. Sedangkan media pemasaran online cenderung menggunakan internet dalam hal pemasarannya.
Bisa dikatakan sangat mudah untuk jelaskan perbedaan antara media promosi secara offline dan online. Ada beberapa perbedaan mendasar antara media pemasaran offline dan media pemasaran online seperti yang dapat Anda simak dalam pembahasan di bawah ini.
1. Berdasarkan modal yang dibutuhkan
Jika dilihat dari modalnya, media pemasaran offline cenderung memakan biaya yang cukup besar daripada media pemasaran online. Misalnya saja Anda mencetak ratusan pamflet atau brosur sebagai media pemasaran online. Biaya cetaknya sendiri sudah pasti lumayan besar, berbeda dengan pemasaran online yang cenderung tidak membutuhkan modal dari segi pemasaran.
2. Berdasarkan lingkup pasar yang dituju
Berdasarkan lingkup pasar yang dituju juga terdapat perbedaan yang cukup mendasar. Jika Anda menggunakan media pemasaran offline, lingkup pasar yang terjangkau hanya sebatas wilayah tempat dimana Anda menyebarkan media promosi tersebut. Namun jika Anda menggunakan media pemasaran online, lingkup pasar akan semakin luas bahkan hingga tembus pasar internasional.
3. Berdasarkan efektivitas dan efisiensi
Media promosi online dinilai lebih efektif dan efisien daripada media pemasaran offline. Contohnya saja jika Anda ingin mengubah konten promosi pada media pemasaran online, cukup melakukan editing, Anda bisa melakukan posting ulang pada konten Anda. Berbeda dengan media pemasaran offline yang membutuhkan waktu dan biaya tidak sedikit jika Anda hendak merubah isi konten promosi.
Manfaat Promosi Online
Media promosi secara online merupakan sebuah cara untuk mempromosikan aneka brand, merk, produk hingga jasa secara digital.
Media pemasaran online saat ini bisa dikatakan menjadi salah satu sarana yang paling sering digunakan banyak orang dalam hal memasarkan berbagai brand, merek, produk dan jasa oleh banyak orang yang memiliki bisnis dan usaha.
Dengan banyaknya pengguna internet yang ada hingga sekarang ini, maka tak salah jika menggunakan media pemasaran online sebagai tempat untuk memperkenalkan dan memasarkan berbagai produk dan jasa menjadi pilihan yang paling diminati di kalangan pebisnis maupun pengusaha.
Bukan menjadi rahasia umum lagi jika banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh jika Anda menggunakan promosi secara online sebagai salah satu strategi pemasaran yang tepat. Ada beberapa macam kelebihan promosi online yang bisa didapat dengan pemasaran digital yang Anda lakukan seperti berikut ini.
1. Menekan biaya atau anggaran operasional bisnis
Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan adalah berkurangnya biaya atau anggaran operasional bisnis dan usaha yang harus Anda keluarkan. Perlu Anda ketahui jika penggunaan media promosi online sebagai sarana pemasaran tidak membutuhkan biaya yang besar dan bahkan ada beberapa yang tidak memerlukan biaya sepeserpun.
2. Fleksibilitas dalam memasarkan bisnis dan usaha
Dengan menggunakan pemasaran atau promosi secara online, Anda dapat melakukan promosi dari mana saja dan juga kapan saja. Hal ini memberikan fleksibilitas untuk Anda dalam mengatur jadwal promosi yang Anda inginkan serta Anda dapat melakukan promosi di mana pun Anda berada saat hendak melakukan promosi tanpa adanya kendala.
3. Praktis dalam memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan
Pemasaran online diketahui juga memberikan kesan praktis dan juga kemudahan bagi Anda dalam memasarkan produk dan jasa dari bisnis dan usaha yang Anda jalankan. Hanya dengan melalui ponsel dan berapa kali sentuhan saja, Anda sudah bisa memasarkan produk dan jasa yang bisnis dan usaha Anda tawarkan ke setiap orang dalam jangkauan yang luas.
4. Mampu menjangkau pelanggan dan konsumen dengan lebih luas
Seperti yang sudah dijelaskan, pengguna internet saat ini memiliki jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu penggunaan media promosi online merupakan salah satu opsi yang paling tepat sebab jangkauan pasarnya sangat luas dan besar. Bahkan bukan tidak mungkin produk dan jasa yang Anda tawarkan dapat menembus pasar global atau internasional melalui pemasaran secara digital.
5. Menjalin relasi yang lebih dekat dengan pelanggan dan konsumen
Tanpa disadari, pemasaran secara online yang Anda lakukan membuat relasi atau hubungan antara Anda selaku pemilik bisnis dengan pelanggan dan konsumen terjalin dengan lebih dekat. Kedekatan antara penjual dan pembeli ini tentu dapat menumbuhkan kepercayaan para pelanggan dan konsumen. Secara tidak langsung hal tersebut dapat meningkatkan minat beli dari pelanggan dan konsumen yang Anda miliki.
6. Terdapat banyak pilihan pemasaran online yang dapat dipilih
Melalui pemasaran secara online, terdapat beberapa pilihan cara promosi yang bisa Anda terapkan. Sebut saja pemasaran dengan memanfaatkan media sosial, menggunakan email, hingga membuat website untuk bisnis dan usaha juga dapat Anda lakukan. Anda hanya perlu menentukan jenis pemasaran mana yang cocok untuk bisnis dan usaha yang Anda jalankan.
Perlu Anda ketahui juga, agar promosi secara online yang Anda lakukan nantinya dapat berjalan dengan baik maka Anda perlu memperhatikan optimasi serta strategi SEO yang tepat untuk Anda lakukan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Omnirank bisa menjadi salah satu solusi yang tepat bagi Anda agar promosi digital yang Anda lakukan dapat berjalan mulus.
Apalagi cukup dengan daftar gratis, Anda sudah dapat mendapatkan layanan yang ada di dalamnya seperti service Omnirank yang dapat membantu mengatasi masalah terutama dalam hal promosi secara digital.