Mengenal perbedaan SEO, SEA dan SEM merupakan langkah penting dalam menunjang keberhasilan bisnis di jaringan internet. Pemasaran digital menjadi langkah dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa dengan cara yang lebih hemat. Dengan memanfaatkan koneksi internet, promosi dan penjualan produk akan semakin mudah dijamah calon konsumen secara luas.
Apa Itu SEO?
SEO (Search engine Optimization) merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk mengoptimalkan website sehingga berada pada peringkat pertama dalam hasil pencarian user. Upaya SEO yang dilakukan oleh pelakuo bisnis digital menjadi langkah positif dalam membangun brand.
Apa Itu SEA?
SEA (Search engine Advertising) merupakan suatu mesin iklan berbayar yang muncul pada bagian atas hasil pencarian. Ini berarti SEA menjadi strategi dalam mendorong efektivitas iklan dalam pemasaran digital.
Apa Itu SEM?
Dalam mengatur lalu lintas pemasaran digital dan berfokus pada visibilitas website para pemilik bisnis digital dapat memanfaatkan Search engine Marketing atau yang dikenal dengan sebutan SEM. SEM ini memiliki konsep pendekatan yang sama dengan SEO dan SEA dimana SEO menjadi langkah organik sedangkan SEA merupakan upaya berbayar dalam meningkatkan pemasaran digital melalui website.
Apa Perbedaan SEO, SEA dan SEM?
Memahami definisi saja memang tidak dapat menggambarkan perbedaan antara SEO, SEA dan juga SEM secara jelas. Bahkan masih terdapat sebagian orang yang tidak memperhatikan kualitas websitenya sehingga tidak menggunakan upaya optimasi dalam menjaga performa website.
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dalam penerapannya pada website, Berikut beberapa perbedaan dari ketiga konsep dalam menunjang pemasaran digital adalah:
1. Pendekatan dan Tujuan
SEO bertujuan untuk mendapatkan peringkat utama pada halaman pencarian dalam meningkatkan traffic pengunjung website. SEA bertujuan untuk mencari peringkat teratas dengan memanfaatkan iklan berbayar. Sedangkan, SEM merupakan kombinasi dari keduanya dimana dalam meningkatkan peringkat website menggunakan cara organik sekaligus berbayar.
2. Biaya dan Pengeluaran
Upaya organik yang dilakukan SEO tentu tidak membutuhkan biaya pengeluaran yang besar dalam meningkatkan visibilitas website. Sedangkan, untuk SEA memerlukan biaya iklan yang harus dipersiapkan oleh calon penggunanya, SEM menjadi upaya yang memiliki biaya yang lebih besar dikarenakan menggunakan 2 strategi sekaligus dengan cara terpisah.
3. Waktu Implementasi
Dilihat dari segi waktu implementasinya, SEA dapat memperlihatkan hasil yang lebih instan dibandingkan dengan SEO. Hal ini dikarenakan SEA menggunakan sistem iklan berbayar yang akan langsung berada pada hasil pencarian user.
Dalam melihat perubahan dan juga peringkat website, SEO cukup memakan waktu karena tidak menjamin memperoleh hasil dalam waktu yang singkat. Sedangkan SEM mencakup kedua mesin pencari tersebut sehingga untuk melihat hasilnya harus melakukan optimalisasi secara bertahap.
4. Sumber Lalu Lintas
Sumber lalu lintas dari SEO mengandalkan jalur organik yaitu tanpa menggunakan iklan berbayar maka hasil pencariannya otomatis berada di atas. Sedangkan SEA memanfaatkan iklan berbayar untuk mendapatkan posisi paling atas. Sedangkan untuk SEM mengandalkan jalur organik sekaligus berbayar.
5. Hasil dan Tingkat Konversi
Sebagian besar pengguna internet lebih cenderung percaya dengan menggunakan upaya organik dibandingkan melalui iklan berbayar dalam menghasilkan tingkat konversi sehingga SEO lebih banyak digunakan oleh pemilik website dibandingkan dengan SEA.
Pada tingkat konversi SEA, hasil yang diperoleh berasal dari kata kunci dan juga pengaturan kampanye yang ada. Sedangkan untuk SEM, tingkat konversi yang dihasilkan diperoleh dari kedua hasil kerja SEO dan SEA.
6. Kontrol Dari Hasil Yang Diberikan
SEO akan memberikan hasil kontrol kurang maksimal karena dalam menentukan peringkatnya berhubungan dengan algoritma mesin pencari. Sedangkan untuk SEA yang bergantung pada pengaturan iklan sehingga dapat memberikan hasil kontrol yang lebih besar dibandingkan dengan SEO.
Perpaduan antara 2 mesin pencari ini akan menentukan kontrol hasil dari SEM. Dapat dikatakan jika SEM memiliki hasil kontrol lebih tinggi dibandingkan dengan SEO akan tetapi masih terdapat ketergantungan pada sistem organik.
Perbedaan SEO, SEA, dan SEM dalam Konteks Bisnis
Meningkatkan performa website agar mendatangkan traffic yang tinggi dan memberikan dampak positif dalam pemasaran digital maka dibutuhkan search engine yang menunjang kinerja tersebut. Secara umum, dengan adanya upaya tersebut maka load website akan semakin berkurang dan semakin bertambahnya kualitas website yang menjadi pilihan user internet untuk mencari informasi.
A. Jenis Bisnis yang Cocok untuk SEO
SEO pada website dapat menunjang berbagai bentuk bisnis diantaranya adalah e-commerce, portal informasi, berita, blog panduan wisata dan lain sebagainya. SEO banyak digunakan pada jenis bisnis tersebut karena dapat meningkatkan visibilitas merek dengan upaya organik dan membangun bisnis dalam jangka panjang.
B. Jenis Bisnis yang Cocok untuk SEA
SEA sangat cocok diterapkan pada bisnis yang ingin menaikan jumlah eksposure dalam waktu cepat. Lalu lintas pada website memungkinkan pemiliknya untuk melakukan promosi dalam waktu terbatas, iklan berbayar dan lain sebagainya.
C. Integrasi SEM untuk Bisnis yang Beragam
SEM merupakan gabungan dari upaya SEO (organik) dengan SEA (iklan berbayar) yang cocok diterapkan pada bisnis ecommerce dengan melakukan penawaran khusus pada periode promo tertentu.
Bagaimana Cara Memilih SEO, SEA dan SEM?
Pemilihan SEO, SEA dan juga SEM akan mempengaruhi keberhasilan bisnis online yang memanfaatkan strategi pemasaran digital. Untuk itu, dalam menunjang bisnis online dengan meningkatkan visibilitas dan optimasi kinerja dari website, berikut tips memilih SEO, SEA dan juga SEM yang tepat antara lain adalah:
A. Memahami Tujuan Bisnis
Hal paling utama sebelum menentukan penggunaan SEO, SEA atau pun SEM adalah menentukan terlebih dahulu tujuan dari bisnis tersebut. Tujuan tersebut diantaranya adalah peningkatan lalu lintas website, peningkatan jumlah penjualan, branding atau meningkatkan kesadaran merek dan lain sebagainya. Penentuan tujuan bisnis yang tepat maka akan merujuk pada penggunaan dari mesin pencari tersebut.
B. Analisis Pasar dan Kompetitor
Riset website yang dimaksudkan disini adalah mengetahui kualitas website apakah akan berkembang hanya dengan menggunakan SEO saja atau bahkah membutuhkan SEM juga. Riset website ini bisa dilihat dari potensi yang dihasilkan website pada saat menggunakan upaya organik dengan mengoptimasi website sehingga akan memiliki performa baik.
Jika dilihat menggunakan upaya organik tidak memberikan perkembangan yang signifikan terkait performa website, penggunaan iklan berbayar melalui SEM juga dipercaya mampu meningkatkan traffic pengunjung sehingga sangat cocok dijadikan sebagai media bisnis digital yang menguntungkan.
C. Budget dan Biaya
Meskipun dikenal dapat menekan budget pengeluaran dalam proses pemasaran menggunakan strategi pemasaran digital, penggunaan SEO dan SEA ternyata memerlukan biaya yang harus disiapkan oleh pelaku bisnis digital.
D. Waktu yang Dibutuhkan untuk Hasil
Mempertimbangkan waktu untuk mendapatkan hasil dapat dijadikan sebagai langkah dalam melakukan penerapan pada mesin pencari. Masing-masing upaya tersebut memiliki kecepatan waktu tertentu dalam menemukan hasil yang maksimal.
Apabila ingin melihat hasil dalam waktu instan maka SEA menjadi pilihan terbaik. Akan tetapi, jika ingin melihat hasil yang berkelanjutan maka SEO dapat digunakan dalam melihat hasil yang bijaksana.
E. Kompetensi dan Sumber Daya Internal
Mengevaluasi mengenai sumber daya internal dalam mengelola pemasaran digital agar berjalan lebih efektif cukup penting dilakukan. Apabila tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan sekaligus waktu dalam mengelola SEO, SEA dan juga SEM maka dapat menggunakan jasa sewa agen pemasaran digital yang terpercaya.
F. Pengukuran dan Analisis
Analisis pasar digital akan membantu pemilik perusahaan dalam memahami dan mengenali kompetitor Dengan bisnis serupa. Menemukan keyword pencarian yang relevan dan menggali lebih dalam mengenai trend pengguna internet akan semakin membuka jalan dalam mengembangkan bisnis termasuk bisnis digital.
Analisis pasar mengenai strategi yang diterapkan oleh pesaing ternyata memiliki manfaat yang cukup besar bukan hanya dalam perkembangan bisnis saja akan tetapi juga dapat melakukan penerapan yang tepat dalam penggunaan SEO, SEA dan SEM.
G. Integrasi dan Sinergi
Optimasi kinerja website dapat dilakukan oleh SEO dan SEM. SEO berperan sebagai upaya dalam mengoptimalkan kinerja website sedangkan SEM berperan sebagai penarik minat pengunjung atau membantu meningkatkan traffic. Untuk itu, Integrasi antara SEO dan SEM sangat cocok diterapkan pada website yang baru saja dibuat atau pun dikembangkan.
Nah, apabila usia website sudah berjalan cukup lama maka terdapat opsi untuk memutuskan penggunaan SEO sekaligus SEM atau hanya menggunakan SEO saja karena berfokus pada optimasi website agar tidak menurun kinerjanya.
Kesimpulan mengenai SEO, SEA Dan SEM?
Setelah memahami definisi hingga perbedaan dari masing-masing, dapat disimpulkan bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan SEO, SEA dan juga SEM dalam meningkatkan performa website dan juga kenaikan traffic pengunjung yang cukup efisien.
Berikut kelebihan yang bisa dirasakan oleh pengguna SEO, SEA dan juga SEM terutama bagi para pelaku bisnis digital adalah:
- Memperoleh traffic yang positif dari pengguna internet
- Memperoleh data konsumen secara mudah
- Meningkatkan ranking website dalam mesin pencari jaringan internet
- Mendapatkan Brand awareness
- Jangkauan brand ke konsumen menjadi lebih luas
- Mudah mencari audien dengan kata kunci yang relevan
- Target audien bersifat fleksibel
- Jangkauan audien yang sangat luas
- Lalu lintas website menjadi meningkat.
Sedangkan untuk kelemahan dari SEO, SEA dan SEM adalah:
- Sangat bergantung dengan penggunaan Search engine
- Persaingan yang sangat ketat mengingat banyaknya pelaku bisnis digital yang menggunakan SEO untuk mendapatkan posisi pertama pada saat user internet memasukan kata kunci yang relevan.
- Untuk mendapatkan SEO berkualitas dibutuhkan investasi dari segi tenaga dan waktu yang cukup lama.
- Sistem kerja masih mengikuti sistem algoritma dan sistem kerja.
- Biaya yang harus dikeluarkan cukup besar untuk membayar iklan agar memberikan dampak audien yang banyak.
- Konten yang tersedia harus selalu dalam pemantauan dan pembaharuan.
- Tidak bertahan lama dan bersifat visibilitas.
- Bergantung pada mesin pencari yang mana dapat berubah sewaktu-waktu.
Semakin tepat menerapkan SEO, SEA dan juga SEM pada website akan membuka peluang bisnis digital yang berkembang pesat dan mendatangkan keuntungan yang melimpah. Jasa profesional Omnirank menjadi solusi dalam meningkatkan optimasi website agar ranking dan traffic website meningkat secara signifikan. Segera bergabung dan daftar gratis untuk mendapatkan layanan service omnirank terlengkap.