Di study kasus ini, Anda akan belajar dari salah satu website blog Adsense yang trafficnya dari 0 menjadi 100.000 visitor per bulan setelah di optimasi SEO dari kami.

Let’s get into this!

Client Profile

  • Blog bahasa Indonesia
  • Niche: Edukasi
    (Sebagai privasi client dan keperluan study case, kami menggunakan contoh niche Pariwisata di artikel ini.)
  • Terdapat total 75 artikel dengan 1000+ kata
  • Traffic masih dibawah 100 per hari
  • Blog masih belum di backlink sama sekali

SEO Audit

Hal pertama yang kami lakukan adalah SEO Audit. Kami cek apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan rankingnya stagnan sehingga trafficnya masih dibawah 100 per hari.

Setelah kami cek, dari sisi domain masih clean, hanya saja website mereka masih belum terdapat high quality link sehingga kata kunci di websitenya belum ranking.

Keyword Research – The “Easy Wins” Keywords

Pada awalnya, client ingin langsung optimasi backlink dengan keyword 1-2 kata yang memiliki high search volume dan high competiton keyword.

Karena masih termasuk website baru, advice kami kepada client yaitu di optimasi dengan “Easy Wins” keywords, yaitu keyword minimal 3 kata yang memiliki pencarian minimal 200-10.000 search/month sehingga lebih mudah bersaing di SERP. Alasan memilih minimal 200-10.000 search/month juga agar setelah ranking di page 1 tidak terlalu sedikit trafficnya.

Kami juga sarankan, jika ada keyword potensial namun masih ranking di antara halaman 2-5, bisa di optimasi sesuai artikelnya, untuk di boost ke page 1 dan meningkatkan trafficnya.

Kami bantu research keyword ke client kami agar lebih cepat dan signifikan peningkatan rankingnya juga.

Untuk mendapatkan “Easy wins” keywords, bisa menggunakan tool gratis seperti Ubersuggest ataupun tool berbayar seperti Ahrefs.

Contoh dibawah ini yaitu tahap pencarian “Easy Wins” keywords, dimana terdapat total 916 Easy keywords yang memiliki volume 200-10.000 search/month.

Easy wins keywords

Keyword Research – The “Spying Keywords” Analysis

Analisis ini di desain untuk melihat keyword apa saja yang sedang di ranking oleh competitor yang belum di ranking ataupun dipakai oleh client. Tahap ini yang paling saya sukai karena bisa generate banyak keyword ideas untuk website sendiri.

Tahap ini juga bisa dilakukan dari tool gratis Ubersuggest ataupun tool berbayar Ahrefs.

Contoh dibawah ini yaitu tahap analisis “Spying Keywords” dari website Traveloka, dimana terdapat total 11.806 keywords yang memiliki volume 200-10.000 search/month.

Spying keyword

Types of Content

Ada 2 tipe content yang bisa di target dan di optimasi dengan masing-masing strategi yang berbeda.

Pillar Content

Pillar content adalah konten utama di dalam sebuah website.

Supporting Content

Supporting content adalah konten pendukung untuk memperkuat SEO onpage dari pillar content.

Berikut adalah contoh Pillar Content dan Supporting Content.

pillar supporting content

Core Updates

Core updates adalah apa yang kita lihat dilakukan oleh Google selama beberapa tahun terakhir. Core updates melakukan refresh algoritma yang tidak fokus pada 1 faktor, melainkan melibatkan beberapa faktor sekaligus.

Oleh karena itu, jika website Anda terkena Core Update, maka perlu di deep check satu per satu halaman.

Namun kabar baiknya, selama anda menulis high quality content dan build high quality links, it’s safe. Meskipun ada fluktutatif saat update juga akan stabil kembali rankingnya seperti studi kasus dari client kami ini.

  • August 25, 2022: Helpful Content Update
  • July 27, 2022: Product Reviews Update
  • May 22, 2022: Core Update
  • March 23, 2022: Product Algorithm Update
  • February 22, 2022: Page Experience Update
  • December 1, 2021: Product Review Update
  • November 30, 2021: Local Search Update
  • November 17, 2021: Broad Core Update

Cek halaman yang terkena Core Update di Search Console.

Anda bisa cek halaman yang terkena Core Update di Search Console juga.

Klik Impression Difference untuk di sort dari rendah ke atas.

A. Last 7 days impressions: jumlah tayangan 7 hari terakhir

B. Previous 7 days impressions: jumlah tayangan 7 hari sebelumnya.

C. Impressions Difference: Perbedaan jumlah impression dari hari ini dengan 7 hari sebelumnya. Jika Minus, maka halaman ini yang sedang terkena fluktuatif dan Update.

Cek halaman yang terkena Core Update di Ahrefs

Start with the SEO Campaign

Kami melakukan optimasi dengan High Quality Diversity Links dan Content.

Tergantung dari budget dan seberapa cepat optimasinya, kami sarankan client kami untuk optimasi awal dengan link building service sebagai berikut:

Setelah keyword-keywordnya sudah mulai ranking di top 100 Google, baru di lanjut optimasi lagi untuk memperkuat authority homepage dan artikel-artikelnya.

Results

Website ini mulai di posting dan optimasi di tahun 2019. Namun karena ada kerjaan utama dari client kami sehingga website ini sebagai sampingan sehingga kita bisa lihat perkembangan website ini melewati berbagai macam Google Core Updates termasuk May Core Updates.

Hasil dari SEO campaign kami mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari traffic 0/month menjadi 100.000/month, didukung dengan strategi, eksekusi dan komunikasi yang baik dengan client.

Berikut adalah traffic versi Google Analytics per minggu, yaitu sekitar 30K/minggu:

Dan berikut adalah perkembangan Organic Keywords (keyword yang ranking di top 100 Google) versi Ahrefs.

Calvin Tedja

Article by Calvin Tedja

Calvin is the founder of Omni Rank, Conference SEO Speaker, and does result-based SEO.