Adsense Niche Site Case Study (From 0 to 100.000 Visitor Per Month)

oleh | 27 Mei 2022 | Advanced, Case Studies, Popular

Di study kasus ini, Anda akan belajar dari salah satu website blog Adsense yang trafficnya dari 0 menjadi 100.000 visitor per bulan setelah di optimasi SEO dari kami.

Let’s get into this!

Client Profile

  • Blog bahasa Indonesia
  • Niche: Edukasi
    (Sebagai privasi client dan keperluan study case, kami menggunakan contoh niche Pariwisata di artikel ini.)
  • Terdapat total 75 artikel dengan 1000+ kata
  • Traffic masih dibawah 100 per hari
  • Blog masih belum di backlink sama sekali

SEO Audit

Hal pertama yang kami lakukan adalah SEO Audit. Kami cek apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan rankingnya stagnan sehingga trafficnya masih dibawah 100 per hari.

Setelah kami cek, dari sisi domain masih clean, hanya saja website mereka masih belum terdapat high quality link sehingga kata kunci di websitenya belum ranking.

Keyword Research – The “Easy Wins” Keywords

Pada awalnya, client ingin langsung optimasi backlink dengan keyword 1-2 kata yang memiliki high search volume dan high competiton keyword.

Karena masih termasuk website baru, advice kami kepada client yaitu di optimasi dengan “Easy Wins” keywords, yaitu keyword minimal 3 kata yang memiliki pencarian minimal 200-10.000 search/month sehingga lebih mudah bersaing di SERP. Alasan memilih minimal 200-10.000 search/month juga agar setelah ranking di page 1 tidak terlalu sedikit trafficnya.

Kami juga sarankan, jika ada keyword potensial namun masih ranking di antara halaman 2-5, bisa di optimasi sesuai artikelnya, untuk di boost ke page 1 dan meningkatkan trafficnya.

Kami bantu research keyword ke client kami agar lebih cepat dan signifikan peningkatan rankingnya juga.

Untuk mendapatkan “Easy wins” keywords, bisa menggunakan tool gratis seperti Ubersuggest ataupun tool berbayar seperti Ahrefs.

Contoh dibawah ini yaitu tahap pencarian “Easy Wins” keywords, dimana terdapat total 916 Easy keywords yang memiliki volume 200-10.000 search/month.

Easy wins keywords

Keyword Research – The “Spying Keywords” Analysis

Analisis ini di desain untuk melihat keyword apa saja yang sedang di ranking oleh competitor yang belum di ranking ataupun dipakai oleh client. Tahap ini yang paling saya sukai karena bisa generate banyak keyword ideas untuk website sendiri.

Tahap ini juga bisa dilakukan dari tool gratis Ubersuggest ataupun tool berbayar Ahrefs.

Contoh dibawah ini yaitu tahap analisis “Spying Keywords” dari website Traveloka, dimana terdapat total 11.806 keywords yang memiliki volume 200-10.000 search/month.

Spying keyword

Types of Content

Ada 2 tipe content yang bisa di target dan di optimasi dengan masing-masing strategi yang berbeda.

Pillar Content

Pillar content adalah konten utama di dalam sebuah website.

Supporting Content

Supporting content adalah konten pendukung untuk memperkuat SEO onpage dari pillar content.

Berikut adalah contoh Pillar Content dan Supporting Content.

pillar supporting content

Core Updates

Core updates adalah apa yang kita lihat dilakukan oleh Google selama beberapa tahun terakhir. Core updates melakukan refresh algoritma yang tidak fokus pada 1 faktor, melainkan melibatkan beberapa faktor sekaligus.

Oleh karena itu, jika website Anda terkena Core Update, maka perlu di deep check satu per satu halaman.

Namun kabar baiknya, selama anda menulis high quality content dan build high quality links, it’s safe. Meskipun ada fluktutatif saat update juga akan stabil kembali rankingnya seperti studi kasus dari client kami ini.

  • August 25, 2022: Helpful Content Update
  • July 27, 2022: Product Reviews Update
  • May 22, 2022: Core Update
  • March 23, 2022: Product Algorithm Update
  • February 22, 2022: Page Experience Update
  • December 1, 2021: Product Review Update
  • November 30, 2021: Local Search Update
  • November 17, 2021: Broad Core Update

Cek halaman yang terkena Core Update di Search Console.

Anda bisa cek halaman yang terkena Core Update di Search Console juga.

Klik Impression Difference untuk di sort dari rendah ke atas.

A. Last 7 days impressions: jumlah tayangan 7 hari terakhir

B. Previous 7 days impressions: jumlah tayangan 7 hari sebelumnya.

C. Impressions Difference: Perbedaan jumlah impression dari hari ini dengan 7 hari sebelumnya. Jika Minus, maka halaman ini yang sedang terkena fluktuatif dan Update.

Cek halaman yang terkena Core Update di Ahrefs

Start with the SEO Campaign

Kami melakukan optimasi dengan High Quality Diversity Links dan Content.

Tergantung dari budget dan seberapa cepat optimasinya, kami sarankan client kami untuk optimasi awal dengan link building service sebagai berikut:

Setelah keyword-keywordnya sudah mulai ranking di top 100 Google, baru di lanjut optimasi lagi untuk memperkuat authority homepage dan artikel-artikelnya.

Results

Website ini mulai di posting dan optimasi di tahun 2019. Namun karena ada kerjaan utama dari client kami sehingga website ini sebagai sampingan sehingga kita bisa lihat perkembangan website ini melewati berbagai macam Google Core Updates termasuk May Core Updates.

Hasil dari SEO campaign kami mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari traffic 0/month menjadi 100.000/month, didukung dengan strategi, eksekusi dan komunikasi yang baik dengan client.

Berikut adalah traffic versi Google Analytics per minggu, yaitu sekitar 30K/minggu:

Dan berikut adalah perkembangan Organic Keywords (keyword yang ranking di top 100 Google) versi Ahrefs.

37 Komentar

  1. Alex Sudrajat

    Gan, mau nanya. Itu kan yang untuk optimasi di tahap kedua ada tambahan 3x Hero SEO dan 1x Supernova X. Btw, itu untuk keyword yang kriterianya seperti apa ya bagusnya?
    Terima kasih

    Balas
    • Kevintaw

      Untuk optimasi tahap awal yaitu dengan Brand keywords berupa nama domain dan long tail keywords sebagai diversifikasi anchor text gan.
      Untuk optimasi di tahap kedua, bisa di lanjut dengan long tail keyword lainnya dan keyword utamanya.

      Balas
      • Ferli

        Kadang bingung nentuin apa homepage atau innerpage yg di backlink,, untuk study case ini gmn gan? Untuk tahap 1 dan 2

        Balas
        • Kevintaw

          Untuk hasil maksimal memang di optimasi ke URL sesuai dimana keywor target agan berada.
          Namun untuk optimasi awal yaitu ke homepage.
          Karena idealnya Backlink homepage > Backlink innerpage juga.
          Untuk study case ini, tahap 1 ke homepage.
          Tahap 2 yaitu ke innerpage dan homepagenya, dengan selang-seling agar tetap natural di Google

          Balas
    • Gabriel

      Untuk earning adsense sudah mencapai berapa perbulan ya kira2 dng traffic segitu?

      Balas
      • Kevintaw

        Tergantung dari CPC nya juga.
        Umumnya minimal 1K/day = $1 di Adsense gan

        Balas
  2. Jack

    1. Gan itu x1 SEO dan x1 HERO SEO efektifnya beberapa hari/bulan? anggap client punya budget 5jt/bulan.

    2. Apakah study case ini bisa diterapkan oleh blog bule ?

    Balas
    • Kevintaw

      1. Idealnya di jeda 1-2 minggu antar optimasi, sehingga perlahan tp optimal dan maksimal hasilnya mas.
      2. Sure, works like a charm untuk blog bule juga

      Balas
      • nuril

        mas kevin tentang contoh konten pilar diatas berarti *daftar tempat wisata di indo* itu dibuat artikel? bukan kategori?

        contoh seperti makanan khas jawa timur, nanti isinya kontent support

        apakah begitu?

        Balas
        • Kevintaw

          benar gan.
          “Daftar tempat wisata di Indonesia” sebagai artikel utama.

          Balas
  3. Purwanto

    Kalau untuk SEO GALAXY, keyword brand nya di kasih keyword artikel yang sudah ada di top 100 google apakah bagus gan? Karena dulu web ane pernah pakai SEO 1x dan mau tak kasih lagi

    Balas
    • Kevintaw

      Untuk SEO Galaxy, karena fokus untuk optimasi homepage, cocoknya memang dengan Brand Keywords berupa nama domain.
      Untuk optimasi keyword target di artikelnya, cocoknya yaitu dengan Hero SEO gan.

      Balas
  4. Gilang tegar

    Om itu untuk biaya paketnya berapa ya om?apa sudah termasuk konsultasi dan audit dari team om kevintaw?

    Balas
    • Kevintaw

      Hello, untuk biaya paket / konsultasi Auditnya, bisa langsung cek di homepage/WA ya.

      Balas
  5. Sony Gunawan

    Terimakasih sharingnya gan, mau nanya.

    Artikel yg dibacklink artikel pillarnya saja?

    Itu diatas backlink tahap 1 ke homepage, tahap 2 ke artikel..lebih banyak backlink ke artikel berarti ya gan?

    Balas
    • Kevintaw

      Welcome.
      Iyes, untuk artikel yg di optimasi terlebih dahulu yaitu artikel pillarnya.
      Setelahnya baru di optimasi supporting contentnya jika diperlukan agar pillar contentnya lbh makismal.
      Untuk tahap 1 ke homepage.
      Untuk tahap 2, selang seling ke homepage & artikel jg agar tetap natural di mata Google.

      Balas
  6. falahbayhaqi

    Untuk optimasi 1 itu target backlink nya ke homepage atau gimana koh?
    Kemudian optimasi yg kedua itu targetnya gimana? Ke homepage? Kategori? Atau ke artikel?

    Balas
    • Kevintaw

      Untuk optimasi awal yaitu ke homepage.
      Karena idealnya Backlink homepage > Backlink innerpage.
      Untuk study case ini, tahap 1 ke homepage.
      Tahap 2 yaitu ke innerpage dan homepagenya kembali, selang-seling agar tetap natural bagi Google.

      Balas
  7. Ares

    Paket full optimasi SEO adakah gan? Biar ga bolak-balik paymentnya

    Balas
    • Kevintaw

      Terima kasih, Untuk Omni X (Full SEO service) memang masih untuk secret client, namun jika agan tertarik silahkan bisa hubungi via WA ya.

      Balas
  8. Musik-11.com

    Mau nanya mas, kalau rangking di Search Console stabil tetapi mengalami penurunan impression and click itu apakah penyebabnya karena keyword tersebut musiman?

    Balas
    • Kevintaw

      Iya gan, search volumenya berubah.
      Namun selama posisi rankingnya stabil, is safe

      Balas
    • Darman

      sore om…
      klo untuk blog adsense paket mana yg cocok?

      Balas
      • Calvin

        Hi gan, untuk blog adsense cocok dengan SEO Galaxy / Hero SEO bagus gan.

        Balas
  9. ade handoko

    gan izin mau tanya
    1. artikel pilar nya d suport berapa artikel?

    2. misal keyword dengan volume besar di jadikan headline dan sub nya dari pencarian rendah yang satu topik apakah bisa gan? atau d jasikan suport artikel?

    Balas
    • Kevintaw

      1. Untuk jumlah support artikel opsional, namun umumnya 1-3 sdh bagus gan.
      2. Bisa gan, tidak wajib semua long tail keyword dijadikan support artikel, terutama jika long tail keywordnya low search, langsung di jadikan subheading sudah cukup gan.

      Balas
  10. Abidin21

    Klo optimasi awal ke homepage trus dpt bonus yg inner, apa optimasi kedua pake homepage atau inner gan?

    Balas
    • Kevintaw

      Utk optimasi keduanya bisa ke innerpagenya juga sehingga selang seling dan natural jg.

      Balas
  11. Momon

    Om, untuk pilar content apakah ada banyak dalam sebuah website, atau hanya 1 saja.
    Karena saya selama ini tidak pakai pilar content.

    Balas
    • Kevintaw

      Utk pillar content tidak wajib banyak, cukup keyword2 utama yg high competition dan potensial utk di ranking gan

      Balas
  12. masian

    halo gan..
    dalam 1 bulan menyentuh angka 100.000 Visitor.

    SEO Galaxy : optimasi ke Home
    Hero SEO : optimasi ke KW (artikel)
    Supernova X : optimasi ke Home

    contoh di atas :
    tahap 1 kasih 1 x Hero SEO
    tahap 2 kasih 3 x Hero SEO

    total 4 Hero SEO

    Pertanyaannya :
    1. itu masih2 (hero) kasih Paket SQUAD berapa gan ?
    2. jadi total berapa KW yang dioptimasi sm client itu ?

    Balas
    • Kevintaw

      Hello gan, untuk study case ini, blog menyentuh angka 100.000 visitor/month yaitu dalam 6 bulan keatas.
      1. Ini di optimasi dengan paket Squad 3 gan.
      2. Total di optimasi 4 artikel sesuai dengan kw target high search minimal12000 search/month gan, agar setelah page 1 juga tidak terlalu sedikit trafficnya.

      Balas
  13. Fajri Alhadi

    Jika A > B, maka kata kunci (query) tersebut mengalami penurunan impression.

    Kolom A yang mana, Kolom B yang mana ya gan ?

    Soalnya saya liat belum ada labelnya.

    Balas
    • Kevintaw

      A. Last 7 days impressions: jumlah tayangan 7 hari terakhir

      B. Previous 7 days impressions: jumlah tayangan 7 hari sebelumnya.

      Jika A > B, maka kata kunci (query) tersebut mengalami penurunan impression.

      Kolom A yang di 2 sebelah kanan. Kolom B yang di paling kanan gan.
      Artinya traffic dari kata kunci tersebut, dibandingkan 2 minggu lalu, 1 minggu lalu sdh menurun gan.

      Balas
  14. Syehni

    Holla Mas Kev,,,kebetulan kan aq punya blog :

    1. Blog berita/gado-gado (Niche News) – Indonesia
    2. Blog AGC niche gado” (Affiliate Amazon) – Bule/Bhs Inggris

    Itu aq hrs gmn yaa ? mohon sarannya…

    Baiknya order yg mana dl? Krn aq mau order yg galaxy tp msih butuh pencerahan.

    Thx b4.

    Balas
  15. dani

    tanya gan

    didalam pilar konten itu memberikan link ke masing2 support kontennya gan ? dengna anchor sesuai judul darai support kontenya?

    Balas
    • Calvin Tedja

      Bisa di variasikan mas, seperti judul dari support artikel, long tail keywords, generic keywords seperti baca disini. Yang penting natural mas

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About The Author