Kesalahan dalam SEO yang umum dilakukan perlu Anda hindari agar tidak habis waktu dan biaya dalam SEO campaign Anda.
Bila ingin website memiliki performa yang baik, maka perlu melakukan optimasi SEO. Sebuah website yang memiliki kualitas SEO yang baik, tentunya akan mendapatkan ranking, traffic, dan leads yang berkualitas dan akan terus berkembang.
Kesalahan SEO membuat situs jadi sulit untuk berkembang dan tidak terlalu efektif, jadi harus benar-benar menghindari beberapa kesalahan tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai SEO dan juga bagaimana cara untuk melakukan optimasi serta beberapa kesalahan yang sering dilakukan.
10 Kesalahan Dalam SEO Yang Harus Dihindari
Kesalahan dalam optimalisasi SEO memang sering terjadi, dan kalian mungkin perlu mengetahuinya supaya kalian bisa melakukan evaluasi. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam langkah optimasi SEO sampai saat ini.
1. Mengabaikan Riset Kata Kunci yang Tepat
Kesalahan dalam SEO yang umum dilakukan adalah tidak melakukan riset kata kunci secara tepat di awal. Padahal sebenarnya riset keyword ini penting untuk membantu kalian menentukan kata kunci yang tepat untuk pembuatan konten yang ramah dengan mesin pencari. Saat ini sudah ada banyak sekali tools yang bisa digunakan untuk membantu riset kata kunci bahkan untuk area tertentu.
2. Tidak Memahami Target Audiens
Tidak memahami betul audiens yang ditargetkan itu seperti apa adalah sebuah kesalahan fatal dalam sebuah penerapan SEO. Pemahaman akan audiens itu sangat penting, karena mempengaruhi konten seperti apa yang harus dibuat. Selain itu pemahaman audiens ini pun akan berpengaruh terhadap langkah lainnya seperti riset kata kunci dan optimasi SEO lainnya.
3. Tidak Mengoptimalkan Title Tag dan Meta Description
Tidak mengatur secara optimal judul dan juga meta description sesuai dengan topik dan isi dari konten yang akan ditampilkan di mesin pencari. Kalian perlu memikirkan judul yang unik dan menarik serta menuliskan meta description yang clickbait agar lebih tinggi CTR (Click Through Rate) di Google. Banyak yang tidak melakukan pengaturan ini, padahal sudah ada banyak pilihan plugin yang bisa membantu optimasi SEO ini.
4. Konten Kurang Berkualitas
Konten yang dibuat mungkin kurang berkualitas, sehingga banyak orang yang kesulitan untuk memahaminya dan bahkan tidak tertarik dengan konten. Selain itu mungkin ada konten yang tidak lengkap dan mungkin tidak nyaman dilihat yang membuat nantinya SEO kalian pun akan rusak. Jadi kalian harus bisa membuat konten berkualitas namun tetap menarik untuk ditonton banyak orang.
5. Tidak Memperbarui Konten Secara Berkala
Tidak ada update konten secara berkala, yang membuat Google melihat kalian sudah tidak aktif dan akhirnya membuat nilai website jadi buruk. Konsistensi dalam pembuatan konten memang sulit dan ada banyak orang yang kemudian tidak memperbarui konten dalam waktu yang lama.
Selain selalu update konten, kalian juga perlu mengikuti tren supaya konten yang dibuat bisa mengikuti perkembangan jaman saat ini. Jadi kalian perlu untuk selalu update konten dengan konten yang saat ini tengah viral untuk membangun website dengan baik.
PRO Tips: Tambah minimal 1 artikel baru per bulan agar tetap fresh di mata Google.
6. Keyword Stuffing dan Black Hat SEO
Keyword stuffing adalah spamming keyword di mana jumlah kata kunci itu jadi sangat banyak dan terlalu padat yang akhirnya membuat konten tidak nyaman dibaca. Sebenarnya kata kunci itu harus ditempatkan di tempat yang tepat dengan jumlah yang benar sesuai dengan konten yang dibuat.
Kalian perlu sekali gunakan tools untuk optimasi SEO yang bisa membantu menentukan keyword density kata kunci yang tepat pada satu konten supaya tidak spam.
7. Tidak Memanfaatkan Internal dan External Link dengan Tepat
Tidak bisa memanfaatkan link eksternal dengan benar, sehingga membuat mesin pencari kesulitan untuk menemukan website kalian. Banyak juga yang tidak menggunakan internal link dalam posting, padahal itu sebenarnya juga penting untuk membantu orang-orang menjelajahi website lebih dalam.
Kesalahan yang sering digunakan bukan hanya tidak memanfaatkan, akan tetapi juga penggunaan yang terlalu banyak yang membuatnya seperti spam. Spam link pada website bisa membuat mesin pencari terutama Google akan memberi nilai yang buruk dan tidak bisa masuk di top pencarian.
8. Mengabaikan Desain Responsive
Pengabaian desain yang responsif merupakan kesalahan besar, di mana desain pun sebenarnya sangat mempengaruhi hasil pencarian yang bisa didapatkan website. Desain yang kurang baik bisa membuat kenyamanan pembaca itu berkurang, dan hasilnya orang tidak ingin mengunjungi website kalian lagi. Buatlah desain yang baik dan responsif, gunakan plugin untuk membantu kalian membuat desain terbaik.
9. Penggunaan Gambar Tanpa Tag Alt
Penggunaan gambar tanpa adanya Tag Alt yang membuat situs jadi tidak terlalu ramah untuk mesin pencari, karena gambar juga bagian yang penting. Tag ini pada dasarnya dipakai untuk tanda pengenal, bila tanpa tag tentunya mesin pencari akan kesulitan untuk mengenali dan akhirnya gambar jadi sia-sia. Padahal gambar ini sangat dibutuhkan untuk memperbaiki nilai dari Google supaya bisa masuk pencarian teratas.
10. Tidak Mengukur dan Menganalisis Kinerja SEO
Tidak adanya alat pengukur atau evaluasi untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari SEO yang sudah dibuat adalah sebuah kesalahan fatal juga. SEO itu perlu ada analisis dan evaluasi yang benar untuk bisa terus meningkatkan nilai dari website di mesin pencari. Optimasi SEO tanpa adanya alat ukur dan evaluasi akan membuat kalian tersesat dan akhirnya tidak mendapat hasil yang baik.
Akibat Kesalahan Dalam Melakukan Optimalisasi SEO
Kesalahan dalam penerapan SEO itu sendiri sangat fatal dan berakibat pada performa dari website di berbagai mesin pencari termasuk Google. Berikut ini beberapa akibat dari kesalahan dalam melakukan optimasi pada SEO yang harus kalian ketahui dan sadari.
A. Penurunan Peringkat di Hasil Pencarian
Peringkat pada hasil pencarian akan menurun karena tidak sesuai dengan algoritma dari mesin pencari untuk mengenali sebuah website atau konten. Penurunan peringkat ini cukup fatal lho, karena biasanya orang memang memilih link yang ada pada posisi teratas di hasil pencarian. Jadi kemungkinan website kalian itu tidak di halaman pertama dan semakin sulit untuk bisa ditemukan.
B. Penurunan Lalu Lintas Organik
Optimasi SEO yang salah juga berdampak pada penurunan traffic organik, karena memang tidak semua orang bisa menemukan website kalian. Bahkan kemungkinan orang tidak terlalu mempercayai kredibilitas dari situs, sehingga tidak banyak yang berkunjung ke website kalian.
C. Penurunan Visibilitas Bisnis
Penurunan visibilitas bisnis apabila kalian membuat website bisnis resmi yang terhubung dengan beragam metode digital marketing yang digunakan. Penurunan Visibilitas bisnis ini akan sangat mempengaruhi citra dari bisnis dan juga akan membuat bisnis tidak mudah ditemukan oleh masyarakat. Hal ini tentunya sangat merugikan, mengingat biaya untuk optimasi SEO sendiri memang tidak murah.
D. Pengurangan Kepercayaan Pengguna
Kepercayaan dari pengguna akan berkurang, karena situs sudah tidak ada di posisi teratas di pencarian yang sering menjadi rating yang diandalkan. Saat terjadi kesalahan mungkin website akan menurun performanya dan itu mungkin membuat banyak orang jadi tidak percaya lagi. Dari sisi konten yang kurang baik pun tentunya akan membuat orang tidak percaya untuk informasi lainnya yang tersedia.
Kepercayaan pengguna itu adalah segalanya, jadi saat kepercayaan berkurang maka orang belum tentu akan mengakses website lagi. Jadi membuat konten berkualitas dengan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan itu adalah hal yang penting dan kunci untuk tidak gagal dalam optimasi SEO.
E. Hukuman dari Mesin Pencari
Adanya hukuman dari mesin pencari seperti Google terhadap website atau konten kalian, meskipun biasanya hal ini terjadi bila sudah terlalu fatal. Hukumannya pun sebenarnya tidak terlalu berat, namun memang berpengaruh pada pengembangan performa dari situs itu sendiri. Hukumannya bisa jadi pemblokiran atau bisa juga tidak bisa mendapatkan penghasilan dari adsense Google.
F. Persaingan yang Lebih Sulit
Persaingan dengan website lain sudah pasti akan semakin sulit, dan mungkin kalian pun akan tenggelam dibandingkan dengan situs yang lainnya. Setiap website itu bersaing untuk bisa mencapai posisi teratas dalam hasil pencarian di setiap mesin pencari yang ada. Tapi bila salah dalam menerapkan optimasi SEO, maka akan sangat sulit dalam persaingan dan memenangkan persaingan.
G. Penurunan Pendapatan
Menurunnya pendapatan yang dihasilkan oleh web atau blog, karena mulai dari traffic, iklan, dan lain sebagainya sudah pasti turun. Bisa jadi kalian mendapatkan uang dari Google dan juga dari brand yang memasang iklan pada situs atau website kalian. Bila terjadi kesalahan SEO dan performa menurun, maka sangat mungkin brand tidak memasang iklan lagi dan penghasilan pasti menurun.
H. Kerugian Reputasi
Reputasi dari situs kalian tidak akan terlalu bagus karena kesalahan optimasi SEO ini. Reputasi sebuah website itu penting supaya Google bisa mengidentifikasi dan kemudian menempatkan website kalian di posisi teratas di mesin pencari. Bila konten kurang baik, tampilan kurang rapi, maka reputasi website sudah pasti hancur dan kalian mendapatkan kerugian.
Apa Itu SEO?
SEO adalah Search Engine Optimization yang merupakan langkah untuk optimasi SEO website agar bisa berada di top hasil pencarian. Bila berada di rangking atas, maka sudah pasti akan membuat traffic jadi lebih baik dan tentunya bisa menghasilkan uang yang cukup besar.
Optimasi SEO adalah setiap langkah-langkah yang dilakukan untuk bisa membuat website mudah untuk dikenali oleh mesin pencari seperti Google. SEO sendiri sekarang sudah semakin berkembang, dan saat ini sudah ada beberapa jenis dari SEO ini yang harus benar-benar dipahami. Berikut kami akan coba jelaskan setiap jenis optimasi SEO supaya kalian bisa mengerti masing-masing jenisnya.
1. Onpage SEO
Pengertian dari optimasi SEO Onpage itu adalah sebuah upaya yang dilakukan secara langsung pada setiap halaman website. Jadi memaksimalkan konten di setiap halaman untuk bisa menaikkan peringkat dari website di setiap mesin pencari yang ada. Jadi fokus utamanya itu ada pada konten, HTML, source code, sampai meta description dari setiap konten di setiap halaman situs.
2. Offpage SEO
Untuk jenis Off Page SEO sendiri adalah langkah SEO yang dilakukan dari luar website untuk bisa meningkatkan performa dari website tersebut. Google juga sudah menilai aktivitas dari luar website yang mungkin bisa menjadi indikator seberapa bagus website tersebut. Jadi fokus optimasi SEO itu pada website luar yang terhubung dengan website kalian, sosial media, dan lain sebagainya.
3. Technical SEO
Berikutnya ada Technical SEO yang lebih ke arah teknik dari website, di mana website harus disesuaikan dengan algoritma dari mesin pencari. Langkah-langkah yang dilakukan untuk jenis ini lebih kepada kecepatan loading, desain website, sampai kepada ramah terhadap device smartphone. Memang ketika aspek teknikal dari sebuah website bisa dimaksimalkan, maka akan bisa membantu untuk mencapai hasil teratas di mesin pencarian.
4. Local SEO
Terakhir adalah Local SEO yang mana merupakan langkah untuk mengoptimalkan situs kalian pada pencarian di daerah situs kalian. Biasanya Local SEO ini digunakan untuk website bisnis supaya nantinya bisa lebih mudah dicari oleh orang yang berada satu area dengan lokasi bisnis. Sebagai contoh misalnya orang mencari tempat makan terdekat, maka bisnis kalian akan muncul teratas di hasil pencarian.
Optimasi SEO dengan jenis ini biasanya memang lebih berfokus pada mempromosikan produk dan juga memanfaatkan Google Maps.
Bagaimana Cara Mengoptimalkan SEO?
Cara optimasi SEO blogspot itu tentunya meliputi beberapa langkah, di mana disesuaikan dengan setiap jenis dari SEO. Bila kalian melakukan setiap langkahnya dengan baik, maka bukan tidak mungkin kalian akan mendapatkan hasil engagement yang baik pada website kalian. Berikut ini kami akan jelaskan langkah optimasi untuk setiap jenis SEO yang ada.
Berikut langkah optimasi untuk jenis Onpage SEO:
1. Konten
Konten yang berkualitas adalah sebuah langkah untuk optimasi, supaya Google membaca website itu menampilkan konten yang memang berkualitas. Membuat konten berkualitas dari pihak yang terpercaya itu akan membuat website kalian akan mendapatkan peringkat teratas. Memastikan konten bisa dibaca dengan baik, berisi informasi yang berguna, serta original dan unik adalah kunci optimasi SEO on page.
2. Optimasi Penggunaan Keyword
Mengoptimalkan penggunaan keyword dengan density yang tepat supaya bisa lebih mudah terbaca oleh mesin pencari. Berapa keyword density yang direkomendasikan untuk optimasi SEO memang menjadi pertanyaan penting, dan sebenarnya sangat bergantung pada konten. Kami sarankan kalian mempergunakan Tools SEO yang akan membantu kalian mengetahui keyword density yang tepat untuk konten kalian.
3. Mengatur Keyword di Tag
Mengatur Tag mulai dari title tag sampai dengan header tag yang akan membuat konten lebih mudah diidentifikasi oleh mesin pencari. Pastikan membuat title tag yang unik dan menarik, sehingga akan membuat traffic website naik sesuai tujuan optimasi SEO. Selain itu buat header tag yang sesuai dan tepat, jadi akan terlihat rapi dan memudahkan mesin pencari untuk menampilkan informasi yang sesuai.
4. Menentukan Meta Description
Meta description itu adalah sebuah deskripsi singkat mengenai konten yang harus dibuat menarik supaya orang tertarik untuk membaca. Bagi Google pun meta description itu sangat penting, sehingga bisa menentukan rangking dari hasil pencarian lho. Buatlah singkat namun bisa menjelaskan isi dari konten secara keseluruhan seperti apa.
Berikut ini langkah untuk optimasi SEO untuk Offpage:
1. Link Building
Membangun link, di mana kalian bisa membuat link yang akan terhubung dengan link dari website kalian. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas dari situs dan akan membuat Google menampilkan website di posisi teratas pada pencarian. Namun kalian harus perhatikan untuk tidak terlalu banyak dan juga link yang diajak kerja sama itu harus sesuai dan juga berkualitas pula.
2. Memanfaatkan Sosial Media
Memanfaatkan sosial media untuk terhubung dengan website adalah langkah penting untuk optimasi SEO Off Page yang sebenarnya sederhana untuk dilakukan. Jika sosial media rapi dan terlihat kredibel, maka mungkin banyak orang yang juga akan mengakses website untuk informasi lebih lanjut. Hal ini sudah pasti akan membantu Google untuk mengidentifikasi website kalian sebagai web yang kredibel dan masuk rangking teratas.
3. Menggunakan Forum
Menggunakan forum yang tentunya bisa dipakai untuk membagikan situs atau juga link konten pada situs sebagai optimasi SEO link website kalian. Tapi tentunya harus memilih forum yang sesuai dan juga masih satu pembahasan dengan website yang kalian miliki. Kalian bisa memanfaatkan ini untuk traffic organik dan juga membantu Google meningkatkan ranking di pencarian mereka.
Forum juga bisa membantu kalian mendapatkan masukan dan ilmu baru seputar SEO dan mungkin menunjukkan kesalahan yang sudah kalian lakukan salam optimasi.
Berikut ini langkah optimasi untuk Technical SEO:
1. Mempercepat Loading Situs
Mempercepat loading situs yang sudah pasti akan sangat membantu pengunjung mengakses situs. Kalian bisa memanfaatkan beragam tools yang bisa dipakai untuk mempercepat proses loading dari situs sebagai langkah dalam optimasi SEO. Buat ukuran file pada web itu ringan, sehingga proses loading akan cepat dan Google pun akan meningkatkan rangking di hasil pencarian.
2. Membuat Desain Yang Menarik
Membuat desain website yang menarik dan juga nyaman dilihat menjadi poin kedua dalam optimasi SEO untuk jenis technical. Ini adalah kunci penting untuk membuat Google merasa website kalian itu kredibel dan juga layak untuk ditampilkan di mesin pencari. Ada banyak tools juga yang bisa membantu kalian dalam membuat desain website yang tepat untuk kalian pakai.
Berikut ini langkah cara optimasi Local SEO:
1. Memanfaatkan Profil Google My Bisnis
Memanfaatkan profil Google My Bisnis, kalian bisa membuat akun terlebih dahulu di sana. Setelah itu kalian perlu mengisi informasi bisnis kalian secara lengkap dan akurat, lebih baik lagi bila menyertakan foto ya. Data yang lengkap ini akan membuat kalian berada di posisi puncak pencarian saat orang mencari kata kunci yang sesuai dengan bisnis kalian menggunakan aplikasi Maps.
2. Riset Kata Kunci Di Area Kalian
Riset kata kunci yang sedang populer di area kalian merupakan langkah penting dalam optimasi SEO local. Hal ini akan sangat membantu dalam pembuatan konten, karena kalian sudah tahu kata kunci yang tepat itu seperti apa. Kalian bisa mempergunakan tools untuk menganalisa kata kunci yang ramai di area kalian itu apa dan kemudian bisa kalian gunakan.
3. Membuat Konten Yang Relate Dengan Area
Pembuatan konten harus sangat dipikirkan, di mana topik dari konten itu harus benar-benar relate dengan masyarakat di area kalian. Jadi nantinya orang akan penasaran dan kemudian melihat konten tersebut yang akhirnya bisa berujung pada mengunjungi situs. Hal ini akhirnya akan berpengaruh pada Google dalam menentukan ranking dari hasil pencarian yang dilakukan Google.
4. Memanfaatkan Ulasan Pelanggan
Memanfaatkan ulasan pelanggan yang menunjukkan kalau website itu memang sangat baik. Ini adalah sebuah langkah penting yang juga akan membuat Google mengidentifikasi kalau website kalian itu profesional dengan optimasi SEO.
Kesimpulan
SEO adalah bagian yang sangat penting dalam website dan perlu dilakukan dengan teliti. Anda juga bisa konsultasi SEO website Anda di Omnirank agar kami bantu analysis dan jelaskan kekurangan di bagian mana.
Banyak juga service Omnirank yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat dan scale up optimasi SEO website Anda.
0 Komentar