Artikel SEO Friendly adalah jenis artikel yang dibuat secara khusus sehingga nantinya dapat membantu mesin pencari agar memberikan peringkat yang tinggi. Untuk artikel atau kontennya sendiri biasanya menggunakan keyword yang dimaksudkan untuk mempermudah mesin pencari menemukan, memahami sekaligus menghubungkan artikel dengan topik yang ingin Anda cari.

Apa Itu Artikel SEO?

Artikel SEO Friendly adalah sebuah konten tertulis seperti postingan blog yang nantinya akan ditampilkan di website Anda sebagai halaman dan dilengkapi dengan URL unik. Artikel SEO Friendly sendiri biasanya memiliki format seperti memberikan tutorial, mendidik, menginformasikan, sekaligus menghibur para pembaca yang menjadi target Anda.

Bagaimana Cara Menulis Artikel SEO Friendly?

Penulisan SEO adalah sebuah proses menulis suatu konten yang memiliki tujuan untuk mendapatkan peringkat tinggi pada mesin pencari seperti Google dengan memanfaatkan kata kunci yang relevan.

Dengan menulis artikel SEO Friendly ini Anda dapat memberikan Google lebih banyak wawasan mengenai isi dari website Anda. Nantinya ini dapat digunakan oleh Google untuk menentukan apakah website Anda relevan dengan permintaan pencarian dari para visitor.

Apabila website Anda dirasa relevan dan berguna bagi visitor, kemungkinan besar Google akan memberikan peringkat pada website tersebut. Untuk membantu Anda dalam membuat artikel yang bisa SEO Friendly, kami akan memberikan cara membuat artikel SEO Friendly yang simpel dan mudah dipahami.

Mencocokkan Maksud Pencarian

Maksud dari melakukan pencarian akan mengacu pada tujuan dari visitor pada saat mereka hendak mencari sesuatu. Misalnya, ada seseorang yang mengetik “makanan khas dari Indonesia Timur.”

Tentu mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang makanan yang menjadi khas dari Indonesia Timur. Google nantinya akan memahami hal ini dan menampilkan artikel kepada visitor dan bagian “People Also Asking” (PAA) mengenai makanan khas dari Indonesia Timur.

Lakukan Riset Kata Kunci

Kata kunci atau keyword adalah sesuatu yang dapat membantu mesin pencari untuk menampilkan konten yang Anda buat kepada visitor untuk sebuah pencarian yang tentunya relevan. Nantinya kata kunci inilah yang dapat membantu meningkatkan lalu lintas secara organik ke website Anda sekaligus meningkatkan jumlah pembaca.

Mesin pencari sendiri akan menggunakan kata kunci untuk memahami sebuah konten. Jadi untuk dapat mengoptimalkan konten yang Anda miliki berarti Anda harus menambahkan kata kunci yang relevan.

Temukan Topik yang Relevan dengan Audiens Anda

Algoritma pada Google akan memberikan sebuah penghargaan pada konten yang dinilai bisa memberikan manfaat bagi visitor. Membuat sebuah konten yang bermanfaat dan mudah dipahami adalah merupakan tujuan utama dari penulisan artikel SEO Friendly.

Untuk dapat melakukan hal ini, Anda perlu mencari tahu siapa target audiens dan topik apa yang penting untuk mereka. Dengan melakukan ini, Anda nantinya bisa mengantisipasi mengenai permasalahan mereka dan membuat konten yang menawarkan solusi terbaik untuk audiens Anda.

Buatlah Tag Judul yang Dioptimalkan dengan Baik

Tag judul adalah sebuah potongan kode HTML yang menentukan judul halaman untuk mesin pencarian. Judul halaman akan sangat mempengaruhi apakah visitor nantinya akan memutuskan untuk mengklik halaman Anda atau tidak.

Anda juga harus mempertimbangkan soal maksud dari pencarian. Memilih judul yang menampilkan masalah adalah hal yang baik, karena ini akan meningkatkan minat pembaca yang sedang mencari solusi dari masalah tersebut.

Mengoptimalkan Deskripsi Meta

Deskripsi meta sendiri adalah sebuah tag HTML yang akan membantu dalam mendeskripsikan konten yang ada pada halaman website Anda. Biasanya deskripsi meta ini akan muncul di halaman hasil mesin pencari di bawah judul halaman Anda.

Deskripsi meta merupakan bagian penting dari penulisan untuk SEO. Hal ini memang tidak akan secara langsung dapat mempengaruhi peringkat. Namun, akan dapat memengaruhi mengenai apakah visitor nantinya mengklik halaman Anda atau tidak.

Sertakan juga kata kunci target Anda ke dalam deskripsi meta Anda. Ini akan membantu dalam memberi sinyal kepada visitor bahwa halaman tersebut akan mencakup topik yang ingin mereka pelajari.

Topik Pembahasan yang Memiliki Value

Topik pembahasan yang mempunyai value adalah sesuatu yang harus kalian pikirkan pada saat akan membuat artikel SEO. Semakin bagus topik pembahasan dan penyampaian Anda, maka akan membuat artikel Anda diminati banyak pembaca.

Pastikan juga topik pembahasan dan kata kunci yang Anda pilih masih terhubung dan relevan. Bila Anda mengabaikan hal ini, maka dapat memberikan dampak yang buruk pada artikel SEO Anda dan akan membuatnya tak enak untuk dibaca.

Itulah pentingnya untuk mencari lebih dari satu sumber, agar artikel yang Anda buat dapat memiliki isi yang lebih berbobot dan lebih bervariasi lagi. Baik dari segi penyampaian juga dari segi informasi akan jauh lebih memiliki value dan ini bagus untuk website yang Anda miliki.

Pentingnya Artikel SEO Friendly Untuk Strategi SEO

Alasan kenapa artikel SEO Friendly ini penting karena dalam strategi SEO sendiri memiliki konten yang SEO Friendly akan memberikan begitu banyak dampak bagus. Berikut ini adalah beberapa dampak bagus dari artikel yang memang SEO Friendly.

Membantu Dalam Memberikan Ranking Sebuah Website

Keberadaan dari artikel SEO Friendly sendiri tak perlu diragukan lagi memang dapat membantu dalam meningkatkan peringkat artikel pada mesin pencari dan ini akan membantu dalam memperbaiki visibilitas pada pencarian.

Membantu Dalam Meningkatkan Kredibilitas

Artikel SEO akan sangat membantu dalam memperkuat branding dari website Anda dengan meningkatkan peringkat website di halaman mesin pencari. Dengan begitu, ini akan membuat artikel Anda menjadi jauh lebih mudah ditemukan oleh visitor dan hal ini akan membantu dalam memperkuat citra dari website Anda sekaligus meninggalkan kesan positif kepada para visitor.

Lalu seperti apa sih contoh artikel SEO Friendly ini? Mungkin masih banyak yang belum paham soal hal ini dan berikut adalah beberapa contoh artikel yang SEO Friendly.

1. Memiliki Keyword

Artikel yang SEO Friendly haruslah memiliki kata kunci atau keyword. Hal ini dikarenakan dapat membantu mesin pencari dalam mengklasifikasikan konten yang Anda miliki, sehingga memiliki potensi muncul pada halaman pertama mesin pencari.

Keyword sangat penting untuk berada pada tiap paragraf, terutama paragraf pertama. Memang bukan hal yang mudah untuk meletakkan kata kunci ini, tetapi semakin sering disebut maka akan ada kemungkinan besar untuk konten Anda muncul di halaman pertama mesin pencari.

2. Memiliki Heading 1 dan Heading 2

Contoh lainnya dari sebuah artikel yang SEO Friendly ini adalah terdapatnya Heading 1 dan 2. Penempatan H1 sendiri biasanya terdapat pada bagian judul. Itulah mengapa kata kunci harus ada pada awal kalimat agar pembaca tahu pembahasan yang ada di dalam artikel.

Untuk H2 atau Heading 2 biasanya memang terletak pada bagian tengah artikel. Untuk Heading 2 ini sendiri biasanya memang masih membahas sesuatu yang masih relevan dengan apa yang dibahas pada Heading 1.

Contoh dari artikel yang SEO Friendly juga biasanya terdapat permalink. Bagi yang belum tahu, permalink adalah sebuah tempat link yang di dalamnya nanti Anda harus mempergunakan keyword yang memang Anda tuju. Tujuannya agar mesin pencari nantinya dapat merekomendasikan artikel yang telah Anda buat.

4. Memiliki Meta Deskripsi

Contoh lainnya dari artikel SEO Friendly adalah terdapatnya meta deskripsi. Merupakan sebuah tempat pada Google yang akan membantu untuk mendeskripsikan artikel pada ketika artikel Anda muncul pada halaman mesin pencari.

5. Punya Tautan Internal dan Eksternal

Tambahkan tautan pada teks atau gambar yang dapat membantu visitor untuk mengarah ke salah satu artikel yang Anda buat atau pada artikel yang terdapat di website orang lain. Tujuannya agar nantinya artikel yang Anda buat dinilai cukup baik oleh Google sehingga layak untuk direkomendasikan.

Berikut 10 Kesalahan yang Perlu Kamu Hindari Saat Menulis Artikel

Saat ini ternyata masih banyak sekali penulis konten yang kerap sekali melakukan beberapa kesalahan yang cukup umum. Kesalahan-kesalahan ini yang nantinya dapat merusak kinerja dari SEO.

Hal seperti inilah yang pada akhirnya akan sangat berdampak pada pengalaman visitor atau pembaca. Berikut ini adalah 10 kesalahan dalam menulis artikel SEO Friendly yang harus dihindari.

1. Judul Artikel Kurang Menarik

Salah satu kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh banyak penulis artikel adalah mengenai penggunaan judul yang kurang menarik. Hal ini akan mengakibatkan hilangnya selera seseorang untuk mengklik dan membaca artikel yang Anda buat.

Itulah mengapa penting sekali buat Anda untuk melakukan riset mengenai judul yang akan dibuat. Dengan memiliki judul yang menarik, maka artikel Anda memiliki peluang besar untuk membuat orang tertarik.

2. Keyword Stuffing

Merupakan salah satu jenis kesalahan yang paling umum dan paling sering dialami ketika menulis untuk konten SEO. Penggunaan kata kunci yang berlebihan atau keyword stuffing ini akan membuat artikel Anda menjadi tidak enak dibaca.

Hal ini biasa terjadi akibat Anda mungkin terlalu sering dalam melakukan pengulangan kata kunci yang menjadi target pada artikel yang Anda sedang tulis. Kesalahan ini pada akhirnya akan membuat tulisan menjadi tidak wajar dan berpotensi untuk berisi konten spam.

Dengan terjadinya kesalahan ini dapat berimbas pada para pembaca yang merasa terganggu dengan konten yang Anda buat. Sehingga mereka berpotensi besar untuk dengan segera meninggalkan halaman website Anda.

Agar terhindar dari membuat kesalahan semacam ini, ada baiknya bila Anda memperhatikan kata kunci target yang digunakan dan pastikan bila Anda menghindari penggunaannya yang terlalu berlebihan.

Ketika Anda akan memakai internal link ataupun external link pada artikel SEO Friendly, ada beberapa link yang kemungkinan tidak bisa ditemukan. Hal ini terjadi dikarenakan adanya kesalahan dalam melakukan input link.

Kejadian semacam ini akan memiliki dampak yang sangat tidak baik untuk artikel SEO Friendly. Maka dari itu sangatlah penting untuk Anda dalam memastikan link atau tautan yang dimasukkan tersebut ke dalam artikel dapat ditemukan dan dijalankan.

4. Penggunaan Anchor Text yang Tidak Tepat

Anchor text adalah sebuah text yang berisikan link dalam sebuah artikel SEO. Anchor text yang salah adalah sebuah anchor text yang tidak memiliki nilai sama sekali terhadap pembaca.

Gunakan anchor text yang tepat pada artikel SEO yang Anda buat agar bisa direkomendasikan oleh mesin pencari dan membuatnya tampil pada halaman pertama.

5. Terlalu Banyak Typo

Kesalahan yang membuat artikel SEO akan kehilangan minat pembaca adalah karena terdapat terlalu banyak typo. Dengan banyaknya typo atau kesalahan dalam penulisan, akan berdampak pada minat pembaca artikel Anda.

Tentu hal ini akan merugikan Anda karena akan membuat mesin pencari akan menurunkan peringkat dari website Anda. Kesalahan dalam penulisan akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam membaca artikel dan hal ini tentu dapat memberikan efek yang jelek pada artikel SEO Friendly yang Anda buat.

6. Tidak Memperhatikan Kualitas Konten

Hal yang biasanya terjadi ketika membuat konten SEO adalah banyak orang yang masih tidak memperhatikan kualitas konten yang mereka buat. Hal ini pada akhirnya berdampak pada konten yang kurang menarik.

Konten yang kurang menarik ini pada akhirnya akan membuat menurunnya minat pembaca dan membuat konten Anda menjadi kurang disukai. Maka dari itu bila Anda ingin membuat sebuah konten SEO yang baik maka perhatikanlah kualitas konten yang Anda buat.

7. Isi Konten Yang Tidak Relevan

Isi konten yang tidak relevan ini pada akhirnya dapat menjatuhkan kualitas dari konten itu sendiri. Kesalahan ini membuat konten menjadi tidak memiliki daya tarik apa pun, sehingga tidak akan menarik minat pembaca dan pada akhirnya konten pun tidak akan mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Untuk itulah kalian sebagai penulis harus memperhatikan isi konten yang kalian buat, sehingga akan tetap relevan dengan apa yang kalian buat. Jadi, selalu pastikan bila isi konten yang dibuat punya kualitas dan dibuat secara baik.

8. Meta Deskripsi yang Tidak Menarik

Meta deskripsi adalah sebuah deskripsi yang akan muncul di mesin pencari yang akan menjelaskan sedikit mengenai isi konten yang Anda buat. Jadi semakin menarik isi meta deskripsi akan membuat orang lebih tertarik untuk membaca artikel atau konten yang Anda buat.

Kesalahan seperti ini biasa terjadi dan memang harus dihindari, karena kesalahan dalam membuat meta deskripsi akan berimbas pada konten yang menjadi kurang menarik untuk pembaca.

9. Penggunaan Heading Tag yang Salah

Satu kesalahan yang juga sering sekali terjadi adalah terdapat pada heading tag. Kesalahan yang berujung dapat membuat konten Anda tidak sesuai dengan isi konten yang Anda buat.

10. Teks Anchor yang Tidak Relevan

Satu lagi kesalahan yang sering terjadi ketika membuat konten SEO adalah teks anchor yang tidak relevan dengan isi konten. Hal ini akan menimbulkan kebingungan yang akan membuat konten Anda jadi tidak menarik sama sekali.

Kesalahan semacam ini dapat membuat Google tidak akan merekomendasikan konten yang Anda buat. Oleh sebab itulah harus lebih teliti lagi dalam membuat teks anchor yang akan digunakan.

Jadi kesimpulannya artikel SEO Friendly adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi kinerja dari website Anda. Tentunya, bila artikel yang dibuat adalah artikel yang SEO Friendly, memiliki value sekaligus memiliki tujuan yang jelas, maka artikel punya peluang besar yang akan membuat website Anda memiliki traffic yang melonjak.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menghindari berbagai macam kesalahan dalam membuat artikel SEO. Kesalahan-kesalahan kecil akan membuat artikel Anda menjadi tidak layak dan ini memungkinkan untuk peringkat yang sudah Anda miliki sebelumnya hilang.

Untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan website yang Anda miliki terutama dari sisi SEO, Omnirank dapat memberikan solusinya kepada Anda. Langsung saja daftar gratis sekarang dan pilih layanan service Omnirank sesuai kebutuhan Anda.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.