Omnirank.id – Halo sahabat Omni! Peran SEO sangat erat kaitannya dengan bisnis, banyak manfaat dan kelebihan SEO yang dibutuhkan oleh bisnis terutama bisnis online. Kali ini kita akan mengkaji apa saja keunggulan dari SEO tersebut sehingga bisa dimanfaatkan untuk memperkuat bisnis online.

Apa itu SEO?

Untuk mereka yang terbiasa menjalankan tugas pemasaran digital, tentu sudah familiar dengan Search Engine Optimization atau SEO ini. Inilah cara atau metode yang bertujuan mengoptimasi suatu website supaya unggul di pencarian Google atau search engine. Bagi para marketer, potensi kelebihan SEO tentu sangat dibutuhkan karena bisa meningkatkan branding, konversi, dan kredibilitas.

Sementara biaya untuk menerapkan SEO itu sendiri cenderung rendah, terutama jika dibandingkan dengan biaya untuk iklan berbayar. Banyak bidang industri yang mengandalkan SEO jika mereka memang menjalankan bisnis online di dalamnya. Sangat disayangkan jika SEO tidak dimanfaatkan di era sekarang ini karena dampaknya semakin relevan.

Hal utama yang bisa kita dapatkan dengan kesuksesan implementasi SEO yaitu situs kita bisa punya potensi besar untuk berada di posisi atas halaman pencarian search engine. Suatu bisnis tentu butuh dorongan supaya orang-orang bisa tahu seputar bisnis tersebut, SEO adalah salah satu langkah yang bisa diandalkan.

Pada dasarnya keberadaan suatu bisnis sangat disarankan untuk punya implementasi online seperti website. Website bisnis tersebut bisa diisi dengan setiap informasi yang dibutuhkan calon pelanggan. Dalam penerapannya, SEO bisa diterapkan dengan personalisasi tertentu karena preferensi setiap bisnis online tentu berbeda-beda.

Meski pada dasarnya kelebihan SEO punya manfaat bagus untuk kebutuhan pemasaran, tapi tetap harus dilakukan dengan strategi jitu untuk mengoptimalkan hasilnya. Dengan langkah-langkah SEO yang maksimal, maka website bisa mudah muncul seketika saat pengguna internet menginput keyword di search engine.

Manfaat SEO dalam Bisnis Online

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari langkah-langkah marketing yang menerapkan esensi SEO. Ciri khas SEO yaitu salah satunya taktik marketing organik, dari klik secara organik ini, maka bisa berpeluang meningkatkan konversi. Lead atau calon pelanggan dari strategi SEO cenderung lebih berkualitas kalau kita bandingkan dengan berbagai program pengiklanan pada platform tertentu.

Melalui strategi dan teknik terukur, maka pebisnis bisa fokus pada produksi konten web. Sementara dari kualitas konten itu sendiri sangat berpengaruh, implementasi SEO On-Page pada konten bisa meliputi kata kunci, optimasi gambar, dan sebagainya. Untuk lebih memahami seputar SEO, simak beberapa manfaatnya di bawah ini:

1. Meningkatkan Kredibilitas

Dari munculnya situs pada halaman Google pertama bisa mengindikasikan kalau bisnisnya memang fokus terhadap branding. Secara tidak langsung, motif tersebut bisa menunjukkan kalau bisnis tersebut cukup kredibel atau tepercaya. Calon pelanggan bisa lebih mengandalkan bisnis yang punya effort dan kinerja optimal termasuk dengan pendekatan SEO tersebut.

Jika suatu bisnis tidak unggul di search engine, maka calon pelanggan bisa saja meremehkan atau menganggap bisnis tersebut tidak cukup profesional. Kalau kredibilitas turun, maka bisa berdampak buruk terhadap penjualan. Sistem dari mesin pencari biasanya bisa menyediakan posisi tinggi untuk suatu situs kalau kontennya relevan, valid, berkualitas, dan dapat dipercaya.

Dengan on-page SEO berkualitas, maka website bisnis bisa punya potensi lebih tinggi direkomendasikan sistem Google. Isi konten pada website bisnis disarankan untuk benar-benar faktual dan valid bukan hanya konten asal-asalan saja.

2. Tak Perlu Banyak Biaya

SEO adalah salah satu pendekatan marketing yang hemat biaya. Kalau Anda butuh lebih hemat dalam menekan biaya kampanye pemasaran, maka lebih baik kaji kembali strategi-strategi SEO untuk bisnis Anda. Bahkan penerapan strategi SEO bisa saja lebih murah kalau dibandingkan SEM.

Menerapkan SEO berarti cenderung lebih relevan, terdapat target spesifik tertentu sehingga efeknya lebih potensial. Walau bisa lebih hemat, tapi ada kalanya butuh tenaga ekstra saat mengimplementasikan strategi SEO yang tepat. Bisa dibilang SEO ini kurang praktis karena jika kita memakai iklan berbayar, tentu lebih memudahkan dan praktis.

Meski begitu, strategi SEO bisa menunjang pemasaran bisnis secara organik. Suatu bisnis bisa lebih mudah meraih traffic organik tanpa harus menyiapkan dana besar. Dari budget yang ada untuk marketing, bisa digunakan untuk biaya konten atau artikel yang kuat akan SEO.

Misalnya bisa dengan memanfaatkan jasa penulis profesional sehingga konten yang dihasilkan punya kualitas mumpuni. SEO bisa bermanfaat untuk jangka panjang baik itu untuk penghematan maupun potensi branding.

3. Mendukung Pemasaran

Terdapat beragam upaya pemasaran yang bisa ditunjang oleh SEO. Langkah pemasaran seperti kampanye iklan sosmed misalnya, bisa ditujukan ke situs berkekuatan SEO. Dengan pendekatan seperti itu, maka bisa berpeluang mendapat konversi lebih optimal. Melalui kelebihan SEO ini, bisa membuat hubungan kuat antar tiap kanal marketing sehingga bisa mendatangkan semakin banyak manfaat lagi kedepannya.

4. Memberimu Keunggulan Kompetitif

Untuk bersaing lebih optimal, suatu bisnis harus punya keunggulan kompetitif. Jika SEO diterapkan dengan tepat, maka bisa membuat bisnis Anda semakin kuat dalam mengungguli bisnis lainnya terutama pada level pencarian di Google. Jika SEO berhasil dan website Anda ada pada peringkat atas search engine, maka sudah pasti lebih mudah diakses calon konsumen dibandingkan web lainnya.

Inilah yang dimaksud dengan keunggulan kompetitif. Jika sudah unggul pada pencarian Google tersebut, maka selanjutnya bisnis Anda punya kesempatan lebih tinggi untuk menarik calon-calon konsumen. Potensi pasar bisa lebih kuat dengan posisi tinggi di Google tersebut apalagi jika dipertahankan dengan baik.

5. Membantumu Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Suatu bisnis disarankan untuk tetap mengembangkan pasar mereka, SEO bisa membantu bisnis Anda memperluas cakupan audiens. Anda bisa siapkan konten-konten dan elemen website dengan implementasi internasional seperti penggunaan bahasa Inggris jika memang ingin memperluas pasar ke skala internasional.

Selain bisa hemat biaya, Anda bisa melakukan ekspansi pasar dengan lebih mudah padahal pada dasarnya ini adalah upaya yang cukup kompleks. Dengan berbagai modifikasi SEO, Anda sudah bisa menyiapkan bisnis dengan skala pasar lebih luas

6. Meningkatkan Penggunaan Situs Web

Jika SEO secara rutin dan maksimal diterapkan pada website, maka berarti bisa meningkatkan website usability. Ada banyak sekali potensi-potensi menguntungkan untuk bisnis pada halaman website mereka. Berbagai upaya SEO sering kali melibatkan berbagai elemen-elemen pada website termasuk hal yang detail.

Upaya-upaya SEO yang dimaksud bisa itu mempercepat loading halaman, memperjelas navigasi, merapikan layout halaman, dan lain sebagainya. Melalui berbagai upaya tersebut, maka bisnis bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih menjanjikan. Pada akhirnya, visitor pun akan merasa nyaman dan puas dengan adanya konten atau sajian web lainnya.

Selanjutnya mereka bisa lebih tertarik melakukan langkah konversi tertentu misal mengisi form online, memesan produk, dan konversi lain sebagainya.

7. Mendapatkan Hasil Terukur

Melalui implementasi SEO, maka Anda bisa mendapatkan data-data tertentu misal data untuk menjelaskan seputar perilaku konsumen. Anda bisa mendapatkannya melalui tools SEO tertentu misal salah satunya Google Analytics. Dengan menggunakan tools tersebut, Anda bisa mencari tahu seputar perilaku para visitor situs.

Beberapa mungkin cukup sering berkunjung ke halaman seputar produk tapi tidak kunjung membeli produknya. Dari pengetahuan seperti itu, Anda bisa saja melakukan langkah selanjutnya seperti membuat foto produk lebih menarik, modifikasi deskripsi, atau bahkan penyesuaian harga.

8. Meningkatkan Engagement Pengguna

SEO bisa menunjang engagement pengguna, yaitu seputar keterlibatan user dengan apa yang ada di website. Salah satu contoh populer dari engagement ini yaitu klik link, pengguna internet berinteraksi melalui aktivitas klik tautan tersebut. Contoh lainnya yaitu menginput data di form online, berkomentar, share konten, dan sebagainya.

Engagement pengguna juga termasuk lamanya waktu yang pengguna habiskan selama di situs tersebut. Ragam konten dengan kekuatan dan kelebihan SEO bisa semakin meningkatkan engagement tersebut. Bisa dengan menyajikan infografik, video menarik, artikel solutif, dan sebagainya. Berbagai konten tersebut disarankan untuk rutin diperbarui agar tetap mempertahankan engagement.

10 Kelebihan SEO untuk Bisnis & Marketing Online

Berbagai capaian manfaat yang sudah dijelaskan di atas tidak lepas dari banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh sistem SEO. Berikut beberapa kelebihan SEO dalam bisnis online yang dimaksud:

1. Mudah Ditemukan Pengguna Mesin Pencari

Dengan adanya SEO, maka situs Anda bisa lebih mudah diakses pengguna. Kelebihan SEO bisa membuat situs bisnis Anda lebih terkenal daripada situs bisnis pesaing. Visibilitas situs web adalah hal yang sangat penting, banyak manfaat bisa didapatkan setelah ada cukup banyak visitor pada suatu web. Bisnis dengan basis audiens tinggi akan memberikan manfaat menguntungkan untuk bisnis kedepannya dan itu bisa didapatkan dengan implementasi SEO.

2. Meningkatkan Traffic Organik

Kelebihan SEO juga bisa meningkatkan trafik web secara organik dengan performa menjanjikan. Banyak kelebihan dari trafik organik itu sendiri, seperti tingginya kepercayaan pada jenis trafik dari visitor. Biasanya orang-orang lebih percaya dengan hasil organik karena bisa lebih mewakili dan otentik.

Pencarian organik dianggap relevan berdasarkan keyword terkait. Sementara trafik yang berbayar cenderung dianggap lebih ke usaha promosi, sehingga orang-orang bisa saja menanggapinya tidak seobjektif trafik organik. Trafik berbayar bisa berkurang cukup signifikan kalau kampanye iklannya dihentikan atau bahkan hanya dengan sekedar mengurangi biaya untuk iklan tersebut saja.

Konsistensi trafik berbayar tersebut bisa sangat bervariasi karena tergantung biaya, durasi, dan kualitas iklan. Banyak pengguna internet yang lebih menyukai hasil organik dibandingkan iklan-iklan. Hasil organik dari suatu pencarian berasal dari konten yang berkualitas dan relevansi.

sedangkan iklan cenderung dianggap sebagai hasil dari suatu pembayaran atau upaya promosi saja yang tidak mesti relevan. Jika pengguna internet memandang web Anda sebagai hasil organik, maka akan dianggap lebih mumpuni. Mereka tidak akan cukup skeptis dengan website Anda dibandingkan dengan buah dari pembayaran seperti iklan-iklan promosi.

3. Memahami Tren dan Keinginan Konsumen

SEO juga punya kemampuan memahami tren konsumen. Terdapat berbagai tools analitik SEO yang bisa Anda manfaatkan untuk memahami lebih jauh tentang pelanggan. Melalui tools-tools tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi berharga seputar konsumen misal seperti demografinya. Kalau data-data tersebut sudah didapatkan, maka pelanggan bisa lebih dipahami lalu strategi marketing bisa dibuat sesuai data-data tersebut agar lebih relevan dan jitu.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Kelebihan SEO bisa membuat web bisa Anda muncul pada peringkat pencarian teratas search engine, sehingga bisa berdampak baik untuk brand awareness. Anda bisa memiliki brand yang punya keberadaan kuat dibandingkan sebelum menerapkan SEO. Mereka yang melihat website Anda berada di peringkat pencarian seperti itu, maka bisa menganggap bisnis Anda punya kredibilitas menjanjikan.

5. Meningkatkan Citra Positif

Suatu website bisnis atau perusahaan dengan peringkat tinggi pada laman search engine, akan lebih dianggap punya kualitas mumpuni. Dengan kata lain, bisnis Anda bisa mendapatkan citra positif dengan sukses menempatkan website pada rank tinggi. Citra positif suatu bisnis adalah hal yang sangat penting dan akan mempengaruhi penjualan.

Kalau website Anda bisa langsung terlihat dengan mudah ketika pengguna mencari layanan atau barang yang mereka inginkan di Google, maka mereka akan lebih percaya pada web Anda . Selanjutnya mereka akan lebih percaya lagi kalau produk yang Anda tawarkan cocok dengan apa yang pengguna internet butuhkan.

6. Meningkatkan Peluang Konversi Transaksi

Salah satu tujuan dari penerapan SEO yaitu untuk meningkatkan penghasilan. Kelebihan SEO cukup menjanjikan untuk meningkatkan potensi konversi. Para visitor web dari sumber hasil organik biasanya lebih berkualitas dibandingkan yang tidak organik. Mereka memang mencari menggunakan kata kunci untuk mengakses informasi produk yang mereka butuhkan.

Sedangkan karakteristik SEO itu sendiri adalah serba organik sehingga manfaat tersebut bisa didapatkan. Biasanya tingkat konversi visitor organik itu lebih tinggi kalau dibandingkan dengan yang mengunjungi situs dari iklan-iklan.

7. Meningkatkan Pendapatan

Bagi Anda yang ingin bisnisnya punya pendapatan lebih banyak, bisa andalkan strategi-strategi SEO. Kelebihan SEO bisa memberikan visibilitas tinggi untuk bisnis Anda, sehingga bisa lebih terkenal. Kalau produk Anda punya kualitas menjanjikan dan bisa menjadi solusi untuk banyak orang, ditambah dengan web peringkat tinggi, penjualan bisa meningkat.

Jika implementasi SEO terus dipertahankan dengan baik, maka peningkatan pendapatan bisnis Anda bisa meningkat dalam jangka panjang dan secara konsisten.

8. Membuat Bisnis Lebih Kompetitif

Sangat penting untuk punya kekuatan dalam mengungguli kompetitor dalam dunia bisnis. Kelebihan SEO dapat membantu website bisnis Anda punya keunggulan tersendiri terutama dalam lingkup pasar online. Saat website bisnis Anda sukses muncul pada posisi atas pencarian, peluang calon pelanggan tertarik dengan bisnis Anda akan lebih besar dibanding pesaing. Itulah salah satu bentuk kesuksesan kompetitif yang bisa didapat dengan pendekatan SEO.

9. Berbiaya Lebih Murah

Kalau Anda ingin lebih berhemat dalam meningkatkan konversi di website, maka bisa andalkan SEO. SEO punya keunggulan dalam segi biaya, berbeda dengan kampanye iklan berbayar yang mungkin butuh lebih banyak biaya dalam prosesnya. Lebih dari itu, konversi dari sumber organik lebih menjanjikan daripada sumber iklan.

Biaya untuk SEO bisa dari penggunaan jasa penulisan SEO-friendly yang biasanya lebih murah dibandingkan kampanye iklan di sosial media atau platform lain.

10. Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Menerapkan SEO berarti bisa menunjang pertumbuhan bisnis. Suatu bisnis harus terus berkembang terutama dari segi online atau digital. SEO bisa memperkuat fondasi digital suatu bisnis sehingga bisa membantu pertumbuhan kedepannya. Website yang kuat dengan SEO bisa menjadi salah satu modal pertumbuhan bisnis secara potensial mengingat makin banyaknya pengguna internet itu sendiri.

Itulah pembahasan seputar manfaat dan kelebihan SEO. Bagi Anda yang membutuhkan optimasi website bisnis atau perusahaan berkualitas untuk ranking dan traffic tinggi, Anda bisa andalkan layanan dari Omnirank. Anda bisa daftar gratis dan bisa memilih beragam pilihan service Omnirank yang lengkap sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.