Ketika menjalankan suatu bisnis di era digital seperti sekarang, menjalankan strategi email marketing bisa menjadi pilihan yang tepat. Strategi marketing ini bahkan masih sangat relevan sejak lama dan masih banyak digunakan oleh berbagai brand dan perusahaan besar.
Apa itu Email Marketing dan Fungsinya?
Dalam dunia bisnis, penggunaan email dapat dilakukan untuk menyampaikan berbagai hal. Email ini dapat berisi pesan atau konten yang sifatnya komersial. Adapun contohnya seperti informasi produk, acara atau event, hingga berbagai promo yang sedang berlangsung.
Pengiriman email marketing ini tentu juga bukan tanpa alasan. Sebab, para pebisnis akan menggunakan pesan tersebut supaya dapat terhubung secara lebih personal kepada pada pelanggan maupun calon pelanggan.
Secara jangka panjang, pengiriman email pemasaran juga akan berdampak pada meningkatkan konversi penjualan yang terjadi. Meski demikian, email pemasaran bukanlah sekadar spam, bahkan dapat dibuat seperti halnya pesan personal dari Anda kepada teman.
Apa Tujuan Utama Dari Email Marketing?
Penggunaan email pemasaran sejatinya sudah dilakukan sejak tahun 1970-an. Email tersebut bahkan dapat menghasilkan lebih dari 13 juta dollar saat itu sehingga tidak mengherankan kalau email marketing adalah cara yang tepat untuk memberi keuntungan bagi perusahaan.
Dengan kata lain, pengiriman email marketing sendiri sudah seharusnya sesuai dengan tujuan utama dari perusahaan, yakni supaya pihak konsumen semakin tertarik dan mengenal berbagai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
Lebih jauh lagi, tujuan utama dari pengiriman email marketing tersebut tentu saja agar para konsumen dapat membeli produk tersebut, menggunakan jasa yang ditawarkan, hingga bergabung dalam bisnis perusahaan sebagai mitra.
Apa Saja Manfaat Email Marketing?
Fungsi dan tujuan yang dimiliki oleh email pemasaran ini memang terbilang sangat berlimpah sehingga tidak mengherankan kalau jenis email tersebut masih sering digunakan dalam dunia pemasaran. Berikut beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh.
1. Meningkatkan traffic ke website
Penggunaan email bisa menjadi cara yang diandalkan untuk membuat konsumen mengunjungi laman resmi perusahaan atau bisnis tersebut. Adapun caranya dengan menyisipkan tautan ke dalam konten email sehingga konsumen dapat melihat produk dan layanan lain pada website perusahaan.
2. Targeting secara tepat
Tidak hanya itu, penggunaan email marketing juga akan membantu penerapan target secara lebih realistis namun tepat sasaran. Dengan kata lain, email pemasaran bisa menjadi salah satu aspek untuk riset konsumen guna mendapatkan informasi mengenai rata-rata penjualan hingga penggunaan produk.
3. Menghemat ongkos pemasaran
Dapat dilihat secara jelas jika biaya untuk promosi dengan email akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penggunaan media lain seperti brosur atau audio visual. Terlebih dengan kemajuan teknologi saat ini, email pasti akan selalu dibutuhkan dan dicek setiap hari oleh konsumen.
Jenis-Jenis Email Marketing
Sejatinya, ada banyak contoh email marketing yang bisa Anda buat untuk berbagai kebutuhan bisnis. Secara umum, berikut jenis dan contoh penggunaan email yang dapat dijadikan sebagai media pemasaran bisnis Anda.
1. Welcome email
Sesuai namanya, jenis email yang satu ini digunakan untuk menyambut audiens atau konsumen yang baru saja berlangganan atau mengikuti akun bisnis Anda. Isinya dapat berupa branding hingga penjelasan produk unggulan sebagai kesan pertama konsumen terhadap bisnis Anda tersebut.
2. Email katalog
Pengiriman katalog produk sebagai email marketing juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempermudah penyampaian pelayanan kepada pelanggan. Karena termasuk jenis hard selling, pastikan penyampaian produknya tepat dan menarik dengan informasi yang lengkap.
3. Undangan event
Email pemasaran juga banyak digunakan dalam pengadaan event tertentu. Pastikan Anda menyertakan alasan mengapa harus mengikuti event tersebut dengan kelebihan hingga manfaat yang diperoleh. Hal ini sudah pasti akan menarik perhatian para audiens untuk mendaftarkan diri.
Kenapa Email Marketing Penting?
Dengan adanya email marketing, secara tidak langsung brand recognition juga akan meningkat. Hal ini karena desain, nama, hingga konten yang ditampilkan secara konsisten akan membuat para audiens mengenali brand dan bisnis yang Anda jalankan.
Penggunaan email pemasaran juga sangat penting dalam meningkatkan brand awareness publik terhadap produk bisnis Anda. Terlebih jika Anda juga dapat menjangkau setiap kalangan audiens dengan promosi yang relevan hingga memanfaatkan momen tertentu.
Keuntungan dari Menggunakan Email Marketing
Secara garis besar, penggunaan email pemasaran juga memiliki berbagai keuntungan, terutama bagi perusahaan pengguna konten promosi tersebut. Mulai dari meningkatkan hubungan dengan pelanggan hingga meningkatkan penjualan.
1. Dapat membuat konten yang personalized
Adanya email marketing akan membantu Anda untuk membuat konten yang lebih personal, mulai dengan memasukkan nama penerima hingga pengiriman campaign yang berbeda kepada target yang berbeda. Cara ini tentu akan lebih menyentuh audiens secara lebih personal dan dekat.
2. Meningkatkan engagement dengan pelanggan
Kedekatan bisnis dengan audiens juga akan membuat mereka lebih tertarik dengan produk yang dimiliki. Mereka akan lebih melihat bisnis yang Anda tawarkan. Jika nantinya konsumen tersebut membutuhkan produk atau suatu layanan, mereka akan lebih mengingat bisnis Anda.
3. Meningkatkan penjualan
Data mencatat bahwa 60% calon pelanggan melakukan pembelian berkat email pemasaran yang diterima. Terlebih jika konten email relevan dengan target, maka akan semakin besar pelanggan mengambil tindakan seperti pemesanan dan pembelian produk.
Tips Menghindari Email Masuk Spam
Pembuatan email marketing memang bukan hal terbilang mudah. Terlebih tidak jarang, email yang dibuat dengan maksimal malah diabaikan karena masuk ke folder spam konsumen. Untuk menghindari hal ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.
1. Gunakan email blast yang valid
Penting untuk memastikan penggunaan email blast sesuai dan valid karena telah memberikan izin untuk menerima email dari bisnis Anda tersebut. Apabila penerima tidak mengenal pengirim atau bahkan tidak pernah menyetujui pengiriman email blast tersebut, email akan lebih mungkin dianggap sebagai spam.
2. Hindari penggunaan kata-kata terlarang
Pastikan juga Anda membuat email marketing yang tidak mengandung kata-kata persuasif yang ditampilkan eksplisit. Kalaupun Anda ingin menggunakannya, pastikan dilakukan secara bijak sehingga tidak memicu spam filter. Pastikan juga keseimbangan gambar dan teks yang digunakan.
3. Gunakan spam checker
Tips lain yang bisa dilakukan yakni dengan spam checker untuk memeriksa apakah email Anda memicu spam filter atau tidak. Tools ini juga dapat memberikan saran perbaikan sehingga email pemasaran lebih sesuai sebelum dikirimkan kepada audiens.
Cara Mempraktikkan Email Marketing dalam 6 Langkah
Setelah mengetahui apa itu email marketing dan berbagai hal yang berkaitan, penting untuk Anda mempraktekkan penggunaan email tersebut secara maksimal. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar Anda dapat mengirimkan email pemasaran dengan tepat.
1. Gunakan email marketing software yang tepat
Dalam praktik email pemasaran, perusahaan sudah pasti harus membuat tampilan yang menarik. Adapun caranya dengan menambahkan gambar, video, bahkan landing page web perusahaan sehingga membuat konsumen tertarik.
Pengiriman email marketing juga harus dilakukan dengan tepat sehingga penggunaan tools penting dilakukan. Pasalnya, meskipun secara konsep pengiriman email pemasaran tidak jauh berbeda dengan email pada umumnya, namun prosesnya berbeda dengan pengiriman email biasanya.
Pilihlah tools yang mudah digunakan dengan biaya langganan yang terjangkau. Anda juga wajib memilih software yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis. Dengan demikian, pengiriman email pemasaran akan lebih tepat sasaran dan dapat dilakukan secara efisien.
2. Tentukan tujuan email marketing bisnismu
Selain itu, Anda juga wajib memahami dan menentukan tujuan pengiriman email marketing tersebut, atau dengan kata lain email pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi Anda memiliki suatu database untuk melihat daftar email potensial konsumen.
Dengan penggunaan list email ini, tentunya Anda akan lebih mudah mengidentifikasi mana saja email pelanggan yang berpotensi untuk melakukan konversi. Hal ini tentu akan membuat promosi produk dan layanan menjadi lebih efektif.
3. Buatlah lead magnet
Lead magnet dalam email marketing juga sangat penting untuk membuat penawaran kepada konsumen sehingga mereka bisa langsung melakukan konversi penjualan. Tidak hanya sekedar tertarik, namun juga dapat segera menggunakan produk atau layanan tersebut.
Adapun contohnya dengan memberikan penawaran seperti kode diskon dengan waktu penukaran yang terbatas. Calon pelanggan tentu tidak ingin melewatkan kesempatan berharga ini sehingga mereka akan segera membeli atau menggunakan kode diskon tersebut.
4. Kirimkan email yang menarik
Mengirimkan email marketing juga wajib dipikirkan dan dibuat sebaik mungkin. Tidak hanya dari segi tampilan, namun pastikan kualitas isi dari email tersebut juga tidak kalah menarik. Salah satunya dari penulisan subjek email.
Pastikan subjek email tidak ditulis terlalu panjang atau terlalu pendek, namun tetap membuat penasaran pelanggan. Jangan sampai subjek berisi clickbait yang berbeda dengan isi email. Dengan demikian, subjek dapat menarik pelanggan untuk bisa menjadi pembeli atau pengguna produk Anda.
5. Tentukan waktu yang tepat untuk mengirim email
Dalam mengirim email marketing juga tidak boleh asal sembarangan. Pasalnya, ada waktu-waktu tertentu yang dapat membuat email tersebut terlihat menarik di mata pelanggan. Misalnya jika email ini berisi penawaran diskon makanan, pengiriman di waktu jam makan siang bisa menjadi pilihan.
Pemilihan waktu pengiriman yang tepat tentu akan membuat konsumen semakin mudah dijangkau. Terlebih jika email pemasaran tersebut menyasar pada email pribadi yang notifikasinya bisa langsung dilihat oleh calon pelanggan melalui ponsel atau komputer.
6. Pantau performa email marketing bisnis
Setelah mengirimkan email marketing, pastikan kembali Anda melakukan pemantauan dan evaluasi dari email yang dikirimkan. Terlebih, tidak semua pelanggan akan langsung membuka email tersebut bahkan mengabaikannya dan menganggapnya sebagai email spam.
Meski demikian, tidak jarang ada konsumen yang akan membalas email tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda menindaklanjuti hal tersebut guna mendapatkan atensi lebih dari pihak konsumen. Anda dapat menggunakan tools tertentu untuk mempermudah pemantauan tersebut.
Itulah beberapa hal mengenai email marketing yang sangat penting untuk diterapkan dalam dunia bisnis. Jika Anda ingin belajar lebih mengenai SEO dan optimasi website, jangan ragu untuk menghubungi Omnirank. Segera daftar gratis dan gunakan setiap service Omnirank yang tersedia!