Google Trends digunakan untuk memahami apa saja yang populer dan dicari para pengguna internet saat ini. Kegunaannya sangat penting dalam aspek bisnis karena bisa membantu para pelaku bisnis untuk mengikuti perkembangan tren pasar termasuk untuk meningkatkan kualitas content marketing.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengertian, kegunaan, dan bagaimana cara menggunakannya, silakan simak pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Google Trends?

Google Trends merupakan tools statistik buatan Google yang dapat menganalisa keyword populer atau yang sering dicari pengguna Google tanpa terbatas wilayah. Google Trends adalah salah satu layanan dari Google yang saat ini semakin populer karena fungsinya yang bisa membuat kita tahu sejauh mana topik atau keyword tertentu populer pada pencarian Google.

Kita bisa dengan mudah dan cepat memantau fluktuasi minat pencarian keyword tertentu, bisa membandingkan antara topik, dan bisa mencari tahu tren secara geografis. Cara kerjanya sangat menarik dan mampu menampilkan hasil yang luar biasa terutama untuk pelaku bisnis.

Layanan Google ini sering dimanfaatkan untuk kebutuhan perencanaan marketing seperti content marketing. Selain untuk pemasaran, tools Google satu ini juga bisa menunjang pemahaman seputar tren konsumen sekarang, atau bisa memilih kata kunci ideal saat memproduksi suatu konten.

Google Trends akan memberikan gambaran bagaimana tingkat minat pencarian yang berubah seiring waktu berlalu, baik itu tren musiman maupun jangka panjang. Sebagai contoh misal, untuk mencari tahu apa produk make up populer di tahun 2023 melalui Google Trend, maka bisa coba input kata kunci seperti “produk make up 2023” saat menggunakan tools Google tersebut.

Kenapa Google Trend Itu Sangat Diperlukan?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu Google Trend, lalu mengapa layanan Google ini dibutuhkan. Mereka yang berkutat dalam bidang bisnis harus mempertimbangkan penggunaan tools ini karena fungsi-fungsinya yang sangat baik untuk kebutuhan pemasaran.

Adanya Google service ini, bisa membuat kita tahu topik-topik populer sesuai jangka waktu terkait. Pada akhirnya kita bisa membuat konten pemasaran yang bisa secara optimal meningkatkan trafik pengunjung. Para pengguna bisa dengan mudah mengetahui target pengunjung dengan mudah dan cepat.

Misalnya saja mencari tahu statistik mengenai wilayah kota, bahasa, dan aspek lain sebagainya. Adanya Google Trends membuat kita bisa melihat sering atau tidaknya topik tampil pada mesin pencari, termasuk area geografis mana yang membutuhkan topik atau keyword tersebut.

Dari informasi tingkat frekuensi, maka pemasar bisa lebih mudah menetapkan tujuan kampanye promosi produk yang rencananya akan dipasarkan pada satu area tertentu. Bagi mereka para content writer, keyword menjadi komponen yang sangat penting kalau ingin membuat topik kontennya menduduki peringkat menjanjikan di pencarian Google.

Dengan tools Google satu ini, bisa juga membantu kita mendapatkan peluang pasar yang baru. Temukan yang populer dicari konsumen lalu membuat layanan atau produk berdasarkan tren tersebut. Google Trend bisa juga membantu merancang strategi pemasaran agar lebih optimal.

Jika kita tahu tren pencarian terkini, maka kampanye pemasaran bisa dibuat dengan pendekatan tetap sasaran agar performanya semakin efektif sesuai keadaan saat itu. Dari pendekatan tren Google itu sendiri, bisa saja membantu Anda bisa lebih bersaing dari para kompetitor.

Dengan pendekatan Google tren atau pencarian topik yang populer, maka bisnis Anda bisa berbeda dibandingkan bisnis pesaing. Tentunya masih banyak alasan lainnya mengapa perlu memanfaatkan layanan Google yang sangat hebat ini.

Apakah Google Trends Berbayar?

Dibalik canggihnya sistem kerja tools ini dan hasil yang sangat bermanfaat, Anda bisa mengakses Google Trend secara gratis. Tools grafis statistik dari Google ini sudah dilengkapi cukup beragam fitur dan apa yang ditampilkan kepada kita cukup informatif.

Anda bisa menemukan hasil penelusuran terbaru yang sedang tren, Anda bisa juga membandingkan performa untuk beberapa keyword atau topik. Masih banyak hal lain yang akan Anda dapatkan dari tools ini termasuk untuk tahu minat kata kunci sesuai geografis maupun waktu.

Bagaimana Cara Kerja Google Trends?

Sistem kerja Google Trends yaitu menampilkan data presisi dan aktual seputar target kata kunci atau keyword yang sedang Anda cari. Nantinya tools ini akan menyajikan grafis untuk menjelaskan data tersebut, sehingga Anda bisa lebih mudah memahaminya.

Grafik yang ditampilkan Google Tren memiliki skor tertentu, rentangnya mulai 0-100. Jika skor grafik tersebut semakin besar, semakin tinggi populer pencarian topiknya. Tools canggih ini rutin juga membagikan topik populer atau saat itu sedang dicari oleh banyak user.

Adanya data yang aktual tersebut bisa sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin menyelesaikan proyek kampanye pemasaran konten mereka karena bisa menyesuaikan dengan tren terkini. Saat Anda menggunakan fitur-fiturnya, maka akan ada beberapa kriteria yang akan Anda temukan.

Misal bisa mengubah baik itu lokasi pencarian topik, periode pencarian, jenis pencarian maupun kategori pencarian. Jenis pencarian yang dimaksud yaitu misal bisa dibedakan menjadi web, YouTube, berita, dan sebagainya. Melalui data pencarian presisi dan detail ini, bisa sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin menjalankan maupun memperluas bisnis terutama dengan pendekatan target musiman.

Sebagai contoh saja, ingin coba membuka bisnis kuliner saat pada bulan puasa. Maka Anda bisa coba cari tahu keyword pencarian paling populer saat periode bulan Ramadhan tersebut. Kalau sudah didapat data trennya, maka bisa coba jadikan data tersebut sebagai ide bisnis Anda atau untuk sebagai bahan perencanaan strategi pemasaran.

Tujuan Penggunaan Google Trends untuk Pemasaran

Kalau Anda termasuk yang bekerja dalam bidang digital marketing, maka harus visioner. Dengan kata lain harus lebih maju dibandingkan orang-orang biasa yang menggunakan internet. Para digital marketer, content creator, dan sebagainya biasa selalu memperhatikan apa yang sedang tren, maka dari itu Google Trends bisa menjadi penyelamat mereka.

Karena memakai Google service ini, kita bisa menjaga atau meningkatkan traffic website. Tools ini akan menyediakan topik-topik terhangat tanpa henti dan akan melaksanakan kerjanya melalui algoritma serba canggih. Pada akhirnya semakin banyak yang butuh Google Tren.

Sama halnya jika Anda punya website yang selalu update berdasarkan tren. Dengan mengelola website seperti itu, para pengunjung bisa datang terus-menerus. Lalu kalau traffic website Anda selalu bagus, sudah pasti akan berdampak baik untuk bisnis.

Kita semua tentu bisa setuju kalau topik terhangat termasuk faktor kunci penting agar para pengunjung yang datang ke website lebih banyak. Jika tren pencarian ini Anda pahami dengan baik, maka Anda bisa dapatkan waktu paling ideal dalam menjalankan kampanye pemasaran produk termasuk content marketing juga. Misalnya, kalau ingin menjual produk coklat atau bucket unik untuk perayaan, bisa coba manfaatkan momen-momen resepsi yang sering ada saat bulan Februari.

Dengan memanfaatkan Google Trends dengan baik, maka Anda bisa dengan mudah mencari tahu kata kunci tren atau yang sedang meningkat pada aktivitas pencarian. Dengan tahu yang tengah tren, buatlah konten yang relevan, lebih menarik, dan dicari banyak orang terhadap target pasar bisnis Anda. Sebagai contoh misal, kalau tren sekarang adalah produk skincare glowing.

Anda bisa coba membuat konten artikel mengenai topik tersebut. Tampilkan juga produk-produk relevan sesuai tren yaitu produk skincare yang bisa membuat kulit menjadi glowing, cerah, putih, dan sehat. Tanpa modal wawasan seperti itu, suatu bisnis bisa saja akan lebih sulit untuk bersaing.

Fungsi Dari Google Trends

Google Trend memiliki fungsi utama riset keyword, tools ini bisa tahu topik yang sedang tren berdasarkan periode dan wilayah tertentu. Meski begitu, masih ada fungsi Google Trends lainnya yang penting untuk lingkup bisnis secara umum, optimasi, maupun pemasaran.

1. Mengidentifikasi Tren Baru

Saat Anda berkunjung ke Google Trends, maka Anda bisa melihat berbagai kategori informasi terutama seputar topik pencarian tertentu yang pada sekarang sering dicari menggunakan Google Search.

Adanya data tersebut bisa dimanfaatkan untuk menentukan kata kunci suatu konten seperti keyword artikel lalu harapannya bisa meningkatkan traffic. Data tersebut bisa menjadi proyeksi awal untuk pembuatan konten yang berpotensi tinggi menjadi viral.

2. Memantau Kinerja Pemasaran

Google Trends berfungsi untuk memantau performa marketing. Layanan Google yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk mencari tahu popularitas sebuah topik, dan termasuk nama brand atau bisnis sendiri. Lalu bagaimana caranya agar bisa memantau aspek tersebut?

Cukup mudah saja, Anda perlu memasukkan brand bisnis Anda pada pencarian tools ini, lalu lihat seperti apa pergerakan popularitas brand. Coba bandingkan sebelum kampanye pemasaran dilakukan dan setelahnya.

3. Kenali Lokasi Dengan Minat Tertinggi

Adanya hasil grafis statistik dari Google ini sangat presisi termasuk sesuai dengan wilayah daerah atau geografis. Jadi, pengguna tools ini bisa dengan mudah mengetahui seberapa kuat minat topik dicari pada daerah tertentu. Manfaat ini bisa menunjang kita untuk lebih fokus melakukan strategi pemasaran produk untuk suatu daerah.

4. Analisis Pesaing

Ada pun fitur perbandingan, Anda bisa memanfaatkan fitur ini agar bisa membandingkan antar topik. Fitur ini dapat membandingkan popularitas brand/ bisnis dengan kompetitor juga. Dunia bisnis yang semakin bersaing, membuat kita harus selalu update tren termasuk mengetahui seberapa kuat bisnis kita bisa bersaing.

Berbagai data perbandingan yang didapat dari Google Trends tersebut bisa membuat kita bisa lebih optimal mempersiapkan strategi atau perencanaan pemasaran. Kita bisa tahu seperti apa saja yang bisa diupayakan agar dapat bersaing unggul dengan para kompetitor. Anda bisa dengan mudah menganalisis seberapa jauh ancaman pesaing terhadap bisnis Anda.

Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset Pasar!

Untuk riset pasar, pemasaran konten, dan kebutuhan sejenisnya, tools ini sangat layak untuk dimanfaatkan. Lalu bagaimana caranya memakai tools ini, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka laman Google Trends

Langkah pertama cara menggunakan Google Trend yaitu sudah tentu membuka website Google Trend itu sendiri, kunjungi https://trends.google.com/trends untuk mulai menggunakan fitur-fiturnya. Anda perlu masuk sesuai dengan lokasi lokal Anda agar bisa mendapatkan data paling relevan dan presisi sesuai pasar di Indonesia.

Nantinya akan ada beberapa menu yang bisa Anda temukan saat masuk ke halaman utama. Ada menu Home yang memperlihatkan ringkasan topik trending atau yang ramai dicari para pengguna internet. Menu lainnya yaitu Explore yang merupakan halaman penelusuran, halaman ini menampilkan detail keyword tren secara detail.

Anda bisa coba masuk ke Trending Now, menu atau halaman ini menampilkan penelusuran populer terkini pada suatu wilayah tertentu. Ada pun menu ‘Year In Search’, yaitu penelusuran yang terpopuler dengan rentang setahun terakhir. Menu lainnya yang bisa Anda temukan yaitu Subscriptions, menu ini bisa Anda gunakan untuk membuat atau mengelola topik-topik yang tertentu ingin diikuti.

2. Cari Keyword yang akan digunakan untuk riset

Pahami setiap menu yang dibahas di atas, lalu lanjutkan dengan masuk Explore, tapi pastikan sudah ada topik target yang ingin Anda telusuri. Input target topik tersebut pada kolom yang disediakan menu ‘Explore‘ tersebut. Anda dapat mengatur preferensi lebih detail, misal lokasi, kategori, jangka waktu, maupun tipe hasil pencarian.

Semisal belum ada ide topik untuk ditelusuri, bisa coba pilih dari contoh-contoh pencarian yang terpopuler. Akan ada tampilan hasilnya nanti dan hasil tersebut bisa Anda ubah, caranya dengan mengatur negara pencarian, temukan fitur ini pada bagian kanan atas halaman.

Kalau sudah mengganti negara, topik-topik pencarian tren sesuai negara tersebut akan tampil pada halaman utama website Google Trends. Manfaatkan data-data tersebut untuk menelusuri topik lebih jelas dan keyword tertentu yang ingin dibahas pada artikel/ konten selanjutnya.

3. Menganalisis Grafik Google Trends

Tools Google ini bisa menampilkan informasi dalam bentuk grafik, grafik tersebut menunjukkan minat pencarian keyword yang berubah sesuai rentang waktu dan geografis. Anda bisa memperhatikan dengan baik itu lonjakan maupun penurunan minat pencarian, fluktuasi mungkin terjadi karena musiman, peristiwa tertentu, dan faktor lain sebagainya.

Grafik tersebut perlu dianalisa, mulai dengan menempatkan kursor ke grafik lalu memperhatikan angka beserta waktunya. Sebagai contoh misal, terlihat angka 84 sesuai rentang waktu 24 September – 3 Oktober 2023. Infografis yang diperlihatkan pada halaman website ini sebenarnya bukan memberi tahu jumlah pencarian, melainkan lebih ke indeks ketertarikan.

Kita bisa simpulkan 0 itu berarti tak ada data valid yang ditunjukkan. Lalu 50 berarti ketertarikan publik ada di tengah-tengah atau separuh dari ketertarikan puncak. Sementara kalau angkanya 100, maka penelusuran sedang di puncak-puncaknya. Rentang angka 0-100 tersebut memperlihatkan persentase ketertarikan terhadap topik tertentu.

4. Menganalisis Minat Berdasarkan Daerah

Melakukan pendekatan target regional bisa menjadi solusi efektif agar bisa meningkatkan penjualan. Manfaatkan data geografis pada tools Google ini agar bisa memfokuskan pemasaran konten artikel atau promosi produk ke area tersebut.

Misal “sepeda listrik”, keyword ini sangat populer pada beberapa daerah yaitu Tangerang, Jakarta, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, dan Yogyakarta. Maka pertimbangkan untuk meluncurkan iklan dengan target area-area tersebut.

5. Melakukan Perbandingan dengan Keyword Lain

Anda bisa coba tambahkan topik lain agar bisa dibandingkan nantinya. Adanya fitur ini dapat memudahkan komparasi, Anda bisa tahu kata kunci yang mana yang lebih pantas digunakan. Caranya juga cukup mudah, tambahkan saja keyword pembanding langsung di kolom yang ada.

Kesimpulan

Tools ini dapat berfungsi efektif untuk kebutuhan riset pasar dan melakukan kampanye pemasaran. Layanan Google ini memberikan wawasan presisi, detail, dan aktual seputar minat konsumen. Kita bisa tahu apa yang tren, dan bahkan perilaku pencarian dengan Google Trends. Berbagai aspek tersebut menjadi elemen yang cukup penting dalam memahami target pasar.

Untuk Anda yang ingin membutuhkan optimasi SEO, Omnirank siap untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda bisa cek berbagai service Omnirank lalu sesuai dengan kebutuhan SEO Anda, daftar gratis untuk segera menikmati layanannya.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.