Mengevaluasi SEO merupakan proses evaluasi website untuk menilai kualitas serta efektivitasnya saat digunakan. Mengevaluasi search engine optimization dilakukan dengan proses pemeriksaan yang mendalam dari semua aspek yang akan mempengaruhi kinerja website, seperti desain, konten, struktur kode dan faktor-faktor teknis yang lainnya.

Mengevaluasi SEO juga penting untuk menemukan kesalahan dan melakukan perbaikan dengan tepat demi meningkatkan kinerja search engine optimization di website Anda. Melakukan evaluasi secara teratur bisa memastikan jika website Anda sudah memenuhi standar SEO yang terbaru. Simak cara menilai, pentingnya melakukan evaluasi, serta metrik kinerja di bawah ini.

Bagaimana Menilai SEO

SEO adalah suatu teknik yang dilakukan sebagai upaya mengoptimasi website Anda supaya mendapatkan rangking teratas di mesin pencarian Google. Dengan adanya search engine optimization, website Anda mudah ditemukan oleh pengguna internet dan berpotensi untuk meningkatkan traffic.

Ada beberapa langkah yang dilakukan untuk menilai search engine optimization. Nah, berikut ini merupakan cara menilai SEO:

Menganalisis Kata Kunci

Langkah pertama adalah menganalisis kata kunci dan ini termasuk salah satu aspek yang paling penting pada SEO Anda. Kata kunci atau keyword dipakai pada website dan menemukan keyword yang tepat dan relevan untuk target Anda.

Anda perlu menentukan keyword yang sering dicari oleh pengguna internet dan pastikan memasukkan keyword secara alami ke konten di website Anda. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk meneliti keyword, seperti SEMrush, Keyword Planner dan Ahrefs.

Menganalisis Konten

Selain menganalisis keyword, Anda juga perlu menganalisis konten yang ada di website. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua kontennya relevan dan juga mengandung keyword yang tepat. Anda bisa mencari konten yang perlu ditingkatkan lagi, seperti tidak mempunyai kata kunci yang cukup, konten tidak relevan dan sebagainya.

Menganalisis Kompetitor

Menganalisis kompetitor merupakan langkah yang tidak kalah penting saat membangun strategi SEO. Anda perlu mengevaluasi website pesaing untuk melihat strategi SEO yang mereka gunakan dan menentukan cara tepat agar meningkatkan kinerja search engine optimization Anda. Anda bisa memakai sejumlah tool untuk memeriksa kata kunci seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Menganalisis Tautan

Menganalisis tautan dilakukan dengan cara mengevaluasi tautan internal agar memastikan tautan tersebut tidak rusak dan kemudian segera memperbaiki kerusakannya. Tautan internal merupakan hal yang penting membantu para pengguna untuk menavigasi website Anda secara mudah.

Tautan eksternal juga sangat penting dalam membantu meningkatkan otoritas domain website Anda. Anda perlu memastikan tautan di dalam website mengarahkan ke situs yang tidak sesuai atau spam di mesin pencarian.

Menganalisis Kecepatan Website

Menganalisis kecepatan website dilakukan dengan cara mengevaluasi kecepatan loading website dan jika lambat perlu adanya perbaikan. Hal ini sangat penting sebab pengguna akan merasa tidak nyaman jika loading website lambat dan kemudian meninggalkan website Anda.

Anda bisa memakai tools, seperti GTmetrix dan Google PageSpeed Insight untuk memeriksa kecepatan website serta mendapatkan cara meningkatkan kecepatannya dengan tepat.

Menganalisis Struktur Situs

Menganalisis struktur situs juga termasuk cara menilai SEO yang perlu dilakukan untuk memastikan jika itu mudah untuk dinavigasi oleh mesin pencari dan para pengguna. Anda juga perlu memastikan bahwa website memiliki hierarki halaman yang terorganisir, navigasi yang mudah digunakan, dan URL yang mudah dibaca.

Apabila website Anda mempunyai struktur yang kurang baik, para pengguna akan mengalami kesulitan menavigasi serta mesin pencarian juga kesulitan memahami konten yang Anda miliki.

Menganalisis Media Sosial

Menganalisis media sosial sangat penting untuk peringkat website Anda di mesin pencarian. Itulah sebabnya hal ini perlu dilakukan untuk memastikan website Anda sudah terhubung media sosial dengan baik, ada interaksi dengan pengguna sosial atau tidak dan ada update konten yang berkala di media sosial juga.

Menganalisis Backlink

Menganalisis backlink dilakukan untuk meningkatkan otoritas dan menilai SEO dengan baik. Itulah sebabnya di langkah ini Anda perlu memeriksa apakah backlink sudah masuk ke website Anda merupakan website yang berkualitas serta relevan dengan bisnis yang Anda miliki dan apakah ada kesalahan penulisan anchor text pada backlink tersebut.

Menganalisis Mobile-Friendly

Menganalisis mobile-friendly juga perlu dilakukan untuk menilai SEO. Apalagi semakin banyak pengguna internet yang memakai perangkat mobile, jadi Anda harus memastikan apakah website-nya sudah mobile-friendly atau belum, apakah kecepatan website di perangkat mobile sudah cukup cepat dan tampilan website sudah responsive?

Pelaporan dan Tidak Lanjut

Langkah terakhir menilai SEO yaitu pelaporan dan menindak lanjuti. Laporan ini berisi hasil analisa SEO secara lengkap dan mendapatkan rekomendasi perbaikan yang tepat. Tindak lanjut juga harus dilakukan dengan melakukan perbaikan sesuai rekomendasi yang ada di laporan analisa tadi demi meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian.

Itulah dia beberapa langkah menilai SEO yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencairan.

Mengapa Mengevaluasi Kinerja SEO?

Dengan melakukan evaluasi kinerja SEO, maka Anda mengetahui masalah yang ditemukan di halaman website dan menemukan rekomendasi perbaikan yang bisa dilakukan dengan tepat. Nah, alasan mengapa Anda harus melakukan evaluasi kinerja SEO selengkapnya adalah:

1. Ikuti Tren SEO

Mesin pencarian selalu melakukan pembaharuan algoritma agar memberikan hasil penelusuran lebih baik. Nah, sebagai pemilik website pastinya harus mengetahui perubahan yang terbaru untuk menyesuaikan konten di website secara tepat. Terlebih lagi beragam fitur di mesin pencarian yang bisa digunakan demi meningkatkan visibilitas.

Strategi SEO yang tepat akan berganti seiring dengan waktu sehingga harus memperbaharui konten dan menyesuaikan target keyword sesuai keinginan. Sebagian besar pengguna menargetkan keyword dari search volume yang tinggi. Akan tetapi, keyword jadi kurang bersaing dan long-tail bisa jadi jawaban apabila konten yang Anda buat kurang bersaing di dalam mesin pencarian.

Selama melakukan evaluasi SEO, Anda bisa melihat performa keyword-keyword yang ditargetkan juga. Anda kemudian memperbaiki keyword yang masih kurang bersaing jadi salah satu evaluasi yang dilakukan dalam mengoptimalkan SEO website Anda.

2. Meningkatkan Kecepatan dan Keamanan Website

Website yang SEO friendly yaitu website yang bisa diakses secara aman, cepat dan mempunyai user-experience yang lebih cepat untuk memperoleh search engine page result yang bagus. Apabila peningkatan konten di website Anda dan perubahan yang ada di website menyebabkan website mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu.

Melakukan evaluasi SEO penting dilakukan secara teratur agar membantu para pemilik website seperti Anda mengidentifikasi kelemahan yang ada di website dan kemudian melakukan perbaikan secara tepat.

3. Meningkatkan Backlink

Selain untuk mengikuti tren SEO dan meningkatkan kecepatan serta keamanan website, meningkatkan backlink juga salah satu alasannya. Backlink merupakan hal yang paling penting di setiap mesin pencarian. Backlink yang merupakan hyperlink ini harus masuk dari satu halaman website ke situs web yang lainnya.

Di setiap backlink bisa dikatakan sebagai dukungan pada suatu konten jadi volume serta otoritas backlink bisa berpengaruh terhadap visibilitas serta peringkat search engine page result website dengan tepat.

Algoritma di mesin pencarian lebih pintar dan hal ini akan memberikan hasil kepada website yang memakai kecurangan untuk memperoleh backlink, seperti contohnya membeli backlink. Dengan evaluasi SEO, maka Anda bisa meninjau sumber yang tidak cuma dari backlink pribadi, namun juga strategi backlink yang diterapkan website kompetitor.

Evaluasi SEO juga mencari backlink yang tidak berkualitas yang biasanya berasal dari direktori spam yang dapat merusak reputasi serta peringkat website. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa menghapus backlink yang sudah tidak berkualitas tadi.

Manfaat Pemantauan dan Pengukuran SEO

Pemantauan dan pengukuran kinerja SEO merupakan salah satu langkah yang penting untuk strategi digital yang tepat. Nah, di bawah ini merupakan manfaat melakukan pemantauan dan pengukuran kinerja SEO:

1. Mengidentifikasi Peluang Perbaikan

Dengan menganalisis kinerja SEO dengan tepat, maka Anda bisa mengidentifikasi peluang perbaikan yang tepat pada strategi SEO Anda. Anda bisa melihat halaman maupun keyword yang tidak sesuai dengan harapan dan kemudian mengoptimalkannya sebaik mungkin.

Anda akan mengetahui area mana saja yang bisa ditingkatkan dan bisa mengoptimalkan situs web untuk meningkatkan visibilitas serta kinerja SEO secara menyeluruh.

2. Mengevaluasi Keberhasilan

Pemantauan dan pengukuran kinerja SEO bermanfaat untuk mengidentifikasi peluang perbaikan yang tepat. Dengan mengevaluasi kinerja search engine optimization dengan tepat, Anda bisa mengevaluasi sejauh mana strategi SEO tersebut berhasil.

Anda bisa melihat upaya yang sudah dilakukan untuk menghasilkan traffic organik, konversi atau peringkat keyword di konten. Dengan mengetahui tingkat keberhasilan, maka Anda bisa mengidentifikasi apa yang saja yang berfungsi serta bisa melakukan perubahan apabila diperlukan.

3. Pemantauan Kompetitor

Menganalisis dan pengukuran kinerja SEO, maka Anda bisa memantau kinerja dari kompetitor di mesin pencarian Anda juga bisa melihat peringkat keyword mereka, strategi yang dipakai serta area yang mana Anda bisa bersaing lebih baik.

Apabila Anda sudah memahami hal itu dengan baik, kemudian Anda bisa mengambil langkah yang tepat demi mempertahankan maupun meningkatkan posisi website Anda di pasar.

4. Pengambilan Keputusan sesuai Data

Di dunia bisnis yang didorong dengan data, menganalisis dan mengukur kinerja SEO akan memberikan dasar lebih kuat dalam pengambilan keputusan yang tepat sesuai dengan data yang didapatkan. Anda bisa mengandalkan data serta informasi yang sudah didapatkan untuk mendapatkan strategi, identifikasi tren serta membuat perubahan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mendapatkan data yang kuat, Anda bisa mengambil langkah-langkah yang tepat serta lebih efektif untuk strategi SEO Anda.

5. Mengukur ROI

Menganalisis dan pengukuran kinerja SEO akan memungkinkan Anda mengukur pengembalian investor atau ROI dari strategi SEO Anda. Anda bisa melihat apakah investasi yang dilakukan, baik dengan bentuk waktu maupun sumber daya finansial akan memberikan hasil yang baik sesuai dengan harapan.

Hal ini bisa membantu Anda saat mengambil keputusan mengenai alokasi sumber daya yang efektif serta mengidentifikasi strategi yang bisa memberikan ROI terbaik.

Nah, itulah beberapa manfaat melakukan analisis dan pengukuran kinerja SEO yang bisa Anda dapatkan jadi harus melakukan evaluasi dengan baik.

Metrik Kinerja SEO

Metrik keberhasilan SEO merupakan ukuran yang menentukan efektivitas strategi search engine optimization. Di bawah ini adalah sejumlah metrik keberhasilan SEO yang bisa diukur serta dilacak saat proses evaluasi:

1. Organic Traffic

Traffic organik di mesin pencarian Google adalah salah satu metrik yang paling penting untuk dilacak di SEO sebab termasuk tujuan akhir dari strateginya. Di metrik satu ini cobalah mencari peningkatan secara stabil pada sesi organik yang umumnya secara bertahap serta lambat atau hampir saja tidak terlihat. Nilai evaluasi SEO bisa Anda pahami dengan cara membandingkan trafik organik dari waktu ke waktu dan biasanya dari grafik tahun ke tahun.

2. Peringkat Kata Kunci

Peringkat kata kunci juga termasuk metrik SEO untuk menandakan jika halaman web Anda muncul pada hasil pencarian untuk keyword tertentu. Apabila semakin tinggi peringkat halaman web Anda di pencarian, maka semakin banyak jumlah pengunjung yang Anda peroleh.

Hal yang harus Anda ketahui adalah traffic SEO sangatlah sensitif dan bahkan kepada perubahan yang kecil di perangkat keyword. Satu perubahan posisi saja bisa mempengaruhi ribuan pengguna. Itulah sebabnya penting sekali untuk memantau peringkat keyword website Anda serta merespon perubahannya secara cepat.

3. Branded Traffic

Apabila orang aktif mencari brand Anda di mesin pencarian, maka menunjukkan jika Anda mempunyai strategi branding maupun melakukan suatu banding campaign yang baik. Branded traffic bisa didapatkan apabila keyword hasil pencarian tersebut berisi nama perusahaan atau bisnis Anda dan brand yang telah masuk ke dalam peringkat pada SERP.

Umumnya para pengguna yang mencari keyword jenis branded traffic tersebut adalah para pelanggan Anda atau orang yang sedang mencari tahu brand Anda. Biasanya branded traffic ini mempunyai peluang besar dalam memberikan konversi tinggi.

4. Visibilitas Pencarian Organik

Visibilitas pencarian organik merupakan metrik SEO yang tepat untuk melacak dan menunjukkan pertumbuhan secara konsisten. Meski jumlah impresi menghasilkan klik, namun metrik impresi untuk mengukur visibilitas organik merupakan salah satu cara yang tepat untuk menunjukkan jumlah pertumbuhan yang berkelanjutan di web Anda.

5. CTR Organik

CTR organik biasanya dipakai sebagai faktor peringkat, namun kenyataannya semakin tinggi tingkat CTR organik Anda akan semakin banyak orang yang klik cantuman Anda di mesin pencarian. Nilai CTR organik merupakan hal yang perlu Anda lacak, baik dari tingkat halaman atau tingkat kueri.

CTR adalah metrik yang bisa menunjukkan persentase jumlah pengunjung halaman web Anda setelah melakukan pencarian dan menghasilkan konten. Jadi, semakin tinggi nilai CTR akan semakin baik.

6. Average Session Duration

Memantau durasi sesi bisa memperoleh nilai kualitas web Anda dan juga menentukan apakah ada perubahan di strukturnya. Ada perlu membuat struktur konten yang lebih dalam agar mempunyai durasi sesi lebih lama, seperti memiliki breadcrumbs, tautan internal dan sitemap yang baik.

Average session duration merupakan salah satu evaluasi kinerja SEO yang penting sebab dapat menunjukkan kualitas konten di dalam website Anda dan berapa besar motivasi pengguna untuk tinggal, klik dan membaca lebih dalam di website Anda.

7. Bounce Rate

Bounce rate bisa menentukan apakah konten Anda dapat menarik pengunjung dan juga membantu Anda  dalam menentukan apakah konten sudah relevan dengan kueri penelusuran di mesin pencarian. Bounce rate adalah metrik untuk menghitung persentase sesi pada saat pengunjung memuat halaman dan kemudian keluar tanpa adanya tindakan apapun.

Dari hasil bounce rate tinggi, maka pengunjung cenderung tidak berkonversi dengan traffic mereka. Apabila Anda tidak mempunyai bounce rate yang tinggi harus melakukan perbaikan, seperti waktu loading website. Perubahan sekecil apapun bisa menghasilkan perbedaan, namun jika Anda tidak melacak secara teratur, kemungkinan akan kehilangan kesempatan.

8. Audience Retention

Jumlah pengunjung yang berkunjung lagi ke web Anda merupakan salah satu evaluasi SEO yang tidak kalah pentingnya untuk dilacak agar mengoptimalkan kinerjanya. Anda harus mendapatkan pengunjung loyal lebih besar, yang mana hal ini menandakan bahwa terdapat aspek kepercayaan pengunjung, brand awareness dan otoritas website Anda.

Begitulah beberapa contoh metrik kinerja SEO yang digunakan untuk menentukan keefektifitasan strategi search engine optimization web Anda.

Alat Kinerja SEO

Alat atau tools ini memiliki peran penting saat meningkatkan kinerja web secara gratis. Rekomendasi alat kinerja SEO yang bisa dimanfaatkan adalah:

1.  Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang bisa membantu para pemilik website untuk memantau dan mengelola performa website di hasil mesin pencarian Google. Alat ini bisa memberikan gambaran secara detail mengenai bagaimana Google melihat website Anda dan memberikan laporan yang akan membantu Anda untuk optimasi SEO website.

Google Search Console Memiliki banyak manfaat, seperti mendeteksi masalah, menganalisis trafik, memantau backlink, memahami performa halaman dan masih banyak yang lainnya.

2. Google Trends

Google Trends merupakan alat analisis yang tersedia dari Google untuk melihat kata kunci pada periode tertentu dan tren pencarian. Alat ini juga bisa menganalisis kata kunci dan tren pencarian sesuai dengan letak wilayah tertentu dan bahkan di seluruh dunia.

Manfaat Google Trends untuk optimasi SEO yaitu untuk perencanaan konten sesuai tren, memahami apa yang dicari konsumen, analisis kompetitor dan melakukan kampanye pemasaran berbayar.

3. Ubersuggest

Alat ini berguna untuk meriset keyword yang populer serta sering dipakai di SEO. Manfaat yang didapatkan dari alat ini adalah memungkinkan pengguna mendapatkan keyword yang berkaitan dengan sinonim dan  frasa yang kerap dicari di mesin pencarian.

4. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat yang disediakan secara khusus untuk membantu para pebisnis melakukan perencanaan keyword untuk keperluan kampanye iklan di Google. Alat ini juga mempunyai kegunaan yang sangat penting untuk optimasi SEO, khususnya untuk website bisnis.

5. Wordtracker

Wordtracker adalah alat SEO gratis yang berfungsi untuk alat riset keyword. Alat ini memiliki analisis kata kunci komprehensif untuk membantu Anda saat mencari keyword yang relevan. Alat ini memiliki manfaat bisa melihat kata kunci yang ditargetkan oleh kompetitor Anda, menampilkan volume pencarian yang nyata untuk kata kunci berbeda.

6. Ahfres

Ahrefs adalah alat untuk optimasi SEO yang bisa Anda gunakan secara gratis. Alat ini paling lengkap dan serbaguna, apalagi tersedia secara gratis. Ada sejumlah fitur yang ditawarkan di alat ini untuk mendukung peningkatan optimasi website bisnis Anda.

7. Moz

Moz adalah salah satu alat SEO gratis yang populer dengan menawarkan sejumlah alat untuk membantu Anda meningkatkan kinerja website bisnis pada mesin pencarian. Alat ini sangatlah menarik dengan sejumlah fitur yang lengkap, sepeti analisa backlink, riset kata kunci hingga analisis website kompetitor yang bisa Anda lakukan dengan alat satu ini.

8. Keywordtool.io

Alat ini bisa mengoptimalkan SEO dan SEM bersamaan sehingga sangat membantu Anda. Tersedia banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan sebagai alat riset keyword yang sangat handal dan multifungsi. Alat ini juga bisa membantu peningkatan visibilitas online dan mendapatkan tujuan pemasaran sesuai keinginan.

9. SemRush

SemRush adalah alat yang mungkin saja tidak asing bagi Anda. Alat ini memiliki fitur riset keyword yang lebih dalam dan bisa memakai untuk menemukan keyword secara relevan. Alat ini juga menyediakan sejumlah fitur untuk memaksimalkan strategi SEO di website Anda.

10. Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu plugins WordPress yang sangat populer. Berbeda dengan alat lainnya yang perlu diakses dari website maupun web app, alat ini bisa dipasang di WordPress dan otomatis bisa menganalisis apakah konten Anda telah menerapkan SEO dengan baik.

Mengevaluasi Kinerja SEO

Mengevaluasi kinerja sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana caranya? Berikut 4 cara mengevaluasi kinerja SEO:

1. Menggunakan Google Analytics dan Search Console

Acara mengevaluasi kinerja website Anda bisa dilakukan dengan cara daftarkan website Anda di Google Analytics serta Search Console. Kedua tools ini bisa memberikan informasi mengenai website Anda, seperti jumlah visitor yang datang ke website, visitor yang meninggalkan website Anda dan yang lainnya.

Dengan mengetahui hal seperti ini akan memudahkan Anda melakukan evaluasi kinerja SEO dan juga memaksimalkan kinerja search engine optimization selanjutnya. Pastikan juga Anda suda instal Google Analytic di website dan masuk ke Search Console, kemudian tambahkan website Anda.

2. Lakukan Crawling

Crawling adalah sebuah proses yang dikerjakan oleh mesin pencarian untuk meng-indeks halaman website serta mengumpulkan informasi. Tujuannya supaya mengetahui informasi suatu website, seperti adanya broken link, error, duplikat konten dan yang lainnya.

Begitu juga dengan website Anda perlu melakukan crawling untuk evaluasi kinerja SEO di website Anda ada sejumlah tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan crawling, seperti WildShark SEO Spider, BreamUsUp SEO Crawling dan ScreamingFrog SEO Spider.

Anda bisa download salah satu tools tersebut dan melakukan scan, kemudian melakukan perbaikan di beberapa hal yang eror atau terjadi kesalahan. Contohnya adalah ada broken link di sejumlah halaman website jadi Anda harus memperbaiki broken link tersebut supaya kinerja SEO lebih optimal.

3. Riset Kata Kunci (Keyword)

Kata kunci adalah salah satu hal penting pada kinerja SEO. Adanya keyword yang tepat, maka kinerja tersebut akan semakin baik serta memudahkan Anda menaikkan traffic website. Agar mendapatkan keyword yang tepat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan salah satu contohnya adalah meriset keyword.

Riset keyword artinya mencari tahu sejumlah keyword yang paling populer di mesin pencarian. Apabila Anda menemukan sejumlah keyword yang populer, maka bisa sesuaikan keyword yang masih relevan dengan bisnis atau website Anda dan kemudian pakailah keyword tersebut di website saat membuat artikel.

4. Analisa Performa Konten

Unsur lainnya yang sangat penting pada kinerja SEO yaitu konten website. Sekarang masih banyak pemilik website yang tidak memperhatikan kualitas konten mereka. Padahal hal ini sangatlah berpengaruh pada SEO. Cara menganalisa performa konten dengan mudah bisa menggunakan Google Analytic.

Anda dapat melihat sejumlah konten artikel yang banyak dibaca oleh pengunjung. Dengan cara ini, Anda bisa mengundang lebih banyak pengunjung untuk membaca konten Anda. Anda juga bisa melihat konten yang tidak disukai oleh pengunjung jadi bisa memperbaiki konten tersebut supaya lebih berkualitas dan yang paling penting SEO friendly.

Nah, jadi itulah semua penjelasan mengenai cara mengevaluasi mengukur kinerja SEO website dengan tepat. Bagi Anda yang ingin meng-optimasi website supaya ranking dan traffic website meningkat di search engine bisa menggunakan jasa SEO profesional Omnirank. Segeralah bergabung dan daftar gratis untuk mendapatkan layanan service Omnirank terlengkap.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.