Memiliki website yang muncul di halaman pertama Google merupakan salah satu kunci dalam keberhasilan pemilik website. Dengan munculnya di halaman pertama, website memiliki peluang dalam meningkatkan visibilitas dan menarik pengunjung potensial yang tinggi. Hasil dari meningkatnya visibilitas website ini dapat membantu branding dan marketing. Artikel ini akan membantu tentang cara membuat website bisa muncul di halaman pertama Google.

Bagaimana Cara Membuat Website Muncul di Halaman Pertama Google?

Cara membuat website muncul di halaman pertama Google adalah melalui praktik-praktik SEO yang efektif. Tujuan dari SEO ini adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menemukan website sesuai dengan keyword yang ditulis oleh user. Semakin tinggi peringkat website dalam suatu pencarian, maka akan semakin besar kesempatan sebuah website untuk muncul di halaman pertama Google.

Cara Membuat Website Muncul di Halaman Pertama Google

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan dalam cara membuat website muncul di halaman pertama Google:

1. Pahami Konten Website

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat website bisa muncul di halaman pertama Google adalah dengan memahami konten di website. Penting bagi pemilik website untuk memahami konten dalam websitenya.

Dengan memahami konten dari website akan membuat website menjadi efektif dan menarik bagi pengunjung. Konten website ini terdiri dari link website, teks-teks di dalam web, gambar, audio, video, dan yang lainnya.

Jika pemilik website tidak memahami kontennya sendiri, sulit bagi orang lain untuk memahaminya juga. Memahami konten memungkinkan kita menulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pengunjung yang membaca konten tersebut.

2. Perhatikan Kecepatan Website

Memperhatikan kecepatan website merupakan faktor krusial dalam rangka membuat website muncul di halaman pertama Google. Kecepatan website sangat berhubungan dengan pengalaman pengunjung. Jika website membutuhkan waktu lama untuk menampilkan kontennya, pengunjung akan merasa frustasi dan cenderung meninggalkan situs tersebut dengan cepat.

Google sebagai salah satu mesin pencari mempertimbangkan kecepatan sebagai salah satu faktor dalam menentukan peringkat, yang mana semakin cepat website memuat kontennya, akan semakin tinggi peringkat yang didapat sehingga bisa muncul di halaman pertama.

3. Buat Website yang Mobile-Friendly

Pemilik website perlu memiliki situs yang Mobile-Friendly. Hal ini cukup penting karena saat ini, banyak pengunjung website yang menggunakan mobile device seperti smartphone atau tablet. Oleh karena itu pastikan agar website memiliki tampilan dan tata letak yang bagus, yang bahkan ketika dibaca oleh pengunjung melalui smartphonenya, mereka tidak perlu zoom, menggeser, dan menyesuaikan tata letak agar bisa dibaca.

Jika di dalam website mempunyai iklan, maka pastikan iklan tersebut tidak mengganggu pengunjung, karena bagi pengguna smartphone, web yang iklannya mengganggu akan langsung segera di close, terutama yang iklannya langsung mengarahkan ke website lain.

Sebelum meluncurkan atau memperbarui suatu website, pastikan untuk menguji kompatibilitasnya dengan berbagai perangkat seluler dan browser. Sekarang ini sudah banyak alat pengujian online yang tersedia untuk membantu memeriksa apakah website memenuhi standar mobile-friendly atau tidak.

4. Gunakan Nama Domain yang Unik

Bagaimana cara membuat website muncul di halaman pertama Google adalah dengan menggunakan domain yang unik. Domain yang unik dapat membedakan website yang kita miliki dengan website lain, terutama jika domain yang kita miliki mudah untuk diingat oleh pengunjung.

Setelah menetapkan nama domain, maka gunakan nama tersebut walaupun di platform media sosial yang lain. Dengan melakukan ini, ketika kita menggunakan backlink di media sosial tersebut, nama dari akun media sosial dan nama domain sama.

Jika nama berbeda, pengunjung bisa merasa khawatir bahwa link yang diberi ini merupakan scam dan bisa berbahaya seperti mencuri data pribadi. Dengan konsisten dalam menggunakan nama di seluruh platform online juga dapat membantu ketika pemasaran.

5. Buat Sitemap

Sitemap merupakan halaman yang berisi informasi-informasi terkait website. Sitemap berfungsi seperti daftar isi dari suatu web. Hal-hal yang ada di sitemap adalah daftar halaman di website, informasi tambahan tentang setiap halaman seperti pembaruan dan lainnya.

Untuk membuat sitemap ini bisa menggunakan alat gratis online dari Google seperti Google’s Search Console.

Dengan membuat sitemap dapat membantu mesin pencari memahami struktur website yang kita miliki. Untuk website skala besar, ini dapat membantu mengindeks halaman yang tidak terjangkau, serta membantu pengguna dalam menemukan segala sesuatu di website yang kita miliki.

Meskipun penggunaan sitemap tidak menjamin peringkat tinggi dalam mesin pencari, tetapi sitemap ini merupakan elemen penting dalam upaya SEO yang efektif yang akan membantu cara membuat website muncul dalam halaman pertama di pencarian Google.

6. Lakukan SEO

Hal penting yang harus dilakukan dalam cara membuat website muncul di halaman pertama Google adalah dengan melakukan SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah hal yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan memudahkan mesin pencari untuk menemukan website dan menaikkan peringkat dari website agar bisa muncul di halaman pencarian seperti Google.

Hal yang harus dilakukan dalam SEO ini adalah memiliki kata kunci (keyword) yang relevan dengan konten yang ada di website. Setelah memiliki kata kunci yang relevan, maka perlu bagi kita melakukan optimasi web, seperti membuat judul yang mencerminkan kata kunci, memiliki konten yang berkualitas, dan yang lainnya.

Setelah melakukan optimasi web, kita perlu melakukan pengiklanan tentang website kita, seperti membagikan konten web kita ke platform media sosial yang lain.

Selalu ingat bahwa SEO adalah bidang yang terus berkembang. Karena itu kita harus terus belajar, beradaptasi, dan mengikuti praktik terbaik yang berlaku untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas website di mesin pencari.

7. Buat Konten Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas adalah kunci untuk menarik perhatian pengunjung dalam cara membuat website muncul di halaman pertama. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membuat konten berkualitas:

Mengenali Audiens

Sebelum memulai membuat konten di website, pahami dulu audiens, seperti apa masalah mereka sehingga mereka mencari hal tersebut, apa keinginan mereka, minat mereka apa? Dengan mengetahui ini akan membantu kita agar konten yang kita buat sesuai dengan keinginan mereka.

Merencanakan Struktur Konten

Setelah mengenali audiens, pastikan untuk membuat strukturnya terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar isi konten tidak melenceng dari tujuan konten.

Menggunakan Bahasa yang Jelas dan Sederhana

Hindari menggunakan bahasa yang rumit dalam website, karena kebanyakan orang akan mencari sesuatu untuk menyelesaikan suatu masalah atau ingin mengetahui tentang hal-hal tertentu. Jika di dalam website menggunakan bahasa yang rumit maka akan membuat pengunjung bingung, terutama apabila website tersebut menggunakan istilah-istilah yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja.

Menggunakan Konten Visual

Kita bisa menggunakan konten visual seperti gambar, video, audio yang sesuai dengan isi konten yang mana akan membantu pesan dari website.

Menawarkan Nilai

Tawarkan nilai-nilai dalam website agar apa yang dicari oleh orang-orang memiliki hasilnya, karena jangan sampai ketika pengunjung membaca sampai habis website yang kita miliki, tidak ada manfaat satupun yang mereka peroleh.

Responsif Terhadap Komentar

Pastikan ada kolom komentar di halaman website, sehingga apabila ada suatu kesalahan yang kita lakukan seperti informasi yang kurang lengkap atau ada informasi terbaru yang diberitahu oleh pembaca, kita bisa memperbarui konten tersebut.

8. Pasang SSL

Pemasangan SSL (Secure Sockets Layer) pada website merupakan hal yang penting untuk meningkatkan keamanan dan privasi dari pengunjung. Dengan pemasangan SSL ini akan membuat pengunjung merasa aman, karena tidak perlu khawatir akan pencurian data atau informasi tentang pengunjung.

Setelah berhasil memasang SSL, pengunjung akan melihat tanda gembok hijau atau “HTTPS” di browser mereka, yang menunjukkan bahwa website yang dikunjunginya aman. Ini juga dapat memberikan keuntungan dalam cara membuat website agar masuk peringkat SEO, karena mesin pencari seperti Google cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada website yang menggunakan HTTPS.

9. Riset Keyword

Melakukan riset terhadap kata kunci sangatlah penting, karena dalam proses ini kita akan mengidentifikasi kata kunci yang sering dicari oleh pengguna di mesin pencari seperti Google.

Dengan mengetahui kata kunci yang sering dicari oleh pengguna akan membantu kita memahami apa yang dicari oleh pengguna sehingga kita bisa membuat konten terkait hal tersebut dan membantu menyelesaikan permasalahan yang mereka miliki yang akan mengoptimalkan konten yang kita miliki sehingga mencapai pencarian yang lebih baik.

Kita juga perlu memperluas keyword tersebut untuk mengetahui keyword tersebut secara mendetail, seperti apakah keyword tersebut mempunyai persamaan kata, atau frasa yang relevan. Jika kita memahami kata kunci yang paling relevan dan sering dicari oleh audiens, hal ini dapat membantu dalam cara membuat website yang bisa meningkatkan visibilitas dan mendapatkan lalu lintas yang lebih berkualitas.

10. Optimasi Konten Dengan Keyword

Optimasi konten dengan keyword merupakan kegiatan penting dalam cara membuat website agar bisa masuk halaman pertama di pencarian Google. Dengan mengintegrasikan kata kunci yang relevan ke dalam konten yang kita miliki dapat membuat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan bermanfaat bagi pengunjung.

Kita perlu memilih keyword yang paling relevan dengan topik konten sehingga memiliki potensi lalu lintas tertinggi. Walaupun keyword ini berguna untuk membantu pengunjung menemukan konten, kita sebagai pemilik website/konten juga perlu membuat konten yang berkualitas, yang mana akan membuat mereka tinggal dan kembali ke website kita nanti.

11. Optimalisasi Gambar

Apabila kita akan menggunakan gambar di dalam konten, maka perlu memperhatikan beberapa hal, jangan sampai gambar-gambar tersebut malah membuat pengunjung tidak senang, seperti file gambar yang terlalu besar sehingga ketika memuat halaman website akan terlalu lama.

Berikut adalah beberapa yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan gambar untuk website:

Format Gambar

Pastikan untuk memilih format gambar yang tempat, format yang sering digunakan adalah JPEG untuk gambar yang memiliki gradasi warna dan PNG untuk gambar yang memiliki latar belakang transparan.

Ukuran Gambar

Pastikan untuk memiliki gambar yang sesuai dengan tampilan halaman website, jika perlu gambar yang besar maka gunakan gambar dengan ukuran yang besar, begitu juga sebaliknya.

Beri Gambar Nama

Beri gambar sebuah nama yang relevan dengan keyword ataupun konten sehingga mesin pencari bisa memahami konteks gambar kita agar ketika orang mencari keyword tersebut, gambar yang kita masukan muncul dalam pencarian pengguna.

Menggunakan Responsif Images

Gunakan gambar yang bisa berubah ukurannya sesuai dengan resolusi layer pengunjung, seperti ukuran gambar ketika dikunjungi lewat pc dan smartphone masing-masing berbeda.

Menggunakan Cache Gambar

Kita bisa menggunakan cache untuk gambar-gambar dalam website, agar ketika pengunjung mengunjungi website mereka tidak perlu lagi mengunduh gambar, yang mana ini akan membantu mempercepat waktu halaman dimuat.

12. Gunakan Internal Link

Penggunaan internal link ini berguna untuk menautkan antar halaman di dalam website yang kita miliki, hal ini bermanfaat dalam cara membuat website agar meningkatkan pengalaman pengunjung seperti halaman yang kita bahas adalah tentang “Cara mengambil gambar yang baik”, tetapi di dalamnya kita menautkan link untuk halaman lain yang membahas tentang rekomendasi kamera yang memiliki tingkat pengambilan gambar yang bagus.

Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan internal link dengan baik:

Relevan

Gunakan anchor text yang relevan agar terlihat natural dan tidak memaksa pembaca. Hindari penggunaan kalimat “klik di sini” atau lain sebagainya, tetapi gunakan deskripsi singkat yang akan mencerminkan konten halaman yang ditautkan.

Contoh: Konten dengan keyword cara mengambil gambar yang baik, ketika membahas bahwa kamera juga berpengaruh terhadap hasil gambar dan setelah penjelasan lengkap, masukkan anchor text “berikut adalah beberapa rekomendasi kamera pada tahun 2023”. Kata rekomendasi kamera atau kamera diberi internal link.

Selalu Mengecek Ketersediaan Tautan

Selalu cek apakah link yang diberi itu masih aktif, karena jangan sampai ketika pengunjung mau mengunjungi link tersebut, ternyata halaman tersebut sudah mati dan tidak bisa dikunjungi.

13. Optimalisasi Script Website

Optimalisasi script website adalah proses meningkatkan kinerja dan efisiensi kode script yang digunakan untuk website. Pengoptimalisasi ini dapat mengurangi waktu pemuatan halaman, mempercepat respon website, dan meningkatkan pengalaman pengunjung dalam cara membuat website masuk ke halaman pertama dalam mesin pencari. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam Optimalisasi Script Website:

Memanfaatkan Browser Caching

Dengan memanfaatkan cache, ini membuat pengunjung untuk mengunduh file yang sama lagi, karena telah disimpan dalam cache lokal pengunjung, kecuali pengunjung menghapus cachenya baru mereka perlu mengunduh ulang.

Menggunakan Lazy Loading

Menggunakan lazy loading dalam halaman website akan membantu memuat bagian awal website menjadi cepat, dan akan mengunduh ketika di scroll selanjutnya.

14. Perbaiki Broken Link

Broken link adalah tautan yang tidak bisa dikunjungi seperti tidak aktif lagi atau tidak tersedia. Dalam cara membuat website masuk ke halaman pertama dalam mesin pencari. Memperbaiki broken link merupakan langkah penting dan juga dapat menjaga pengalaman pengunjung di website. Karena jangan sampai ketika pengunjung ingin mengetahui lanjutan dari hal tertentu dan setelah mengklik tautan tersebut, malah error yang mereka dapati.

Kita bisa mendeteksi apakah tautan rusak atau rusak dengan menggunakan alat seperti Google Search Console, yang mana akan memantau link dan akan memberi info ketika link tersebut rusak. Setelah diketahui bahwa link tersebut rusak, maka perbaiki sesegera mungkin biar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.

Setelah berhasil memperbaiki broken link, pastikan untuk memperbarui sitemap yang mana akan membantu mesin pencari di website kita untuk mengetahui perubahan yang kita lakukan.

15. Jangan Lupakan Inbound Link

Inbound link atau yang dikenal sebagai backlink adalah elemen penting dalam cara membuat website muncul di pencarian halaman pertama, karena tautan tersebut dari website lain atau aplikasi lain ke website yang kita miliki. Berikut adalah beberapa tips dalam mengelola inbound link:

Mementingkan Kualitas

Pastikan inbound link yang kita gunakan itu berkualitas tinggi, tidak hanya asal banyak, karena percuma apabila inbound tersebut banyak tetapi berasal dari website yang tidak berkualitas atau terkenal di mata pengunjung. Jika inbound link berasal dari website terpercaya atau sudah dikenal baik oleh pengunjung, maka akan memberi nilai positif bagi website kita sehingga memudahkan untuk tampil di halaman pertama Google.

Menjalin Hubungan yang Baik

Kita perlu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, karena inbound link ini bukan link dari satu halaman ke halaman dari website kita sendiri, tetapi dari website orang lain ke website kita. Sehingga perlu bagi kita untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki keterkaitan dalam industri agar orang lain mau memasukkan tautan ke konten kita.

Menggunakan Sosial Media

Kita juga bisa menggunakan beberapa sosial media dengan memposting di beranda tentang tulisan secara singkat yang bertujuan untuk membuat orang mengklik link untuk mengetahui lebih lanjut.

16. Pahami Pengunjung

Memahami pengunjung adalah kunci dalam cara membuat website yang sukses dan dalam memberikan pengalaman yang memuaskan kepada mereka sehingga bisa muncul di halaman pertama Google. Dengan memahami siapa pengunjung kita, hal yang mereka butuhkan, perilaku mereka, dan preferensi mereka, kita dapat merancang dan mengoptimalkan website Anda untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar. Berikut beberapa cara untuk memahami pengunjung Anda:

Menganalisis Data

Gunakan alat analisis web seperti Google Analytics yang akan memberikan analisanya tentang asal pengunjung, berapa lama mereka di website kita, halaman yang paling sering mereka cek, serta lainnya.

Lakukan Interaksi

Jika website kita lumayan terkenal bahkan hingga di beberapa media sosial, maka bisa kita lakukan interaksi di platform tersebut untuk mengetahui apakah ada kekurangan atau ada masukan bahkan perbaikan yang perlu di website kita agar kita memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung.

Adakan Komentar Setiap Halaman

Selalu adakan kolom untuk pengunjung memberi komentar sehingga apabila ada isi di dalam konten kita yang salah, pengunjung bisa memberi masukan dan saran terhadap hal tersebut yang mana nanti bisa kita perbaiki.

17. Perhatikan Intensitas Keyword

Intensitas keyword atau dikenal dengan kepadatan keyword adalah bagian penting dari cara membuat website yang optimal di SEO. Intensitas keyword mengacu pada seberapa sering kata kunci tertentu muncul dalam konten dibandingkan dengan jumlah total kata dalam konten tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam intensitas keyword:

Menghindari Keyword yang Terlalu Banyak

Penggunaan keyword di dalam suatu konten yang terlalu berlebihan bisa dianggap sebagai spam oleh mesin pencari. Yang mana hal ini bisa merugikan kita, sehingga tidak bisa memasuki halaman pertama dalam pencarian Google.

Jika masih bingung tentang berapa keyword yang optimal dalam konten yang perlu kita buat, kita bisa memantau dari website lain dan membandingkannya.

Mempertimbangkan Panjang Konten

Jumlah keyword optimal untuk setiap konten itu berbeda, jika konten tersebut tidak terlalu panjang, maka jangan sampai terlalu banyak, menyebutkan keyword 3x sudah termasuk cukup.

Fokus ke Kualitas

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dari konten tersebut, jangan hanya mementingkan berapa kali keyword disebut tetapi secara konten tidak ada isi atau manfaat yang bisa diambil oleh pengunjung.

Masukkan Keyword Secara Alami

Ketika mau memasukkan keyword pastikan terkesan alami sehingga tidak mengganggu pengalaman membaca pengunjung akibat keyword yang terlalu dipaksakan.

18. Miliki Website

Agar SEO menjadi optimal, perlu bagi kita memiliki website sendiri, hal ini karena beberapa alasan sebagai berikut:

Memiliki Kontrol Penuh

Dengan diri kita sendiri yang memiliki website, maka kita memiliki kontrol penuh akan website tersebut, yang mana kita bebas mau memilih dari konten yang ditulis, struktur website, serta tampilan dari website. Sehingga dapat mengetahui cara membuat website menjadi lebih baik untuk kedepannya.

Kepemilikan

Website berbeda dengan aplikasi media sosial, karena di website kita yang memiliki akun tersebut, sehingga orang lain tidak bisa menutup website tersebut seperti media sosial lainnya yang akun kita bisa dihapus.

Berikut adalah beberapa cara membuat website sendiri yang bisa dilakukan:

Menentukan Tipe Website

Dalam cara membuat website sendiri, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tipe website, tipe-tipe website terdiri dari website toko online, website tipe blog, website edukasi, website berita, komunitas online, dan portofolio.

Memilih Web Hosting

Setelah menentukan tipe website yang akan dibuat, hal selanjutnya adalah memilih web hosting, Ada tiga jenis web hosting yang bisa kita pilih ketika membuat website, yaitu:

Shared hosting cocok untuk orang yang memulai website sederhana, karena tipe hosting ini dapat menaungi banyak user sehingga harganya dibilang terjangkau, bahkan ada yang gratis.

Cloud hosting cocok untuk website seperti toko online, website berita. Hal ini disebabkan karena banyaknya pengunjung yang mengunjungi web tersebut. Cara kerjanya mirip seperti shared hosting, tetapi menggunakan virtual server, sehingga ketika ada server yang down, server lain bisa digunakan untuk menopang agar website bisa tetap berjalan.

Virtual Private Server (VPS) cocok untuk orang yang mau membuat website dengan skala yang besar, hal ini biasanya digunakan oleh para perusahaan-perusahaan besar, karena dengan menggunakan web hosting ini kita perlu pandai dalam manajemen server dan cara mengoperasikan terminal.

Pilih nama domain

Pilihlah nama domain yang unik dan mudah diingat oleh orang-orang.

Memilih tema atau template

Beberapa platform untuk membuat website gratis memiliki tema atau template yang bisa digunakan, pilihlah template yang sesuai dengan keinginan.

19. Integrasikan Website Dengan Google Analytics

Mengintegrasikan website dengan Google Analytics merupakan alasan penting yang dapat mendukung kesuksesan dan pertumbuhan website. Hal ini merupakan salah satu cara membuat website menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita perlu mengintegrasikan website dengan Google Analytics:

Mengetahui Lalu Lintas Website

Google Analytics dapat memberi tahu kita pemilik website tentang jumlah pengunjung yang datang ke website, dari mana pengunjung datang ke website, halaman yang paling banyak dilihat pengunjung, serta berapa lama pengunjung membaca konten kita,

Mengetahui Asal Pengunjung

Dengan Google Analytics kita dapat mengetahui dari mana orang berkunjung ke website kita, apakah mereka datang dari hasil pencari, media sosial, atau link-link yang kita bagikan.

Mengoptimalkan Konten

Dengan mengetahui halaman yang sering dikunjungi, kita bisa mengetahui topik apa yang menjadi favorit orang-orang sehingga kita bisa memperbanyak konten terkait dengan topik tersebut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, muncul di halaman pertama hasil mesin pencari Google adalah salah satu kunci keberhasilan website. Itu bukan hanya tentang mendapatkan lebih banyak klik, tetapi juga tentang membangun citra positif tentang website kita.

Untuk memahami SEO secara mendalam dan memastikan agar website kita masuk ke pencarian utama dalam Google, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa di Omnirank. Omnirank memberikan layanan yang berkualitas dan Service Omnirank telah terbukti.  Kamu dapat melihat banyak testimonial di situs Omnirank. Daftar gratis sekarang juga tanpa dipungut biaya apapun!

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.