Omnirank.id – Halo sahabat Omni! Dalam dunia digital marketing memang sangat penting untuk memanfaatkan landing page untuk bisa menarik pelanggan baru. Halaman ini harus dibuat unik, menarik dan memberikan petunjuk bagi pengunjung untuk bisa meningkatkan konversi menjadi penjualan. Berikut ini kami akan menjelaskan pengertiannya dan juga mengoptimalkan halaman tersebut untuk bisa menarik pengunjung untuk melakukan pembelian.

Pengertian Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman website yang statis untuk menghasilkan prospek dari para calon pelanggan atau pengunjung. Halaman ini bisa dibuat dalam rupa halaman tersendiri dengan ditautkan ke website utama atau bisa menjadi bagian dari website utama. Tujuan adanya halaman ini biasanya memang untuk mengajak orang untuk mendaftar, mencoba produk, sampai dengan melakukan pembelian.

Fungsi Landing Page

Fungsi utama dari halaman ini memang untuk membujuk pengunjung untuk bisa melakukan pembelian para produk bisnis kalian. Jadi biasanya halaman ini memang tidak memiliki elemen yang terlalu banyak seperti halnya pada website utama sebuah bisnis. Tapi hanya berisi informasi produk secara detail dan juga elemen CTA yang berfungsi untuk membujuk pengunjung menggunakan produk tersebut.

Beberapa contoh landing page dari perusahaan besar memang terbukti mampu meningkatkan konversi rata-rata mencapai 10% dan cukup menjanjikan. Jadi menggunakan halaman ini pada beragam strategi marketing seperti sosial media dan lain sebagainya dinilai jauh lebih efektif. Dibandingkan menautkan website utama justru menautkan landing page pada akun sosial media dan media iklan lainnya dinilai lebih menguntungkan.

Bukan hanya untuk meningkatkan konversi saja, akan tetapi juga bisa dipergunakan untuk bisa menginformasikan promo secara lebih detail. Elemen yang lebih sederhana tentu saja akan membantu orang-orang untuk memahami promo lebih baik setelah mereka melihat iklan. Jadi tingkat penyebaran informasi promo ini akan jauh lebih efektif dan pada akhirnya meningkatkan efektivitas strategi marketing.

Selain itu halaman ini pun bisa memberikan kita beberapa data calon pelanggan yang memiliki potensi besar untuk menghasilkan penjualan. Adanya fitur umum seperti pendaftaran akan memberikan perusahaan data yang kemudian bisa diolah untuk langkah marketing berikutnya. Jadi elemen pendaftaran bagi pengunjung pada halaman ini sangat penting untuk menambah database dari bisnis kalian.

Cara Membuat Landing Page untuk Menghasilkan Penjualan

Pembuatan halaman khusus ini pun tidak bisa sembarangan, harus ada beberapa hal yang harus dipikirkan untuk menghasilkan penjualan. Berikut cara membuatnya untuk bisa mendapatkan hasil penjualan yang cukup menjanjikan.

1. Tentukan Dulu Target Konversi

Untuk hasil yang maksimal dengan langkah yang efektif perlu untuk menentukan dulu target konversi yang diinginkan dari halaman ini. Targetnya dulu itu apa, apakah pembelian produk, berlangganan, voucher diskon, atau beberapa target yang lainnya. Nantinya pembuatan landing page ini akan sangat didasarkan pada target konversi tersebut untuk bisa mendapat hasil yang optimal.

Sebagai contoh misalnya targetnya adalah untuk berlangganan, maka bisa membuat halaman khusus versi gratis terlebih dahulu. Dari sini pengunjung akan bisa merasakan beberapa fitur utama meskipun dengan berbagai batasan karena tujuannya adalah uji coba. Setelah itu barulah menyarankan untuk berlangganan untuk bisa mendapatkan full fitur yang tersedia pada produk yang kalian buat.

2. Catat Proposisi Nilai Langsung yang Detail

Proposisi nilai itu adalah nilai manfaat yang bisa didapatkan oleh pengunjung ketika melakukan tindakan sesuai yang kalian targetkan. Sebagai contoh misalnya targetnya adalah pembelian produk, maka kalian bisa menuliskan nilai apa saja yang bisa didapatkan. Tapi tidak perlu kalian jabarkan secara detail setiap nilainya, cukup nilai utama yang ditawarkan dan memang relevan dengan kebutuhan target pasar.

Sebisa mungkin gunakan kata-kata yang menarik, jangan menggunakan kata yang klise seperti solusi terbaik atau sejenisnya. Lebih baik lagi kalau kalian mempergunakan tagline yang menarik namun mampu mewakili nilai manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan. Intinya adalah menjelaskan nilai manfaat yang ditawarkan namun secara singkat dan juga menarik bagi para pengunjung.

3. Membuat CTA (Call-to-action) yang Meyakinkan dan Sulit Ditolak

CTA adalah unsur yang paling penting pada halaman ini untuk bisa mengarahkan pengunjung pada tindakan yang kita inginkan. Jadi sebisa mungkin penempatan dari CTA sendiri harus sangat mudah ditemukan, supaya orang benar-benar dimudahkan mencapai tindakan yang diinginkan. Sebagai contoh bisa meletakkannya di tengah-tengah halaman dengan warna yang kontras dengan warna background landing page.

Pemilihan kata-kata yang digunakan pada CTA pun tidak bisa terlalu panjang, harus cukup singkat akan tetapi mewakili tindakan yang diinginkan. Bisa dengan daftar sekarang, Coba versi gratis, atau beberapa frasa yang lainnya yang singkat namun bisa membujuk orang untuk mengklik. Perhatikan juga ukuran font yang digunakan untuk CTA, sebaiknya sedikit berbeda supaya cukup kontras dan mudah terlihat oleh pengunjung.

Cara Membuat Landing Page Memakai Website Builder Elementor

Cara membuat landing page adalah dengan menggunakan website builder plugin Elementor. Saat ini sudah ada banyak sekali penyedia tools website builder yang gratis akan tetapi memiliki kualitas yang sangat baik dalam membuat halaman landing. Penggunaan Tools ini sendiri sudah ada fitur optimasi seperti SEO dan lain sebagainya untuk bisa mendapatkan nilai konversi yang tinggi.

Keuntungan mempergunakan tools website builder ini adalah kalian tidak perlu membuat halaman landing dari nol karena sudah ada template. Template yang disediakan ini pun sangat bervariasi dan mampu mendukung beberapa kebutuhan akan landing page yang dibutuhkan. Beberapa template pun sudah mendukung SEO Friendly, sehingga peringkat website pun bisa lebih terjaga dan juga mudah ditemukan.

Berikut ini langkah untuk membuatnya bila memanfaatkan tools website builder Elementor.

  1. Masuk ke WordPress admin dan download terlebih dahulu plugin Elementor.
  2. Langkah berikutnya adalah login sesuai dengan id yang sudah diberikan oleh penyedia tools dan kemudian pilih template yang diinginkan.
  3. Buat penyesuaian template seperti penataan layout, penambahan elemen yang dibutuhkan, dan lain sebagainya agar tampilan sesuai dengan yang diinginkan.
  4. Lakukan preview terlebih dahulu pada halaman landing yang telah dibuat baik dalam versi desktop atau seluler atau mobile. Pastikan tampilan sudah sesuai dengan ukuran yang tepat, agar bisa ditampilkan dengan baik.
  5. Setelah sudah yakin cukup baik kalian tinggal publish website tersebut untuk bisa dikunjungi oleh calon pelanggan.

Cara Membuat Halaman Depan Website menjadi Landing Page di WordPress

Jika kalian ingin halaman Anda menjadi landing page di homepage seperti website Omnirank.id, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke halaman dashboard pada WordPress
  2. Masuk ke menu Pages dan kemudian klik add new untuk membuat baru. Kalau ingin membuat homepage menjadi landing page maka bisa memilih edit homepage saja.
  3. Klik Add block dan kemudian buat desain sesuai dengan halaman landing yang diinginkan baik dengan mengedit atau menambahkan elemen yang dibutuhkan.
  4. Setelah tampilan sudah sesuai dengan keinginan, maka kalian tinggal klik publish dan halaman landing sudah siap untuk dikunjungi para pengunjung website kalian.
  5. Masuk kembali ke Dashboard dan masuk menu Appearance dan Customize, setelah itu masuk ke homepage setting dan klik opsi A Static Page. Pilih halaman landing yang kalian buat sebelumnya menjadi homepage dan kemudian klik save.

Bila ingin lebih mudah dalam pembuatan halaman landing di WordPress bisa menggunakan plugin yang bisa dipakai untuk membuatnya. Kalian bisa lebih mudah membuatnya dengan drag and drop untuk membuat tampilan yang menarik dengan beragam template yang sudah tersedia.

Tips Membuat Landing Page

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan bila ingin memastikan apakah kualitas dari halaman landing yang kalian buat itu sudah cukup baik. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat halaman landing yang terbaik sebagai upaya peningkatan konversi ke penjualan.

1. Memakai Google Analytics

Google Analytics merupakan tools analisa yang bisa menjadi review bagaimana performa dari halaman landing yang sudah kalian buat. Kalian pun bisa memantau performa dari landing page yang sudah kalian buat karena ada beberapa fitur yang menunjang hal tersebut. Berikut ini beberapa fitur yang membantu proses analisa dari performa halaman landing.

  1. Real Time Conversion untuk bisa melihat aktivitas halaman secara real time
  2. Conversion Overview yang membantu melihat tingkat keberhasilan target konversi yang dihasilkan dari halaman tersebut.
  3. Multichannel Conversion yang akan menampilkan sumber terjadinya konversi yang dihasilkan.

2. Coba A/B Testing

Lakukan A/B testing yang mempergunakan tools A/B Testing yang akan membantu menentukan halaman landing yang lebih tepat. Kalian tentunya perlu memiliki beberapa halaman untuk bisa melakukan testing ini untuk mengetahui halaman mana yang lebih efektif menghasilkan konversi. Beberapa tools sudah terhubung dengan data analitik seperti dari Google untuk mengetahui performanya secara lebih detail.

Kedua langkah di atas pada dasarnya untuk membantu kalian membuat halaman landing yang terbaik dan efektif menghasilkan konversi. Kedua tools di atas juga membantu kalian mengembangkan halaman landing yang tepat untuk target pasar dari bisnis kalian. Bisa dibilang data dari tools di atas akan menjadi acuan dalam pembuatan halaman landing supaya bisa mendapatkan halaman landing yang terbaik.

Cara Membuat Landing Page yang Menarik

Ada beberapa syarat sebuah landing page terbaik dan bisa menjadi acuan bagi kalian yang ingin membuatnya untuk strategi digital marketing pada bisnis kalian. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Desain yang Menarik

Desain adalah hal yang paling penting, di mana desain dari halaman website harus cukup menarik namun tetap nyaman untuk dilihat. Mulai dari layout, pemilihan background, gambar dan konten yang ditampilkan, sampai dengan CTA yang merupakan elemen penting. Penempatan CTA menjadi hal utama yang harus dipikirkan pada sebuah desain halaman landing, sebisa mungkin harus cukup jelas.

Perihal desain ini meliputi berbagai hal mulai dari pemilihan jenis font, perpaduan warna, dan lain sebagainya pada halaman website.

2. Memiliki Elemen Copywriting

Memiliki elemen copywriting atau tulisan di dalamnya yang bertujuan untuk menjelaskan mengenai promo, produk, atau informasi yang dibagikan. Kalian perlu membuatnya cukup singkat namun bisa menjelaskan gambaran umum mengenai produk atau informasi yang ingin dibagikan. Jangan lupa untuk mempergunakan kata-kata yang membujuk supaya orang mau melakukan tindakan yang kita inginkan dari halaman tersebut.

3. Terdapat Konten yang Relevan dan Menarik

Konten menjadi kunci penting dari sebuah halaman website dan bisa meningkatkan tingkat konversi pada halaman landing tersebut. Buatlah konten yang menarik seputar produk bisa dalam bentuk gambar atau video yang tentunya disesuaikan dengan target konversi yang diinginkan. Bisa juga konten ini menjelaskan sedikit banyak mengenai produk yang kalian jual dan juga bujukan untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

4. Memiliki Struktur yang Baik

Landing page terbaik sudah pasti memiliki struktur yang baik, sehingga pengunjung pun akan lebih mudah terbawa untuk melakukan tindakan. Struktur sendiri sebenarnya tidak ada yang baku, sehingga penggunaan struktur yang tepat untuk setiap jenis bisnis ini sangat menentukan.

5. Menampilkan Bukti Kualitas

Menampilkan bukti kualitas dari produk atau layanan yang kalian tawarkan, sebagai contoh misalnya beberapa perusahaan yang mempergunakannya. Selain itu adanya testimoni dari pengguna produk atau layanan yang ditawarkan untuk menjadi bukti mengenai kualitas tersebut. Bila sudah ada bukti tersebut, maka kemungkinan besar orang akan tertarik dan bisa meningkatkan konversi yang dibutuhkan dari halaman landing.

6. Perhatikan Isi yang Ditampilkan

Isi dari halaman jelas menjadi kunci yang menentukan apakah sebuah halaman landing itu cukup menarik bagi pengunjung atau tidak. Sebisa mungkin buatlah isi yang menarik mulai dari konten, tulisan, sampai dengan desain dari halaman yang kalian buat. Jadi nantinya orang akan tertarik mengunjungi landing page, membaca informasinya, dan melakukan tindakan yang kalian inginkan.

7. Optimasi SEO

SEO adalah sebuah kunci untuk membuat halaman landing yang kalian buat itu lebih mudah ditemukan oleh pengunjung. Semenarik apa pun bila tidak menerapkan SEO dan tidak bisa ditemukan orang, maka performa halaman tersebut pun akan buruk. Jadi penerapan SEO sendiri menjadi sangat penting, dan kalian bisa mempergunakan jasa SEO Omnirank untuk membantu optimasi SEO.

Kesimpulan

Halaman khusus ini memang sangat penting dalam langkah digital marketing dan bisa diterapkan untuk berbagai macam tujuan. Baik itu untuk mendapatkan konversi penjualan atau juga untuk membagikan informasi promo atau produk baru pada bisnis kalian. Tapi pembuatannya pun harus cukup menarik agar supaya nantinya orang akan terdorong untuk melakukan tindakan sesuai tujuan dibuatnya halaman tersebut.

Selain dari desain dan beberapa elemen lainnya, penerapan SEO juga menjadi kunci penting keberhasilan dari strategi halaman landing ini. Sebisa mungkin kalian bisa memanfaatkan SEO ini supaya halaman tersebut lebih mudah ditemukan pada berbagai mesin pencari.

Kalian bisa memanfaatkan jasa SEO melalui Service Omnirank yang mampu meningkatkan SEO pada landing page kalian. Kalian pun bisa daftar gratis di website resmi mereka untuk kemudian bisa mempergunakan layanan optimasi SEO yang berkualitas. Tunggu apalagi segera daftar dan manfaatkan jasa SEO tersebut.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.