Melakukan analisis SEO kompetitor penting dilakukan sebagai salah satu strategi pemasaran digital. Hal ini dapat dimulai dari langkah sederhana seperti mencari tahu latar belakang dari para kompetitor hingga menggunakan tools tertentu yang lebih kompleks. Simak ulasan berikut untuk mengetahui informasi detailnya!
Apa Itu SEO Analisis?
Pada dasarnya, SEO Analisis merupakan proses memeriksa sebuah situs web secara cermat untuk mendapatkan insight seberapa baik sebuah situs dibuat. Langkah-langkah analisis SEO adalah salah satu hal penting untuk membantu situs menjadi lebih optimal.
Proses analisis SEO dilakukan oleh seorang SEO Analyst atau SEO Specialist. Mereka akan mempersiapkan situs web untuk diindeks, kemudian membantu peningkatan ranking, hingga mempelajari berbagai potensi website melalui alat analisis. Tidak jarang mereka akan melakukan analisis kompetitor sebagai bagian dari penarikan ide pengembangan tersebut.
Dengan melakukan analisis kompetitor, seorang SEO analyst akan memperhatikan konten dari brand atau merek tertentu hingga melihat kata kunci yang digunakan. Proses ini sangat mungkin memakan waktu yang tidak sebentar, namun dampaknya akan sangat positif untuk kemajuan sebuah website yang sedang dibangun.
Bagaimana Cara Menganalisis SEO Competitor?
Melakukan analisis kompetitor dalam bidang SEO pada dasarnya membutuhkan langkah-langkah yang cukup panjang. akan tetapi, penting untuk memahami beberapa poin penting untuk melakukan analisis tersebut. Berikut beberapa poin penting yang wajib diperhatikan.
1. Tentukan Keyword yang Akan Anda Gunakan
Salah satu cara mendasar untuk melakukan analisis SEO kompetitor yakni dengan melakukan riset terhadap berbagai kata kunci. Dengan kata lain, Anda wajib menentukan kata kunci apa yang akan digunakan pada website bisnis yang Anda miliki.
Anda bisa memakai Ahrefs Keyword Generator untuk mendapatkan ide keyword dari bidang Anda.
Apabila Anda belum benar-benar memahami kata kunci apa yang akan digunakan, maka akan sulit melihat siapa saja kompetitor web tersebut. Anda juga tidak akan dapat melakukan analisis kompetitor secara maksimal sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Untuk menentukan kata kunci yang akan digunakan, sudah pasti Anda harus menguasai niche pada bisnis tersebut. Selanjutnya, buat beberapa keyword yang terbilang relevan. Anda juga dapat memanfaatkan sejumlah tools untuk mengidentifikasi kata kunci tersebut.
Tentunya, melakukan riset terhadap kata kunci yang paling relevan dan banyak dicari menjadi hal penting sebelum melakukan analisis kompetitor. Jika sudah menentukan kata kunci yang tepat, barulah Anda dapat menuju ke tahapan berikutnya.
2. Cari Siapa Kompetitor Anda
Proses analisis kompetitor juga akan jauh lebih mudah jika Anda mengetahui siapa saja kompetitor pada bisnis tersebut. Tidak hanya itu, Anda akan tahu berapa banyak bisnis pesaing Anda. Cara ini tidak terlepas dari langkah pertama, yakni dengan memanfaatkan kata kunci.
Hal ini dilakukan dengan memasukkan kata kunci utama Anda pada mesin pencari. Setelah klik “Search”, situs mesin pencari tersebut tentu akan menampilkan beberapa situs yang juga menggunakan kata kunci yang sama dengan yang nantinya akan Anda gunakan.
Dari analisis kompetitor ini, catat nama-nama perusahaan atau pemilik situs tersebut. Bila perlu, buat semacam daftar pesaing dan tulis berbagai kelebihan maupun kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan kompetitor tersebut.
Tentunya, kesuksesan strategi SEO yang akan Anda lakukan juga akan sangat bergantung pada performa yang dilakukan oleh website kompetitor. Untuk itulah, analisis kompetitor adalah hal penting dan wajib dijalankan sehingga Anda dapat mengidentifikasi dan mendapatkan gambaran mengenai lanskap kompetisi dari bisnis yang sedang dijalankan.
3. Gunakan Tools Website Analyzer
Langkah selanjutnya yakni dengan mengetahui secara detail SEO dari situs kompetitor tersebut. Memang, mengulik SEO website secara detail bukanlah hal yang mudah, terutama bagi Anda yang masih awam maupun yang masih mempelajari SEO tersebut.
Akan tetapi, Anda kini dapat menggunakan sejumlah tools untuk analisis website yang dapat membantu hal tersebut.
Beberapa di antaranya seperti SEMrush, Ahrefs, SimilarWeb, dan masih banyak lagi. Semuanya dapat Anda gunakan untuk analisis kompetitor sesuai kebutuhan.
Tentunya, untuk menggunakan layanan tersebut tidaklah gratis, terlebih jika Anda menginginkan layanan yang lebih premium dan lengkap. Meskipun demikian, biaya untuk berlangganan umumnya juga masih terjangkau, terutama bagi bisnis-bisnis pemula.
Untuk melakukan analisis kompetitor dengan tools website analyzer ini sejatinya juga terbilang mudah. Umumnya, Anda hanya perlu memasukkan URL website tersebut ke bagian pencarian, kemudian akan muncul berbagai data SEO yang dipakai oleh web kompetitor tersebut.
4. Lihat Keyword Kompetitor Anda
Setelah menjalankan beberapa tahapan di atas, jangan lupa juga untuk mengecek kata kunci (keyword) yang digunakan oleh kompetitor. Tujuannya tentu untuk mengetahui seberapa besar potensi keberhasilan penggunaan kata kunci yang juga digunakan oleh pihak kompetitor.
Untuk melihat keyword ini, Anda dapat menggunakan tools website analyzer yang sudah disampaikan sebelumnya. Pasalnya, pada aplikasi ini akan dapat dilakukan analisis kompetitor dengan mengetahui data-data yang berhubungan dengan kata kunci website pesaing.
Selain itu, biasanya juga akan muncul data estimasi kunjungan yang mengarah pada kata kunci tersebut. Data ini bahkan dapat diekspor dalam bentuk file Excel atau CSV yang dapat dimanfaatkan secara lebih mudah dalam melakukan analisis lanjutan.
Dari langkah-langkah analisis kompetitor ini, Anda dapat mempertimbangkan apakah kata kunci yang akan digunakan sudah tepat. Jika web kompetitor sudah bertaraf internasional dengan tim SEO yang andal, Anda mungkin dapat mempertimbangkan penggunaan kata kunci lainnya.
5. Cek On-Page SEO Kompetitor Anda
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk melakukan analisis SEO kompetitor yakni dengan mengecek on-page SEO kompetitor tersebut.
Anda dapat memakai SEOQuake Addon di browser Chrome/Firefox, Gratis.
Tujuan dari penggunaan tools tersebut yakni untuk mempermudah pemahaman algoritma terbaru dari mesin pencari. Dengan mempelajari analisis kompetitor melalui on-page SEO kompetitor, Anda juga akan lebih mudah mendapatkan inspirasi guna penyusunan strategi pemasaran.
Untuk menjalankan analisis ini, Anda perlu memasang ekstensi dari tools website analyzer. Dari sini, Anda dapat mulai memasukkan URL milik kompetitor dan Anda akan diperlihatkan on-page SEO dari website pesaing tersebut.
Sejumlah informasi yang akan ditampilkan mulai dari meta tag yang digunakan hingga on-page keyword yang ada pada web tersebut. Dikarenakan informasi yang tersedia terbilang detail, maka Anda perlu membayar sejumlah biaya langganan guna mendukung cara membuat analisis kompetitor ini.
6. Cek Backlink Kompetitor Anda
Guna mendukung proses analisis, Anda juga perlu melihat semua backlink dari website milik pesaing. Keuntungannya sangat menarik, sebab Anda dapat melihat referensi backlink apa saja yang digunakan oleh kompetitor tersebut.
Anda bisa memakai Ahrefs, Semrush, Majestic untuk cek backlink competitor.
Semrush dan Majestic adalah model Freemium tool, jadi Anda bisa pakai namun untuk melihat data lebih lengkap diperlukan berbayar. Sedangkan Ahrefs adalah Free Trial dan Premium tool.
Dari ini, Anda dapat melanjutkan proses analisis kompetitor dengan melihat bagaimana strategi kompetitor dalam menanamkan backlink tersebut. Baik yang berupa anchor text, hyperlink, dan sebagainya. Dengan demikian, ranking website dapat meningkat sesuai target kata kunci.
Penggunaan backlink sejatinya tidak hanya sebagai alat untuk memperkuat metrik website pada mesin pencari. Anda juga dapat menggunakan backlink sebagai salah satu media personal branding bahkan melakukan soft selling.
Untuk menjalankan analisis kompetitor ini, Anda dapat menggunakan tools untuk membantu Anda melakukan penilaian. Tools tersebut juga ada yang gratis maupun berbayar. Penggunaannya juga sangat mudah, yakni dengan memasukkan link website milik kompetitor dan backlink pada website tersebut akan teridentifikasi.
Manfaat Melakukan Analisis Kompetitor SEO
Melakukan analisis kompetitor pada SEO sejatinya akan membuat Anda mengetahui apa saja yang sudah dilakukan oleh para kompetitor dalam mengembangan dan memajukan bisnisnya. Anda bahkan dapat mengetahui seberapa potensial kompetitor tersebut menjadi ancaman bagi bisnis yang Anda jalankan.
Dengan adanya analisis tersebut, tentunya akan berdampak lebih positif bagi suatu bisnis. Bahkan tidak jarang dengan adanya analisis yang tepat akan membuat bisnis tersebut berkembang lebih pesat. Secara umum, dampak yang akan didapatkan adalah sebagai berikut.
Identifikasi kompetitor
Salah satu manfaat melakukan analisis kompetitor seperti ini untuk mengetahui siapa saja kompetitor terkuat pada bidang bisnis serupa. Selain itu, Anda juga lebih paham dengan strategi yang dimilikinya, bahkan dapat mengantisipasi berbagai tindakan dari kompetitor yang sangat mungkin membuat Anda rugi.
Contoh analisis kompetitor yang sering kali diterapkan oleh para pemilik bisnis yakni ketika mulai mencari informasi detail mengenai strategi marketing atau lokasi penjualan dari produk pesaingnya. Dari sinilah akan muncul ide-ide untuk menyaingi kompetitor tersebut.
Ketika tidak melakukan analisis dengan baik, Anda mungkin hanya akan terlihat ‘meraba-raba’ performa yang dimiliki kompetitor berdasarkan dugaan atau intuisi. Hanya saja, informasi yang didapatkan tidaklah memadai sehingga kurang kuat jika dijadikan dasar penyusunan strategi.
Menciptakan strategi pemasaran
Dampak lain dari analisis kompetitor bagi suatu bisnis tentu saja akan memunculkan strategi pemasaran yang lebih tepat. Jika Anda sudah mengetahui kondisi dari pihak kompetitor, maka akan lebih mudah bagi Anda menciptakan strategi yang efektif, tajam, dan tepat sasaran.
Strategi yang akan dijalankan tentu didasarkan pada peta pasar yang sudah diketahui. Dari sinilah akan muncul berbagai langkah bisnis yang akan membantu Anda dalam menghambat persaingan maupun mencegah masuknya kompetitor baru.
Menggali dan memunculkan peluang
Dengan melihat apa yang sudah dilakukan oleh kompetitor, tentu Anda akan mengetahui produk atau layanan seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Hal ini dapat terbaca ketika melakukan analisis sehingga Anda dapat memahami pasar sekaligus meningkatkan laba.
Setelah mengetahui berbagai langkah-langkah dalam melakukan analisis SEO dari kompetitor, tentunya Anda dapat melakukan strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Setelah mengamati proses milik kompetitor, tiru hal-hal positif yang digunakannya dan modifikasi bagian-bagian tertentu untuk membuat bisnis Anda semakin dikenal.
Demikian beberapa hal terkait analisis kompetitor yang penting dalam dunia SEO. Dengan melakukan analisis yang tepat, tentu akan menciptakan strategi pemasaran bahkan berbagai peluang yang akan sangat menguntungkan bagi bisnis yang sedang Anda rintis.
Untuk memaksimalkan hal tersebut, penting juga untuk bekerja sama dengan jasa SEO profesional dari Omnirank. Dengan berbagai service Omnirank yang dimiliki, tentu akan membantu Anda untuk meningkatkan ranking dan traffic website Anda.
0 Komentar