Ingin bisnis Anda berkembang tanpa meningkatkan anggaran pemasaran Anda? Maka pastikan Anda menulis konten yang SEO friendly.
Begini cara kerjanya.
Website yang dioptimalkan untuk mesin pencari (SEO) dengan otoritas yang kuat dan profil backlink yang baik memiliki peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.
Jika website Anda muncul di halaman utama, Anda akan mendapatkan lebih banyak klik, share, like dan keterlibatan pelanggan.
Jika tidak ada yang menemukan halaman Anda, maka artikel yang ditulis dengan baik pun tidak ada gunanya.
Tidak perlu diragukan lagi, jika Anda ingin bisnis Anda berkembang, Anda harus memastikan bahwa Anda menulis konten SEO friendly.
Saya tidak mengatakan itu mudah, ada banyak pemikiran dan pandangan ke depan yang diperlukan untuk menulis konten SEO yang kuat.
Tapi setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya dan memasukkannya ke dalam proses produksi konten Anda, Anda akan melihat bahwa hal itu akan memberikan hasil yang baik tanpa menambah beban kerja Anda.
Lengkapi ini dengan beberapa aktivitas promosi, seperti mengirimkan email marketing ke daftar kontak Anda dan pemasaran yang baik, dan Anda siap melakukannya
Tapi untuk hari ini, mari kita tetap berpegang pada topik konten yang dioptimalkan untuk SEO.
Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita pastikan bahwa kita memiliki pemahaman yang sama.
Apa yang dimaksud dengan SEO Friendly?
Konten SEO Friendly adalah jenis konten yang dibuat dengan cara yang membantu mesin pencari untuk mendapatkan peringkat yang tinggi.
Meskipun beberapa pemasar berpikir bahwa ini berarti konten tersebut harus diisi dengan kata kunci, namun sebenarnya ini dimaksudkan untuk membantu mesin pencari menemukan, memahami, dan menghubungkan konten Anda dengan topik yang ingin Anda bahas.
Seperti yang akan Anda baca di artikel ini, membuat konten Anda SEO friendly membutuhkan lebih dari sekadar menyemprotkan kata kunci di sekitar postingan, video, dan bentuk konten lainnya.
Cara Membuat Konten Anda SEO Friendly
-
Gunakan judul dan sub-judul
Menggunakan judul dan sub-judul melakukan beberapa hal untuk pengoptimalan SEO.
Pertama, hal ini membuat tulisan Anda dapat dibaca dengan cepat sehingga lebih mudah dibaca oleh pembaca. Orang lebih cenderung membagikan hal-hal yang mudah dibaca.
Hal yang sama berlaku untuk robot mesin pencari. Saat merayapi situs Anda, mereka akan mengenali judul utama Anda dan menggunakannya untuk lebih memahami konten Anda, seperti bagian mana yang paling penting dan sebagainya.
Selain itu, memiliki header dan sub-judul juga meningkatkan kejenuhan kata kunci, tetapi ingatlah untuk tidak menyalahgunakannya untuk mempermainkan sistem.
-
Tambahkan internal link (tautan) ke konten relevan
Salah satu cara mesin pencari menentukan peringkat konten adalah dengan jumlah backlink yang mereka dapatkan.
Konten yang bagus cenderung mendapatkan banyak backlink – baik eksternal maupun internal.
Jika Anda ingin mengarahkan trafik dan memberi peringkat konten lama Anda lebih tinggi, maka Anda tidak boleh lupa untuk menautkannya dari postingan Anda yang lebih baru.
Hal ini akan membantu robot mesin pencari – dan orang-orang – untuk menemukan artikel terbaik Anda.
Selain itu, tautan ke website berkualitas tinggi dan bereputasi baik akan meningkatkan validitas website Anda. Semakin baik tautannya, semakin tinggi peringkat halaman Anda dalam hasil pencarian.
Selain itu, menggunakan sumber yang kredibel di dalam tubuh teks Anda akan menciptakan kepercayaan pembaca.
-
Optimalkan panjang artikel Anda
Dulu, sebagian besar postingan blog yang Anda baca terdiri dari beberapa ratus kata. Itu adalah permainan angka, semakin banyak postingan yang Anda terbitkan, semakin banyak trafik yang Anda dapatkan.
Sekarang ini, jarang sekali terjadi. Bahkan di blog ini yang sedang Anda baca saat ini, Anda akan menemukan banyak artikel dengan panjang 1.500+ kata dan lebih jarang dipublikasikan.
Hal ini dikarenakan dalam beberapa tahun terakhir, Google telah menunjukkan bahwa mereka memberikan prioritas yang lebih tinggi pada konten yang lebih panjang dan berkualitas tinggi. Mereka bertujuan untuk memberikan jawaban terbaik kepada pengguna mereka dan ini sering kali bermuara pada postingan yang memberikan jawaban paling menyeluruh untuk pertanyaan pengguna.
Tidak cukup lagi menulis artikel 300 kata. Tapi ini juga bukan tentang merendahkan konten Anda.
Lihatlah laporan Google Analytics Anda dan lihat postingan mana yang menghasilkan keterlibatan tertinggi untuk Anda. Yang mana yang paling banyak dikunjungi dan yang mana yang dibaca dalam waktu paling lama. Lalu, mana yang menghasilkan konversi tertinggi, misalnya, pendaftaran buletin.
Kemudian, gunakan informasi tersebut untuk menemukan pendekatan yang paling cocok untuk niche Anda.
-
Pilih kata kunci Anda dengan bijak
Beberapa webmaster suka dengan mulai menulis. Slogan mereka “Just do it“. Mereka meninggalkan optimasi SEO di saat-saat terakhir.
Yang lain mulai dengan menuliskan kata kunci yang ingin mereka masukkan ke dalam konten mereka.
Itulah pendekatan yang saya sukai.
Anda mulai dengan mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan topik Anda. Anda dapat menemukannya secara spontan, menggunakan alat perencanaan kata kunci seperti yang ada di Google, menggunakan alat SEO yang lebih canggih seperti Ahrefs atau KWFinder (bandingkan keduanya di sini), atau menyewa agen SEO untuk melakukannya untuk Anda.
Jika Anda belum memulai proses ini, Anda harus mulai dengan panduan riset kata kunci ini.
Dan begitu Anda mulai menulis, gunakan kata kunci dalam judul, tajuk utama, deskripsi meta, tag ALT, dan salinan utama.
-
Optimasi SEO Image
Gambar sangat penting untuk membuat konten Anda menarik dan dapat dibagikan. Orang jauh lebih mungkin membeli dari perusahaan yang situs webnya memiliki foto yang menarik dan relevan.
Anda dapat mengoptimalkan foto dengan menambahkan kata kunci ke file gambar dan memberikan tag ALT.
Pastikan Anda juga mengoptimalkan ukuran foto. Gambar yang terlalu besar akan memperlambat waktu muat dan merugikan SEO.
Buatlah gambar sekecil mungkin tanpa mengorbankan visibilitas atau kualitasnya. Banyak editor gambar yang memungkinkan Anda melakukan hal itu dengan fitur bawaan mereka. Jika editor Anda tidak memiliki fitur tersebut, alternatifnya adalah aplikasi Squoosh, alat gratis yang memungkinkan Anda mengubah ukuran dan mengkompres file gambar dengan cepat.
-
Membuat konten dapat dibagikan
Jadi, Anda telah berhasil menulis artikel yang SEO friendly, kaya konten, dan menarik sehingga orang ingin membacanya. Langkah selanjutnya adalah membuatnya dapat dibagikan. Website seperti ShareThis dan AddThis memudahkan Anda untuk menambahkan tombol media sosial ke website Anda sehingga orang dapat membagikan konten dengan mudah.
-
Menulis konten berkualitas tinggi
Yang satu ini seharusnya cukup jelas, tetapi tidak selalu diterapkan. Cara terbaik untuk membuat orang membaca dan terlibat dengan konten Anda adalah dengan menulis konten yang bermanfaat dan menghibur. Mesin pencari memberikan penghargaan kepada situs yang memiliki konten berkualitas tinggi dan relevan. Kualitas lebih penting daripada hampir semua faktor lain dalam daftar.
Setelah Anda memiliki ide yang kuat tentang bagaimana Anda ingin menulis dan memformat konten Anda, pertimbangkan untuk menggunakan beberapa alat berikut ini untuk menyederhanakan dan meningkatkan proses penulisan.
Tools Membuat Konten SEO Friendly
Hemingway Editor
Hemingway Editor adalah sumber daya yang luar biasa untuk tugas menulis sehari-hari, tetapi sangat membantu saat meninjau artikel untuk pengoptimalan SEO. Hemingway Editor menganalisis artikel Anda untuk menemukan dan menyoroti setiap kalimat yang sulit atau “sangat sulit” untuk dibaca. Editor ini juga menyoroti contoh-contoh kalimat pasif. Artikel yang sangat mudah dibaca akan lebih sering dibagikan, dan artikel yang paling banyak dibagikan akan mendapatkan peringkat SEO terbaik.
Grammarly
Grammarly seperti versi premium dari Hemingway Editor, dan masih banyak lagi. Selain menyoroti kalimat pasif dan kalimat panjang, aplikasi ini juga menunjukkan kepada Anda kesalahan tata bahasa, tanda baca, dan gaya penulisan. Memiliki konten yang benar secara tata bahasa adalah bagian penting dalam mengoptimalkan artikel untuk manusia dan mesin pencari, dan merupakan cara mudah untuk mendapatkan keuntungan dari pesaing Anda yang mengabaikan pengoreksian konten mereka dengan pemeriksa tata bahasa pro.
Versi dasar Grammarly sudah cukup untuk sebagian besar blogger, tetapi jika Anda benar-benar ingin meningkatkannya, Grammarly menawarkan diskon untuk pelajar yang bisa digunakan siapa saja untuk mendapatkan alat ini dengan lebih murah.
Read-Able
Read-Able mirip dengan Hemingway Editor dalam hal kemampuannya untuk menganalisis artikel Anda berdasarkan keterbacaan. Tetapi alih-alih menyoroti kalimat yang sulit dibaca, aplikasi ini memberikan skor keterbacaan keseluruhan pada teks Anda. Skor ini memberitahu Anda kelompok usia berapa yang dapat membaca halaman dengan mudah. Jika Anda memiliki URL untuk situs web, Anda dapat memasukkan URL alih-alih teks.
Keyword Density Checker
Pemeriksa Keyword Density Checker memindai teks atau alamat URL Anda untuk mengetahui berapa kali Anda mengutip setiap kata kunci. Ini sangat membantu jika Anda memiliki artikel yang sangat besar, dan Anda ingin memastikan bahwa artikel tersebut tidak terlalu jenuh dengan kata kunci. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kata kunci harus mengambil sekitar 1-2% dari teks.
Pengoptimalan SEO
Alat pengoptimalan di halaman ini menganalisis situs web atau alamat URL Anda dan memberikan gambaran umum tentang faktor-faktor Pengoptimalan SEO. Anda dapat menambahkan hingga lima kata kunci, yang akan dicari oleh algoritma dan memberitahu Anda seberapa sering setiap kata digunakan.
Giliran Anda
Semoga konten ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menggunakan alat dan tips yang disebutkan dalam daftar ini, Anda akan dapat membuat materi yang ramah SEO terlepas dari industri yang Anda tulis. Pada akhirnya Anda akan belajar menulis konten yang ingin dibaca dan dibagikan oleh orang lain. Situs web yang ramah SEO akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas, dan tingkat lalu lintas yang lebih tinggi akan meningkatkan skor SEO Anda. Apa ide lain yang Anda miliki untuk meningkatkan kualitas SEO Anda? Apakah Anda memiliki trik tambahan untuk mencapai hasil mesin pencari yang lebih baik? Bagikan di kolom komentar.