Google Shopping membantu Anda untuk membandingkan harga dari ribuan toko offline dan online. Anda dapat menghemat uang dengan membandingkan produk dari banyak toko dan Brand.

ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan platform jual beli online yang sedang mainstream saat ini. Platform besutan Google ini banyak menyediakan berbagai macam produk yang dijual belikan oleh pebisnis berbagai skala.

Sebagai contoh: pakaian laki-laki maupun perempuan, perlengkapan bayi dan anak-anak, perlengkapan rumah tangga, kosmetik atau alat kecantikan, berbagai macam aksesoris baik untuk interior kendaraan atau interior rumah, dan masih banyak lagi.

Jadi di Google Shopping ini mendukung untuk aktivitas jual beli, perdagangan, dan bisnis. Cara penggunaannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci dari barang yang Anda cari, dan Google akan menampilkan semua hal yang relevan untuk Anda pilih.

Setelah Anda mengetik kata kunci yang diinginkan, Anda akan menemukan banyak pilihan yang lengkap dengan informasi harga, ulasan, bahkan bisa langsung tersambung  ke platform jual beli online lain. Itu akan membuat Anda bisa menemukan banyak referensi dan memudahkan perbandingan harga.

Manfaat Google Shopping

Google Shopping dapat membantu para pebisnis dalam mempromosikan produk mereka agar banyak dikenal secara online. Dengan demikian, penjualan juga akan meningkat pada bisnis Anda.

Konsumen akan dengan mudah menemukan banyak pilihan barang dengan penawaran harga yang bisa disesuaikan dengan budget Anda dari Google Shopping.

Nilai lebihnya adalah, Anda juga bisa menemukan ulasan dan rating dari setiap penjual yang akan memberikan Anda gambaran tentang Shopping list Google yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik dari segi kualitas maupun harga.

Cara Kerja Google Shopping

Bagaimanakah cara kerja dari layanan belanja Google ini? Hal yang perlu Anda ketahui adalah, layanan ini mendapat dukungan dari dua platform, yaitu Google Merchant Center dan Google Shopping Ads. Google Ads adalah sebuah program periklanan yang dikembangkan oleh Google dan fungsinya untuk membantu para pebisnis supaya bisa menjangkau calon pelanggan mereka secara lebih luas dengan layanan iklan pencarian.

Cara ini dinilai cukup efektif dalam menarik minat para calon pelanggan. Iklan ini biasanya akan muncul pada saat pengguna sedang surfing melalui web browser Google Chrome. Pengguna bisa menemukan iklan tersebut dan pada saat iklan itu di-klik, maka pengguna akan langsung diarahkan ke situs atau web perusahaan yang memasang iklan tersebut.

Sedangkan untuk Google Merchant Center adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk upload produk yang Anda sediakan di toko Anda ke dalam layanan Google Shopping sehingga bisa dilihat oleh banyak orang.

Tips Melakukan Google Shopping

Setelah membahas pengertian, fungsi, dan juga cara kerja dari layanan belanja Google, selanjutnya kita akan memulai membahas tips dalam melakukan Google Shopping yang perlu Anda perhatikan:

1. Pasanglah foto produk yang berkualitas tinggi dan menarik untuk dilihat, artinya gambar yang bisa dilihat dengan jelas, dan gambar yang original. Pastikan bahwa format gambarnya menggunakan eksistensi .png, .jpeg, .jpg, .bmp, .gif, .tif.

Pastikan saat Anda posting produk pakaian atau wardrobe menggunakan gambar dengan resolusi 250×250 pixel. Jika Anda posting produk selain pakaian, maka bisa menggunakan gambar dengan resolusi 100×100 pixel.

2. Berikan informasi produk secara detail dan lengkap, mulai dari info harga, ukuran, bahan, pilihan warna, dan lain-lain. Jelaskan secara singkat dan jelas, dan jangan lupa untuk memasukkan link tautan menuju web toko online Anda.

3. Anda harus menggunakan kata kunci/keyword yang relevan dengan jenis produk yang Anda tawarkan. Ini akan menunjukkan integritas toko Anda.

4. Anda harus tahu dan ingat baik-baik, jangan sampai Anda menuliskan deskripsi barang lebih dari 70 kata, karena jika melebihi itu maka tidak akan ditampilkan secara lengkap dan ini akan membingungkan pembeli Anda.

5. Pastikan bahwa website toko online Anda dibuat mobile-friendly, mengingat saat ini mayoritas orang menggunakan smartphone pada saat membeli barang secara online.

Cara Menggunakan Google Shopping Ads

Berikut ini adalah penjelasan secara detail cara menggunakan Google Ads

1. Membuat Akun Google Merchant Center

Untuk membuat akun Google Merchant Center, sebelumnya Anda harus memiliki akun Gmail, jika belum ada maka harus mendaftar terlebih dahulu. Jika Anda sudah berhasil masuk menggunakan akun Gmail Anda, selanjutnya Anda lakukan langkah-langkah berikut:

  • Memasukkan info mengenai bisnis Anda, mulai dari lokasi bisnis, zona waktu, dll.
  • Masukkan nama bisnis Anda, baik itu nama web atau nama toko. Nama bisnis inilah yang akan ditampilkan sebagai nama Merchant center Anda.
  • Menambahkan dan verifikasi nomor telepon, dan juga info profil social yang Anda punya.
  • Pilih di mana pelanggan Anda bisa melakukan checkout. Pilihannya antara lain: “Di Situs Anda”, “Di Google”, atau “Di Toko Lokal Anda”.
  • Memilih platform pihak ketiga yang Anda inginkan supaya bisa memudahkan pengguna untuk masuk ke platform yang mereka inginkan melalui Google Shopping tersebut.
  • Masukkan preferensi email yang akan memudahkan Anda dalam menerima update informasi mengenai Google Ads atau layanan belanja Google, dan lain-lain.

2. Mengoptimasi Gambar Produk

Berkaitan dengan tips memilih foto produk yang menarik, optimasi gambar produk ini adalah langkah yang krusial dalam upaya meningkatkan ketertarikan pelanggan terhadap toko/ bisnis atau produk yang Anda pasarkan. Walaupun Anda memiliki komposisi foto yang baik namun kualitasnya buruk, tetap saja akan mengurangi minat pembeli.

3. Mengisi Feed Produk

Berikut adalah langkah penting dalam mengisi feed produk yang bisa Anda lakukan dengan mengikuti cara berikut:

  • Menggunakan aplikasi Google Sheet untuk melakukan upload serta update.
  • Manfaatkan Schedule Fetch untuk mengatur jadwal pengambilan data hanya dengan mencantumkan URL Anda.
  • Masuk ke Google Merchant center dan upload secara manual.
  • Gunakan Content API jika Anda memiliki bisnis skala besar agar produk dan stok bisa diunggah secara otomatis.

4. Menghubungkan dengan Google Ads

Walaupun Anda sudah melakukan integrasi atau penghubungan dengan Google Merchant Center, hal itu tidak membuat produk Anda mudah ditemukan oleh pembeli Anda. Agar produk Anda semakin banyak muncul di hadapan target pasar Anda, perlu menggunakan layanan Google Ads. Ini adalah langkah yang dianggap penting mengingat ini akan mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

5. Membuat Iklan di Google Shopping

Jika Anda ingin memanfaatkan iklan untuk mengembangkan bisnis, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah dengan cara memanfaatkan layanan Google Merchant Center. Lalu cara yang kedua adalah dengan menggunakan layanan Google Ads secara baik dan maksimal. Kedua cara itu bisa Anda lakukan cukup dengan klik menu “Campaign” yang bisa Anda temukan pada tampilan interface.

6. Mengatur Biaya Iklan

Biaya adalah hal krusial yang akan menentukan jumlah keuntungan yang Anda dapatkan, maka dari itu sangat penting untuk bisa mengatur biaya iklan sesuai budget yang dimiliki. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Standard Shopping Campaign adalah pengaturan secara rinci dengan banyak pilihan metode pemilihan iklan lebih spesifik. Contohnya adalah dengan mengatur iklan Anda supaya hanya muncul di Gmail atau YouTube saja.
  2. Smart Shopping Campaign adalah cara sederhana hanya dengan memilih biaya iklan dan berbagai macam informasi dan biarkan Google Ads yang mengaturnya untuk Anda.

Mengapa Harus Menggunakan Google Shopping?

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus menggunakan Google Shopping:

1. Memudahkan Pembeli dan Penjual

Kemudahan yang didapat oleh kedua belah pihak di mana penjual dan pembeli bisa sama-sama mendapatkan keuntungan berupa kemudahan.

2. Meningkatkan Conversion Rate

Tujuan bisnis adalah memperoleh keuntungan, dengan menggunakan layanan Shopping Google akan menambah tingkat kunjungan dan otomatis akan meningkatkan kemungkinan transaksi dalam website bisnis Anda.

3. Dapat Mengatur Budget Iklan Sesuai Keinginan Anda

Keuntungan bisa didapat secara maksimal jika kita bisa menekan pengeluaran, maka dengan dimungkinkannya pebisnis mengatur budget iklan bisa memperlebar margin dan keuntungan yang lebih besar.

Barang yang Tidak Dapat Di Jual Melalui Google Shopping

Tidak semua hal bisa Anda jual, dan berikut ini adalah daftar barang yang tidak bisa Anda jual atau iklankan di Google Shopping:

  • Barang Palsu
  • Produk dan Layanan Kategori Berbahaya
  • Alkohol
  • Obat Terlarang
  • Fasilitas yang Tidak Patuh Hukum
  • Konten yang Tidak Layak
  • Konten Dewasa
  • Konten dengan Unsur Politik

Itulah ulasan mengenai Google Shopping, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.