Omnirank.id – Halo sahabat Omni! Strategi marketing merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis supaya nantinya bisnis bisa berkembang semakin besar. Email marketing merupakan salah satu jenis strategi marketing yang sudah ada sejak dulu dan sampai saat ini masih banyak digunakan. Berikut kami akan jelaskan mengenai email marketing ini dan juga alasan bisnis online saat ini masih membutuhkan strategi marketing itu.

Penjelasan Email Marketing

Email marketing adalah sebuah langkah marketing dengan memanfaatkan email, di mana perusahaan akan mengirimkan pesan melalui email. Isi pesan yang diberikan biasanya seputar promo, informasi produk baru, atau mungkin adanya event yang sedang berlangsung. Langkah marketing ini sebenarnya sudah digunakan sejak dulu, namun sampai saat ini dinilai masih cukup efektif dilakukan.

Beberapa perusahaan besar dunia pun sampai saat ini masih menggunakan langkah marketing ini, karena memang efektivitasnya masih relevan. Bisa dibilang ini adalah layanan email komersial, di mana bukan termasuk jenis spam tapi juga bukan email biasa seperti dari teman. Memang penggunaan langkah marketing menggunakan email ini perlu dilakukan dengan hati-hati supaya tidak menjadi spam nantinya.

Pentingnya Menggunakan Email Marketing

Perkembangan zaman terutama pada dunia digital nyatanya tidak mengubah betapa pentingnya menggunakan strategi marketing menggunakan email. Bahkan justru di tengah perkembangan dunia digital, email ini menjadi salah satu kunci penting dan pasti dipakai oleh banyak orang. Pada bisnis online yang jelas erat hubungannya dengan dunia digital justru sangat penting untuk menggunakan strategi email marketing ini.

Salah satu nilai penting dari penggunaan email itu adalah marketing yang dilakukan oleh perusahaan akan terkesan lebih personal. Hal ini akan membuat hubungan yang jauh lebih baik dan lebih dekat antara perusahaan dengan para pelanggan atau bahkan calon pelanggan. Secara tidak langsung langkah marketing ini akan membantu meningkatkan citra brand yang baik dan membantu mengembangkan bisnis online juga.

4 Alasan Bisnis Online Butuh Email Marketing

Marketing dengan menggunakan email sebenarnya merupakan sebuah kebutuhan bagi para pebisnis online yang sedang mengembangkan bisnis. Ada 4 alasan yang membuat bisnis online itu membutuhkan marketing dengan memanfaatkan email ini, berikut beberapa di antaranya.

1. Sifatnya Lebih Personal

Email adalah salah satu cara untuk bisa berkomunikasi dengan klien atau pelanggan dengan lebih personal atau lebih dekat. Alasan inilah yang membuat kebanyakan email komersial itu sebaiknya menggunakan sapaan nama dari calon klien, supaya terasa lebih akrab. Hubungan yang lebih dekat ini akan membantu proses marketing berjalan lebih baik dan tingkat keberhasilannya pun sudah pasti akan cukup tinggi.

2. Membantu Meningkatkan Trafik dan Penjualan

Email juga menjadi salah satu cara untuk bisa mendapatkan trafik pada bisnis online kalian, selama dilakukan dengan baik dan benar. Adanya CTA di dalam email ini akan sangat membantu orang untuk bisa langsung mengunjungi website bisnis online kalian dengan mudah. Isilah CTA pada email marketing dengan link website bisnis online, sehingga trafik dari website akan meningkat dan kemungkinan terjadinya konversi makin tinggi.

3. Mendorong Calon Pelanggan untuk Belanja

Email juga bisa menjadi salah satu alat yang bisa dipakai untuk mendorong pelanggan atau juga calon pelanggan untuk mulai berbelanja. Kalian bisa memberikan informasi produk yang baru dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang bersangkutan misalnya, sehingga pelanggan akan tertarik. Selain itu bisa juga dengan memberikan kode promo yang membuat target pelanggan tersebut tertarik untuk melakukan belanja.

4. Tidak Membutuhkan Biaya yang Terlalu Besar

Marketing dengan menggunakan email juga biasanya tidak membutuhkan biaya yang besar dan juga jauh lebih mudah untuk digunakan. Kalian hanya perlu membuat format email yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya untuk kemudian dikirimkan kepada pelanggan atau calon pelanggan. Seperti kita tahu kebanyakan email saat ini bisa digunakan secara gratis, jadi bisa dibilang biaya untuk strategi marketing ini cukup murah.

Bila dibandingkan dengan strategi marketing yang lainnya, maka email marketing ini adalah yang biayanya paling murah. Bahkan kalian bisa memanfaatkan email marketing tools yang sudah ada banyak pilihannya untuk memudahkan kalian menjalankan email marketing ini. Kalian hanya perlu mempelajari tools di awal dan kemudian kalian bisa mempergunakannya dengan bebas dan biaya yang murah.

Jenis-jenis Email Marketing

Sebelum menerapkan strategi email marketing, maka kalian perlu pahami dulu setiap jenisnya yang masing-masing memiliki manfaat tersendiri. Berikut ini kami akan coba jelaskan jenisnya untuk membantu kalian menentukan jenis mana yang memang dibutuhkan pada bisnis online kalian.

1. Direct Email

Direct email adalah pesan yang dikirimkan secara langsung kepada pelanggan yang sudah dibuat list sesuai dengan kebutuhan. Biasanya isi dari direct email ini adalah penawaran atau promosi produk yang ditawarkan baik dalam bentuk teks atau dalam bentuk HTML. Kesalahan yang paling umum dari direct email itu adalah pengiriman pesan bertubi-tubi sehingga bisa menjadi pesan spam bagi pelanggan.

2. Retention Email

Retention Email itu merupakan pesan yang dikirimkan kepada pelanggan lama yang sudah terdaftar dan biasanya pesannya dikirimkan secara berkala. Isi dari pesan retention email ini sendiri tidak melulu mengenai produk atau promosi, akan tetapi bisa juga berisi tips dan informasi penting. Biasanya tujuan dari penggunaan retention email ini adalah untuk bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan, sehingga informasi promosi nantinya bisa disampaikan dengan baik.

3. Beriklan Menggunakan Pihak Ketiga

Jenis beriklan melalui pihak ketiga ini sedikit berbeda dengan jenis email marketing yang lainnya, karena memanfaatkan pihak ketiga. Jadi email tidak dikirimkan langsung oleh perusahaan, akan tetapi ada pihak yang dibayar untuk mengirimkan pesan melalui email kepada pelanggan. Beberapa perusahaan menggunakan sistem afiliasi untuk strategi email melalui pihak ketiga ini, sehingga bisa disampaikan ke lebih banyak orang.

Manfaat Menggunakan Email Marketing

Penggunaan email marketing ini sendiri memang bisa memberikan cukup banyak manfaat bagi sebuah bisnis agar bisa berkembang dengan pesat. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa manfaat yang bisa dirasakan.

1. Pesan Lebih Personal

Email merupakan salah satu jenis pesan persona, di mana berarti langkah marketing dengan email ini sudah pasti akan terasa lebih personal. Pesan yang dibagikan ini sudah pasti akan sangat membantu pelanggan terasa lebih eksklusif dan merasa dihargai. Hal semacam ini akan membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan tentunya meningkatkan kemungkinan terjadi penjualan.

2. Informasi yang Diberikan Lebih Cepat dan Praktis

Informasi yang diberikan melalui email itu bisa menjangkau pelanggan dengan cepat, karena semua orang saat ini memiliki email. Adanya kemungkinan memasukkan link pembelian juga sangat membantu nilai konversi ke penjualan yang lebih tinggi melalui email. Selama memilih target pelanggan yang tepat, maka kemungkinan penjualan akan meningkat dengan strategi email marketing.

3. Biaya yang Dibutuhkan Lebih Kecil

Modal yang diperlukan untuk mengirimkan email pada dasarnya hanyalah koneksi internet yang cukup, karena ukurannya pun tidak besar. Bisa dibilang strategi marketing ini jelas lebih hemat biaya, karena tidak perlu cetak fisik dan hanya perlu koneksi internet saja. Tetapi tingkat konversi ke penjualan yang dimiliki email marketing ini jauh lebih tinggi, sehingga bisa dibilang jauh lebih hemat.

4. Lebih Terukur

Email memiliki sistem yang sangat baik dalam tracking riwayat pengiriman email dan juga feedback dari penerima email tersebut. Hal ini membuat langkah marketing ini jauh lebih mudah untuk diukur, sehingga bisa dievaluasi untuk perbaikan ke depan. Kita bisa tahu berapa email yang dikirimkan dan berapa penerima yang memberikan feedback baik itu meminta informasi lebih detail atau melakukan pembelian.

Hal ini sangat bisa diukur dan juga bisa dievaluasi untuk menemukan apa yang salah dan apa yang masih bisa dikembangkan kembali. Jadi data yang didapatkan bukan hanya mampu mengembangkan bisnis akan tetapi juga bisa mengembangkan strategi marketing juga secara keseluruhan.

5. Membuka Kesempatan Kerja Sama dengan Pelanggan

Melalui email yang lebih personal ada kemungkinan pelanggan akan memberikan feedback yang berguna bagi perusahaan yakni masukan. Jadi melalui email akan terbuka kesempatan untuk kerja sama atau kolaborasi dengan pelanggan dalam rangka mengembangkan bisnis online kita. Hal ini bisa terjadi karena melalui email marketing hubungan dengan pelanggan jelas jauh lebih baik dan pada akhirnya bisa mengembangkan bisnis lebih luas.

6. Lebih Customizeable

Bentuk dan isi dari email itu memang bisa dibentuk dengan fleksibel, sehingga kita bisa custom email sesuai dengan keinginan dan kreativitas kita. Email bukan hanya dalam bentuk teks lho tapi bisa diisi dengan gambar, gif, sampai ke video yang membuat email jadi lebih menarik. Kalian bisa mencoba mencari contoh email marketing untuk menjadi acuan membuat custom email yang menarik bagi pelanggan.

Kualitas dari isi email sendiri sangat bergantung dari kreativitas kita dalam membuat email yang menarik bagi para pelanggan. Hal ini juga berpengaruh pada tingkat keberhasilan marketing dengan menggunakan email sebagai jalurnya.

7. Lebih Mudah Dibagikan

Email juga lebih mudah untuk dibagikan kembali oleh para pelanggan kepada orang lainnya mengenai satu penawaran atau produk. Hal ini secara tidak langsung akan membuat promosi atau pesan yang kita sampaikan akan bisa menjangkau lebih banyak orang lebih mudah. Jadi para pelanggan bisa membagikan kepada teman mengenai informasi, penawaran atau promo yang diberikan perusahaan dengan mudah.

Keuntungan Menerapkan Email Marketing

Strategi email marketing ini sendiri jelas mampu memberikan banyak sekali keuntungan bagi perusahaan atau bisnis online kalian. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan apabila strategi marketing menggunakan email itu bisa berhasil.

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Bila dilakukan dengan benar langkah marketing dengan email ini akan bisa membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnis online kita. Pelanggan akan merasa dihargai dan lebih personal ketika mendapatkan pesan yang mungkin lebih eksklusif dengan menggunakan email. Pastikan untuk tidak melulu hanya menawarkan produk saja, bagikan informasi atau konten yang berguna dan juga disukai oleh pelanggan.

Ketika loyalitas dari pelanggan sudah terbangun, maka bukan hal sulit untuk menawarkan produk dan sampai kepada penjualan.

2. Membantu Meningkatkan Brand Awareness Masyarakat

Adanya email secara berkala akan membantu para pelanggan yang sudah ditargetkan untuk terus mengetahui brand atau citra dari bisnis kalian. Hal ini akan membantu meningkatkan brand awareness dan sangat mungkin orang akan menjadikan brand kalian menjadi andalan mereka. Jadi nama brand atau bisnis kalian akan lebih mudah diingat dan pada akhirnya sudah pasti akan membantu memberikan keuntungan yang besar.

3. Bisa Disesuaikan dengan Segmentasi Pasar

Memiliki email pelanggan tentunya bisa membantu kita untuk mengirimkan pesan yang sesuai dengan segmentasi dari pelanggan tersebut. Pengiriman informasi penting dan penawaran akan bisa dilakukan dengan lebih efektif melalui email dengan memanfaatkan segmentasi pasar. Klasifikasinya sendiri bisa dibagikan melalui minta, perilaku, sampai dengan demografi.

Jadi email marketing merupakan langkah marketing yang efektif karena bisa disesuaikan dengan segmentasi pasar.

4. Tingkat Konversi Penjualan Meningkat

Tingkat konversi penjualan yang bisa didapatkan melalui email itu terbilang cukup besar, karena beberapa kelebihan yang sudah kami jelaskan di atas. Pemberian link, kesan lebih personal, dan bisa disesuaikan dengan karakteristik pelanggan jelas memperbesar kemungkinan konversi ke penjualan.

Tips Menerapkan Strategi Email Marketing Agar Berhasil

Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari langkah marketing menggunakan email, maka harus dilakukan dengan strategi yang tepat. Ada beberapa tips yang mungkin harus diperhatikan saat akan menggunakannya, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kombinasikan dengan Informasi yang Berguna

Mengirimkan email penawaran atau promo secara terus menerus dengan intensitas yang cukup sering sudah pasti akan mengganggu pelanggan. Kalian perlu kombinasikan pesan dengan beberapa informasi atau tips yang berguna bagi pelanggan atau informasi yang menarik bagi pelanggan. Bila email marketing hanya fokus pada penawaran saja, maka akan sangat mungkin diindikasi sebagai spam.

2. Sesuaikan dengan Klasifikasi Pelanggan

Klasifikasikan terlebih dahulu daftar list email pelanggan berdasarkan umur, jenis kelamin, perilaku, minat dan juga demografi. Hal ini akan menentukan isi pesan agar supaya kalian bisa sesuaikan dengan klasifikasi dari daftar pelanggan yang akan kalian beri email. Langkah ini sangat membantu efektivitas langkah marketing untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan penjualan yang meningkat.

3. Selalu Bubuhkan CTA

Selalu beri CTA pada pesan email, supaya orang tahu apa langkah selanjutnya yang bisa dilakukan dengan mendapatkan email tersebut. Kalian tidak melulu harus memberikan CTA link pembelian, akan tetapi bisa juga link ke website resmi bisnis untuk mendapat informasi lebih lanjut.

4. Buat Rasa Urgensi pada Isi Pesan

Selalu ciptakan rasa urgensi pada pesan supaya orang merasa sayang kalau melewatkan promo atau penawaran yang diberikan. Kalian bisa gunakan hanya untuk hari ini saja atau bisa juga hanya untuk beberapa pembeli pertama atau bisa dengan menggunakan cara yang lainnya.

5. Desain Pesan Supaya Menarik

Buatlah desain pesan yang menarik mulai dari format, penambahan logo, gambar, atau bahkan video yang bisa menunjang isi dari pesan.

Selain menggunakan email marketing menerapkan SEO pada bisnis online pun sangat dibutuhkan, dan Omnirank adalah jasa yang tepat untuk digunakan. Ada banyak service Omnirank yang bisa membantu peningkatan SEO yang akan menguntungkan bagi bisnis online kalian. Jadi tidak usah ragu lagi segera daftar gratis di situs resminya.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.