Omnirank.id – Halo sahabat Omni! Riset kata kunci atau keyword research perlu dilakukan saat membangun website. Apalagi jika Anda merasa belum bisa melihat hasil dari kerja keras Anda padahal website Anda sudah memiliki cukup banyak konten di dalamnya.

Apakah riset kata kunci masih relevan untuk SEO? Jika Anda tidak yakin bahwa riset kata kunci itu penting untuk SEO saat ini, baca artikel berikut untuk mengetahui mengapa riset keyword perlu dilakukan dan bagaimana manfaatnya bagi kampanye pemasaran Anda secara keseluruhan.

Apakah yang Dimaksud dengan Riset Keyword?

Riset kata kunci adalah proses menemukan kata dan frasa yang paling banyak diketik pengguna di search engine atau mesin pencari. Hasilnya adalah kata kunci populer yang relevan atau bisa digunakan untuk membuat konten berkualitas yang dapat bersaing dengan situs web lain.

Misalnya Anda membutuhkan konten untuk bisnis sepatu, riset kata kunci akan membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis tersebut seperti “sepatu kerja”, “sepatu olahraga”, “sepatu sepakbola”, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa ada 1,6 miliar lebih situs web aktif dan jumlah tersebut terus bertambah. Mesin pencari akan menelusuri dari jutaan website tersebut untuk menyajikan situs yang paling relevan dengan pencarian yang dilakukan oleh pengguna.

Daftar situs yang ditampilkan oleh mesin pencari dikenal sebagai SERP (Search Engine Results Page). Jika website Anda tidak lolos dalam penyaringan ini, Anda kalah dalam permainan bahkan sebelum itu dimulai.

Bisa dikatakan bahwa riset kata kunci merupakan dasar dari setiap strategi pemasaran SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Ini menjadi langkah pertama yang perlu diikuti oleh semua marketer maupun webmaster saat membuat konten untuk situs web.

Keyword research adalah proses yang penting untuk membantu mengoptimalkan konten dan memastikan website Anda mendapat peringkat tinggi di SERP. Lebih dari itu, riset kata kunci juga mengarah pada riset pasar yang sangat berguna untuk bisnis.

Alasan Menggunakan SEO untuk Blog dan Artikel

Membangun sebuah blog atau website membutuhkan serangkaian proses, termasuk salah satunya adalah optimasi dengan SEO. Search Engine Optimization atau SEO membantu Anda dalam menghasilkan konten yang terstruktur dengan baik, mencakup analisis kata kunci yang “bagus” untuk website Anda.

Ketika website Anda memiliki peringkat lebih tinggi di SERP untuk kata kunci tertentu, website Anda dapat memperoleh lebih banyak kunjungan atau traffic web. Hal ini karena umumnya pengguna percaya mesin pencari akan menawarkan website atau konten yang paling relevan dan kredibel.

Hasil mesin pencari inilah yang akan dimanfaatkan pengguna sebagai sumber informasi mereka. SEO adalah bagian penting dari strategi pemasaran untuk meningkatkan traffic organik. Ahli SEO dapat melakukan keyword research untuk mendapatkan kata kunci target dengan lebih akurat.

Bukan hanya untuk konten, optimisasi dengan SEO juga meningkatkan kualitas blog dari segi teknis. Mulai dari tampilan blog, kecepatan loading, mobile friendly, dan lain sebagainya.

Manfaat Riset Keyword

Tujuan utama dari riset kata kunci adalah menemukan kata kunci populer. Dengan melakukan riset kata kunci, Anda dapat mengetahui topik apa saja yang populer atau paling banyak dicari pengguna. Berikut sejumlah manfaat melakukan riset kata kunci.

1. Memperoleh Insight penting

Manfaat menganalisis kata kunci adalah membantu Anda mengetahui trend terkini terkait kata kunci yang paling banyak diketikkan di mesin pencari. Pembuat konten dapat memperoleh insight mengenai preferensi dan kebutuhan pengguna. Informasi tersebut yang digunakan untuk menciptakan konten yang berkualitas.

Selain mengetahui kata kunci berdasarkan volume pencarian, juga membantu Anda mengetahui tingkat kesulitan dari suatu kata kunci. Misalnya Anda memasukan kata kunci tertentu di mesin pencari dan hasilnya di halaman pertama didominasi oleh situ berita atau situs global, berarti kata kunci tersebut memiliki tingkat persaingan yang tinggi.

Penting untuk melakukan riset kata kunci agar Anda bisa menemukan kata kunci dengan persaingan yang rendah. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan peluang website Anda dibuka oleh pengguna. Bayangkan jika website Anda bersaing dengan website berita yang sudah terkenal, pengguna mungkin akan lebih memilih website berita tersebut yang dianggap lebih kredibel.

2. Menarik audiens yang tepat

Manfaat keyword research lainnya adalah mendapatkan kata kunci yang tepat untuk menarik audiens yang menjadi target bisnis. Riset kata kunci dapat membantu Anda menemukan ide konten yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Analisis keyword sangat berguna untuk membangun target audiens Anda. Cara ini akan mendekatkan Anda dengan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Riset keyword menjadi hal utama yang dapat membantu Anda menarik audiens yang relevan.

Misalnya, website Anda tentang kesehatan, kata kunci terkait seperti “cara mengatasi migrain” dapat menarik audiens dengan lebih spesifik seperti yang Anda targetkan.

3. Hemat waktu

Mengapa Anda perlu melakukan riset kata kunci? Salah satu alasannya adalah untuk menghemat waktu Anda dalam membangun website, mendapatkan pengunjung, dan tujuan lain dari website yang Anda miliki. Tanpa kata kunci yang tepat, konten yang Anda buat mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan peringkat yang bagus di SERP.

4. Peringkat organik yang lebih baik

Riset kata kunci menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari strategi SEO. Tujuannya tidak lain adalah meningkatkan peringkat website di halaman pencarian Google atau mesin pencari lainnya. Dengan visibilitas website yang lebih baik akan mendorong traffic organik pada situs web Anda.

Misalnya untuk website toko sepatu, Anda bisa melakukan keyword research untuk menemukan kata kunci populer yang paling relevan seperti “sepatu kets murah”, “sepatu lari terbaik”, atau “sepatu sekolah putih”.

Manfaatkan kata kunci yang relevan ke dalam konten website, tag meta, serta URL website Anda. Cara ini dapat membantu mesin pencari menemukan situs web Anda yang relevan dengan permintaan pengguna.

5. ROI yang meningkat

Analisis keyword juga diperlukan untuk meningkatkan ROI (Return of Investment). Ini merupakan hasil yang bisa website Anda dapatkan setelah mengeluarkan biaya untuk pemasaran website.

Menemukan kata kunci yang tepat adalah langkah pertama yang Anda perlukan saat menyusun strategi iklan PPC (Pay Per Click). Anda perlu melakukan keyword research untuk menemukan kata kunci yang paling menguntungkan.

Bagaimana Cara Melakukan Riset untuk Local Keyword?

Apabila Anda ingin meningkatkan traffic web dari pengguna lokal atau sekadar mencari kata kunci lokal yang bagus, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisis local keyword. Lantas, bagaimana cara melakukan riset untuk kata kunci lokal?

Riset local keyword berbeda dengan riset keyword biasa, sebab Anda harus menyesuaikan riset dengan target pasar lokal yang lebih spesifik. Umumnya, penelusuran lokal menggunakan keyword tertentu yang dipasangkan dengan sebuah nama kota atau nama daerah. Nah, berikut tips melakukan riset untuk local keyword.

1. Mempelajari Niche yang Dimiliki

Niche adalah topik dari konten website yang akan dibuat. Identifikasi niche website yang relevan dengan bisnis yang akan Anda promosikan. Hal ini berguna untuk membantu Anda menentukan strategi pemasaran yang perlu diambil nantinya.

Jika Anda kesulitan menemukan niche atau topik konten, Anda bisa mencari ide dengan interaksi langsung ke pengguna yang sudah setia mengunjungi website Anda. Mungkin dari mereka Anda bisa mendapatkan informasi mengenai istilah-istilah yang sering digunakan untuk mencari produk tertentu.

2. Mencoba Membuat Keyword yang Relevan

Setelah Anda menemukan niche atau topik yang akan digunakan, maka tugas selanjutnya adalah melakukan keyword research untuk menemukan kata kunci yang relevan. Caranya dengan menyusun kata atau frasa yang berhubungan dengan niche web Anda.

Misalnya, niche website adalah tentang batik solo, Anda bisa membuat daftar istilah-istilah yang biasa digunakan untuk mencari informasi tentang batik Solo seperti berikut.

– Batik pria Solo

– Batik sarimbit Solo

– Batik Solo murah

– Dan lain-lain

Untuk membantu Anda mendapatkan ide, Anda bisa mencoba beberapa kata kunci di mesin pencari. Lihat di hasil pencarian, biasanya muncul beberapa rekomendasi kata kunci yang relevan dengan pencarian.

3. Membuat Daftar Seed Keyword

Anda bisa catat kata kunci yang muncul di rekomendasi hasil pencarian untuk menyusun seed keyword. Ini merupakan daftar kata kunci unggulan dari istilah-istilah yang Anda buat di pencarian sebelumnya.

Seed keyword atau benih kata kunci menjadi bagian penting dari proses keyword research. Bisa dikatakan juga bahwa seed keyword ini merupakan kata kunci yang kira-kira akan paling banyak digunakan oleh pengguna dalam mencari informasi.

Selain untuk riset kata kunci, seed keyword juga membantu Anda untuk mengetahui siapa saja kompetitor dari kata kunci yang akan digunakan. Anda bisa mempelajari kelemahan dari pesaing dalam menggunakan kata kunci tersebut sehingga dapat diperbaiki atau ditingkatkan pada konten Anda.

4. Menggunakan Keyword Tools yang Terbaik

Anda mungkin sudah memiliki daftar kata kunci yang “bagus”. Namun, Anda masih harus menyempurnakan hasilnya dengan memanfaatkan keyword tools. Alat ini berguna untuk membantu Anda menemukan kata kunci “terbaik” untuk artikel.

Keyword tools menawarkan sejumlah fitur yang akan memudahkan Anda dalam melakukan riset kata kunci. Misalnya mengetahui volume pencarian, potensi traffic, dan tingkat persaingan dari suatu kata kunci. Menggunakan keyword tools memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

– Dapat menghemat waktu dan tenaga dalam menganalisis kata kunci potensial.

– Memberikan informasi atau data yang akurat dari suatu kata kunci berdasarkan volume pencarian, potensi lalu lintas, dan tingkat persaingan.

– Membantu analisis kata kunci populer yang potensial untuk lalu lintas organik yang tinggi.

– Membantu pengambilan keputusan terkait strategi pemasaran digital dengan lebih baik.

– Membantu optimisasi situs web dan konten agar lebih mudah mendapatkan peringkat tinggi di SERP.

Dalam menggunakan keyword tools, Anda perlu memperhatikan beberapa metrik atau parameter seperti berikut.

– Volume pencarian, untuk melihat berapa banyak orang yang mencari informasi menggunakan suatu keyword

– Keyword difficulty, untuk mengetahui tingkat kesulitan dari sebuah keyword yang berhasil tampil di halaman pertama Google

– Keyword suggestion, untuk melihat kata kunci yang disarankan berdasarkan kata kunci yang ditargetkan

– Search Engine Result Page (SERP), untuk mengetahui website apa saja yang muncul di page one dari hasil pencarian kata kunci yang dianalisis

5. Mencari Tahu Terkait Kompetitor

Apabila Anda sudah mendapat target kata kunci, Anda masih perlu menganalisis kata kunci tersebut dengan kompetitor. Anda perlu melakukan keyword research dan melihat siapa saja yang menjadi kompetitor Anda pada kata kunci tertentu.

Hal ini berguna untuk membantu Anda menentukan strategi SEO yang paling kuat. Semakin sedikit tingkat persaingan, maka semakin besar peluang untuk website Anda masuk ke halaman utama di mesin pencari.

Keyword Tools Gratis Terbaik!

Melakukan riset kata kunci secara teratur adalah penting mengingat tren pencarian dan tingkat persaingan kata kunci yang dapat berubah seiring waktu. Kabar baiknya ada sejumlah keyword research tool yang dapat memudahkan pekerjaan ini.

Dengan memanfaatkan keyword tools, riset kata kunci bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Setiap alat riset kata kunci ini memiliki metode perhitungan yang berbeda. Jika Anda masih ragu menggunakannya, berikut beberapa rekomendasi keyword tools yang bisa Anda manfaatkan.

1. Google Search

Google Search merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia untuk mencari informasi secara online. Ternyata, Anda juga bisa memanfaatkan mesin pencari ini untuk keyword research atau riset kata kunci.

Caranya sangat mudah dan pastinya gratis. Anda hanya perlu mengetik kata kunci yang menjadi target di kolom pencarian. Ketika kata demi kata dimasukan, Google akan menampilkan beberapa saran pencarian yang banyak dilakukan pengguna.

Selain di kotak pencarian, Anda juga bisa lihat di rekomendasi pencarian atau “related searches” yang biasanya ada di bagian bawah. Silakan scroll ke bawah hingga Anda menemukan kata kunci pencarian. Jumlahnya bisa 4 hingga 8 kata kunci, itu merupakan pencarian yang paling banyak dimasukan di mesin pencari.

Fitur:

– Google Suggest, saran kata kunci yang otomatis muncul ketika memasukan kata kunci di kotak pencarian.

– Related Searches, opsi pencarian terkait kata kunci yang ditargetkan untuk memperluas kata kunci.

– Filter Pencarian, opsi pencarian kata kunci berdasarkan lokasi, jenis file, dan filter pencarian lainnya.

2. Google Trends

Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk menganalisis topik yang menjadi trending saat ini, memilih keyword yang potensial, dan menemukan kata kunci berdasarkan lokasi geografis tertentu.

Kelebihan keyword research menggunakan tool ini adalah Anda bisa menganalisis berdasarkan lokasi yang spesifik. Data yang disediakan di Google Trends juga mudah diakses dan perubahan datanya real-time.

Fitur Google Trends:

– Comparing Groups of Terms, untuk membandingkan beberapa keyword sekaligus.

– Expanding Search by Geography and Time, untuk riset pencarian berdasarkan geografis dan rentang waktu tertentu.

– Explore by Language, untuk melihat tren pencarian berdasarkan suatu bahasa.

– Trends Time Capsule, riset dengan tren pencarian 25 tahun data pencarian Google.

3. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan tools gratis dari Google yang dapat dimanfaatkan untuk menganalisis kata kunci. Anda bebas memanfaatkan fitur yang ada untuk riset kata kunci dengan semaksimal mungkin.

Caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu memasukan kata kunci yang ditargetkan. Tool ini akan menampilkan beberapa metrik seperti volume pencarian, tingkat persaingan, saran, dan lain sebagainya. Keunggulan menggunakan tool ini untuk keyword research yaitu terintegrasi dengan Google Ads.

Fitur Google Keyword Planner:

– Discover New Keyword, untuk menemukan kata kunci yang relevan untuk SEO dan kampanye iklan.

– Filter Lokasi dan Bahasa, untuk menyaring hasil riset kata kunci berdasarkan lokasi dan bahasa tertentu.

– Get Search and Forecast, untuk melihat volume pencarian bulanan dari sebuah kata kunci.

4. Google Search Console

Keyword tool berikutnya adalah Google Search Console atau Google Webmaster Tools. Salah satu tool gratis dari Google yang bisa digunakan untuk mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari pengguna.

Fitur Google Search Console:

– Performance, melihat performa website dan keyword apa saja yang paling banyak menghasilkan traffic.

– Index Coverage, melihat halaman website yang sudah terindex Google dan halaman yang mengalami error.

5. Keywordtool.io

Jika Anda membutuhkan tool gratis untuk keyword research, keywordtool.io bisa dipertimbangkan. Kelebihan menggunakan keyword tool ini adalah Anda bisa menemukan 750 saran kata kunci dalam waktu singkat.

Fitur Keywordtool.io:

– Find Keywords, untuk menemukan saran kata kunci sesuai topik.

– Check Search Volume, untuk melihat seberapa banyak pencari kata kunci tertentu.

– API Access, untuk integrasi dengan aplikasi lain.

6. Ubersuggest

Salah satu keyword tools favorit yang banyak digunakan adalah Ubersuggest. Tool yang sekarang diakuisisi oleh Neil Patel ini memiliki fitur yang lebih lengkap untuk SEO. Layout yang jelas dan bersih juga memudahkan navigasi bagi pengguna.

Fitur Ubersuggest by Neil Patel:

– Keyword Suggestions, untuk melihat daftar saran sehingga dapat memudahkan keyword research.

– Content Ideas, untuk menemukan ide konten yang memiliki kinerja bagus pada sebuah kata kunci.

7. Ahrefs Free Keyword Generator

Ahrefs banyak digunakan untuk analisis atau riset backlink. Sekarang, tools ini juga bisa digunakan untuk riset kata kunci dengan fitur yang cukup lengkap dibanding keyword tools lainnya. Anda bisa menemukan saran keyword berdasarkan metrik seperti tingkat kompetisi, volume pencarian, long-tail keyword, dan lain sebagainya.

Fitur Ahrefs Keyword Generator:

– Find Easy Keyword, untuk mencari dan menemukan saran kata kunci yang potensial serta memiliki tingkat persaingan rendah.

– Key SEO Metrics, untuk melihat informasi lebih rinci mengenai sebuah kata kunci seperti volume pencarian bulanan.

– Identify Long-tail Keywords, untuk menemukan variasi long-tail keyword untuk suatu topik.

8. Wordtracker

Wordtracker adalah keyword tool yang dikembangkan oleh Andy dan Mike Mindel. Alat ini memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci yang relevan dengan mengetikan short-tail keyword. Selain itu, tool ini juga dapat menampilkan popularitas dari sebuah keyword dalam setahun terakhir.

Fitur Wordtracker:

– Related Terms, untuk menemukan kata kunci relevan berdasarkan seed keyword.

– SERP Preview, untuk melihat tinjauan dari sebuah kata kunci di SERP beserta tingkat kesulitannya.

– Find Competitor’s Keyword, untuk melihat kata kunci dari kompetitor dan jumlah klik serta peringkatnya di SERP.

9. KWFinder

KWFinder dapat digunakan untuk riset kata kunci atau keyword research dengan fitur lengkap. Anda bisa melihat informasi keyword berdasarkan volume pencarian, kata kunci lokal, keyword kompetitor, dan analisis SERP.

Fitur KWFinder:

– Local Keyword, untuk melihat kata kunci berdasarkan puluhan ribu SERP lokal.

– Find Hidden Long-Tail Keyword, untuk mencari long-tail keyword baru dalam waktu singkat, kurang dari 3 menit.

– Find Competitor Keyword, untuk melihat kata kunci yang digunakan oleh kompetitor dan tingkat persaingannya.

– Search Volume and Keyword Metrics, untuk menganalisis kata kunci yang relevan berdasarkan volume pencarian.

10. SEMrush Keyword Tool

Salah satu tools terbaik untuk riset kata kunci adalah Semrush. Alat ini dapat Anda gunakan untuk mencari kata kunci dan berbagai insight penting. Selain itu, data pencarian organik yang ditampilkan pun lengkap dengan informasi PPC sehingga sangat membantu untuk meningkatkan pemasaran Anda.

Fitur Semrush Keyword Tool:

– Organic Research, untuk menganalisis kata kunci yang potensial untuk berperingkat tinggi di hasil pencarian.

– Keyword Overvies, untuk analisis sebuah kata kunci dengan lebih komprehensif mencakup volume pencarian, tingkat kesulitan, hingga related links.

– Keyword Manager, untuk mengelompokkan secara otomatis daftar kata kunci sehingga lebih efisien.

– Keyword Magical Tool, untuk melihat variasi kata kunci hanya dalam sekali klik.

11. Soovle

Keunggulan Soovle sebagai tool keyword research adalah kemampuan menampilkan kata kunci untuk berbagai platform sekaligus. Mulai dari Google, Yahoo, Bing, Amazon, YouTube, Wikipedia, dan Answers. Jika Anda ingin riset untuk platform yang berbeda-beda, alat ini cukup efektif untuk digunakan.

Fitur:

– Pencarian keyword di beberapa platform secara cepat dan real-time

– Melihat volume pencarian untuk kata kunci di masing-masing platform

– Menyusun beberapa strategi SEO sesuai kata kunci

– Memberikan saran long-tail keyword yang populer untuk masing-masing platform

12. WordStream

WordStream bisa menjadi alternatif jika Anda ingin melakukan keyword research menggunakan tools secara gratis. Alat ini dapat memberikan informasi kata kunci populer berdasarkan data terbaru dari pencarian Google. Anda bisa menyaring informasi tersebut berdasarkan industri, search volume, dan difficulty.

Fitur WordStream:

– Keyword Data Sources, untuk menemukan informasi kata kunci dengan volume pencarian dari platform Google dan Bing.

– International Keyword Data, untuk menyaring kata kunci di lebih dari 23 negara beserta volume pencarian dan kinerjanya.

– Filter Keyword by Industry, untuk menyaring kata kunci berdasarkan industri atau metrik lain seperti tingkat kesulitan dan volume pencarian.

13. Keyword Everywhere

Tools gratis lain yang menyediakan fitur keyword research yaitu Keyword Everywhere. Keunggulannya adalah data yang lebih akurat yang akan membantu pemasaran iklan Anda. Tools ini juga cukup mudah digunakan termasuk untuk pemula yang baru belajar riset kata kunci.

Fitur Keyword Everywhere:

– Melihat kata kunci relevan yang banyak dicari pengguna dalam 12 bulan terakhir.

– Melihat estimasi biaya iklan Google (PPC dari Google Adword).

– Mengukur performa kata kunci dan kompetisi yang ada di iklan Google.

14. SEOquake

Salah satu tools yang biasa digunakan webmaster untuk riset kata kunci adalah SEOquake. Layout yang bersih dan jelas sehingga penggunaannya pun sangat mudah. Anda dapat memanfaatkan tool ini untuk riset kata kunci, termasuk yang digunakan kompetitor.

Fitur SEOquake:

– SERP Overlay, untuk melihat website kompetitor apa saja yang masuk dalam SERP.

– SEObar, untuk melihat performa website dengan cepat dan ringkas.

– Keyword Density, untuk menganalisis kepadatan keyword dari sebuah konten

– Menemukan internal dan eksternal link yang ada pada landing page

Itulah ulasan mengenai keyword research yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kampanye SEO dan SEM. Jika Anda membutuhkan jasa SEO profesional, Omnirank siap membantu Anda. Dapatkan fasilitas daftar gratis dan berbagai service Omnirank lainnya.

Omnirank Team

Article by Omnirank Team

Omnirank Team adalah SEO enthusiast yang memastikan seluruh artikel yang di publish bermanfaat untuk Anda.