OVERVIEW
Client dari project ini adalah sebuah Health Clinic. Mereka konsultasi dengan kami karena selama ini klinik mereka hanya memakai Paid Ads (Google Adwords) dalam mendapat traffic, sedangkan harga bidding iklan di Google Adwords kian hari kian mahal.
Kami bantu susun strategi SEO dengan alokasi 10% dari budget marketing perusahaan untuk link building.
Website mereka sudah memiliki konten yang cukup banyak dan baik, namun karena belum di optimasi dari sisi link building, ranking dan trafficnya masih stuck.
Mereka kolaborasi dengan Omni Rank untuk membangun links ke homepage dan halaman service mereka dengan tujuan untuk meningkatkan ranking dan organic traffic website.
Sebagai hasil dari partnership mereka, organic traffic dari website client ini berhasil meningkat 354% dalam 6 bulan (dari sebelumnya 114 visitors/day menjadi 518 visitors/day) dan jumlah organic keywords yang ranking di Page 1 search results meningkat dari 180 ke 698 keywords.
CAMPAIGN LENGTH
6 MONTHS
ORGANIC TRAFFIC GROWTH
+354%
NEW PAGE ONE RANKING KEYWORDS
500+ KEYWORDS
TOTAL IMPRESSIONS INCREASE
+190%
CLIENT BACKGROUND
Health Clinic

Client ini adalah sebuah Health Clinic di Indonesia dengan lebih dari 10 tahun menyediakan layanan terdepan. Ketika mereka gabung dengan Omnirank, website mereka hanya fokus optimasi dari sisi SEO onpage konten, sehingga tidak dapat bersaing dengan kompetitor.
Mereka bergabung dengan Omni Rank karena ingin website mereka ranking di halaman satu untuk keyword yang ingin mereka target dan menjadi top of mind di industri mereka.
10+
Years in Business
200+
Company Employees
Indonesia
Language
WHAT WE DO
PERSONALIZED LINK BUILDING PLAN
SOCIAL SIGNALS
CITATION LINKS
SUPERNOVA HORIZON X LINKS
OMNI AUTHORITY GUEST POST AND MEDIA

CAMPAIGN GOALS
Client kami ingin meningkatkan ranking dari commercial keyword yang penting untuk bisnis mereka dan meningkatkan traffic ke homepage dan halaman layanan mereka.
Tujuan paling utama adalah untuk meningkatkan leads dan konversi dari SEO agar dapat perlahan mengurangi budget Paid Ads (Google Adwords) yang semakin membengkak.
Untuk melakukan ini, kita harus bersaing dengan kompetitor utama mereka yang terlebih dahulu sudah ranking di page one Google, seperti Eka Hospital. Jadi, client ini partner dengan Omni Rank untuk akuisisi backlink yang relevan dan eksekusi yang tepat.
CHALLENGES
Sebelum mulai membuat strategi SEO yang efektif untuk client kami, kami analisis terlebih dahulu masalah utama di website mereka. Kami susun strategi link building plan sesuai dengan masalah utama mereka untuk mencapai goal diatas.
1. Niche Kesehatan yang High Competition: Website client berada dalam industri yang dikategorikan sebagai YMYL (Your Money or Your Life) oleh Google. Google sangat selektif untuk menentukan siapa yang pantas untuk ranking karena akan berdampak pada kesehatan dan keselamatan dari si pembaca..
2. Backlink profile yang belum kuat: Meskipun website sudah memiliki konten kesehatan yang informatif, namun tetap sulit bersaing di Google karena belum ada signal tambahan dari backlink yang relevan dan terpercaya untuk boost keyword yang high competition.
3. Kompetitor ternama sudah ranking terlebih dahulu: Beberapa brand besar seperti Eka Hospital, Siloam Hospital sudah melakukan optimasi SEO dan ranking terlebih dahulu. Tanpa optimasi SEO offpage yang kuat, akan sulit bersaing di SERP.
THE STRATEGY
Target dari client ini adalah bukan hanya ingin ranking dari sebuah keyword target khusus, melainkan untuk meningkatkan authority dari websitenya agar dapat ranking untuk commercial keywords dan informational keywords untuk brand positioning.
Di dalam enam bulan ini, kami bangun fondasi link dengan optimasi ke homepage dan halaman layanan utama bagi bisnis mereka.
Focus Pages
Pertama, kami tentukan terlebih dahulu halaman utama yang menjadi prioritas untuk di optimasi link building, dimana keyword target potensial masih belum rank di page one.
SILO Linking Recommendation
Kami memberikan rekomendasi ke client agar dilakukan internal linking antara pillar pages dan homepage, lalu supporting pages di internal linking ke pillar pages untuk memperkuat dari sisi SEO onsite.
Create Link Building Plan
Kami menyusun link building plan yang customized untuk website client dalam spreadsheet selama 6 bulan kedepan untuk optimasi halaman homepage dan artikel pillar yang berpotensi mendatangkan konversi bagi client.
Contextual and Diversify Links
Kami memastikan website client memiliki link building profile yang natural dengan diversifikasi mulai dari Social Signals, Citation Links, Authority Contextual Homepage Links, Premium Guest Post dan Media Nasional.
Execute Link Acquisition
Kami mulai melakukan link acquisition secara bertahap selama 6 bulan untuk menjaga link velocity yang natural agar maksimal dan long term hasilnya.
THE RESULTS
DAILY ORGANIC TRAFFIC INCREASES
Kurang dari 6 bulan, client kami mengalami growth 354% dalam daily organic traffic.
Total Ranking Domination After March Core Update 2025
Website client kami mengalami peningkatan jumlah keywords yang rank di top 20 secara signifikan, dari sebelumnya 409 menjadi 2.178 keywords.
Jika optimasi SEO yang Anda lakukan sudah benar, maka Anda dapat melihat perkembangan yang lebih signifikan saat Core Update.
Google AI Overview Ranking
Dengan eksekusi link building campaign yang efektif, website client kami bukan hanya dominasi di Google SERP, melainkan juga disukai Google dan ranking di AI Overview.
Website client kami berhasil rank di Google AI overview sebanyak 3.924 keywords dibandingkan sebelum mulai link building campaign.
Berikut contoh tampilan di Google AI Overview:
Brand Visibility Improvements
Seiring dengan keyword target rank mendominasi page one SERP dan muncul di Google AI overview, website client kami mendapat 1.016.000 impressions kurang dari 6 bulan yang sangat membantu untuk Brand Visiblity di Google.
Jangan khawatir terlebih dahulu jika niche website Anda bersaing dengan competitor besar di Google. Dengan analisa kompetitor yang saat ini berada di page one dari sisi Technical Audit, Onsite SEO, dan Offsite SEO, lalu disertai dengan eksekusi pemilihan link building dan keyword yang tepat, maka kita tetap bisa mendapat market share dari competitor kita di Google.
Semoga bermanfaat!
0 Komentar